10 Cara Cepat dan Mudah Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan aman (Dijamin Puas!)

Posted on
Cara Mengecilkan perut buncit
Cara Mengecilkan perut buncit

Cara Mengecilkan Perut Buncit – Pada kesempatan kali ini BebasJerawat.info akan membahas mengenai cara mengecilkan perut buncit secara alami dan sehat pastinya. Perut buncit sendiri merupakan salah satu momok masalah dikehidupan kita yang cukup mengganggu penampilan dan juga memalukan bagi banyak orang.

Area perut merupakan tempat dimana lemak paling banyak tersimpan karena otot-otot pada bagian ini jarang sekali digunakan dan dilatih sehingga pembakaran kalori dan lemak banyak tertimbun di area ini.

Untuk dapat mengecilkan perut yang buncit atau berlemak, kamu membutuhkan beberapa latihan yang cukup intensif yang dilakukan setidaknya 3x dalam seminggu.

Selain latihan yang cukup, kamu juga harus tahu bahwa metabolisme laki-laki dan perempuan itu berbeda. Metabolisme pada laki-laki cenderung lebih cepat dibandingkan dengan perempuan. Sehingga, dengan melakukan porsi latihan yang sama, biasanya laki-laki akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibandingkan dengan perempuan.

Setelah kita bercerita sedikit mengenai metabolisme tubuh, kamu juga harus tahu bahwa, oksigen yang kita hirup dapat membantu membakar lemak. Jadi, jangan suka menahan nafas ketika berolahraga. Sebaliknya, bernafas terengah-engah bukanlah sesuatu hal yang buruk untuk dilakukan, melainkan sesuatu yang baik yang dapat membantu kamu membakar lemak tubuh terutama bagian perut.

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Seorang pria dapat dikatakan memiliki perut buncit yang mengarah kepada obesitas apabila lingkar perutnya lebih dari >102 cm dan parameter untuk seorang perempuan yakni >88cm (lebih 88cm lingkar perut).

Memiliki bentuk tubuh yang tidak ideal akan membuat seseorang mengalami yang namanya kesulitan mencari pakaian yang pas untuk digunakan tubuh. Dan seseorang yang mempunyai perut buncit memiliki faktor risiko yang lebih besar terserang berbagai macam penyakit diantaranya diabetes, penyakit jantung, dan juga penyakit kolesterol.

Oleh sebab itu, perut buncit tidak boleh dibiarkan dan disepelekan begitu saja. Bagi kamu yang mempunyai masalah perut buncit, harus mulai mengambil sebuah tindakan untuk mengecilkannya. Olahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur dan diet adalah dua poin utama yang wajib dilakukan sebagai langkah konkrit mengecilkan perut buncit. Mari kita oprek-oprek satu persatu 2 poin utama mengecilkan perut tersebut

#Olahraga atau Aktivitas Fisik

cara mengecilkan perut buncit dengan jogging

Olahraga merupakan salah satu langkah yang sangat penting untuk dilakukan dalam program mengecilkan perut buncit. Dengan melakukan olahraga atau rangkaian aktivitas fisik lain secara teratur, kalori dan lemak yang masuk kedalam tubuh kita dapat dimetabolisme dan diubah dengan baik menjadi sebuah energi, sehingga kalori dan lemak tersebut tidak hanya tertimbun dalam tubuh saja.

Seseorang sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur minimal 3x dalam seminggu dengan durasi aktivitas minimal 30 menit. Beberapa olahraga ataupun aktivitas fisik yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit yakni:

1. Jongging atau Lari Santai

Jongging merupakan olahraga yang paling sederhana untuk kamu lakukan dalam program mengecilkan perut buncit. Setiap hari kamu disarankan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit untuk membakar 500-900 kalori didalam tubuh kamu.

Apabila kamu tidak memiliki waktu yang leluasa untuk melakukan jogging, aktivitas seperti naik turun tangga dapat menjadi alternatif pengganti jogging atau kamu bisa melakukan jalan santai menuju tempat kerja. Tujuan utama ini adalah untuk tetap menjaga aktivitas fisik kamu yang dapat membakar kalori tubuh.

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan yang termasuk salah satu olahraga aerobic yang dapat membakar kalori tubuh secara bertahap dan dapat mengecilkan perut buncit kamu secara efektif dan efisien.

Olahraga bersepeda selama 30 menit setiap harinya setara dengan pembakaran 300 kalori dalam tubuh. Selain menghilangkan perut buncit kamu, kegiatan dari bersepada juga dpat melatih otot tungkai dan paha kamu agar menjadi lebih kuat dan sehat.

Baja juga:

Ciri-Ciri Orang Hamil
Gejala Demam Berdarah
Cara Memutihkan Wajah

3. Berenang

cara Mengecilkan perut buncit dengan berenang

Berenang adalah satu satu olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit tanpa harus memberikan beban pada titik tumpuan tertentu pada tubuh kita. Yang artinya, olahraga berenang merupakan hal yang sangat membantu bagi seseorang yang mempunyai obesitas atau kelebihan berat badan untuk dapat berolahraga dengan nyaman tanpa harus membenani kakinya untuk menopang badan mereka. Prinsip dari olahraga renang adalah pembakaran oksigen dan kalori yang terjadi secara bertahap.

4. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang paling direkomendasikan untuk kamu yang ingin membakar kalori secara bertahap dan konsisten, prinsip olahraga  dari senam aerobik tidak jauh berbeda dengan olahraga berenang.

Senang aerobik merupakan olahraga yang berbeda dengan olahraga lain yang menguras tenaga dalam seketika seperti sepak bola ataupun lari jarak pendek. Senam aerobik selalu mempertahankan unsur-unsur penting dari aktivitas fisik yang dilakukan secara efisien, yakni berkesinambungan, mempunyai ritme dengan intensitas yang terjaga berupa gerakan pemanasan, klimas, dan pendinginan tubuh. Melakukan senam aerobik dapat membuat asupan oksigen yang dipakai tidak cepat abis dan dapat membakar kalori secara efisien.

 5. Olahraga Pembentuk Otot Perut

Olahraga yang bisa membentuk otot perut sangat diperlukan agar lemak yang tertimbun didalam perut dapat terbakar dengan baik dan tergantikan dengan masa otot. Inilah beberapa olahraga yang dapat membentuk masa otot perut yang dapat kamu lakukan.

Sit Up

Sit-up merupakan gerakan yang dapat kamu lakukan untuk membakar lemak pada perut dan membentuk otot-otot pada perut.

Cara mengecilkan perut buncit dengan Sit-Up:

  1. Berbaring secara terlentang di atas matras dengan kedua kaki lurus.
  2. Posisikan kedua tangan di belakang atau samping kepala kamu.
  3. Setelah itu ngkat tubuh bagian atas hingga mencapai posisi duduk dengan kaki tetap diposisi lurus. Jika kamu mengalami kesulitan melakukannya, kamu dapat meminta bantuan seseorang untuk menahan kaki kamu.
  4. Apabila kamu seorang wanita, sangat disarankan untuk melakukan gerakan sit-up dengan posisi lutut ditekut hal tersebut bertujuan untuk mencegah cedera pada rahim.

Back Up

Back up merupakan salah satu gerakan yang berkebalikan dari sit up. Apabila sit up dilakukan dengan posisi terlentang, berbeda dengan back up yang dilakukan dengan posisi terkurap.

Cara mengecilkan perut buncit dengan Back Up:

  1. Posisikan diri diatas matras dan rebahkan tubuh dengan posisi tengkurap.
  2. Atur posisi tangan di samping tubuh atau belakang kepala
  3. Angkatlah tubuh bagian atas kamu tanpa bantuan tangan dan pertahankan kaki dan purut kamu tetap menempel pada matras.

Crunch Sepeda

cara mengecilkan perut buncit dengan Crunch Sepeda

Bagi kamu yang tidak mempunyai sepeda, tidak perlu khawatir. Kamu dapat melakukan gerakan sepeda ini dirumah, gerakan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot perut bagian pinggul dan sisi perut

Cara mengecilkan perut buncit dengan Crunch Sepeda:

  1. Kembali pada posisi crunch Angkat kaki kamu seakan berada di atas meja. betis sejajar dengan lantai dan Lutut dalam posisi ditekuk.
  2. Angkatlah dada kamu sampai pundak terangkat dari matras. Berputarlah ke arah kaki kanan. Secara bersamaan, luruskan kaki kiri sejajar dengan lantai.
  3. Tekuk kaki kiri kamu sambil melakukan crunchke arah kaki kiri dan luruskan kaki kanan. Lengan kamu tidak akan dapat menyentuh bagian dalam lutut. Tetap jaga siku kamu agar tetap terbuka lebar sehingga tenaga yang digunakan tetap pada perut, bukan leher. Lakukan gerakan ini 10 sampai 20 kali sebanyak 2 hingga 3 set.

Sikap Lilin

Kamu dapat mengecilkan perut buncit dengan melakukan gerakan sikap lilin.

Cara mengecilkan perut buncit dengan sikap lilin:

  1. berbaringlah dengan tubuh terlentang dan tangan berada di samping badan, pandangan menghadap lurus ke atas.
  2. Setelah itu kaki dirapatkan agar pada saat diangkat keatas posisi badan tetap seimbang.
  3. Angkatlah kedua kaki kamu secara lurus ke atas (dalam posisi rapat)
  4. Jadikan kedua tangan kamu sebagai penopang pinggang, serta pundak dan sikut tangan sebagai landasan. Pertahankan posisi sikap lilin ini dalam beberapa menit.

Belly Dance

Belly dance adalah olahraga yang dilakukan dengan tarian perut. Olahraga ini menggunakan tarian sebagai gerakan dasarnya dan ini sangat asyik untuk dilakukan oleh semua kalangan. Olahraga belly dance sendiri dapat membakar lemak di perut, kalori dan juga dapat membentuk masa otot perut secara efektif.

Kamu dapat melakukan berbagai macam rangkaian gerakan pembentuk otot perut secara berulang kali dengan 3 set setiap gerakannya. Setiap 1 set jumlahnya sebanyak 15-20 kali pengulangan. Olahraga ini sangat disarankan setelah kamu melakukan olahraga aerobik.

#Diet

Diet yang akan kita bahas adalah diet yang mengatur pola makan baik dari segi waktu, jenis makanan dan juga jumlah porsi yang akan disantap. Ingat bukan diet yang mengurangi frekuensi makan dalam sehari yang awalnya 3x menjadi 2x atau 1x sehari.

Diet yang efektif untuk mengecilkan perut buncit dapat dilakukan dengan berbagai macam langkah seperti dibawah ini:

6. Menghitung jumlah asupan kalori yang masuk kedalam tubuh

Menghitung jumlah kalori sangatlah penting untuk dilakukan bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan benar. Sebuah penelitian menyatakan bahwa untuk menghilangkan 1kg lemak diperlukan pembakaran kalori sebanyak 7000cal.

Oleh sebab itu, mengawasi jumlah kalori yang disantap sangatlah diperlukan agar kalori yang masuk kedalam tubuh kita tidak berlebihan. Kamu juga sangat disarankan untuk mengurangi jumlah porsi makan sebanyak 200 sampai 300 kalori dari jumlah biasanya untuk mengecilkan perut yang buncit.

7. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Manfaat buah dan sayur untuk kesehatan

Buah dan sayuran adalah makanan yang mengandung rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan mempunyai serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi sangat berguna untuk membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Pencernaan yang sehat dapat melarutkan lemak dalam perut. Sebuah studi menjelaskan bahwa mengonsumsi 14 gram serat setiap hari dapat menurunkan kalori sebesar 10%, mengurangi 4% lemak yang berada pada perut, dan menurunkan berat badan 2kg dalam 4 bulan.

8. Menambah konsumsi makanan yang mengandung protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mengecilkan perut buncit. Makanan yang memiliki protein yang tinggi dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga membuat porsi makan kamu selanjutnya lebih sedikit. Tidak hanya itu saja, protein juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sebesar 80-100 kalori perharinya.

Makanan yang kaya protein dapat kamu temukan di ikan, daging, telur, dan berbagai macam hasil hewani lainnya seperti keju dan susu. Tetapi perlu diingat, ketika kamu ingin makan daging pilihlah bagian yang sedikit mengandung lemak. Oh iya, selain itu kamu juga dapat mengkonsumsi makanan yang berasal dari kacang-kacangan dan susu rendah lemak yang dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat untuk tubuh.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat
Cara Menghilangkan Komedo

9. Tidak Mengkonsumsi Makanan Menjelang Tidur

Untuk mengecilkan perut yang buncit, kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan menjelang jam tidur atau istirahat. Kenapa? Proses pencernaan makanan didalam lambung adalah 2 jam untuk selanjutnya diproses dan dimetabolisme ke saluran pencernaan berikutnya.

Kurangnya aktivitas ketika tidur atau menjelang tidur dapat membuat kalori yang masuk kedalam tubuh tidak bisa diubah menjadi energy secara optimal. Namun, hanya akan ditimbun menjadi lemak dalam perut. Apabila kamu memang merasa lapar ketika mau tidur, saran dari BebasJerawat.info untuk kamu, lebih baik konsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan kalori yang rendah, contoh seperti buah apel.

10. Mengurangi jumlah konsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi

Mengurangi konsumsi makanan manis

Gula yang terkandung didalam sebuah makana  terbagi menjadi 2 macam, yakni fruktosa dan glukosa. Fruktosa hanya dapat dimetabolismekan di hati dan dalam takaran tertentu saja. Apabila kamu gemar mengkonsumi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi, kemungkinan besar hati kamu tidak akan sanggup untuk mengelola/memetabolisme seluruh fruktosa tersebut dan hanya akan menjadi lemak yang tertimbun didalam perut kamu. Oleh sebab itu, pembatasan asupan makan seperti coklat, eskrim, kue, atau minuman yang mengandung soda dan alkohol sangat perlu untuk dilakukan dalam proses mengecilkan perut buncit yang kamu alami.

Kesimpulan dari Cara Mengecilkan Perut Buncit

Diet dan Olahraga merupakan dua poin yang sangat penting untuk kamu lakukan dalam mengatasi perut buncit yang kamu alami. Dalam menjalankan dua hal tersebut, kamu juga harus paham dan tahu bahwa tidak ada cara instan dalam proses mengecilkan perut buncit. Oleh sebab itu, jalankanlah kedua hal tersebut secara berdampingan dan yang pastinya kamu harus punya kesabaran, keuletan, ketekunan, dan yang paling penting diantaranya adalah keniatan untuk menajalankannya.

Tidak berhenti disitu saja, kamu juga harus dituntut untuk menjadi peka dalam menganalisis batasan diri kamu. Apabila ada olahraga tertentu yang sudah dipaparkan BebasJerawat.info tidak dapat kamu laksanakan karena keterbatasan kondisi tubuh. Lebih baik untuk memilih salah satu olahraga yang paling nyaman dan tepat untuk kamu lakukan. Semua tips dari BebasJerawat diatas akan sangat membantu kamu untuk mengecilkan perut buncit meski tidak semua dapat kamu lakukan, yang terpenting kamu melakukannya secara teratur dan juga konsisten. Dijamin perut kamu bakal rata dan ideal.