Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Cepat dan Efektif

Posted on
Cara Menghilangkan Bau Mulut
Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut – Pada dasarnya sama seperti jerawat ataupun komedo, bau mulut merupakan salah salah satu hal paling menjengkelkan dan juga memalukan. Ketika sebuah percakapan terjadi, rasa canggung, jengkel, dan juga malu pasti akan bercampur aduk karena bau yang tidak sedap keluar dari mulut kita.

Bau mulut yang tidak sedap atau biasa disebut halitosis terjadi karena berbagai macam faktor. Meski banyak hal yang menyebabkannya, sebuah penelitian telah memaparkan bahwa 80% bau mulut disebabkan karena masalah kesehatan gigi dan mulut. Memang benar bahwa keadaan ini bukan termasuk dalam golongan darurat medis, tetapi  sekitar 25-30 persen dari populasi manusia di dunia menderita masalah bau mulut yang menyedihkan ini.

Mungkin diantara kalian masih banyak yang bertanya-tanya apa saja sih contoh yang menyebabkan bau mulut menjadi kurang sedap. Mari kita simak dibawah ini!

Penyebab Bau Mulut yang Tidak Sedap

Bau mulut sendiri tidak hanya disebabkan karena kesehatan gusi, gigi dan juga makanan saja. Terdapat beberapa kondisi kesehatan lain dimana dapat menjadi salah satu  factor atau penyebab terjadinya bau mulut.

  • Kurangnya menjaga kebersihan mulut

Seperti yang sudah bebasjerawat sampaikan di atas, kebersihan mulut merupakan hal penting untuk dijaga karena mulut yang tidak terjaga kebersihannya akan sangat mudah menjadikan bau mulut kita tidak sedap. Ketika dimana kondisi mulut kita kotor karena sisa-sisa makanan, disitulah mulai terbentuknya lapisan transparan yang biasa disebut plak yang merupakan tempat dimana bakteri berkembang.

  • Kebiasaan Merokok

Berhenti Merokok

Rokok merupakan salah satu penyebab timbulnya bau mulut yang tidak sedap, kenapa? Karena kebiasaan merokok menciptakan noda pada gigi dan iritasi gusi. Keadaan ini dapat berkembang menjadi radang gusi dan sakit gigi.

  • Efek menjalani diet

Diet yang dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat dapat menjadi salah satu factor penyebab bau mulut. Ketika kita kekurangan karbohidrat, secara alami tubuh kita akan memecah lemak. Dari pemecahan lemak itulah mulai terbentuk bahan kimia yang disebut dengan keton. Zat inilah yang menyebabkan terjadinya bau mulut.

  • Mengonsumsi makanan beraroma tajam

Terdapat beberapa makanan dengan aroma tajam yang dapat meninggalkan bau tidak sedap pada mulut. Begitu juga dengan kamu yang suka mengkonsumsi kopi ataupun minuman beralkohol. Agar kamu dapat terhindar dari serangan bau mulut, hindarilah konsumsi makanan dan minuman yang mempunyai aroma tajam.

  • Penyakit

Ada factor lain yang dapat membuat mulut menjadi bau, yakni kondisi kesehatan tubuh secara umum. Ketika kamu sedang mengalami mulut kering yang berarti kurangnya air liur, bakteri yang terdapat pada mulut menjadi lebih mudah untuk berkembang dan akhirnya memunculkan bau mulut.

Kondisi pencernaan yang kurang baik juga bisa menjadi salah satu factor penyebab terjadinya bau mulut. Contohnya adalah infeksi bakteri pada lambung dan usus kecil. Penyakit lain yang memiliki potensi untuk menciptakan bau mulut adalah bronkitis, diabetes, sinusitis, penyakit paru-paru, sinusitis dan tonsillitis.

  • Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan juga dapat mempengaruhi bau mulut kamu. Contoh obat yang dapat mempengaruhi bau mulut kamu seperti obat penenang, obat penghilang nyeri dada akibat kurangnya pasokan darah menuju jantung, dan obat kemoterapi.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Sebenarnya banyak cara dalam mengatasi bau mulut dengan mudah. Tetapi banyak sekali orang yang bingung bagaimana cara yang tepat dalam menjaga kondisi mulut agar tetap sehat, bersih, dan tidak berbau.

  • Cara Menghilangkan Bau Mulut: Rutin Menggosok Gigi

Cara Menggosok Gigi yang Benar
Cara Menggosok Gigi yang Benar

Ini merupakan hal yang rutin dan wajib untuk kita lakukan agar bisa menjaga mulut dari keadaan yang tidak diinginkan seperti bau mulut dll. Menggosok gigi sangat diwajibkan minimal 2x sehari ketika kita mandi. Dengan keadaan gigi yang bersih dan terbebas dari sisa-sisa makanan, sudah pasti mulut akan jauh terhindar dari serangan bau mulut.

Tetapi perlu juga diingat untuk tidak menggosok gigi terlalu agresif. Kenapa? Ketika kamu terlalu agresif menggosok gigi, hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada enamel, karena enamel yang rusak atau hancur menyebabkan gigi kita menjadi mudah berlubang dan mengalami kerusakan.

  • Cara Menghilangkan Bau Mulut: Menggunakan Dental Floss/Benang Gigi

Para peneliti kesehatan mengatakan bahwa “menggosok gigi saja tidak cukup”. Memang benar bahwa menggosok gigi dapat membersihkan gigi dari berbagai macam penyebab masalah seperti sisa makanan dan lainnya. Tetapi, sebenarnya masih ada beberapa sisa makanan yang tertinggal dari menggosok gigi yang berada di sela-sela gigi. Apabila sisa-sisa makanan tersebut tidak dibersihkan, sudah pasti akan menimbulkan plak dan karang gigi. Oleh sebab itu, Dental floss sangat berguna sebagai pembersih sisa-sisa makanan yang masih tertinggal karena ketidakjangkauan sikat gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.

  • Cara Menghilangkan Bau Mulut: Menggunakan Obat kumur Anti Bakteri

Cara Selanjutnya dalam membersihkan mulut agar tidak menjadi bau dengan menggunakan obat kumur anti bakteri yang sangat berguna untuk membasmi bakteri dan juga menghilangkan plak ataupun karang gigi. Cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur memiliki manfaat yang sangat efektif apabila kamu melakukan hal tersebut secara rutin setiap bangun tidur. Perlu juga diketahui bahwa ketika kita tidur banyak sekali bakteri yang berkembangbiak dengan cepat dan menyebabkan bau mulut yang sangat-sangat tidak sedap.

  • Cara Menghilangkan Bau Mulut: Membersihkan Lidah dari Bakteri

Bakteri merupakan penyebab bau mulut yang tidak hanya tinggal dan bersarang di sela-sela gigi saja. Mereka juga bisa bersarang pada lidah kita. Secara tidak langsung bakteri-bakteri tersebut membentuk sebuah lapisan yang menyebabkan bau mulut.

Untuk kamu yang ingin mengatasi masalah ini tidak perlu khawatir, karena cara membersihkan bakteri yang berada di permukaan lidah cukup mudah yakni dengan menggunakan alat pembersih lidah khusus. Alat ini memang dirancang khusus untuk memberikan tekanan yang sama dengan permukaan lidah kita dan sangat efektif dalam membersihkan bakteri dari lidah kita.

  • Cara Menghilangkan Bau Mulut: Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Manfaat Air Putih

Air putih memiliki peran penting dalam mengatasi bau mulut. Kenapa? Karena air putih sangat efektif dalam mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan panas dalam. Keadaan dimana mulut kering akibat dehidrasi, dapat memicu munculnya bau mulut yang kurang sedap akibat bakteri yang berkembangbiak dengan cepat. Oleh karena itu, ada baiknya untuk kamu lebih memperhatikan jumlah konsumsi air putih kamu saat ini.

Menurut para ahli, konsumsi air putih sehari minimal 8-10 gelas atau setara dengan 2 liter air. Lebih banyak mengkonsumsi air juga sangat baik, karena tidak hanya menghilangkan bau mulut saja, air juga berperan penting dalam pembuangan toksin atau racun dalam tubuh kita melalui urin.

  • Menghilangkan Bau Mulut: Konsumsi Permen Karet Bebas Gula

Mungkin banyak yang bertanya bagaimana bisa permen karet bebas gula dapat membantu kita dalam menghilangkan bau mulut? Begini penjelasan dari pakar kesehatan gigi terkemuka “Permen karet bebas gula dapat memberikan pertahanan secara alami terhadap asam plak penyebab bau mulut dan juga kerusakan gigi dengan cara merangsang mulut untuk memproduksi air liur lebih banyak pada mulut”.

  • Menghilangkan Bau Mulut: Rutin Membersihkan Kawat Gigi

Kawat gigi merupakan alat penahan yang berguna untuk meratakan gigi yang tidak rapi agar menjadi rapi. Dengan adanya pemakaian kawat gigi ini dapat memicu sela pada area mulut. Jadi, bagi kamu yang menggunakan kawat gigi sangat diwajibkan untuk lebih perhatian dalam membersihkan kawat gigi karena bakteri dari sisa-sisa makanan yang tinggal disela-sela gigi dan kawat gigi dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap apabila tidak dibersihkan secara rutin.

Baca Juga:

Gejala Demam Berdarah (DBD)
Cara Menghilangkan Jerawat
Cara Menghilangkan Komedo
Cara Mengatasi Bekas Jerawat

  • Perbanyak konsumsi buah, khususnya yang kaya akan vitamin C

Cara menghilangkan bau mulut dengan mengkonsumsi buah nampaknya memang tidak begitu populer dikalangan masyarakat Indonesia. Tetapi, bila diterapkan secara rutin, cara menghilangkan bau mulut dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C sangat efektif dalam mengurangi dan juga menghilangkan bau mulut itu sendiri.

Kandungan Vitamin C pada buah dapat berguna sebagai penetral. Vitamin C juga dapat mengikis serta menghilangkan bau mulut secara perlahan namun pasti. Disisi lain keuntungan dari konsumsi buah yang kaya vitamin C adalah aroma segar dank has yang diberikan dari buah tersebut untuk menyamarkan bau mulut yang tidak sedap. Intinya, semakin sering kamu mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C, semakin tersamarkan juga bau mulut yang kamu miliki.

Berikut beberapa contoh buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi ketika kamu mengalami bau mulut:

  1. Alpukat
  2. Strawberry
  3. Lemon
  4. Apel
  5. Jeruk
  6. Pir
  7. Jambu biji
  • Menghilangkan Bau Mulut: Konsumsi Green Tea atau The Hijau

Seperti yang kamu ketahui, bau mulut pada umumnya disebabkan karena bakteri dan kuman. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya kamu dapat memanfaatkan green tea yang kaya akan catechin.

Catechin yang terkandung dalam teh hijau merupakan senyawa aktif yang sangat berguna untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau mulut. Karena kandungan catechin inilah, the hijau sangat diperuntukkan untuk kamu yang mempunyai masalah bau mulut. Asalkan kamu mengkonsumsi minimal 2-3 kali sehari. Bau mulut yang kamu alami pasti akan menghilang seutuhnya dan nafas menjadi segar.

Tapi, perlu kamu ingat juga, cara menghilangkan bau mulut dengan menggunakan teh hijau juga harus disandingkan dengan pola hidup yang bersih. Yang dimaksud dengan pola hidup yang bersih disini adalah merujuk pada kebersihan diri dengan rajin membersihkan gigi, berkumur dengan obat kumur ataupun hal-hal yang dapat menghindarkan mulut dari kata bau.

  • Menghilangkan Bau Mulut: Hindari Konsumsi Makanan Beraroma Tajam

Apabila kamu memiliki masalah bau mulut usahakan untuk menghindari konsumsi makanan yang memiliki aroma menyengat. Hal ini bertujuan untuk tidak memperparah bau mulut kamu. Berikut beberapa contoh makanan yang wajib kamu hindari apabila kamu mengalami masalah dengan bau mulut.

  • Jengkol
  • Petai
  • Durian

Dengan menghindari konsumsi makanan diatas sudah pasti bau mulut kamu tidak akan menjadi lebih parah lagi. Tetapi, kalau hanya menghindari makanan diatas itu bukan solusi terbaik untuk kamu dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap (tetapi cara ini juga wajib dilakukan agar tidak memperparah bau mulut kamu). Kamu harus melakukan hal esktra dengan rutin seperti rajin menggosok gigi, berkumur dengan menggunakan obat kumur anti bakteri, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, rutin membersihkan lidah dari bakteri dan kuman, dan banyak hal lain yang dapat kamu lakukan untuk membuat nafas dari mulut kamu menjadi wangi dan segar seperti contoh-contoh yang bebasjerawat.info jelaskan sebelumnya.

  • Menghilangkan bau Mulut: Konsultasi pada Dokter Spesialis

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan jasa para dokter spesialis mulut dan gigi apabila bau mulut yang kamu alami tidak kunjung hilang. Alasan kenapa bau mulut yang kamu alami tak kunjung hilang adalah besar kemungkinan karena dampak atau efek dari sebuah penyakit.

Oleh karena itu, jika kamu mendapati bau mulut yang susah atau membandel. Sangat dianjurkan oleh bebasjerawat untuk segera melakukan cek ke dokter spesialis. Siapa tahu gejala atau dampak dari sebauh penyakit serius yang mengakibatkan bau mulut tak kunjung hilang.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ini juga berlaku untuk bau mulut yang menyerang kamu apabila kamu tidak bisa menjaga dengan baik mulut beserta isinya. Sebisa mungkin untuk mencegah bau mulut karena itu adalah hal yang sangat menjengkelkan dan perlu juga diingat bahwa tidak pernah ada kata terlambat bagi kamu yang ingin menjadi lebih baik. Sekian informasi dari BebasJerawat.info berikan mengenai Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Cepat dan Efektif.  Apabila artikel ini membantu kamu dalam mengatasi bau mulut, jangan lupa untuk di Share ya. Terima Kasih 🙂