Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Takut Efek Samping

Posted on
cara menghilangkan bekas jerawat Secara Alami dan Cepat
cara menghilangkan bekas jerawat Secara Alami dan Cepat

Menghilangkan bekas jerawat – Jerawat adalah salah satu masalah yang kerap kali membuat hati kita merasa jengkel, ditambah lagi dengan munculnya bekas jerawat yang begitu sulit untuk kita hilangkan. Mungkin banyak sekali orang-orang yang sudah mencoba berbagai macam metode kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat atau biasa disebut bopeng ini. Tetapi, belum mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kali ini Bebas Jerawat ingin berbagi informasi mengenai cara mengatasi atau menghilangkan bekas jerawat secara alami dan mudah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang murah dan mudah untuk ditemukan.

Perlu diingat dan dimengerti, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus rajin dan rutin untuk melakukan proses perawatan ini. Karena, proses Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami ini memang memakan waktu. Tetapi, perawatan secara alami ini sangat baik untuk tubuh kita karena tidak menimbulkan efek samping yang negatif bagi tubuh kita. Berikut ini, cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami:

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami dari alam yang terbaik untuk obat cara menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat. Efek antiseptik yang diberikan oleh madu dapat mengurangi peradangan pada wajah dan juga dapat melembabkan kulit kita untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit wajah kita. Dan satu lagi, madu itu sangat cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit yang sensitif.

Cara pemakaiannya sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa tetes madu.
  • Usapkan madu pada bagian yang terdapat bekas jerawat.
  • Diamkan selama ± 15 menit.
  • Setelah madu itu lengket dan mengering pada kulit kita, dapat kita bilas dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih.
  • Anda dapat melakukan perawatan alami ini 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Gejala Diabetes Tipe 2

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Lemon

Asam sitrat yang terkandung dalam lemon sangat membantu kulit untuk melakukan pembaharuan pada jaringan parut pada kulit yang sehat. Selain itu, asam ini dapat mencerahkan kulit dan juga mengurangi perbedaan warna antara bekas jerawat dan kulit di sekitarnya.

Cara pemakaiannya sebagai berikut:

  1. Siapkan terlebih dahulu 1 buah lemon.
  2. Tekan sedikit lemon dengan cara digelindingkan agar cairan pada lemon mudah untuk keluar ketika proses peras.
  3. Potong lemon menjadi dua bagian, lalu peras.
  4. Oleskan cairan lemon tersebut pada bagian yang terdapat bekas jerawat.
  5. Biarkan selama ± 15 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  6. Jalankan proses perawatan ini secara rutin sekali sehari.
  7. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah menggunakan lemon sebagai masker, karena lemon juga dapat membuat kulit menjadi kering.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya membantu dalam regenerasi kulit yang terkena iritasi kulit dan juga luka bakar lho. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengurangi jaringan parut. Bahan aktif kuratif sangat mempengaruhi ukuran dan juga penampilan dari bekas luka dan juga dapat menyejukkan luka pada jaringan parut. Maka dari itu lidah buaya sangat mampu untuk menyembuhkan berbagai macam luka termasuk juga bekas jerawat. Lidah buaya juga memiliki kandungan yang dikenal dengan aloesin, yakni sebuah zat yang dapat menghambat melanin yang menyebabkan kulit kita menjadi gelap.

Tidak hanya disitu saja, senyawa yang terkandung dalam lidah buaya juga dapat merangsang terbentuknya sel kulit baru dan memudarkan bekas jerawat. Cara pemakaiannya sebagai berikut:

  • potong lidah buaya menjadi dua bagian.
  • potong bagian yang terdapat duri.
  • Iris bagian atas kulit lidah buaya agar memudahkan kita untuk mengambil gelnya.
  • Kemudian ambil gel dan tempatkan pada wadah yang bersih.
  • Setelah itu kita haluskan gel tersebut dengan menggunakan berbagai macam alat seperti garpu maupun blender.
  • Kemudian, anda bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung pada kulit wajah atau pada noda yang terdapat bekas jerawatnya.
    Diamkan selama ± 15 menit.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai harapan, lakukanlah perawatan rutin ini dua kali sehari selama satu bulan dan lihat hasilnya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Kulit Jeruk

Asam alpha hidroksi dan juga kadar vitamin C yang cukup tinggi dalam kulit jeruk mampu untuk membersihkan pori-pori kulit kita yang tersumbat oleh kotoran dan debu. Tidak hanya itu, senyawa ini juga dapat mengangkat sel kulit mati. Apabila digunakan secara rutin dan rajin, kulit jeruk juga sangat membantu dalam proses menghilangkan bekas jerawat.

Cara pemakaiannya sebagai berikut:

  1. Keringkan terlebih dahulu kulit jeruk dibawah paparan sinar matahari selama beberapa hari agar kulit jeruk benar-benar kering.
  2. Haluskan kulit jeruk yang sudah dikeringkat tersebut menjadi bubuk.
  3. Tambahkan juga air pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta.
  4. Setelah itu Anda dapat mengoleskan pasta kulit jeruk pada wajah yang memiliki noda bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit.
  5. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Baca juga: Makanan Penurun Berat Badan dan Cara Mengecilkan Perut Buncit

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Pepaya

Pepaya merupakan buah yang memiliki manfaat yang banyak karena kandungan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata kita (konsumsi), pepaya juga bagus untuk memperlancar percernaan bagi yang sulit buang air besar.

Kandungan enzim papain yang terdapat pepaya inilah yang bermanfaat juga untuk mengikis sel kulit mati. Pepaya juga mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat sekaligus memudarkannya. Jadi, fungsi dari buah pepaya banyak sekali, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dengan cara, simak dibawah ini!

Cara pemakaiannya sebagai berikut:

  • Bersihkan terlebih dahulu pepaya dan potong menjadi beberapa bagian untuk memudahkan kita ketika menghaluskannya.
  • Setelah pepaya tersebut halus, oleskan sebagai masker wajah.
  • Diamkan selama ± 15 menit.
  • Setelah itu Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.
  • Pepaya mempunyai efek yang sangat kuat pada kulit. Setelah 15 menit, jika tidak segera dibersihkan. Masker pepaya dapat menimbulkan kemerahan pada kulit kita.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Es Batu

Es batu merupakan bahan yang paling mudah untuk kita dapatkan dan pastinya cukup amph untuk menghilangkan bekas jerawat. Es batu mempunyai manfaat yang berfungsi untuk menenangkan kulit dan juga dapat mengurangi peradangan

Cara menggunakannya:

  • Pastikan air yang Anda gunakan untuk bahan dasar membuat es batu steril atau bersih dari kuman
  • Ambil beberapa potongan es batu sesuai dengan kebutuhan dan bungkus menggunakan kain bersih
  • Oleskan pada bagian bekas jerawat dan diamkan selama beberapa detik
  • Ulangi metode ini hingga beberapa kali pada area wajah lainnya yang memiliki bekas jerawat
  • Lakukan perawatan ini sebanyak 3x sehari

Informasi opsional: Anda dapat mengganti air putih sebagai bahan membuat es dengan air rendaman teh hijau untuk membuat es batu dan mengaplikasikan seperti cara diatas pada kulit wajah Anda. Kelebihan dari teh hijau sendiri mampu mengurangi peradangan pada kulit kita lebih baik daripada air biasa.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan bahan alami yang dapat Anda manfaatkan karena cuka sari apel dapat mengatur tingkat keasaman atau pH dan mampu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat

Cara menggunakannya:

  • Campurkan terlebih dahulu cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 5ml cuka sari apel dan 95ml air
  • Aplikasikan pada bekas jerawat dengan menggunakan kapas
  • Diamkan selama kurang lebih 10-20 menit dan bilas dengan air hangat
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, Anda dapat melakukan metode ini sebelum tidur dan biarkan selama semalaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan alami yang mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang berguna untuk mengeringkan jerawat serta senyawa allicin yang memiliki sifat antiseptik yang berguna untuk menangkal bakteri penyebab jerawat. Kandungan dari senyawa bawang putih sendiri mampu membersihkan kulit dari bekas jerawat.

Cara menggunakannya:

  • Ambil beberapa potongan bawang putih sesuai dengan kebutuhan dan haluskan bawang putih
  • Setelah itu oleskan pada bekas jerawat Anda
  • Bilas dengan menggunakan air hangat
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, bawang putih yang sudah dihaluskan dapat Anda campur dengan cuka sari apel sebelum diaplikasikan pada wajah Anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo dan Ciri-ciri Orang Hamil

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Masker Alpukat dan Madu

Alpukat merupakan bahan alami yang mempunyai nutrisi yang mampu melindungi kulit dari radiasi sinr matahari langsung yang dapat memperburuk keadaan bekas jerawat Anda. Sementara itu, madu merupakan bahan alami yang dapat membantu proses regenerasi kulit dan pastinya mengurangi peradangan pada kulit Anda. 2 bahan alami ini merupakan kombinasi yang tepat untuk memudarkan bekas jerawat Anda.

Cara menggunakannya:

  • Pertama ambil daging alpukat dan masukkan kedalam wadah yang bersih
  • Kemudian haluskan daging buah alpukat dan campur dengan madu (opsional: dapat ditambah dengan perasan lemon agar lebih optimal)
  • Oleskan secara merata pada bagian wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Lakukan perawatan ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Mentimun

Mentimun merupakan tumbuhan menjalar yang memiliki kandungan astringent yang berfungsi untuk mengurangi kemerahan pada kulit dan mencegah timbulnya bekas jerawat. Mentimun juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk kulit kita.

Cara pemakaiannya:

  • Potong ketimun secara tipis-tipis dan letakkan irisan ketimun pada wajah Anda
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Bilaslah dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih
  • Anda juga bisa membuat masker dari ketimun dengan cara memarut ketimun dan mencampurkan dengan madu yang berguna untuk mencerahkan wajah
  • Oleskan campuran tersebut pada noda bekas jerawat dan diamkan kurang lebih selama 15 menit
  • Bilaslah dengan menggunakan air hangat dan keringkan
  • Jangan lupa untuk melakukan perawatan ini 2x sehari

Demikian beberapa informasi dari BebasJerawat.info mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dan tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan pada kulit wajah Anda. semoga artikel kami dapat berguna sebagai refrensi tambahan anda untuk merawat dan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Jangan lupa untuk di share, terima kasih.