Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Membandel Secara Alami (100% Ampuh!!!)

Posted on
Cara menghilangkan jerawat batu secara alami
Cara menghilangkan jerawat batu secara alami

Cara Menghilangkan Jerawat Batu – Jerawat batu merupakan permasalahan wajah yang tidak bisa kita anggap remeh sama halnya seperti Komedo dan juga bekas jerawat. Jerawat batu memang memiliki jenis jerawat yang berbeda dengan jerawat lainnya, karena jerawat batu bersifat keras, susah untuk dihilangkan, dan juga sangat membandel apabila sudah muncul di kulit wajah kita. Jerawat batu atau biasa disebut Systic Acne merupakan jerawat yang dapat kita ketahui dari ukurannya yang lebih besar dari jerawat pada umumnya dan juga jerawat ini dapat tumbuh dimana saja.

Jika kamu menderita jerawat seperti ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas maka sudah dapat dipastikan kamu terserang jerawat batu. Sebelum kita membahas lebih jauh cara menghilangkan jerawat batu ada baiknya apabila kita tahu penyebab munculnya jerawat batu tersebut.

Penyebab Timbulnya Jerawat Batu

1. Kulit Wajah Terlalu Sensitif

Pada umumnya, muncul jerawat batu ini disebabkan karena terlalu sensitifnya kulit wajah kita terhadap rangsangan. Hal tersebutlah yang bisa menjadi masalah fatal bagi kulit kita, sebagai contoh ketika jerawat ini menyumbat pada lubang pori-pori kulit dan dapat menimbulkan yang namanya peradangan pada kulit muka ataupun wajah kita. Hal inilah yang sebenarnya menjadi penyebab utama munculnya jerawat batu pada kulit kita.

2. Kurang Menjaga Kebersihan

Terkadang karena kurangnya kesadaran akan kebersihan inilah yang menjadi salah satu faktor munculnya jerawat. Mungkin pada awalnya hanya jerawat kecil. Tetapi, seiring waktu bila kita biarkan akan semakin banyak dan membesar. Apalagi jika kita sering dan gemar sekali memencet atau memecahkan jerawat menggunakan kuku ataupun alat lain yang kurang bersih (higienis) maka hal tersebut juga dapat menyebabkan jerawat batu dan bisa berakibat fatal.

3. Faktor genetik (keturunan)

Timbulnya jerawat batu juga bisa disebabkan oleh faktor gen atau keturunan dari orang tua ataupun kakek kita. Apabila keluarga (ayah, ibu, nenek atau kakek) anda pernah terkena jerawat batu ini, maka tidak menutup kemungkinan anak ataupun cucunya mengalami hal yang sama atau serupa. Penyebab utamanya munculnya jerawat batu karena kelenjar minyak yang berlebihan dibagian muka atau wajah dan pada umumnya kelenjar ini sangat aktif dalam proses memproduksi minyaknya.

4. Tidak Normalnya Pertumbuhan Sel Kulit

Ketika dalam keadaan normal setiap sel kulit yang mati akan digantikan dengan yang baru secara berkala dan juga cepat. Tetapi, ada kalanya dimana regenerasi kulit kita terhambat dan inilah yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat batu yakni karena penumpukan sel kulit mati yang terus menerus dan menyebabkan peradangan.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu: Lidah Buaya

Gel dari tanaman lidah buaya mengandung hormon giberelin dan juga auksin yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit untuk melembabkan kulit kita. Hal inilah yang membuat lidah buaya menjadi bahan alami yang tepat untuk membersihkan jerawat batu yang membandel.

  1. Pertama bersihkan terlebih dahulu lidah buaya dan kemudian potong kulitnya.
  2. Setelah itu ambil gel lidah buaya dan oleskan pada kulit wajah yang terdapat jerawat (jerawat batu).
  3. Lakukanlah perawatan ini secara teratur pada pagi dan sore hari.
  4. Pada umumnya jerawat batu akan mengering dan terkelupas dengan sendiri dalam waktu 3 hari.
  5. Bekas jerawat juga akan menghilang dengan sendirinya tanpa ada tambahan perawatan atau obat lainnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu: Daun Sidaguri

Kamu juga dapat menghilangkan jerawat batu yang membandel dan juga mengganggu dengan menggunakan daun sidaguri. Caranya cukup mudah, dengan menggunakan uap hasil rebusan daun sidaguri untuk memaksimalkan pengobatan terhadap jerawat batu kamu.

Cara Pemanfaatannya:

  • Cuci bersih daun sidaguri terlebih dahulu.
  • Setelah itu rebuslah daun sidaguri.
  • Tunggu hingga mendidih.
  • Setelah air rebusan daun sidaguri mendidih, dekatkanlah wajah anda dengan uap hasil rebusan daun sidaguri tersebut.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin 1 atau 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu: Tomat

Karena tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan alami yang baik untuk mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran yang menumpuk pada kulit wajah inilah yang sangat dibutuhkan kulit kita untuk menghilangkan jerawat batu yang membandel.

Tidak disitu saja, tomat juga dapat mencerahkan dan membuat kulit wajah kita kembali elastis.

Cara 1: menggunakan buah tomat sebagai masker wajah.

  1. Siapkan terlebih dahulu buah tomat yang dibutuhkan.
  2. Iris menjadi dua bagian.
  3. Oleskan pada irisan tomat tersebut pada wajah kamu secara merata.
  4. Diamkan kurang lebih 15-20 menit.
  5. Setelah itu kamu dapat membilasnya dengan menggunakan air hingga bersih.

Cara 2: menggunakan buah tomat sebagai jus

Bagi kamu yang mungkin susah sekali mendapatkan waktu senggang karena kesibukan yang begitu padat, kamu dapat menggunakan alternatif ini sebagai pengganti cara 1 dengan menjadikan buah tomat sebagai jus yang segar dan enak.

  1. Cuci bersih terlebih dahulu buat tomat yang ingin dibuat jus.
  2. Potong menjadi bagian-bagian kecil agar mudah untuk dihaluskan.
  3. Haluskan buah tomat tersebut dengan menggunakan Blender dan alat penghalus lainnya.
  4. Jangan lupa untuk menambahkan air dan gula secukupnya.
  5. Setelah itu kamu bisa memfilter jus tersebut atau bisa langsung dikonsumsi (sesuai dengan selara).

Cara Menghilangkan Jerawat Batu: Mentimun

Mentimun merupakan salah satu alternatif yang baik untuk menghilangkan jerawat batu dengan mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Mentimun memiliki kandungan zat aktif yang sanagat bermanfaat untuk mendetoks tubuh sehingga dapat menghilangkan racun pada tubuh kita. Zat aktif dalam kandungan mentimun antara lain Vitamin C, mineral, Antioksidan, air, dan asam amino.

Cara pemakaiannya:

  • Iris timun menjadi bagian-bagian tipis.
  • Setelah itu kamu dapat tidur pada posisi berbaring untuk menggunakan irisan timun tersebut sebagai masker wajah.
  • Tempelkan irisan mentimun pada bagian yang terdapat jerawat.
  • Diamkan kurang lebih selama 20-30 menit. Setelah itu kamu dapat melepaskan mentimun tersebut.
  • Jangan lupa untuk membilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Sekian informasi yang BebasJerawat.info berikan mengenai Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami. Lakukanlah perawatan alami ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila anda suka dengan informasi yang kami berikan jangan lupa untuk di share ya, terima kasih. 🙂