Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Terbukti Khasiatnya!!!

Posted on
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Mudah
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Mudah

Cara Menghilangkan Komedo – Setelah kita membahas topik mengenai cara menghilangkan jerawat dan juga bekas jerawat. Kita akan berlanjut membahas tentang cara menghilangkan komedo. Sebelum kita membahas mengenai berbagai cara menghilangkan komedo, akan lebih baik lagi bila kita mengenal terlebih dahulu apa itu komedo dan apa saja yang menjadi faktor pemicunya.

Komedo sendiri merupakan benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Komedo juga tergolong dalam jenis jerawat ringan yang pada umumnya dapat kita temukan di wajah, leher, dada, lengan, maupun di bahu punggung.

Komedo sendiri timbul akibat penyumbatan pada pori-pori kulit yang disebabkan oleh kotoran, minyak hingga sel kulit mati sama seperti jerawat. Yang menjadi pembeda antara komedo dan jerawat adalah komedo tidak diselimuti oleh kulit sebagaimana bentuk jerawat.

Baik komedo putih maupun hitam, keduanya merupakan momok masalah yang dapat mengganggu dan dapat menurunkan rasa percaya diri kita.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Mudah

Pernahkah terlintas dipikiran kita bahwa komedo dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami yang dapat kita temukan di dapur? Jawabannya bisa! Bagi kalian yang belum mengetahuinya mari kita simak dengan seksama yuk apa saja dan bagaimana cara menggunakan.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Kayu Manis

Madu adalah bahan alami yang memiliki antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri yang terdapat pada kulit serta berfungsi untuk melembabkan kulit kita. Sementara kayu manis dapat memicu produksi kolagen, serta protein yang berperan baik dan penting dalam regenerasi kulit tubuh kita.

cara penggunaannya:

  • Tuangkan terlebih dahulu 3 sendok makan madu dan 1 sendok makan bubuk kayu manis ke dalam wadah yang sudah dibersihkan.
  • aduk hingga merata dan tercampur dengan sempurna.
  • Oleskan pada wajah seperti halnya menggunakan masker dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah 15 menit berlalu, bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur

Putih telur mengandung banyak nurtrisi yang dapat menghilangkan komedo dan juga dapat mengencangkan pori-pori kulit serta mencegah yang namanya komedo kembali!

Cara menggunakannnya:

  1. Pecahkan sebutir telur kemudian pisahkan kuning dan putih telurnya.
  2. kocok putih telur hingga menjadi busa yang mengembang.
  3. Oleskan putih telur pada wajah anda yang memiliki komedo.
  4. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit atau hingga mengering.
  5. Bersihkan wajah anda dengan menggunakan air hangat.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Lidah Buaya

Gel dari tanaman lidah buaya mengandung hormon giberelin dan juga auksin yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit untuk melembabkan kulit kita. Hal inilah yang membuat lidah buaya menjadi bahan alami yang tepat untuk membersihkan komedo.

Cara pemakaiannya:

  • Sudah pasti memisahkan terlebih dahulu gel lidah buaya dengan kulit lidah buayanya.
  • Oleskan gel lidah buaya pada bagian wajah yang memiliki komedo.
  • Diamkan kurang lebih 10-15 menit.
  • Bersihkan wajah anda dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga:

Cara Menghilangkan Bopeng
Cara Menghilangkan Jerawat Punggung
Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Teh Hijau

Bagi yang belum mengenal teh hijau, BebasJerawat akan membahas sedikit mengenai teh hijau (sekaligus menambah wawasan). Teh hijau merupakan salah satu minuman yang sudah dikenal sejak lama sebagai pengganti kopi dll. Teh hijau kaya akan manfaat salah satunya kandungnan antioksidan alami yang sangat kuat dan biasa disebut sebagai polifenol dan juga teh hijau rendah kandungan akan kafein.

Karena manfaatnya yang begitu banyak, teh hijau juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi komedo. kok bisa? Berdasarkan penelitian yang sudah ada, teh hijau dapat menghambat yang namanya penyerapan androgen pada kulit serta mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Karena manfaat inilah teh hijau sangat baik untuk mengatasi komedo yang menyumbat pori-pori kulit.

Tidak itu saja, teh hijau sendiri dapat mencegah timbulnya jerawat dan juga komedo apabila kamu sering mengkonsumsi setiap hari. Selain itu, teh hijau juga dapat kamu aplikasikan secara langsung pada kulit wajah yang memiliki masalah komedo.

cara pemanfaatannya:

  1. Rendam terlebih dahulu teh hijau dalam air panas selama 5-10 menit.
  2. Setelah itu celupkan kapas pada larutan teh hijau dan oleskan secara merata pada wajah.
  3. Jika menggunakan teh celup, kamu dapat rendam kantong teh tersebut selama 3-5 menit.
  4. Tiriskan kantong teh tersebut dan gosokkan pada wajah anda secara lembut.

Apabila kamu memiliki bubuk teh hijau, kamu dapat melakukan langkah seperti berikut:

  • Buat pasta dengan cara mencampurkan 1 sendok bubuk dan juga 1 sendok air.
  • Aduk hingga merata seperti pasta, kemudian oleskan pasta tersebut pada areah wajah yang berkomedo seperti halnya masker.
  • Pijat wajah anda dengan lembut mengikuti arah memutar 2-3 menit.
  • Setelah itu bilaslah dengan menggunakan air hangat dan keringkan.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Gula

Sebelum ditemukannya antiseptik berbasis alkohol, gula merupakan antiseptik alami yang sangat dikenal dikalangan masyarakat. Larutan gula sudah lama digunakan untuk membersihkan kulit dari bakteri.

Gula murni juga dapat membunuh yang namanya bakteri penyebab komedo. Struktur kristal gula dapat mengikis sel kulit mati apabila digunakan pada kulit kita.

Cara pemakaiannya:

  1. Campurkan terlebih dahulu satu sendok air dan satu sendok gula (dengan perbandingan 1:1).
  2. Aplikasikanlah pada wajah dan usaplah secara perlahan selama 2-3 menit.
  3. Bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Pepaya

Kandungan enzim papain dari buah pepaya inilah yang dapat mengangkat sel kulit mati serta enzim proteolitik yang dapat menghilangkan komedo.

Anda bisa menggunakan pepaya sebagai masker untuk menghilangkan komedo dengan langkah sebagai berikut:

  • Potong pepaya menjadi bagian-bagian kecil.
  • Haluskan daging buah pepaya hingga menyerupai bubur.
  • Oleskan secara merata pada wajah sebagai masker, usahakan fokus pada bagian yang berkomedo.
  • Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.
  • Lakukan perawatan alami ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Lemon

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai banyak manfaat dalam merawat kecantikan kulit. Kandungan dari lemon yang biasa dikenal asam alpha-hydroxi sangatlah baik untuk menghilangkan komedo dan juga bekas jerawat.

Asam sitrat yang terkandung dalam lemon juga mampu mengencangkan pori-pori wajah dan juga mampu membersihkan dari sel kulit yang sudah mati.

Langkah penggunaannya:

  1. Cuci bersih terlebih dahulu lemon yang ingin dipergunakan.
  2. Iris lemon menjadi dua bagian.
  3. Setelah itu anda dapat meneteskan madu pada permukaan lemon yang sudah diiris menjadi dua bagian.
  4. Gosoklah lemon yang sudah diberi tetesan madu pada wajah yang memiliki komedo.
  5. Diamkan kurang lebih selama 5-8 menit.
  6. Bersihkan dengan menggunakan air dingin dan keringkan.
  7. Lakukan perawatan ini secara rutin 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Seteleh kita lelah membahas cara mengatasi atau cara menghilangkan komedo. Bagaimana kalau kita membahas mengenai tips mencegah timbulnya komedo? Daripada lama-lama bagaimana kalau kita bahas saja dibawah ini!!!

Cara Mencegah Timbulnya Komedo

Bahan-bahan alami diatas memang mampu menghilangkan komedo, tetapi kalau komedo yang sudah hilang dapat muncul kembali apabila kita tidak dapat mencegahnya.

Berikut ini langkah-langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk mencegah timbulnya komedo datang lagi!!

1. Rajin Membersihkan Wajah

Rajin-rajinlah dalam membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dengan pembersih wajah yang sesaui dengan jenis kulit masing-masing. Banyak sekali varian pembersih wajah kala ini yang dibuat khusus untuk membersihkan komedo.

2. Jangan suka memencet komedo

Jangan sesekali memencet komedo pada wajah karena dapat menimbulkan luka dan juga menyebabkan bakteri menyebar pada permukaan wajah kita. Hal inilah yang dapat memunculkan komedo baru dan juga bekas luka yang susah dihilangkan.

3. Jaga pola makan

Kurangilah konsumsi makanan yang mengandung banyak minyak dan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Buah dan sayuran mengandung banyak sekali vitamin dan juga mineral serta serat yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita. Memiliki pencernaan dan juga peredaran darah yang bersih adalah salah satu kunci mempunyai kulit sehat.

4. Jangan suka menyentuh kulit wajah

Ini merupakan salah satu kebiasaan sederhana yang buruk, namun sering dilakukan tanpa sengaja. Kebiasaan kecil ini sangat merugikan sekali, sebab akan menjadi penyebab utama munculnya komedo dan juga jerawat meradang di kulit kita. Beginilah penjelasan lengkapnya guys!!

Kita semua sudah pasti tahu bahwa tangan merupakan salah satu sumber dari bakteri dan kotoran karena tanpa sadar kita sering menyentuh benda-benda yang penuh dengan kotoran, contoh mudahnya seperti uang. Nah, bakteri dan kotoran yang menempel ditangan inilah yang akan berpindah ke kulit kita apabila kita menyentuhkan tangan pada kulit wajah. Apabila pori-pori tersumbat maka komedo dan jerawat sudah pasti akan muncul. Jadi, biasakanlah untuk tidak menyentuh kulit wajah dengan menggunakan tangan yang kurang bersih.

5. Hindari merokok dan juga konsumsi alkohol

Gaya hidup yang cenderung tidak sehat inilah yang dapat merusak kulit. Alkohol dan rokok merupakan racun yang berbahaya bagi tubuh yang dapat memicu pertumbuhan bakteri jahat dan dapat merangsang timbulnya jerawat dan juga komedo.

Sekian informasi yang dapat BebasJerawat.info berikan mengenai Cara Menghilangkan Komedo serta Mencegah Timbulnya Komedo. Lakukanlah perawatan alami secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan jangan pernah takut akan efek samping dari bahan alami ini. Apabila informasi dari artikel ini sangat membantu kamu, jangan lupa untuk di share ya, terima kasih.