17 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Mudah dan Terbukti Ampuh

Posted on
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Mudah
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Mudah

Cara Menurunkan Berat Badan – Mempunyai berat badan yang berlebihan atau biasa dikenal dengan nama obesitas merupakan hal yang sangat dikhawatirkan sebagian besar wanita dan pria. Tetapi, tidak sedikit juga kalangan masyarakat yang acuh dan tidak sadar bahwa kegemukan adalah sumber dari suatu penyakit.

Dalam sebuah riset menyatakan bahwa lebih dari 1 Milyar penduduk di dunia ini mengalami  kegemukan atau kelebihan berat badan ideal. Konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kalori yang tinggi serta kurangnya olahraga menjadi penyebab utama dari obesitas atau kegemukan ini.

Kegemukan cenderung menimpa negara maju seperti Amerika (AS) dengan angka penduduk penderita obesitas tertinggi di dunia. Indonesia sendiri mempunyai angka kegemukan yang terbilang cukup rendah tetapi harus tetap diwaspadai.

Cara Menurunkan Berat Badan yang Benar dan Sehat         

Apakah kamu sudah mencoba berbagai macam metode atau cara untuk menurunkan berat badan tetapi belum mendapatkan hasil yang memuaskan? Mungkin saja program menurunkan berat badan atau diet yang kamu jalani kurang tepat untuk tubuh kamu.

Saat ini, banyak sekali metode-metode diet tertentu yang dipublikasian secara umum melalui media. Mungkin kamu bisa memanfaatkan salah satu metode tersebut melalui internet, televisi, majalah, atau media public lainnya.

Kuncir utama dari program menurunkan berat badan hanya 3 dan wajib kamu jalani. Pertama berolahraga secara teratur, kedua atur pola makan dengan benar, ketiga luangkan waktu istirahat yang cukup. Untuk mengetahui bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami. Bebas Jerawat sudah menyediakan untuk kamu secara detail dibawah ini!

I. Pola Makan yang Benar 

Pola Makan Sehat

Penjelasan mengenai pola makan yang benar adalah memilih makanan dengan benar dan memperhatikan kalori serta lemak jahat yang terkandung dalam makanan tersebut sebelum dikonsumsi agar program diet kamu berjalan lancar. Caranya bagaimana? Mari simak dibawah ini!

# Memilih jenis makanan yang sehat

Perhatikan secara menyeluruh apa saja makanan yang berada diatas piring kamu. Makanan yang sehat harus mengandung cukup protein, karbohidrat dan juga serat. Tetapi, perlu juga untuk kamu ingat bahwa rasio makanan sangatlah penting dalam program diet. Sayuran dan buah wajib memenuhi setengah porsi makan kamu.

# Mengurangi porsi makan melalui wadah yang lebih kecil        

Cobalah untuk membiasakan diri dengan menggunakan wadah atau piring yang lebih kecil untuk membatasi porsi makan kamu. Makan dengan menggunakan porsi yang lebih kecil lebih efektif dalam program diet. Dengan menggunakan tempat yang lebih kecil, kemungkinan besar porsi makan kamu 4-5 kali dalam sehari dan tentunya kamu harus memperhatikan asupan yang masuk dalam tubuh kamu.

# Konsumsi makanan di saat yang tepat

Memilih jenis makanan untuk dikonsumsi berdasarkan jenis waktu sangatlah penting dalam program diet. Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang disesuaikan dengan waktu makan. Karena kesalahan dalam memilih jenis makanan dan porsi dapat menyebabkan berat badan kamu naik.

# Memilih produk bahan makanan yang sesuai dengan program diet kita

Bagi kamu yang ingin memiliki berat badan yang ideal, sangat penting untuk memilih produk bahan makanan yang low fat (rendah lemak) dan low calories ( rendah kalori). Kamu dapat mengeceknya pada label bahan makanan yang tertera pada kemasan seperti produk tepung, gula, mentega, susu dan lainnya.

Cobalah untuk menghindari penggunaan mentega, mayones, ataupun produk makanan lain kedalam makanan secara berlebihan. Memang benar adanya bahwa mentega dapat membuat makanan menjadi lebih nikmat. Tetapi, perlu kamu ingat bahwa mentega juga mengandung lemak dan kalori yang dapat membuat berat badan kamu meningkat. Tapi selama kamu menggunakan bahan-bahan makanan tersebut secara tidak berlebihan dan dapat mengolahnya dengan baik melalui olahraga, tidak perlu khawatir mengenai berat badan kamu.

Baca Juga:

Ciri-Ciri Hamil
Gejala Demam Berdarah (DBD)
Manfaat Lidah Buaya
Manfaat Madu

# Memilih menu sarapan yang tepat dan sesuai

Pola Makan Sehat untuk diet

Ketika kamu sarapan, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang cukup memberikan kamu energy tetapi tidak memberatkan saluran cerna seperti buah, sayuran, telur, oatmeal, atau roti bakar.

Jika kamu tidak mempunyai waktu yang banyak, kamu bisa memanfaatkan roti bakar dicampur selai sebagai sarapan. Kandungan gizi dari roti dan selai mampu menjaga aktifitas kamu sepanjang hari. Biasanya roti bakar dibuat melalui mesin toaster. Tetapi, jangan khawatir jika kamu tidak mempunyai toaster, kamu bisa memanfaatkan teflon yang diolesi dengan margarin untuk membuat roti bakar versi kamu.

# Mentukan menu makan siang yang sesuai dan tepat                              

Menentukan porsi dan cara pengolahan makanan adalah hal terpenting dalam program menurunkan berat badan. Salah satunya adalah memilah menu makan siang, makan siang adalah waktu yang sangat tepat untuk kamu yang ingin makan-makanan yang sesuai dengan selera dan pastinya mengenyangkan.

Apabila kamu ingin menu makanan dengan porsi normal dalam program diet, kamu bisa mengkonsumsi banyak sayur terutama sayuran hijau dan buah. Hal ini bertujuan untuk membuat perut kamu merasa lebih kenyang tanpa harus mengurangi porsi makan. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak minyak, karbohidrat, dan juga gula ketika makan siang.

# Mentukan menu makan malam yang sesuai dan tepat          

Ketika makan malam tiba, usahakan untuk memilih menu makanan yang rendah kalori. Tetapi, mengenyangkan seperti mengkonsumsi sayur dan buah. Apabila kamu masih ingin menyantap makanan yang memiliki kadar karbohidrat dan protein yang tinggi ketika makan malam, usahakan untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks contohnya adalah umbi-umbian dan kentang serta mengatur porsi protein dalam menu makanan kamu.

Perlu diingat, makanlah tiga jam sebelum kamu beristirahat/ tidur agar tidak membebani saluran pencernaan ketika kamu beristirahat.  Dan juga usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau makanan yang digoreng ketika malam hari karena hal tersebut dapat menaikkan berat badan kamu.

# Hindari makanan yang mengandung banyak lemak

Usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak dan minyak. Hal tersebut bertujuan untuk tidak memberatkan fungsi kerja saluran perncernaan dan meningkatkan resiko kegemukan.

Perlu juga kamu ketahui bahwa tubuh kita terdapat banyak sel lemak dan sel ini akan bertambah banyak ketika tubuh menerima sari makanan yang tinggi akan karbohidrat dan lemak. Sel lemak sendiri adalah tempat utama untuk menyimpan cadangan makanan dalam tubuh kita, jadi semakin banyak kamu makan maka semakin banyak pula sel lemak yang tercipta dalam tubuh.

# Kurangi menu makanan yang banyak mengandung kalori

Kamu harus tahu bahwa rasa kenyang tidak dipicu karena jumlah kalori yang kamu makan masuk kedalam tubuh melainkan jumlah makanan tersebut. Kurangilah makanan yang memiliki kandungan kalori yang tinggi dan mengganti bahan makanan yang memiliki kandungan lemak dan tinggi karbohidrat dengan buah dan sayuran.

Contoh makanan yang dapat kamu siasati seperti  mengurangi daging dan keju pada pasta, mengurangi selai pada roti, mengurangi daging pada burger dan menambahkan lebih banyak sayuran hijau atau tomat didalamnya, mengganti menu makanan yang kaya karbohidrat dengan salah buah, dan masih banyak lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menunjang program diet kamu.

# Mengkonsumsi suplemen bila dibutuhkan

Kamu juga bisa memanfaatkan suplemen untuk membantu pembarakan lemak dalam tubuh seperti teh hijau. Dalam sebuah riset membuktikan bahwa the hijau dapat membantu pembakaran lemak dan juga memperlancar metabolisme didalam tubuh. Konsumsi the hijau sebelum makan juga dapat membantu pencernaan kita untuk mengurangi rasa lapar dan juga menghindari kamu dari nafsu membara makan makanan yang berlebih.

II. Melakukan aktifitas fisik dan Olahraga

Melakukan aktifitas fisik dan olahraga untuk menurunkan berat badan

Melakukan aktifitas fisik dan olahraga merupakan bagian terpenting dalam membentuk postur tubuh dan menurunkan berat badan. Dalam sebauh penelitian menyatakan bahwa hanya dengan mengonsumsi makanan rendah kalori tidak dapat menurunkan berat badan secara drastic dan signifikan jika tidak diiringi dengan olahraga dan aktifitas fisik lainnya.

Ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan melalui aktifitas fisik/olahraga terutama bagi kamu yang mempunyai fasilitas yang terbilang minim, contohnya seperti:

# Cara menurunkan berat badan: Berenang

Selain dianggap sebagai olahraga yang dapat meninggikan badan, berenang juga dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan agar lebih ideal dan juga optimal, karena seluruh tubuh kita ikut bergerak apabila melakukan olahraga berenang.

Proses: kamu dapat melakukan aktifitas berenang secara rutin 2-3 kali dalam seminggu, dengan melakukan variasi gaya dalam sekali berolahraga.

# Cara menurunkan berat badan: Sit Up

Sit-up merupakan latihan terbaik untuk membantu kamu membakar lemak dalam perut. Berbaringlah dilantai. Letakkan tangan kamu dibelakang kepala dan angkat badan kamu secara perlahan-lahan lalu kembali ke posisi semula. Lakukan sit-up sesuai dengan kemampuan badan dan jangan terlalu dipaksakan  bila tidak mampu. Sit up sangat bagus untuk melatih otot perut dan membakar lemak. tips praktis dari Bebas Jerawat untuk kamu adalah lakukan sit up sebanyak 25-50 kali sebelum tidur dan setelah tidur. Apabila kamu tidak bisa mencapai angka yang disarankan jangan dipaksakan, tubuh yang terlatih akan terbiasa dengan sendirinya. Setelah rutin melakukan sit up selama 3 bulan, kamu mungkin akan melihat hal yang sangat luar biasa yang belum pernah kamu alami pada perubahan perut kamu. Tidak percaya dan mau bukti? silahkan coba dan buktikan sendiri.

# Cara menurunkan berat badan: Push Up

Push up adalah bentuk latihan sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membentuk lengan dan dada. Push up juga sangat bagus untuk membantu kamu dalam menurunkan berat badan karena tumpukan lemak di tangan dan kaki. Lakukan push up secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

# Cara menurunkan berat badan: Berjalan Kaki

Banyak orang meremehkan aktifitas ini karena tidak bisa memberikan dampak yang signifikan bagi tubuh. Itu semua adalah pemikiran yang salah! Berjalan kaki adalah aktifitas yang sangat penting untuk dilakukan secara rutin dalam membantu tubuh membakar kalori yang berlebih dan menurunkan berat badan dari lemak. Jadi, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Tambahkan menu berjalan kaki dalam aktifitas kamu untuk menurunkan berat badan dengan cara berjalan kaki selama 15-20 menit.

Baca Juga:

Cara Menghilangkan jerawat
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Cara Menghilangkan Komedo

# Cara menurunkan berat badan: Lari

Cara Menurunkan Berat Badan dengan berlari

Jogging atau berlari merupakan salah satu olahraga jenis cardio yang sangat efektif membakar kalori dan lemak didalam tubuh kamu. Oleh sebab itu olahraga dipagi hari sangatlah efektif untuk kamu menurunkan berat badan yang tidak ideal.

# Cara menurunkan berat badan: Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang menggabungkan antara ketengan, meditasi dan juga pembakaran kalori serta lemak. Tentu saja olahraga ini sangat efektif dalam menurunkan berat badan kamu.

Kamu bisa melakukan yoga 2-3 kali dalam seminggu. Lakukan yoga secara rutin untuk menurunkan berat badan secara optimal.

# Cara menurunkan berat badan: Istirahat yang cukup

Salah satu kunci kesuksesan kamu dalam menurunkan berat badan tidak hanya melakukan aktifitas seperti lari, yoga, shit up dll. Tidur atau beristirahat yang cukup adalah kunci kesuksesan kamu menurunkan berat badan karena ketika kamu tidur tubuh akan memperbaiki fungsi kerja organ dan membersihkan saluran cerna dari zat-zat beracun maupun sisa dari metabolisme tubuh.

TIdur yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan dan juga mengembalikan stamina tubuh secara normal setelah terkuras habis karena aktifitas disiang hari. Banyak sekali penelitian yang sudah membuktikan bahwa hubungan kualitas dan kuantitas tidur sangat erat dengan hubungan berat badan tubuh seseorang. Kurangnya waktu istirahat dapat mengganggu sistem kerja tubuh dan memicu mutasi beberapa gen dalam tubuh yang mengendalikan berat badan dan mutasi gen ini bisa menyebabkan obesitas di kemudian hari. Tidak hanya disitu saja, kurangnya waktu tidur dapat mempengaruhi tubuh kehilangan kontrol rasa lapar dan kenyang dalam tubuh.

Kurangnya waktu tidur juga dapat menyebabkan tubuh tidak bisa mengontrol secara baik regulasi hormon ghrelin atau biasa dikenal dengan hormon pemicu rasa lapar. Akibatnya, seseorang akan sangat mudah merasa lapar dan tidak kunjung kenyang bahkan setelah mereka menyantap makanan dengan porsi normal. Hormon ini biasanya akan berkurang ketika kita selesai makan karena kadar leptin atau hormon pemicu rasa kenyang dalam tubuh meningkat. Waktu idela tidur 7-8 jam sehari.

Faktor Penyebab Berat Badan Naik

Berikut ini beberapa faktor penyebab kegemukan atau obesitas yang wajib diketahui dan diwaspadai, seperti:

  1. Faktor Genetis

Benar, genetis adalah salah satu penyebab utama kegemukan dan obesitas yang tidak dapat dikendalikan sesoerang. Orang tua yang mempunyai masalah dengan berat badan yang berlebih atau gemuk lebih cenderung menurunkan gen tersebut pada anaknya. Oleh sebab itu jangan heran apabila kamu menemui keluarga yang hamper seluruh isi keluarganya menderita kelebihan berat badan.

  1. Faktor Hormon

Di dalam tubuh kita (manusia) terdapat dua hormone utama yakni hormone yang dapat mempengaruhi berat badan kita dan hormone untuk mengendalikan berat badan yang disebut Ghrelin dan Leptin. Tidak dipungkiri bahwa kedua hormone tersebut sangat erat berhubungan dengan faktor genetis. Tetapi, fungsi kerja dari kedua hormone tersebut dapat kendalikan dengan beberapa hal lain.

  1. Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup juga termasuk bagian dalam faktor penyebab kegemukan tubuh dan masalah kesehatan lainnya. Bagaimana bisa? Gaya hidup yang cenderung ke era modern membuat orang semakin malas untuk melakukan berbagai macam aktifitas ataupun olahraga dan buruknya lagi tingkat konsumtif terhadap makanan yang tinggi akan kalori.

Maraknya restoran cepat saji yang menyediakan makanan junk food atau makanan yang tidak sehat menjadi pilihan serta terlalu lama menghabiskan waktu untuk bermain perangkat elektronik di kala senggang juga dapat membuat tubuh menjadi gemuk dan tidak ideal.

  1. Pola Makan

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan akan gula, lemak dan karbohidrat menjadi salah satu penyebab kelebihan berat badan seseorang. Karbohidrat yang menjadi sumber energy utama untuk tubuh akan dipecah menjadi gula sederhana dan digunakan untuk proses metabolism. Apabila kamu mengonsumsi terlalu banyak atau berlebihan karbohidrat, tubuh akan menyimpan kelebihan tersebut pada otot dan hal tersebut menjadikan kamu gemuk.

  1. Malasnya berolahraga

Malasnya melakukan aktifitas atau berolahraga menjadi salah satu faktor penentu penyebab kegemukan yang kamu alami. Berdasarkan data yang sudah diberikan oleh WHO (World Health Organization), kurangnya melakukan olahraga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kegemukan dan juga obesitas yang dapat memicu timbulnya penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Seperti yang kita ketahui juga bahwa 2 penyakit tersebut adalah penyebab utama tingginya angka kematian di dunia ini.

  1. Jarangnya Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan bahan alami yang mengandung banyak serat dan nutrisi yang dapat membantu kamu untuk menjaga fungsi pencernaan dan juga organ tubuh lainnya. Apabila kamu kurang mengonsumsi sayur dan buahdapat menimbulkan banyak masalah seperti kegemukan, obesitas, konstipasi, dan penyakit lain termasuk juga kanker.

Sekian informasi dari BebasJerawat.info mengenai cara menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu teman-teman yang ingin menurunkan berat badan.  Jangan lupa di share kepada teman-teman kamu yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan ideal juga. Sampai jumpa dipostingan selanjutanya dan terima kasih.