Simak 10 Gejala Ciri-Ciri Orang Hamil Beserta Solusinya!

Posted on
10 Ciri-ciri orang hamil atau mengandung1
10 Ciri-ciri orang hamil atau mengandung1

Ciri-ciri Orang Hamil –  Setiap pasangan yang ada di dunia ini sudah pasti mengidamkan buah hati untuk melengkapi hidupnya, terkhususnya wanita. Sebelum seorang anak lahir di dunia, seorang wanita atau ibu akan melewati masa kehamilan. Masa kehamilan dapat kita artikan sebagai periode seorang wanita mengandung janin atau calon bayi yang belum dilahirkan dan berada didalam rahim mereka.

Pregnancy atau kehamilan terjadi ketika sel sperma melebur bersamaan dengan sel telur yang membentuk zigot dan embrio yang kemudian berkembang dan tumbuh didalam rahim atau uterus seorang wanita.

Banyak seorang wanita yang mencurigai bahwa dirinya tengah hamil ketika mereka mengalami masa terlambat datang bulan atau berhentinya menstruasi yang biasa disebut amenorrhea. Menstruasi sendiri terjadi ketika sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma yang kemudian meluruh bersama dengan pembulu darah pada dinding rahim.

Berikut 10 Ciri Ciri Orang Hamil!

Di masa awal kehamilan, setiap perempuan akan mengalami banyak perubahan secara hormonal yang terjadi pada tubuh dan dari perubahan homon inilah yang dapat memicu gejala atau reaksi kehamilan. Meskipun tanda-tanda atau gejala kehamilan setiap perempuan itu berbeda, ada beberapa gejala umum yang dapat kita ketahui dan jumpai. Perhatikan ciri-ciri orang hamil dibawah ini sebagai refrensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai gejala orang hamil!

  • Mual dan Muntah-muntah

Perubahan kadar esterogen yang menurun pada wanita yang tengah hamil dapat membuat system kerja pencernaan terganggu dan hal inilah yang menyebabkan otot percernaan menjadi lemah dan hal ini jugalah yang dapat  meningkatkan kadar asam dalam lambung.

Salah satu gejala atau ciri-ciri orang hamil adalah rasa mual dan ingin muntah. Karena gejala tersebut, terkadang wanita mencurigai bahwa dirinya tengah hamil dan biasanya akan melakukan tes dengan menggunakan testpack atau mengkonsultasikan dirinya kepada dokter spesialis. Meski begitu, rasa mual atau muntah juga tidak selalu disebabkan karena faktor kehamilan, bisa saja rasa mual dan muntah disebabkan karena kondisi tubuh yang tidak sehat.

Seorang wanita biasanya akan mengalami yang namanya morning sickness atau rasa mual atau bisa juga diartikan ingin muntah dipagi hari ketika mengalami masa kehamilan. Gejala ini akan muncul ketika minggu keempat hingga minggu ke duabelas masa kehamilan. Untuk mengurangi rasa mual dan muntah, kamu dapat melakukan beberapa tips dari bebasjerawat dibawah ini:

  1. Mulailah makan dengan porsi kecil tetapi sering. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa mual dan muntah disbanding kamu makan dalam porsi besar tiga kali sehari.
  2. Perhatikan pola makan buah, sayur dan konsumsi cairan yang lebih banyak untuk membantu kamu melancarkan proses pencernaan dan juga mengembailkan kadar asam lambung agar normal kembali.
  3. Saat kamu bangun dipagi hari, usahakan untuk duduk sejenak ditepi kasur atau ranjang dan bangunlah secara perlahan-lahan.
  4. Mulailah untuk membiasakan diri meminum teh jahe dan mengirup aromanya, jahe disini mempunyai peran untuk mengurangi rasa mual dan muntah yang hebat. Tetapi, hal ini juga harus sesuai dengan saran dari dokter, karena konsumsi jahe yang tidak tepat takaran dapat berdampak buruk untuk ibu hamil.
  5. Ketika kamu mengalami rasa mual dan muntah yang semakin parah dan membuat tubuh kamu menjadi lemas. Ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis, biasanya masa ini dikenal dengan istilah hyperemesis gravidarum

Perlu diingat dan diketahui juga bahwa tidak setiap wanita yang hamil mengalami masa morning sickness. Sekitar 70% ibu hamil akan mengalami morning sickness dan 30% ibu hamil akan menjalani masa kehamilannya dengan nyaman tanpa keluhan mual dan muntah, seperti yang dipaparkan oleh Marra Francis, dokter obgyn di Texas dan juga tim penulis buku Mommy MD Guides.

  • Mulut Menjadi Lebih Asam

Wanita hamil akan merasakan dimana mulut mereka menjadi lebih asam karena kadar esterogen tubuh menurun dan mengurangi fungsi kepekaan lidah sebagai indra perasa.

Kondisi ini akan menjadi salah satu gejala atau ciri-ciri orang hamil, dimana wanita tersebut ingin selalu makan makanan yang asam atau manis, orang biasa menyebut gejala ini dengan istilah ngidam. Berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan oleh beberapa wanita hamil, cara mengatasi masalah ini cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air dan rasanya manis seperti buah melon ataupun semangka.

  • Hilangnya nafsu makan

hilangnya nafsu makan

Karena rasa mual, muntah dan perut tidak nyaman akan membuat seorang perempuan hamil kehilangan rasa nafsu makan mereka. Kadar asam lambung yang naik tinggi dalam tubuh dapat memicu rasa ketidaknyamanan perut mereka dan membuat lidah mereka menjadi lebih pahit.

  • Sakit Perut

Seorang wanita hamil akan mengalami rasa peri pada perut karena pencernaan yang tidak berjalan dan akumulasi gas dalam lambung yang menekan perut.

Gejala ini biasanya disebabkan karena mengembangnya rahim atau uterus yang selalu mendesak otot abdomen serta menekan lambung. Apabila perut secara terus menerus terasa sakit, ada baiknya segera melakukan konsultasi pada dokter atau bidan terdekat. Hal tersebut untuk mengantisipasi hal terburuk karena sakit perut ini juga dapat mengganggu kesehatan terutama untuk sang ibu.

  • Rasa terbakar pada dada atau heartburn

Rasa terbakar pada dada dan kerongkongan biasa dialami oleh seorang wanita yang sedang hamil dan biasa disebut dengan istilah heartburn.

Heartburn sendiri terjadi karena menurunnya kadar esterogen pada tubuh dan menyebabkan otot valve atau katup yang memberi sekat lambung dengan kerongkongan terbuka. Oleh sebab itu asam dari dalam lambung mengalir keluar hingga sampai ke kerongkongan.

Kadar asam lambung yang begitu tinggi dalam kerongkongan menekan dan menimbulkan rasa pada dibagian dada. Untuk kamu yang ingin mengurangi gejala heartburn dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Makan-makanan yang bergizi dalam porsi kecil sesering mungkin.
  2. Hindari makan ketika ingin tidur atau sebelum tidur.
  3. Hindari juga makanan pedas, asam dan berminyak karena makanan tersebut dapat memicu lambung untuk memproduksi asam lambung yang berlebih.
  4. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman
  5. Ketika tidur usahakan untuk menggunakan bantal yang cukup tebal agar kepala tetap terjaga dibagian atas.
  6. Konsultasi kepada dokter apabila rasa terbakar dan nyeri tidak kunjung hilang.
  • Sering buang gas dan bersendawa

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika seorang wanita berada di masa kehamilannya. Pencernaan wanita hamil tersebut tidak  berfungsi semestinya dan dapat menimbulkan produksi gas berlebih didalam lambung.

Gas tersebut dihasilkan sebagai bentuk sisa pencernaan yang biasanya akan dikeluarkan melalui rongga mulut dan juga anus. Oleh karena itu, seorang wanita hamil akan mudah sekali untuk bersendawa dan buang gas.

Meski gejala ini terkesan mirip dengan gejala masuk angin, jika kamu mengalaminya dan mencurigai ada sesuatu yang tidak beres. Lebih baik kamu melakukan konsultasi kepada dokter spesialis secepatnya karena bisa saja gejala ini adalah tanda bahwa kamu sedang berada di masa kehamilan.

  • Ciri-ciri orang hamil biasanya mengalami Konstipasi

konstipasi gejala hamil

Dimana keadaan dari pencernaan tidak berjalan lancar dan feses atau tinja menjadi keras sehingga seseorang akan mengalami yang namanya susah buang air besar dan istilah ini sering disebut Konstipasi.

Perubahan hormonal pada masa kehamilan inilah yang menjadi penyebab usus besar mengalami gangguan dan memperlambat proses pengeluaran feses dari dalam tubuh. Konstipasi yang selalu dibiarkan terus menerus terjadi dapat menimbulkan hemoroid atau biasa kita kenal dengan wasir dan ditandai dengan adanya darah pada feses. Apabila kamu mengalami ini selama masa kehamilan, ada baiknya kamu melakukan beberapa tips dari bebasjerawat.info sebagai berikut:

  1. Menambah porsi konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat dan mampu membantu untuk melancarkan system pencernaan kamu.
  2. Perbanyak konsumsi air putih dan cairan lain seperti jus buah atau susu dan usahakan untuk selalu menghindari minuman yang mengandung soda dan kafein.
  3. Melakukan olahraga ringan seperti berenang dan juga yoga dapat membantu kamu untuk memperbaiki kondisi hormone dan juga menjaga tubuh agar tetap sehat selama masa kehamilan.
  4. Usahakan untuk selalu menghindari konsumsi suplemen yang mengandung zat besi sementara waktu karena dapat memperuruk kondisi konstipasi yang kamu alami.
  5. Konsumsi obat-obatan pemicu buang air besar atau laksatif tanpa instruksi dari dokter tidak disarankan selama masa kehamilan kamu.
  • Ciri-ciri orang hamil biasanya ditandai dengan Diare

Gejala diare merupakan salah satu gejala yang dapat dialami oleh seorang wanita yang sedang mengandung atau hamil. Diare merupakan kondisi dimana tubuh akan mengeluarkan feses cair yang dapat disebabkan oleh bakteri dan juga kuman yang masuk kedalam system pencernaan tubuh.

Namun berbeda dengan kondisi yang dialami oleh wanita hamil, diare yang dialami wanita hamil disebabkan karena otot saluran pencernaan pada usus besar kehilangan kemampuannya dalam menyerap cairan yang disebabkan karena perubahan hormon tadi. Apabila ini dibiarkan terus menerus, diare tersebut dapat menyebabkan wanita hamil mengalami dehidrasi dan kondisi ini sangat membahayakan janin beserta sang ibu.

Diare dapat kamu cegah dengan menjaga kebersihan makan serta lingkungan disekitar dan juga perbanyak konsumsi air dan makanan berserat. Jangan biarkan gejala ini sampai berlarut-larut. Jika kamu mengalami gejala diare pada masa awal kehamilan, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Mudah tersinggung

Ketika masa kehamilan, seorang wanita yang mengandung akan mengalami perubahan hormonal yang tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik saja, tetapi juga mempengaruhi perasaan atau mood mereka.

Turun naiknya kadar hormone dan progesterone didalam tubuh mereka dapat memicu otak untuk menghasilkan senyawa kimia yang dapat memicu rasa stress pada seseorang. Gejala ini lebih mirip dengan gejala wanita yang sedang mengalami PMS (Pre Menstrual syndrome) atau menstruasi dimana perasaan mereka menjadi lebih sensitif dan mudah sekali tersinggung. Berdasarkan penelitian dan juga survei, selama masa kehamilan ini, 1 dari 10 wanita yang sedang mengandung atau hamil mengalami yang namanya depresi atau stress.

Tetapi tidak perlu panik, dalam kondisi seperti ini kami sarankan untuk kamu melakukan konsultasi kepada dokter. Sebab, kalau dibiarkan stress dan depresi pada masa kehamilan akan sangat beresiko pada janin yang sedang kamu kandung.

  • Perut buncit dan keroncongan

Terkumpulnya tumpukan gas sisa pencernaan dalam perut wanita yang mengandung atau hamil dapat membuat perut menjadi lebih besar dan buncit serta mengeluarkan suara seperti orang yang sedang kelaparan atau bisa kita sebut dengan istilah berut bergemuruh atau keroncongan.

Hal ini dapat menimbulkan yang namanya rasa ketidaknyamanan dan tertekan karena gas yang sudah terakumulasi didalam perut. Untuk menalangi gejala ini, kamu sebaiknya menghindari makan yang dapat memicu gas dalam lambung seperti sayurang kubis, minuman yang mengandung kafein, dan minuman bersoda.

Untuk mempermudah kamu mengingat 10 gejala ciri-ciri orang hamil, bebasjerawat.info akan melampirkan sebuah gambar atau ilustrasi grafis ciri-ciri orang hamil dibawah ini!

Ciri-ciri orang Hamil
Ciri-ciri orang Hamil

10 Gejala atau ciri-ciri orang hamil diatas merupakan gejala yang normal atau biasa kita temukan pada wanita yang sedang hamil dan dapat dijadikan ciri atau tanda wanita tersebut tengah hamil. Selain gejala atau ciri yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa gejala lain yang mungkin dialami oleh beberapa wanita diawal masa kehamilannya seperti:

1. Vagina mengalami pendarahan

Seringkali terjadi pada masa awal kehamilan, vagina akan mengalami yang namanya pendarahan dan wanita sering menganggap bahwa itu adalah darah menstruasi atau datang bulan. Sebenarnya pendarahan tersebut terjadi ketika seorang wanita mengalami masa awal kehamilan dan darah tersebut berasal dari sisa-sisa pembuluh darah pada dinding rahim yang meluruh dan darah tersebut bukan darah menstruasi.

2. Bentuk payudara berubah

Pada awal kehamilan, kamu akan melihat yang namanya perubahan pada payudara kamu. Payudara akan menjadi lebih sensitif jika tersentuh dan ukuran payudara akan membesar. Apabila kamu raba atau remas, payudara juga akan terasa lebih lembut dan juga empuk. Ada beberapa wanita akan merasakan gatal pada payudara mereka dan puting akan lebih bengkak atau menjulang. Perubahan pada payudara ini terjadi untuk mempersiapkan dan menampung air susu (ASI) yang disediakan untuk bayi yang akan lahir nanti.

3. Seringnya buang air kecil

Gejala atau ciri-ciri orang hamil selanjutnya adalah seringnya buang air kecil. Wanita yang tengah hamil biasanya akan sering mengalami hal ini karena mengembangnya rahim atau uterus yang menekan kandung kemih tempat urin terakumulasi. Kandung kemih yang tertekan oleh rahim tidak dapat menampung urin secara maksimal dan hal itulah yang menyebabkan seorang ibu hamil lebih sering buang air kecil.

Perlu diingat, ketika tubuh yang terlalu banyak mengeluarkan cairan. Ada baiknya untuk kamu menyeimbanginya dengan banyak mengkonsumsi air putih atau cairan lainnya agar kamu tidak mengalami dehidrasi.

4. Rasa gatal yang berlebih pada kulit

Gejala atau ciri-ciri orang hamil selanjutnya adalah rasa gatal pada kulit. Namun, tidak semua wanita akan mengalami rasa gatal pada kulit mereka ketika mereka sedang mengandung/hamil.

5. Otot mengalami pegal-pegal

pegal-pegal ketika masa kehamilan

Ketika masa kehamilan, seorang wanita akan mengalami yang namanya rasa pegal pada otot yang disebabkan karena tingginya kadar progesteron mereka.

Karena tingginya kadar hormon progesteron tersebut dapat menyebabkan perlambatan pada proses metabolisme tubuh dan mengurangi asupan jumlah energi yang dihasilkan serta meningkatkan kadar asam laktat pada tubuh yang dapat menyebabkan rasa pegal pada otot ketika hamil.

Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri orang hamil yang biasa terjadi dan dialami oleh wanita ketika awal masa kehamilannya. Gejala tersebut dapat diminimalisir dengan menjaga pola makan, waktu istirahat, dan rutinnya melakukan olahraga ringat. Apabila gejala yang terjadi tidak diatasi, hal tersebut sangat berbahaya untuk janin dan sang ibu. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada dokter spesialis ketika kamu merasa ada kejanggalan yang tidak dapat diatasi sebelum terlambat. Jangan lupa share kepada kerabat dan teman-teman kamu agar tahu apakah mereka mengalami gejala atau ciri-ciri orang hamil. Terima kasih 🙂