12 Manfaat Kesehatan Madu yang Luar Biasa, Salah Satunya Mencegah Diabetes dan Penyakit Jantung

Posted on
Manfaat Madu yang Luar Biasa Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Madu yang Luar Biasa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu – Siapa diantara kalian yang tidak mengenal bahan alami yang satu ini? yaps, madu merupakan salah satu bahan alami yang dihasilkan oleh alam. Bahkan madu juga sering disebut-sebut sebagai bahan alami terbaik dalam pengobatan.

Madu merupakan cairan yang memiliki warna coklat keemasan yang merupakan kumpulan nektar tanaman yang sudah dicampur dengan saliva dan air liur lebah, setelah itu disimpan dalam sarangnya. Madu sendiri terdiri dari fruktosa, glukosa dan air. Selain itu, madu juga memiliki beberapa senyawa nutrisi seperti vitamin, protein, dan mineral, termasuk juga niasin, riboflavin, tembaga, kalsium, zat besi, zinc, potassium, dan magnesium. Tidak hanya itu saja, madu juga mengandung senyawa flavonoid dan asam fenolat yang dapat bertindak sebagai antioksidan alami yang dibutuhkan tubuh.

Sejuta manfaat Madu yang Perlu Kita Ketahui

Kandungan madu yang begitu kaya akan nutrisi dan zat aktif menjadikan madu sebagai salah satu bahan alami yang mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Berikut Manfaat madu yang perlu kita ketahui:

1. Manfaat Madu: Menghilangkan Batuk

Batuk merupakan masalah sistem pernafasan yang menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa dan batuk merupakan masalah yang sangat mengganggu bagi penderitanya.

Dalam sebuah studi 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, menyatakan bahwa madu sangat efektif untuk menghilangkan batuk karena kandungan Dekstrometorfan (DM) dapat menenangkan batuk dalam beberapa hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Jadi bagi kamu yang mengalami batuk, kamu dapat menghilangkannya dengan mengkonsumsi madu satu atau dua sendok makan sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

2. Manfaat Madu: Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit paling mematikan di dunia yang tidak mengenal batasan umur. Berdasarkan data yang diberikan oleh World Health Organization (WHO) angka dari penderita penyakit jantung selalu meningkat setiap tahunnya dan penyakit mematikan ini menduduki peringkat pertama sebagai penyebab angka kematian tertinggi di dunia.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada madu dapat menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah kita. Kolesterol jahat dapat terakumulasi dalam dinding pembulu darah arteri dan juga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Kandungan dari zinc dan pottasium pada madu juga membantu dalam mengatur detak jantuk dan tekanan darah normal.

3. Manfaat Madu: Menghilangkan Jerawat

Masalah kulit yang satu ini memang membuat kita jengkel karena kulit wajah kita menjadi kasar dan terkadang meninggalkan bekas jerawat yang susah dihilangkan.

Jerawat timbul dikarenakan infeksi bakteri dan juga penumpukan sel kulit mati pada pori-pori yang menimbulkan peradangan dan juga benjolan merah pada wajah. Kandungan anti bakteri yang terdapat pada madu dapat menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh bakteri P.acne, madu juga dapat menghilangkan radang, kemerahan pada kulit dan dapat Menghilangkan bekas jerawat atau bopeng.

Cara menggunakannya cukup simple, cukup oleskan madu langsung pada bagian jerawat dan diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. lakukan perawatan ini setiap hari secara rutin.

Baca Juga:
Menghilangkan Jerawat Punggung
Menghilangkan Jerawat Pasir
Menghilangkan Komedo Secara Alami

4. Manfaat Madu: Memperbaiki Saluran Pencernaan yang kurang sehat

Di dalam sistem pencernaan, terdapat bakteri baik atau yang biasa disebut dengan normal flora yang dapat membantu proses pencernaan makanan seperti bakteri yang hidup di usus besar kita.

Madu tidak hanya kaya akan nutrisi, madu juga mengandung yang namanya normal flora atau bakteri baik seperti lactobacillus dan bifidobakteria yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan kita dan dapat menudukung proses pencernaan dalam usus besar kita.

Bakteri baik juga berfungsi melindungi saluran cerna dari pengaruh buruk bakteri pathogen seperti bakteri helycobacter pylori penyebab diare.

5. Manfaat Madu: Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat dengan usia dewasa/lanjut. Timbulnya penyakit ini biasanya karena pola hidup tidak sehat terutama pada kasus diabetes tipe 2.

Para penderita diabetes akan mengalami kehilangan kemampuan untuk mengatur kadar gula dalam darah akibat hormon insulin dalam tubuh tidak berfungsi secara normal dan sehat. Terlalu banyak konsumsi makanan manis dan gula dapat juga menyebabkan penyakit diabetes.

Madu mengandung yang namanya senyawa gula alami yang sangat aman untuk kita konsumsi dibandingkan gula pasir atau sukrosa, kenapa? karena indeks glikemiks madu lebih rendah dibandingkan jenis gula lainnya seperti sukrosa sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam penelitian Shambaugh et al, pada tahun 1990. Indeks glikemiks (IG) adalah skala yang menyatakan kecepatan suatu makanan dalam meningkatkan kadar gula dalam darah.

Dengan kata lain madu dapat menggantikan posisi gula dan madu juga dapat menurunkan resiko penyakit diabetes dan jangan lupa bahwa madu juga dapat mengendalikan kadar gula dalam darah.

6. Manfaat Madu: Menyembuhkan Luka

Madu juga memiliki kelebihan untuk membantu proses penyembuhan luka. Cukup dengan mengoleskan madu pada luka. Kandungan antiseptik pada madu yang disebut sebagai enzim glukosa oksidase mampu mencegah infeksi bakteri pada kulit yang terluka.

Tidak hanya itu saja, senyawa pinocembrin merupakan salah satu antioksidan yang terkandung dalam madu juga sangat efektif dalam menangkal infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang dapat memperparah luka kita.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa mereka yang menggunakan madu untuk mengobati luka, sudah dapat dipastikan akan lebih cepat sembuh dibandingkan mereka yang mengobati luka dengan menggunakan obat konvensional silver sulfadiazene.

7. Manfaat Madu: Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol jahat merupakan musuh bagi jantung dan juga pembuluh darah. Kolesterol jahat atau yang biasa dikenal dengan sebutan Low Density Lipoprotein (LDL) dapat menyumbat pembuluh arteri dan sudah pasti meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.

Tidak hanya menyembuhkan luka, manfaat madu yang lain adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal tersebut disebabkan karena madu mengandung senyawa aktif dan antioksidan yang memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa konsumsi madu secara rutin selama 2 minggu berturut-turut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 8% lhoo.

8. Manfaat Madu: Meningkatkan Stamina Tubuh

Pada zaman dulu, para atlet Yunani kerap mengkonsumsi madu dan juga telur sebelum mereka bertanding di olimpiade, tujuan mereka mengkonsumsi madu dan telur untuk meningkatkan stamina dan level energi mereka.

Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa ilmuwan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 39 orang atlit. Atlit yang diberi asupan protein dan madu dinyatakan lebih memiliki stamina dan tingkat energi yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidak diberi asupan protein.

Jadi bagi kamu yang ingin memiliki stamina dan energi optimum yang jauh lebih banyak. Cukup rutin mengkonsumsi satu sendok madu di pagi hari, dijamin top!

9. Manfaat Madu: Menguatkan Akar Rambut

Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, rambur juga membutuhkan yang namanya asupan nutrisi agar tetap kuat dan sehat. Madu merupakan bahan alami kaya akan nutrisi seperti protein dan vitamin yang dpat membantu menutrisi akar rambut sehingga tidak mudah patah ataupun rontok.

Masker madu yang sudah kamu campur dengan gel lidah buaya dapat diaplikasikan sebagai gel rambut untuk mengembalikan kelembapan dan kelembutannya. Terutama bagi kamu yang mempunyai rambut mudah patah dan kasar.

10. Manfaat Madu: Melembabkan Bibir dan Kulit

Pernahkah kalian mendengar cerita tentang ratu Mesir? Benar, Cleopatra. Ratu Mesir ini sangat rajin menggunakan madu sebagai bahan perawatan kulit. Cerita tersebut memang benar adanya karena madu mengandung nutrisi yang dapat melembabkan dan juga menghaluskan kulit.

Kamu dapat mencampurkan madu dengan sabun ataupun masker tubuh yang dapat anda gunakan sebelum madni. Untuk melembabkan bibir, cukup oleskan madu pada bibir yang kering sebelum tidur.

11. Manfaat Madu: Membantu Program Diet (Menurunkan Berat Badan)

Madu memang memiliki kandungan gula dan kalori, akan tetapi jika kamu dapat menggunakan dengan benar dan tepat. Madu dapat digunakan sebagai pembantu kamu dalam program penurunan berat badan (diet).

Mulai sekarang ganti konsumsi gula tebu ataupun gula pasir dalam menu makanan manismu dengan menggunakan madu yang memiliki indeks glikemiks lebih rendah daripada gula pasir ataupun gula tebu, kenapa harus madu? kenapa tidak dengan bahan pemanis lainnya? alasan utamanya adalah karena madu dapat mengontrol kalori makanan dan juga agar kadar gula darah tidak naik secara drastis.

Makanan manis dengan indeks glikemiks yang tinggi dapat menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat dan merangsang napsu lapar kita.

12. Manfaat Madu: Mencegah Kerusakan Hati

Bagi kamu yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol mulailah untuk berhenti mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak. Karena mengkonsumsi alkohol dapat menimbulkan efek negatif dan merusak organ hati dalam jangka waktu tertentu.

Untuk kamu yang ingin mencegah kerusakan hati dapat mengkonsumsi madu karena madu dapat membantu proses detoksifikasi alkohol atau senyawa ethanol dalam darah. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa mengkonsumsi madu setelah minum alhokol mampu mempercepat proses eliminiasi ethanol dan juga menghilangkan efek negatif dari alkohol dari dalam tubuh.

Memang benar madu mengandung banyak sekali manfaat dan juga nutrisi. Tetapi, madu juga mengandung spora dan bakteri yang dapat menyebabkan kontra indikasi seperti keracunan botulisme dan alergi.

Oleh karena itu, hindarilah pemberian madu pada balita dibawah usia satu tahun karena sistem imun (kekebalan) pada balita masih belum berfungsi dengan baik. Agar tidak terjadi masalah ketika mengkonsumsi madu ada baiknya untuk kamu memperhatikan hal-hal berikut terutama bagaimana cara membedakan madu murni dengan madu campuran (oplosan):

  • Pastikan madu yang kamu konsumsi adalah madu murni yang terpercaya kualitasnya. Apabila kamu membeli madu di pasaran maka pilihlah madu dengan merk dan kualitas yang terpercaya. Cek label dan komposisi madu, madu murni hanya mengandung 100% madu dan tanpa tambahan apapun.
  • Madu asli dapat kamu dibedakan dengan madu palsu dengan beberapa metode mudah dan praktis. Madu yang asli biasanya memiliki tekstur yang kental, jika dituang kedalam air madu akan menggumpal dibagian bawah gelas dan tidak mudah tercampur dengan air. Madu asli tidak begitu lengket saat disentuh, dan tidak membuat kertas menjadi basah dan berlubang jika dituang dipermukaannya.
  • Usahakan untuk selalu menyimpan madu pada wadah atau botol yang tertutup rapat dan letakkan pada ruangan bersuhu normal. Sebaiknya hindari menyimpan madu dalam kulkas.

Sekian beberapa informasi yang dapat BebasJerawat.info berikan mengenai 12 Manfaat Kesehatan Madu yang Luar Biasa, Salah Satunya Mencegah Diabetes dan Penyakit Jantung. Semoga wawasan kamu mengenai manfaat madu semakin luas. Apabila artikel ini sangat berguna dan membantu jangan lupa untuk di share ya, terima kasih. 🙂