8 Manfaat Dashyat Buah Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Posted on
Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang tidak terduga!!!
Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang tidak terduga!!!

Manfaat Tomat – Tomat merupakan salah satu tumbuhan asli Amerika Selatan dan Amerika Tengah, mulai dari Peru hingga Meksiko. Tumbuhan yang digolongkan dalam keluarga Solanaceae ini kerap dianggap sebagai sayuran meskipun memiliki struktur buah.

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi disebut-sebut sebagai tanaman yang memiliki manfaat luar biasa pada dunia kecantikan, salah satu manfaatnya bisa mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Keberadaan likopen dan juga kolagen menjadikan buah ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi guna mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, kerutan, polusi, dan juga secara keseluruhan dapat meningkatkan keremajaan kulit kita.

Tomat merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan gizi tinggi dan kamu juga bisa memasukkan tomat sebagai makanan atau menu diet sehari-hari. Sebab selain dapat meremajakan kulit kita, tomat juga memiliki berbagai macam kegunaan. Bagi kamu yang penasaran seperti apa manfaat tomat yang memiliki kandungan antioksidan yang luar biasa, simak dibawah ini!

Manfaat Tomat yang kaya akan khasiat

1. Manfaat Tomat: Kaya akan Vitamin, Mineral, dan Antioksidan

Kandungan likopen yang begitu tinggi pada buah tomat sangat efektif untuk mencegah kanker akibat radikal bebas. Aktivitas dari likopen sendiri dapat membantu memerangi kanker dan telah terbukti efektif untuk memerangi kanker prostat, kanker perut, kanker serviks, kanker tenggorokan dan rektum. Berdasarkan studi yang sudah dilakukan di Harvard School Public Health, likopen yang terkandung pada buah tomat mampu untuk mencegah kanker payurada dan juga kanker mulut.

Selain kandungan antioksidan yang tinggi, 1 buah tomat mengandung sekitar 40% vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan alami yang dapat mencegah dan juga melawan kanker akibat radikal bebas yang disebabkan oleh kerusakan sistem tubuh.

Tomat juga mengandung Vitamin A dan juga potassium yang tinggi. Tidak hanya itu, Vitamin K juga terkandung pada buah tomat. Vitamin K sendiri merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mempercepat proses penutupan bekas luka yang berdarah.

2. Manfaat Tomat: Membantu Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat dan juga antioksidan alami yang baik dapat mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran yang menumpuk pada kulit wajah kita. Karena kandungan ini jugalah yang sangat dibutuhkan kulit kita untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

Baca juga:
Menghilangkan Jerawat di Punggung
Menghilangkan Jerawat Batu
Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Tidak hanya disitu saja peranan penting buah tomat untuk kulit. Tomat juga membantu kita dalam mencerahkan kulit dan membuat kulit wajah kita kembali elastis dan kencang.

3. Manfaat Tomat: Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Karena penyakit tekanan darah tinggi menyebabkan jantung harus bekerja lebih ekstra saat mensirkulasi darah dan nutrisi keseluruh bagian tubuh yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan arteri yang menjadi pengangkut darah sedang dalam keadaan tidak baik, dan lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh kita.

Kondisi ini juga dapat memicu berbagai macam penyakit jantung. Selain itu, karena kondisi buruk ini juga dpat menyebabkan timbulnya kerusakan ginjal, kerusakan penglihatan, stroke, arteriosclerosis, dan masih banyak penyakit lainnya.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tapi dapat kita tangani agar tidak kambuh. Hal terpenting untuk menekan penyakit ini agar tidak kambuh adalah dengan mengubah pola hidup anda. Intinya, kamu harus dapat menghindari segala efek samping yang dapat menimbulkan atau memicuh tekanan darah tinggi, kamu juga harus mengontrol pola makan agar lebih sehat, seperti mengkonsumsi buah tomat yang rendah lemak dan kalori.

Kandungan potassium/kalium yang tinggi inilah yang menjadi vasodilator, yang artinya merupakan senyawa yang dapat menurunkan kadar tekanan dalam pembuluh darah dan arteri. Dengan meningkatkan sirkulasi dan juga menurunkan stres pada jantung.

4. Manfaat Tomat: Mengurangi Gejala Asma

Sebuah penelitian menyatakan bahwa antioksidan likopen yang terdapat pada buah tomat membantu sel asma pada anak kecil untuk memerangi virus dingin.

Virus dingin merupakan salah satu penyebab utama penyakit asma.

Seorang peneliti juga mengungkapkan bahwa sejauh ini antioksidan dapat bekerja secara maksimal dalam memerangi asma adalah likopen. Sedangkan likopen dapat kamu peroleh dengan konsumsi buah tomat, anggur, semangka, dan buah-buahan lainnya dalam jumlah yang berbeda, dan dinilai dapat mecegah asma akibat virus maupun karena suhu dingin.

5. Manfaat Tomat: Mencegah Katarak

Salah satu manfaat dari buah tomat adalah mampu menyehatkan mata karena kandungan vitamin A yang terdapat pada tomat. Vitamin A sendiri merupakan antioksidan yang kuat dan terbentuk karena kelebihan beta-karoten. Berbagai macam gangguan penglihatan pada umumnya disebabkan karena radikal bebas, dan vitamin A merupakan antioksidan yang kuat dalam menangkal radikal bebas tersebut.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa efek dari ekstrak tomat segar dapat menjadi agen pelindung saat radikal bebas bekerja membentuk katarak. Yang artinya, buah tomat dapat mencegah terbentuknya katarak mata.

6. Manfaat Tomat: Mengatasi Depresi

Kandungan likopen pada tomat dapat mengurangi stress dan memperbaiki kerusakan sel otak kita. Berdasarkan sebuah studi, mengkonsumsi tomat secara teratur setiap hari dapat mengurangi resiko depresi hingga 52%.

Sebuah penelitian juga dilakukan pada 986 orang Jepang yang berusia lebih dari 70 tahun. Pada penelitian tersebut dinyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi tomat 2 hingga 6 kali dalam seminggu mengalami penurunan depresi hingga 46% ketimbang mereka yang hanya mengkonsumsi tomat kurang dari 1 selama seminggu.

7. Manfaat Tomat: Menguatkan tulang

Apakah kamu pernah bertanya-tanya darimana kah asal warna merah pada tomat?
Warna merah pada tomat berasal dari kandungan likopen yang tinggi. Likopen yang berperan sebagai antioksidan ini juga berguna sebagai pembentuk tulang.

Antioksidan membantu melindungi kerusakan sel yang terjadi akibat radikal bebas, dan sebuah penelitian menyatakan bahwa likopen juga mampu melindungi dan menstimulasi osteoblast, yang merupakan sel penguat tulang yang dapat menyintesa dan mendeposit matriks tulang.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Nutrition, Health and Aging, menyatakan bahwa dengan sejumlah 14,22 mikrogram vitamin K per cup-nya, tomat hijau mampu meningkatkan massa tulang. Dalam jumlah cup yang sama, tomat hijau juga memiliki sejumlah 43,20 mg mineral esensial fosfor, yang juga membantu pembentukan dan perbaikan tulang.

Tomat juga memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang tinggi, sehingga dapat membantu tulang kamu menjadi lebih kuat.

8. Manfaat Tomat: Mengatasi Sembelit

Konstipasi atau biasa disebut sembelit merupakan kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan dimana seseorang akan mengalami pengerasan tinja sehingga susah untuk mengeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan pada sang penderitanya.

Sembeli juga dapat menimbulkan kanker usus. Orang yang menderita sembeli pada umumnya jarang sekali mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Oleh sebab itu, mulailah mengkonsumsi tomat untuk mengobati sembelit.

Tomat dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mencegah sembelit dan juga diare. Tidak hanya itu saja, tomat uga dapat mencegah penyakit kuning dan secara efektif membuang racun dari tubuh kita.

Kandungan serat yang tinggi pada tomat dapat mengurangi gejala sembelit juga. Jumlah serat yang cukup dapat membantu gerak peristaltik dan juga otot-otot pencernaan, dan pastinya tomat juga dapat membantu melepaskan gas dan cairan asam lambung.
=====================================================================
Sekian beberapa informasi yang dapat BebasJerawat.info berikan mengenai 8 Manfaat Dashyat Buah Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh. Semoga wawasan kamu tentang Buah Tomat semakin banyak dan tahu. Apabila informasi ini sangat berguna jangan lupa untuk dibagikan atau di share ya, terima kasih. 🙂