Cara Memerahkan Bibir

Cara memerahkan bibir secara alami
Cara memerahkan bibir secara alami

Cara Memerahkan Bibir – Mempunyai bibir merah merona secara alami merupakan salah satu bentuk keinginan setiap orang, terkhususnya mereka kaum hawa. Untuk dapat mewujudkan impian memiliki bibir merah merona, hampir seluruh wanita di dunia memanfaatkan lipstick untuk membuat bibir mereka tampak cerah dan merah. Tetapi, Anda harus mengetahui bahwa efek samping yang mungkin dapat disebabkan oleh lipstick cukup berdampak buruk terhadap bibir Anda bila terlalu sering menggunakan dan dalam jangka panjang, apa saja akibat buruk dari penggunaan lisptick tersebut?

  • Apabila terlalu sering bibir dilapisi lipstick, hal ini dapat membuat bibir Anda akan lebih mudah mengering dan pecah-pecah.
  • Kita juga mengetahui bahwa lipstick hanya dapat memberi warna merah sementara saja. Setelah penggunaan produk ini selesai dan dihapus dari bibir, tidak jarang pula bibir malah menjadi gelap dan kusam.
  • Tidak semua lipstick dapat dipergunakan secara aman karena terkandung bahan kimia. Terdapat produk kecantikan berupa lipstick yang mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker.

Maka dari itu, sangat dianjurkan oleh bebasjerawat.info kepada Anda untuk menerapkan cara memerahkan bibir secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari alam yang sudah pasti aman dan juga minim akan efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Memerahkan bibir dengan memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari alam sudah pasti akan memiliki efek yang panjang dalam menjaga kesehatan bibir Anda. Sebelum kita membahas bagaimana cara memerahkan bibir dengan bahan alami, Ada baiknya bila kita mengetahui terlebih dahulu penyebab bibir menjadi gelap.

Berikut beberapa penyebab bibir hitam

Penyebab bibir hitam tidak hanya terjadi akibat kebiasaan merokok ataupun penggunaan lipstick jangka panjang. Ada banyak sekali faktor yang dapat membuat bibir Anda menjadi hitam. Secara estetika, bibir hitam dapat mengurangi nilai penampilan seseorang. Walaupun Anda bukan seorang perokok, bibir Anda juga dapat menghitam dan gelap akibat dari kebiasaan buruk. Daripada pusing, yuk simak apa saja yang menjadi penyebab dari perubahan warna bibir menjadi hitam dan gelap!

1. Bibir Kering

Bibir kering

Apabila Anda tidak sering melembabkan bibir Anda dan membiarkan mengering. Kulit bibir secara otomatis akan terbuka dan hal ini membuat kelembapannya mudah hilang, apalagi ketika cuaca yang panas. Bibir kering dapat membuat bibir menjadi pecah-pecah dan pastinya berpeluang untuk menjadi hitam dan gelap.

2. Kebiasan dan Gaya Hidup

Tidak hanya merokok, kebiasaan lain yang dapat membuat bibir Anda menghitam dan gelap adalah Anda mengkonsumsi alkohol. Kandungan zat asam yang terdapat pada alkohol menjadi alasan utama. Tidak hanya disitu saja, akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat mengakibatkan tubuh menjadi dehidrasi meski kita tahu bahwa alkohol adalah cairan. Salah satu dampak utama dari dehidrasi adalah dapat membuat bibir kita menjadi kering dan pecah-pecah yang pada ujungnya dapat mengubah warna bibir kita menjadi hitam.

3. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan kondisi dimana melanin dalam tubuh terlalu banyak yang dapat mempengaruhi warna kulit pada tubuh kita termasuk bagian bibir juga. Melanin sendiri tercipta karena terlalu sering Anda terpapar sinar matahari langsung. Bagian wajah merupakan bagian yang memiliki potensi untuk mengalami hiperpigmentasi karena sering terkena sinar matahari secara langsung.

4. Sering Mengkonsumsi Kafein

minuman berkafein

Minuman ataupun makanan yang mengandung kafein menjadi salah satu penyebab bibir menjadi hitam. Kafein sebenarnya adalah zat diuretik yang dapat membuat Anda sering buang air kecil. Apabila terlalu banyak zat tersebut pada tubuh Anda, sudah pasti dapat mengakibatkan tubuh mengalami yang namanya dehidrasi, hal ini disebabkan karena cairan tubuh terus keluar melalui urin kita. Sedangkan kita tahu, bahwa dehidrasi dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan warna bibir akan berubah.

5. Keracunan

Bibir Anda akan menghitam apabila Anda mengalami keracunan. Racun yang dapat membuat bibir menjadi hitam adalah perak, merkuri, tembaga, alkali kuat, dan berbagai macam jenis logam lainnya yang berbahaya.

6. Mengalami Anemia

Anemia dapat menjadi salah satu penyebab utama bibir menjadi hitam. Kondisi ini biasa disebabkan karena Anda kekurangan hemoglobin (protein sel darah merah). Hemoglobin sendiri memiliki fungsi yang sangat luar biasa dibutuhkan tubuh karena zat ini dapat membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah. Zat ini juga berfungsi memberikan warna merah pada darah yang dapat membuat perubahan warna kulit di beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah bagian bibir kita.

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Setelah kita membahas tuntas apa saja yang menjadi penyebab bibir hitam, mari sekarang kita beralih informasi mengenai cara memerahkan bibir secara alami dan aman untuk semua kalangan. Berikut cara memerahkan bibir dengan bahan-bahan alami:

1. Lemon

cara memerahkan bibir dengan lemon

Selain dipercaya sebagai salah satu bahan untuk cara memutihkan wajah, buah lemon juga memiliki manfaat lain yang dapat kita gunakan untuk memerahkan bibir yang hitam. Menilik dari kandungan vitamin C yang begitu tinggi pada buah lemon dapat memberikan kulit bibir kita menjadi lebih cerah dan menghilangkan warna hitam dan gelap pada bibir.

Tidak hanya itu saja, lemon juga memiliki fungsi lain yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir dan meregenerasikan kembali dengan sel-sel yang baru.

  • Ambil 1 buah lemon dan peras untuk mendapatkan airnya.
  • Campurkan dengan 1 sendok teh madu kedalam perasan air lemon tersebut.
  • Oleskan campuran madu dan air perasan lemon pada bibir ketika Anda ingin beranjak tidur dan biarkan hingga keesokan harinya.

Catatan: Perlu Anda ketahui bahwa lemon mempunyai sifat asam dan iritatif. Sangat dianjurkan untuk Anda tidak menggunakan metode ini dalam memerahkan bibir apabila bibir Anda terdapat luka, hal ini bertujuan untuk mencegah bibir Anda mengalami iritasi dan rasa perih yang luar biasa akibat perasan air lemon tersebut.

2. Bunga Mawar Merah

Bunga mawar memiliki tiga khasiat medis utama seperti melembabkan, menenangkan serta pendinginan. Karena khasiat tersebutlah kenapa bunga mawar sangat cocok untuk Anda gunakan dalam proses mencerahkan bibir dan memerahkan bibir Anda secara natural.

  • Pertama, ambilah 5 helai dari mahkota bunga mawar merah
  • Setelah itu campurkan dengan 50ml susu murni atau bisa juga dengan air madu dan endapkan selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, blender semua bahan tersebut hingga tercampur rata menjadi satu bagian.
  • Tahap terakhir adalah oleskan pada bibir Anda 2x dalam sehari dan biarkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Gula

cara memerahkan bibir dengan gula

Anda harus melakukan eksfoliasi (pelepasan epidermis) pada bibir Anda secara teratur untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat membuat bibir Anda menjadi gelap dan kusam. Gula merupakan salah satu agen pengelupas terbaik secara alami yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

  • Pertama-tama, Anda dapat mengkombinasikan antara 3 sendok makan gula dengan 2 sendok makan mentega untuk membuat sebuah pasta. Oleskan bibir Anda dengan pasta ini secara merata dan lakukan setiap minggu untuk mengembalikan warna bibir Anda secara alami.
  • Anda juga dapat membuat scrub alami dengan memanfaatkan campuran 1 sendok teh gula pasir dan 1 sendok teh madu asli. Manfaatkanlah campuran tersebut untuk menggosok bibir Anda secara merata dengan gerakan memutar. Anda dapat melakukan perawatan ini 2x dalam seminggu hingga bibir Anda tampak lebih cerah dan menawan.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan yang dapat Anda manfaatkan guna memerahkan bibir dan bahan alami ini merupakan salah satu bahan terbaik untuk Anda manfaatkan dalam mengatasi masalah bibir Anda yang gelap dan hitam. Minyak zaitun memiliki banyak kandungan nutrisi penting yang berguna untuk memelihara bibir Anda dan pastinya minyak zaitun mempunyai khasiat pelembab yang dapat membuat bibir menjadi lebih indah dan lembut.

  • Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke bibir Anda secara merata dan lakukan pijatan ringan secara perlahan.
  • Lakukanlah perawatan ini secara rutin setiap hari sesaat sebelum Anda tidur.
  • Sebagai alternatif lainnya, Anda dapat mencampurkan ½ sendok teh gula dan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Oleskan campuran tersebut pada bibir Anda secara merata dan lakukanlah 1x dalam seminggu. Cara mudah ini akan membantu Anda dalam mengembalikan warna natural bibir Anda serta mencerahkan bibir dalam waktu 1-2 bulan kedepan.

5. Buah Delima

cara memerahkan bibir dengan delima

Buah delima merupakan bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan warna kusam dan gelap pada bibir dengan baik dan mudah. Tidak hanya itu, buah delima juga dapat membantu Anda dalam menutrisi serta melembabkan bibir karena kandungan vitamin yang dimiliki oleh buah delima tersebut

  • Ambillah 1 buah delima dan cuci bersih.
  • Haluskan buah delima beserta bijinya hingga halus.
  • Setelah itu tambahkan 1 sendok air mawar ataupun susu murni.
  • Aduk hingga merata campuran tersebut dan oleskan pada bibir Anda secara merata dan gosok-gosokkan secara lembut selama 3-5 menit.
  • Setelah usai melakukan hal tersebut, bilas dengan menggunakan air hangat.
    Ingat, lakukan perawatan ini secara rutin 1x sehari.

6. Madu

Madu adalah bahan alami yang sangat efektif untuk membantu Anda dalam mendapatkan bibir merah merona. Madu merupakan ramuan pelembab alami yang dapat dengan mudah melembabkan bibir Anda dan membantu mengembalikan warna merah pada bibir Anda.

  • Oleskan bibir Anda dengan madu sebelum tidur dan biarkan selama semalaman. Bilas dengan menggunakan air hangat ketika Anda bangun dari tidur nyenyak Anda dipagi hari. Lakukanlah perawatan ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan bibir merah merona.
  • Alternatif lainnya, Anda dapat mencampurkan ½ sendok teh yogurt, madu dan tepung gram dalam satu tempat dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada bibir Anda dan biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini Setiap hari untuk mendapatkan bibir cerah seperti yang Anda inginkan.

7. Lidah Buaya (Aloe Vera)

cara memerahkan bibir dengan lidah buaya

Sama halnya seperti tomat, cherry ataupun strawberry. Lidah buaya memiliki fungsi dan manfaat yang sama untuk memerahkan bibir dan menghilangkan warna kusam gelap pada bibir Anda.

Kegunaan lidah buaya tidak hanya sebagai pencerah bibir saja, namun juga dapat mengangkat sel kulit mati yang dapat membuat bibir menjadi gelap dan kusam. Lidah buaya juga dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu bahan pelembab bibir alami yang memiliki fungsi pendingin yang menyegarkan.

  • Ambillah 1 tangkai lidah buaya dan cuci bersih
  • Potonglah lidah buaya tersebut menjadi 2 bagian dan ambil daging gel yang terdapat didalam daging daun.
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut pada bibir Anda secara merata.
  • Biarkan selama 10-15 menit.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

8. Cherry, Tomat, dan Strawberry

Cherry, tomat, dan strawberry merupakan 3 bahan alami yang dapat membantu Anda dalam memerahkan bibir karena kandungan positif yang terdapat didalam ketiga bahan tersebut. 3 bahan alami ini cenderung dapat memberikan warna pink kemerahan secara alami.

Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C yang terdapat di 3 buah ini dapat membantu Anda dalam meremajakan kulit bibir yang berfungsi untuk mencerahkan bibir. Cara menggunakannya cukup mudah dan cepat, yakni tinggal menghancurkan hingga halus dan oleskan pada bibir Anda secara merata. Diamkan selama 15-30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

9. Susu

Susu merupakan bahan alami yang mengandung asam laktat yang memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit termasuk bibir. Anda dapat menggunakan susu sebagai bahan untuk dioleskan pada bibir dan membiarkannya selama 10 hingga 15 menit untuk melembabkan, mencerahkan, sekaligus mengangkat sel kulit mati pada bibir Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan susu sebagai bahan konsumsi untuk mendapatkan efek mencerahkan kulit bibir dari dalam tubuh. Perlu diingat, susu yang dibahas disini adalah susu murni!

10. Buah Bit

cara memerahkan bibir dengan buah bit

Apabila Anda memiliki rasa suka terhadap warna bibir dengan nuansa merah gelap, buah bit menjadi solusi terbaik untuk Anda manfaatkan! Buah bit memiliki kandungan positif yang dapat membuat bibir menjadi berwarna merah gelap nan eksotis.

  • Ambillah 1 buah bit dan cucui bersih
  • Hancurkan buah bit tersebut hingga halus merata
  • Setelah itu oleskan buah bit yang dihaluskan pada bibir Anda
  • Diamkan selama 3-5 menit kedepan.
  • Ulangilah langkah diatas hingga Anda benar-benar mendapatkan bibir berwarna merah gelap sesuai selera Anda.

Demikianlah informasi mengenai cara memerahkan bibir secara alami yang dapat bebasjerawat.info bagikan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang ingin mendapatkan bibir mempesona dengan warna merah natural tanpa takut akan efek samping berbahaya untuk tubuh. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di halaman lain karena kami selalu mencoba untuk memberikan informasi yang dapat berguna untuk masyarakat luas dan terima kasih atas kunjungannya di website kami.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.