Inilah 15 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Posted on

Cara Memutihkan Gigi – “Anda akan menemukan bahwa hidup masih berharga, jika Anda tersenyum,” kata Charlie Chaplin. Tapi bagaimana jika Anda memiliki gigi kuning? Anda pasti tidak ingin dunia melihat itu bukan?! Hal ini diperlukan untuk menjaga gigi Anda dan memastikan mereka sehat dan putih. Dan ini bukan hanya untuk alasan kosmetik. Warna gigi Anda mencerminkan kesehatan gigi Anda.

Memang benar bahwa cara termudah dan tercepat menyingkirkan noda gigi atau perubahan warna adalah dengan mengunjungi dokter gigi kosmetik. Mereka menggunakan strip pemutih gigi khusus dan cairan yang bisa membasmi noda gigi dengan cepat. Namun, metode ini tidak sehat untuk gigi Anda dalam jangka panjang. Ada banyak cara pemutihan gigi yang lebih murah dan efektif yang bisa Anda coba di rumah. Mereka tidak memerlukan biaya banyak dan hanya memiliki sedikit efek samping. Selain itu, metode ini juga bisa memberikan hasil yang cepat.

Cara Memutihkan gigi secara alami

Mau tahu cara melakukannya? Pos ini telah mencantumkan semua solusi yang bagus untuk pemutihan gigi. Jadi, baca terus!

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai cara memutihkan gigi, alangkah baiknya kalau kita mengorek terlebih dahulu informasi mengenai apa saja penyebab gigi kuning.

Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Sebenarnya, ketika gigi awal kita tumbuh atau munculnya gigi pada gusi kita. Gigi memiliki warna putih namun selama berjalannya waktu, warna gigi akan semakin berubah dikarenakan berbagai macam faktor.

Secara biologi, warna putih pada gigi kita merupakan lapisan transparansi enamel gigi. Sedangkan warna lapisan dentin didalamnya memiliki warna dari lapisan yang berada pada bagian antara dentin dan enamel.

Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa warna pada gigi dapat berubah disebabkan oleh noda yang berasal dari luar maupun dari dalam bagian gigi itu sendiri. Inilah beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning:

#Usia yang Semakin Menua

Gigi dapat menjadi kuning karena faktor usia Anda yang bertambah dan ini merupakan faktor alami sebagai proses penuaan diri pada bagian tubuh kita.

Hal utama juga dipengaruhi dari lapisan pelindung putih yang kuat pada gigi (enamel) yang mulai memudar karena pemakaian yang begitu panjang sesuai dengan kebutuhan pada usia kita.

#Cara Menyikat Gigi yang Salah

Hampir semua orang di dunia tahu bahwa menyikat gigi 2x dalam sehari sangat dianjurkan, dimulai dari menyikat gigi di pagi hari dan sebelum tidur.

Tetapi, perlu diingat bahwa benarkah cara menyikat gigi kita sudah benar dan sesuai dengan aturan dan anjuran dari para ahli kesehatan gigi?

Hal ini juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab gigi kuning, karena sisa dari makanan yang tidak bersih secara menyeluruh dan menyebabkan gigi menjadi kuning karena noda. Oleh sebab itu, sahabat bebasjerawat.info harus mulai memperhatikan tata cara menyikat gigi yang benar agar gigi tidak menjadi kuning.

#Merokok

Bukan menjadi rahasia umum lagi apabila rokok menjadi salah satu penyebab utama gigi menjadi kuning. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok menjadi faktor utama pemicu gigi menjadi kuning. Jadi, bagi anda yang tidak ingin mempunyai gigi kuning, mulailah untuk membiasakan diri berhenti merokok.

#Konsumsi Teh dan Kopi

Kita sebagai warga Indonesia tahu bahwa kedua minuman ini merupakan bahan konsumsi yang wajib untuk rakyat Indonesia. Tetapi, kita juga perlu tahu bahwa kedua minuman ini juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab gigi menjadi kuning.

Alasan utama kenapa kedua minuman ini dapat merubah warna gigi kita karena kandungan tanin pada kedua minuman ini dapat merubah warna lapisan terluar pada gigi atau enamel.

Sebenarnya, kebiasaan minum teh ataupun kopi tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan gigi dan gusi. Tetapi akan sangat baik bila Anda mulai mengurangi jumlah konsumsi teh ataupun kopi.

#Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol tidak hanya memberikan efek buruk pada kesehatan tubuh kita, tetapi juga pada kebersihan gigi. Oleh karena itu, mulailah untuk menghentikan konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan mulailah membersihkan gigi secara teratur untuk memiliki gigi putih bersih seperti yang Anda harapkan.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Meski perubahan warna pada gigi kita bisa dibilang sulit dihindari, tetapi ada berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan guna mengembalikan warna putih gigi secara alami. Banyak orang yang sudah menghabiskan uangnya hanya untuk memutihkan gigi dengan memanfaatkan jasa para ahli kencantikan dan kesehatan.

Tetapi semua itu kembali pada pilihan masing-masing dan juga dana hehe. Jika Anda mempunyai gigi kuning tetapi tidak memiliki cukup banyak uang untuk memutihkan gigi dengan menggunakan jasa para ahli, cara alternatif ini mungkin menjadi solusi terbaik untuk Anda manfaatkan saat ini juga. Berikut cara memutihkan gigi yang dapat Anda lakukan dirumah:

Cara Memutihkan Gigi dengan Siwak

cara memutihkan gigi dengan siwak

Mungkin bahan alami yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena istilah siwak yang kita kenal ini sangat berguna dalam membersihkan gigi yang pada dasarnya siwak disini adalah dahan atau bagian dari pohon siwak itu sendiri. Siwak sendiri sudah lama dipergunakan sebagai salah satu bahan alami yang dapat menjaga kebersihan dan warna putih alami pada gigi.

Sebuah penelitian arkeologis juga sudah menemukan titik terang bahwa siwak telah dipergunakan sejak jaman peradaban kuno Mesir. Tidak hanya disitu saja, umat islam tentunya mengenal baik dengan bahan yang satu ini karena nabi Muhammad SAW selalu menggunakan siwak untuk membersihkan giginya. Berikut ini cara menggunakan siwak untuk memersihkan gigi sekaligus menghilangkan noda pada gigi:

  • Selalu pergunakan siwak yang mempunyai tekstur lembut, siwak yang mempunya tekstur lembut biasanya didapat dari bagian batang dan juga akar tanaman.
  • Haluskan siwak tersebut menjadi sebuah bubuk.
  • Campurkanlah sedikit bubuk siwak dengan air lalu aduk hingga merata menjadi pasta dan oleskan pada gigi.
  • Bersihkan dan berkumulrah setelah 5 menit.
  • Perawatan ini biasanya dapat dilakukan 2x dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam memutihkan gigi.

Cara Memutihkan Gigi dengan Cuka Apel

Olahan hasil dari buah apel ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk digunakan sebagai bahan kesehatan maupun kecantikan, mulai dari menghilangkan bekas jerawat, membantu menghilangkan komedo, hingga menghilangkan ketombe yang membandel di kulit kepala kita.

Cuka sari apel mengandung asam ringan yang bisa menghilangkan noda kuning dari gigi Anda dan membuatnya lebih putih dengan penggunaan yang secara teratur.

Anda akan perlu

  • 1/2 sendok teh cuka sari apel
  • Secangkir air

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Tambahkan cuka ke air dan aduk rata.
  2. Berkumurlah dengan air ini sebelum menyikat gigi.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Lakukan ini 2-3 kali dalam seminggu di pagi hari

Baking Soda dan Jus Lemon Untuk Pemutihan Gigi

cara memutihkan gigi dengan baking soda dan jus lemon

Kandungan sodium bikarbonat, yang biasa dikenal sebagai baking soda, adalah ramuan umum yang ditemukan di hampir setiap dapur masak. Baking soda mampu membantu Anda membasmi noda permukaan pada gigi. Baking soda juga bersifat basa dan sifat inilah yang dapat membantu mengurangi keasaman di dalam mulut. Jus lemon memiliki sifat asam dan berguna untuk membantu menghilangkan perubahan warna pada gigi. Lemon juga merupakan agen antiseptik alami.

Anda akan perlu

  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh air jeruk nipis / lemon
  • Sikat gigi

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Campur baking soda dan jus lemon.
  2. Dengan sikat gigi, oleskan pasta ini ke gigi Anda.
  3. Biarkan selama 2-3 menit lalu bilas mulut Anda dengan air.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Ulangi ini dua kali seminggu pada awalnya, dan kemudian menggunakannya sekali dalam 7-10 hari.

Peringatan
Pastikan Anda tidak membiarkannya terlalu lama menempel pada gigi.

Baca juga: Cara Meluruskan Rambut

Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang

Kulit pisang memiliki kandungan mineral seperti mangan dan potasium yang membantu Anda memutihkan gigi secara alami dan permanen.

Anda akan perlu

  • Kulit pisang

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Potong kulit pisang menjadi potongan kecil.
  2. Ambil sepotong dan gosok bagian dalamnya di gigi Anda. Gosok perlahan seluruh gigi Anda selama satu atau dua menit.
  3. Bilas mulut dengan air suam-suam kuku.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Lakukan ini sekali setiap hari sampai gigi Anda lebih putih.

Cara Memutihkan Gigi dengan Minyak Kelapa

cara memutihkan gigi dengan minyak kelapa

Anda mungkin menganggap ini agak aneh karena minyak kelapa banyak diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Asam laurat yang ada dalam minyak kelapa menghilangkan bakteri penyebab plak di gigi. Minyak kelapa juga berguna sebagai salah satu bahan untuk cara menghilangkan bau mulut dan menjaga keadaan nafas kita tetap segar.

Anda akan perlu

  • Minyak kelapa organik

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Gosokkan beberapa minyak kelapa ke gigi dengan jari. Pastikan Anda tidak menelannya.
  2. Bilas dengan air yang cukup dan ikuti dengan menyikat gigi.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Lakukan ini setiap hari di pagi hari.

Cara Memutihkan Gigi Minyak Jeruk

Minyak esensial jeruk disiapkan dari kulit buah. Kandungan jeruk membantu pemutihan gigi, sementara minyak esensial memiliki khasiat antijamur dan meningkatkan kesehatan gusi

Anda akan perlu

  • 2-3 tetes minyak esensial jeruk
  • Pasta gigi
  • Sikat gigi

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Masukkan minyak jeruk ke sikat gigi Anda dan kemudian taruh pasta gigi di atasnya.
  2. Sikat gigi Anda seperti biasa.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Ulangi ini setiap pagi selama seminggu atau lebih.

Cara Memutihkan Gigi dengan Arang

cara memutihkan gigi dengan arang

Arang memiliki sifat aktif menyerap kotoran dan memutihkan gigi secara efektif dan cepat. Hal ini juga berguna untuk mencegah gigi berlubang, memelihara gigi dan kesehatan gusi

Anda akan perlu

  • Arang aktif bubuk
  • Sikat gigi

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Basahi sikat gigi dan masukkan ke dalam arang.
  2. Sikat gigi Anda dengan gerakan melingkar lembut selama dua menit.
  3. Bilas mulut Anda dengan air.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Gunakan obat ini satu atau dua kali seminggu.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah

Cara Memutihkan Gigi dengan Peroksida

Karena ini adalah zat pemutih, hidrogen peroksida adalah obat yang sangat baik untuk memutihkan gigi di rumah. Dokter gigi menggunakan konsentrasi yang lebih tinggi dalam perawatan pemutihan gigi komersial.

Anda akan perlu

  • 1 cangkir 2-3,5{f187afd92c1ab7e477bf4730ac466897d1f4301d3e004248a546c8d4f25ec361} hidrogen peroksida
  • 1 cangkir air suling

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Encerkan hidrogen peroksida dengan air.
  2. Berkumurlah dengan larutan ini selama 30-40 detik dan lepaskan.
  3. Bilas mulut dengan air biasa.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Ulangi ini dua kali seminggu.

Peringatan
Jangan menelan air ini ketika berkumur. Juga, jangan menggunakannya setiap hari.

Cara Memutihkan Gigi dengan Garam Dan Lemon

cara memutihkan gigi dengan garam dan lemon

Kualitas pemutih alami dari jus lemon menghilangkan noda kuning dari gigi, dan garam bertindak sebagai exfoliant lembut. Ini menggosok noda yang telah ada di gigi.

Anda akan perlu

  • 1 sendok teh garam laut
  • 2 sdm jus lemon

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Campur jus lemon dan garam.
  2. Gunakan campuran ini sebagai pasta gigi. Sikat seperti biasa.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Lakukan ini dua kali seminggu.

Cara memutihkan Gigi dengan Kunyit

Sifat abrasif ringan dari ramuan ini membantu menghilangkan noda dalam dari gigi. Ini juga membuat gigi dan gusi Anda lebih kuat dan bebas dari mikroba yang tidak sehat.

Anda akan perlu

  • 1/8 sendok teh bubuk kunyit
  • Sikat gigi

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Taburi beberapa bubuk kunyit pada sikat gigi dan sikat gigi Anda.
  2. Biarkan selama 2-3 menit lalu bilas mulut Anda secara menyeluruh.
  3. Sikat dengan pasta gigi biasa setelah ini.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Penggunaan satu kali obat ini akan memberi Anda hasil instan. Ulangi setelah beberapa hari jika diperlukan.

Cara Memutihkan Gigi dengan Epsom Garam

cara memutihkan gigi dengan Epsom Garam

Garam ini mengelupas lapisan kuning pewarnaan yang telah terbentuk pada gigi. Ini juga bersifat antibakteri

Anda akan perlu

  • 1 bagian garam Epsom
  • 1 bagian air
  • Sikat gigi

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Campur garam dan air Epsom agar garam larut dalam air.
  2. Sikat gigi Anda dengan ini.
  3. Tambahkan air lagi ke larutan air garam yang tersisa dan kumur dengan itu.
  4. Ikuti dengan berkumur dengan air biasa.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Ulangi ini 2-3 kali seminggu.

Cara Memutihkan Gigi dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah gigi seperti plak, infeksi, dan pembengkakan gusi. Flavonoid dan fenolnya menghilangkan stres oksidatif yang disebabkan pada gigi oleh mikroorganisme yang berbeda, yang merupakan salah satu alasan yang menyebabkan perubahan warna gigi

Anda akan perlu

  • 1-2 daun jambu biji

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Hancurkan daun jambu biji untuk mendapatkan pasta kasar.
  2. Gosok gigi ini dan biarkan selama satu atau dua menit.
  3. Bilas mulut dan sikat gigi seperti biasanya.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Ulangi ini setiap hari alternatif selama beberapa hari.

Cara Memutihkan Gigi dengan Daun Mimba (Neem)

cara memutihkan gigi dengan daun mimba (neem)

Neem adalah zat alami dan juga agen yang menenangkan. Penggunaannya yang teratur akan memastikan bahwa gigi dan gusi Anda sehat dan tanpa noda.

Anda akan perlu

  • 4-5 daun nimba
  • 1 ½ gelas air

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Rebus daun nimba dalam air hangat selama beberapa menit. Jangan sampai airnya terlalu panas.
  2. Saring solusinya dan biarkan dingin sampai suhu suam-suam kuku.
  3. Berkumurlah dengan air ini sebelum atau sesudah menyikat gigi.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Ulangi ini setiap hari atau setiap hari alternatif.

Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

Kulit jeruk tidak hanya berguna sebagai bahan alami untuk cara menghilangkan jerawat saja lho. Kandungan asam kulit jeruk memutihkan gigi dan juga bertindak sebagai agen antimikroba.

Anda akan perlu

  • kulit jeruk

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Gosok bagian dalam kulit jeruk ke gigi Anda selama satu atau dua menit.
  2. Sikat gigi Anda seperti biasa dengan pasta gigi biasa.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Lakukan ini setiap hari alternatif selama seminggu atau dua minggu untuk melihat hasilnya.

Cara Memutihkan Gigi dengan Stroberi

cara memutihkan gigi dengan stroberi

Asam, yaitu asam malat dan asam askorbat, hadir dalam stroberi meringankan noda gigi. Dengan beberapa kegunaan, Anda akan melihat bahwa gigi Anda menjadi lebih putih dan lebih terang.

Anda akan perlu

  • 1 stroberi
  • 1 sendok teh baking soda

Apa yang harus kamu lakukan

  1. Mash stroberi dan campurkan dengan baking soda.
  2. Gunakan sikat gigi atau jari Anda untuk mengoleskan campuran pada gigi Anda. Biarkan selama beberapa menit.
  3. Bilas dan lakukan putaran lain dengan menyikat gigi dengan pasta gigi biasa.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya

Hal ini bisa dilakukan seminggu sekali.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut

Jadi, ini adalah metode cara memutihkan gigi secara alami dan cepat. Kebanyakan dari mereka mungkin memerlukan beberapa pengulangan untuk menunjukkan hasil yang efektif. Jangan menggunakan lebih dari jumlah ramuan yang disarankan karena asam alami yang ada di dalamnya akan merusak enamel gigi dengan pemakaian berlebihan.

Mari sekarang kita lihat beberapa rekomendasi makanan yang mengandung gizi baik yang dapat berguna untuk membantu pemutihan gigi.

Apa Makanan Terbaik Yang Dapat Memutihkan Gigi?

  • Mengkonsumsi buah jeruk seperti jeruk bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda karena mengandung nutrisi dan antioksidan. Kandungan vitamin C mereka membuat mereka cocok untuk hampir semua orang. Namun, buah ini mengandung asam, yang bisa mengikis enamel gigi dan menyebabkan goresan gigi yang sangat terukir. Ini tidak berarti Anda harus berhenti makan lemon dan jeruk. Pastikan Anda membasahi mulut Anda secara menyeluruh dengan air setelah makan buah tersebut setiap saat untuk memastikan asam tidak mempengaruhi gigi Anda.
  • Sebaiknya sertakan banyak sayuran dan buah renyah dalam makanan Anda. Contohnya termasuk apel, seledri, dan wortel. Tekstur abrasif mereka akan menggosok gigi dan mengelupas lapisan kuning secara bertahap.
  • Mengkonsumsi produk yang memiliki basis susu bisa membantu menyeimbangkan kadar pH di mulut. Ini membantu tubuh kita untuk tidak menyediakan lingkungan hidup pengembangbiakan untuk mikroorganisme. Dengan melakukan ini, mikroba tidak akan bisa mengeluarkan bahan kimia berbahaya yang menyebabkan gigi menjadi kuning.