Cara Memutihkan Kuku yang Kuning Secara Alami dan Cepat

Posted on

Cara Memutihkan Kuku – Seorang wanita selalu ingin tampil cantik dari ujung kepala hingga ujung kaki mereka. Salah satu bagian tubuh yang dapat menarik perhatian lebih adalah kuku. Mempunyai kuku yang cantik, indah, berkilau, dan putih adalah idaman bagi setiap wanita di dunia. Sayangnya, banyak sekali faktor yang menjadi penyebab dari berbagai macam yang menyebabkan kuku menjadi kusam dan agak kekuning-kunginan. Akibat kuku menjadi kusam, kuning, dan tidak terawat inilah yang terkadang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang karena orang lain akan memiliki anggapan bahwa wanita tersebut adalah wanita yang tidak dapat menjaga kebersihan anggota tubuhnya sendiri.

Ada banyak sekali cara yang dapat digunakan guna memutihkan kuku, salah satunya cara memutihkan kuku dengan melakukan perawatan kecantikan di salon dan melalukan perawatan kuku secara rutin. Biasanya, perawatan kuku tangan dan juga kuku kaki biasa disebut dengan menicure dan pedicure dalam dunia kecantikan modern. Melakukan perawatan konvensional secara terus menerus ini sudah pasti akan menelan biaya yang banyak.

cara memutihkan kuku
cara memutihkan kuku

Tetapi, bagi Anda yang ingin tetap tampil cantik, elegan dan sehat tanpa biaya mahal. Anda dapat menggunakan tips dan trik dari bebasjerawat.info dengan memanfaatkan bahan alami yang ada dilingkungan sekitar Anda. Bahan-bahan yang digunakan sudah pasti aman dan efeknya juga jangka panjang untuk Anda.

Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Cara memutihkan kulit dibawah kuku sudah pasti akan membutuhkan usaha yang ekstra karena lebih sulit dan keras. Warna pada kulit kuku tidak dapat dengan mudah hilang. Hal ini dikarenakan penggunaan cat kuku yang terus menerus atau bisa jadi karena kuku sering terpapar oleh kotoran sepanjang waktu.

Berikut ini berbagai macam cara yang bebasjerawat.info kumpulkan guna memutihkan kuku dengan memanfaatkan bahan-bahan yang berada disekitar lingkungan Anda:

1. Campuran jus jeruk nipis dan air sabun

Kandungan asam dari jus jeruk nipis tidak hanya berguna untuk menghilangkan jerawat saja, tapi juga dapat membantu Anda dalam melarutkan partikel noda dalam kuku Anda, dan air sabun disini memiliki peran pembantu yang berguna untuk menghilangkan partikel tersebut dari permukaan kuku Anda. Tidak hanya itu saja, sabun juga membantu Anda dalam proses mengikat pada partikel kotoran penyebab noda setelah Anda menggunakan jus jeruk yang berguna untuk mengangkat partikel tersebut pada permukaan kuku, hal ini juga bertujuan guna memudahkan Anda dalam mencuci partikel tersebut.

Cara memutihkan kuku dengan jus jeruk nipis dan air sabun:

  1. Siapkan terlebih dahulu air perasaan jeruk nipis dengan jumlah 1/4 cup (60ml) dan 1 cup (250ml) air hangat dan 1-2 cup sabun cair (15-30ml) dalam mangkuk.
  2. Campur semua bahan tersebut menjadi satu dan rendam kuku Anda selama kurang lebih 5 menit.
  3. Setelah selesai, bilas kuku Anda dengan menggunakan air mengalir dan jangan lupa untuk menggunakan krim pelembab yang berguna untuk mencegah kulit Anda menjadi kering akibat direndam dalam perasan air jeruk nipis (kulit yang ikut terendam dalam rendaman tersebut).

2. Cuka Putih

cuka putih merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kandungan asam ringan yang dapat menghilangkan partikel noda dari permukaan kuku Anda. Tetapi, pastikan Anda menggunakan cuka putih karena cuka sari apel, cuka balsamic, ataupun cuka-cuka lainnya dapat menyebabkan kuku Anda ternoda dan makin kusam.

Cara memutihkan kuku dengan cuka putih:

  1. Tuangkan cuka putih kedalam wadah dengan takaran 1 sendok makan (5-15ml) dan juga tambahkan 250ml air hangat.
  2. Rendam kuku Anda kedalam campuran cuka putih dan air hangat tersebut selama kurang lebih 8 menit.
  3. Setelah Anda selesai merendam kuku Anda, bilaslah dengan menggunakan air mengalir dan keringkan. Setelah itu berikan pelembab pada kulit Anda agar tidak kering.

Baca juga: cara memerahkan bibir dan cara meluruskan rambut

3. Baking Soda atau Soda kue

Baking soda merupakan bahan yang dapat menjadi agen pembersih untuk kuku Anda yang berwarna kusam dan kekuningan. Anda dapat mencampurkan sedikit baking soda Anda dengan hydoregen peroksida yang diolah menjadi pasta.

Cara memutihkan kuku dengan baking soda:

  1. Pertama, kombinasikan terlebih dahulu hydrogen perkosida dengan baking soda. Takaran dari kedua bahan yakni 15ml hidrogen peroksida/1 sendok makan dan 37ml soda kue/2½ sendok makan. Aduk 2 bahan tersebut hingga membantuk pasta lembut.
  2. Gunakan kapas untuk mengoleskan pasta tersebut pada kuku.
  3. Biarkan selama 3 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
  4. Anda akan dapat merasakan perbedaan yang cukup signifikan setelah pemakaian pertama. Tetapi, untuk hasil yang maksimal ulangi cara tersebut hingga 6 sampai 8 minggu.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang mempunyai kandungan asam tinggi yang dapat menghilangkan noda dari permukaan kuku Anda. Apabila Anda mempunyai kulit yang sensitif dan mudah kering atau kutikula rusak, mungkin ini bukan metode yang tepat untuk kulit tetapi jangan khawatir karena disini Anda memanfaatkan jeruk nipis untuk digosokkan pada kuku secara langsung.

Cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis:

  1. Pertama siapkan dahulu 1 jeruk nipis dan bilas hingga bersih menggunakan air mengalir.
  2. Setelah itu potong menjadi 2 bagian.
  3. Gosokkan potongan tersebut pada kuku Anda selam 30-60 detik.
  4. Setelah itu cuci bersih kuku Anda dengan menggunakan air bersih.

Baca juga: cara memutihkan wajah dan cara menghilangkan komedo

5. Minyak essensial

Anda dapat membersihkan noda kuku Anda dengan menggunakan minyak essensial seperti minyak zaitun atau Anda juga dapat menambahkan minyak lemon essensial kedalam air untuk digunakan sebagai perendam kuku.

Cara memutihkan kuku dengan minyak essensial:

  1. Siapkan minyak essensial kedalam mangkuk ada wadah yang dapat menampung minyak tsb.
  2. Rendamlah kuku Anda kedalam minyak essensial tersebut selama beberapa menit.
  3. Setelah itu bilas kuku Anda dengan menggunakan air hangat dan keringkan.

6. Pasta Gigi

Cara memutihkan kuku dengan menggunakan pasta gigi yang dapat memutihkan gigi yang mempunyai kandungan keratin yang berguna mengangkat noda dan kotoran pada kuku.

Cara memutihkan kuku dengan pasta gigi:

  1. Pertama siapakan terlebih dahulu pasta gigi dan sikat.
  2. Setelah itu oleskan pasta gigi pada setiap kuku pada tangan dan kaki Anda secara merata.
  3. Gosoklah pasta gigi tersebut dengan menggunakan sikat namun jangan terlalu keras dalam menyikat.
  4. Setelah selesai disikat, biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  5. Ulangi perawatan ini selama beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: cara menghilangkan bau mulut dan cara menurunkan berat badan

7. Garam

Cara memutihkan kuku dengan menggunakan garam, garam merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk menggosok permukaan kuku yang ternoda. Garam juga dapat Anda campurkan dengan perasan jeruk lemon dengan dibuat seperti pasta dengan tekstur berpasir. Setelah itu aplikasian pasta tersebut dengan mengoleskan pada permukaan kuku dan gosok secara perlahan dalam beberapa menit kemudian diamkan hingga cairan tersebut meresap. Setelah selesai bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan.

Itulah beberapa metode cara memutihkan kuku yang dapat Anda terapkan langsung dirumah. Tidak perlu khawatir karena cara-cara diatas sangatlah mudah, murah dan bahannya tidak terlalu sulit untuk kita dapatkan.

Perawatan Kuku

Yang perlu diingat dan wajib dilakukan adalah apabila kuku Anda sudah menjadi putih, cerah dan cantik. Mulailah untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat kuku Anda menjadi kusam dan kekuningan lagi. Hindari rokok dan gaya hidup yang dapat membuat Anda stress dan juga bijaklah dalam penggunaan cat kuku.

Apabila Anda menggunakan cat kuku dalam waktu yang alam hal ini dapat merusak kesehatan kuku Anda yang membuat kuku menjadi kusam, kuning dan kering. Jika Anda tetap berupaya untuk menggunakan cat kuku, gunakanlah cat kuku dengan bahan yang alami dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *