Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

cara mengatasi kulit kering

Kulit kering dapat membuat para perempuan menjadi kurang percaya diri akan penampilan mereka. Adapun berbagai macam cara mengatasi kulit kering dilakukan agar bisa mendapatkan kulit segar dan juga indah seperti impiannya. Perlu diketahui bahwa ruam, kulit terkelupas, penuaan dini, garis-garis halus, dan juga kerutan dapat muncul pada kulit kering.

Kulit kering sendiri muncul karena akumulasi dari kulit mati di beberapa bagian. Kulit kering dan juga kusam tentu saja membuat Anda kurang percaya diri ketika berhadapan dengan seseorang. Untuk Anda yang ingin mengatasi masalah tersebut, Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kulit. Selain itu, kulit juga membutuhkan hidrasi, makanan dan juga kelembaban yang lebih sering daripada kulit normal atau berminyak.

Pada umumnya, kulit kering sering disebabkan karena cuaca dingin atau penggunaan kosmetik dan sabun yang Anda pakai. Kelenjar sebaceous di dalam kulit Anda juga dapat mempengaruhi kekeringan kulit karena produksi minyak alami yang dibutuhkan kulit sebagai pelembab lamban untuk diproduksi.

Tidak hanya itu, riasan kosmetik, perubahan iklim, konsumsi obat-obatan tertentu, dermatitis kontak juga bisa menjadi penyebab lain dari kulit kering yang Anda alami. Lebih lanjutnya, BebasJerawat akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi kulit kering yang sudah dirangkum melalui berbagai macam sumber:

1. Makan yang bergizi dan minum air putih

Cara mengatasi kulit kering secara alami yang pertama adalah dengan membenahi apa saja makanan yang kita konsumsi. Apabila selama ini Anda kurang menyukai buah dan sayuran, mulailah dengan memperbanyak konsumsi makanan tersebut. Selain itu, mulailah untuk rajin mengonsumsi air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini tidak semata-mata mengatasi masalah kulit kering yang Anda miliki, tetapi juga membuat Anda menjadi sehat dan segar.

2. Makan ikan

Parah ahli sangat menyarankan setiap individu untuk banyak mengonsumsi ikan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Cobalah untuk menyeimbangkan diet Anda dengan memperbanyak jumlah konsumsi ikan dan sayuran untuk memberi tubuh dosis asam lemak dan juga vitamin, membuat kulit menjadi sehat dan juga terhidrasi.

3. Menggunakan pelembap alami

Cara mengatasi kulit kering yang ketiga adalah dengan menggunakan pelembap alami. Anda dapat membuat sebuah pelembap alami dengan memanfaatkan bubuk almond, madu, dan juga minyak argan yang dapat membantu meregenerasi kulit pada tubuh Anda. Pastikan bahwa bubuk almond yang Anda gunakan sangat halus, hal ini bertujuan untuk menghindari menggores permukaan kulit Anda.

4. Gunakan lidah buaya

Tanaman lidah buaya merupakan salah satu hasil alam terbaik yang dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang ada pada lidah buaya mampu membantu kita melawan sengat cahaya matahari dan kulit kering. Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan memanfaatkan lidah buaya merupakan salah satu solusi terbaik sampai saat ini. Anda dapat memanfaatkan gel lidah buaya sebagai krim pelembap kulit.

5. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan solusi selanjutnya bagi Anda yang ingin mengatasi kulit kering secara alami. Minyak ini memiliki kandungan herbal yang sederhana namun ekonomis guna memerangi kulit kering Anda. Apabila Anda mengalami kulit kering, cukup Anda mengoleskan minyak kelapa pada area tersebut. Tidak hanya bagian kulit saja, apabila bibir Anda mengalami kekeringan, cobalah untuk memanfaatkannya sebagai pelembap bibir.

6. Perawatan dengan yogurt dan telur

Telur dan juga yogurt merupakan dua bahan alami yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan lemak baik yang mana dapat membantu mengatasi kulit kering secara alami. Kombinasi dari dua bahan ini dapat membantu menyehatkan serta melindungi kulit untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Catatan penting, gunakan yogurt murni yang tidak ditambah dengan gula dan perasa.

Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan telur dan yogurt adalah dengan mengambil beberapa sendok yogurt (opsional) dan campurkan telur ke dalamnya. Aduk hingga merata dan setelah itu oleskan campuran tersebut pada kulit secara merata. Pijatlah secara perlahan hingga meresap dan kemudian biarkan selama kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan. Bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih dan keringkan.

7. Masker alpukat

Alpukat merupakan bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai masker untuk cara mengatasi kulit kering secara alami. Gunakan campuran alpukat dengan madu asli sebagai perawata kulit kering. Kandungan asam lemak dalam campuran alpukat memiliki sifat antibakteri yang baik bagi kulit, sedangkan madu dapat menghidrasi kulit yang mampu mengenyalkan sekaligus menghilangkan noda pada kulit Anda.

8. Teh hijau

Teh hijau tidak hanya nikmat untuk diseduh sebagai minuman penghangat tubuh, ternyata teh hijau juga dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi kulit kering. Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dari manfaat teh hijau ini, Anda dapat mengkombinasikan dengan beberapa bahan seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E dan juga minyak lavender. Kombinasi teh hijau ini akan menjadi minyak essensial yang dapat menenangkan kulit kering dan kulit sensitif Anda yang sedang mengalami iritasi.

9. Krim susu

Sejak dulu susu merupakan produk alam yang sudah dimanfaatkan sebagai kecantikan. Salah satunya adalah sebagai cara mengatasi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering dengan susu yakni dengan menerapkan krim susu segar pada kulit setiap hari. Perawatan alami ini membantu melembabkan kulit serta menghapus kulit terbakar dan juga menghilangkan lingkaran hitam.

10. Minyak Almond

Minyak almond merupakan salah satu minyak yang sangat terkenal karena manfaatnya bagi kecantikan. Salah satu manfaat minyak almond adalah membantu menghilangkan jerawat, menghilangkan flek hitam, noda, dan mengatasi kulit kering. Proses pengaplikasiannya juga sangat mudah, yakni cukup mengoleskan minyak almond pada kulit kering dan lakukan pemijatan secara lembut. Kamu juga bisa menambahkan aloe vera untuk hasil yang lebih baik dan juga cepat. Campurkan satu sendok teh gel aloe vera atau lidah buaya dengan satu sendok minyak almond dan kemudian oleskan pada kulit kering.