Cara Mengatasi Rambut Rontok

cara mengatasi rambut rontok

Rambut merupakan mahkota bagi setiap manusia, khususnya bagi kaum hawa. Rambut sendiri dianggap sebagai anggota badan yang sangat penting guna menunjang penampilan sesorang, disamping itu dapat juga mempercantik penampilan seorang wanita yang dapat membuat rasa percaya diri meningkat. Akan tetapi, rambut sangatlah rentan terhadap berbagai macam masalah seperti ketombe dan kutu rambut, masalah lain yang kerap menyerang dan dihadapi setiap orang terkait masalah rambut adalah rambut rontok.

Meski rambut yang rontok tidak memberikan rasa sakit, akan tetapi dalam kondisi tertentu dapat menjadi salah satu hal yang menganggu penampilan setiap orang dan dapat membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Sebetulnya, rambut rontok sendiri merupakan hal yang wajar dan normal yang akan dialami oleh semua orang. Akan tetapi, umumnya rambut rontok masih bisa digolongkan normal ketika setiap harinya rambut yang rontok dari kulit kepala tidak lebih dari 100 helai rambut.

Tetapi, apabila jumlah dari kerontokan rambut lebih dari 100 helai setiap harinya, maka ada kemungkin bahwa kerontokan rambut pada kulit kepala Anda dipengaruhi oleh berbagai macam faktor penyebab rambut rontok. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, Anda dapat menyimak informasinya dibawah ini!

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum kita membahas lengkap dan tuntas mengenai bagaimana cara mengatasi rambut rontok, sangat BebasJerawat.info anjurkan untuk Anda membaca informasi lengkap mengenai apa saja penyebab rambut rontok agar Anda dapat mengetahui apa penyebab rambut rontok Anda dan mengantisipasi hal tersebut.

Ternyata, ada banyak sekali penyebab dari rambut rontok yang sering kita alami. Berikut ini macam-macam penyebab dari rambut rontok yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kebotakan pada kulit kepala kita:

1. Pengaruh Hormon

Tidak dapat dipatahkan ataupun dibantah bahwa memang benar hormon menjadi salah satu penyebab utama dari rontoknya rambut yang berlebih pada kulit kepala kita. Hormon yang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada kulit kepala kita biasanya disebut dengan hormon DTH. Hormon DTH sendiri dapat diproduksi karena tingginya dari kadar hormon testosteron, esterogen, serta progesteron di dalam tubuh tubuh kita. Alasan utama kenapa hormon DTH dapat menyebabkan kerontokan rambut kita karena hormon DTH membuat sel folikel rambut kita menjadi menyusut yang membuat rambut menjadi lebih mudah rontok.

2. Faktor Genetik

Faktor kedua yang dapat menyebabkan kerontokan rambut kita adalah faktor genetik atau faktor keuturunan yang mempunya peranan begitu dalam dan besar bagi kerontokan rambut kita. Apabila Anda mempunyai orang tua yang mempunyai riwayat kebotakan pada kulit kepala mereka, maka dapat dipastikan bahwa ada kemungkinan besar Anda akan mengalami kebotakan juga. Biasanya ini terjadi pada anak laki-laki karena rentan mengalami hal ini dibandingkan dengan perempuan.

Baca jugacara memutihkan gigi

3. Malnutrisi

Selain dari faktor hormon dan juga genetik, faktor dari kurangnya gizi di dalam tubuh atau biasa disebut dengan malnutrisi juga menjadi salah satu faktor utama dari penyebab rambut rontok. Hal ini terjadi karena sel-sel folikel rambut serta kulit kepala tidak mendapatkan nutrisi yang cukup agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Oleh karenanya, apabila tubuh Anda mengalami kekurangan gizi, bukan rambut kita sehat dan yang kita dapatkan, melainkan kerontokan rambut yang kita dapatkan.

4. Stres

Stres juga menjadi salah satu penyebab utama dari kerontokan rambut yang kita alami. Hal ini terjadi ketika Anda mengalami stress, maka sirkulasi darah di dalam tubuh kita akan terganggu. Apabila sirkulasi darah Anda di dalam tubuh mengalami gangguan, sudah pasti aliran darah ke kulit kepala dan juga sel folikel rambut akan kekurangan suplai oksigen dan juga nturisi yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan. Apabila Anda sering sekali mengalami masalah stres, maka rambut Anda akan menjadi rapuh dan pastinya sangat mudah sekali untuk rontok.

5. Pengaruh Bahan Kimia

bagi Anda yang gemar mewarnai rambut atau melakukan perawatan rambut di salon, maka ada kemungkinan Anda juga akan mengalami kerontokan rambut yang semakin parah. Hal ini disebabkan karena terlalu banyaknya bahan kimia yang terpapar ke rambut Anda. Karena terlalu seringnya kontak langsung dengan rambut dapat membuat rambut menjadi lebih rentan patah dan juga lebih rapuh, sehingga dapat membuat kerontokan pada rambut Anda.

6. Pengaruh Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan juga dapat memberikan efek samping yang dapat membuat rambut kita mengalami kerontokan. Biasanya, obat-oabatan yang dapat membuat kerontokan rambut adalah sejenis oabat arthirits, obat jantung, dan juga obat untuk tekanan darah tinggi. Akan tetapi, kerontokan rambut yang disebabkan karena obat-obatan hanya bersifat sementara, hal ini akan berhenti ketika Anda berhenti mengkonsumsi obat-obatan.

Baca juga: manfaat daun jambu biji

7. Faktor Usia

Fantok terakhir yang dapat membuat kerontokan rambut adalah faktor usia, faktor ini tidak akan mungkin dihindari seiring dengan bertambahnya usia kita. Ketika usia kita bertambah, maka semakin tipis pula sel folikel rambut yang dapat membuat rambut menjadi lebih mudah patah. Selain itu, Anda juga dapat memperkecil frekuensi kerontokan rambut dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, zinc, vitamin dan juga makanan tinggi protein.

Setelah kita memahami apa saja yang menjadi penyebab kerontokan rambut bagaimana kalau kita langsung beralih apa saja yang dapat membantu kita mengatasi kerontokan pada rambut kita, berikut ini cara mengatasi rambut rontok secara alami dan sehat:

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok tidaklah serumit dan sesusah seperti yang kita bayangkan. Anda dapat melakukannya diwaktu senggang Anda ketika berada dirumah. Metode untuk cara mengatasi rambut rontok dirumah yang kami sediakan sangatlah aman serta tidak memakan banyak sekali biaya untuk sekali perawatan seperti di salon yang dengan menggunakan bahan yang tidak Anda ketahui sama sekali kandungannya. Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat yang dapat Anda lakukan dirumah dengan mudah.

1. Sarapan

Tidak hanya berguna untuk mengisi tenaga kita sebelum melakukan aktivitas harian kita, teryata sarapan juga membantu menjaga kesehatan rambut kita. Sangat BebasJerawat.info sarankan untuk Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein, vitamin serta memenuhi standar gizi yang baik untuk tubuh dan rambut. Kekurangan protein dalam tubuh dapat menghambat proses pertumbuhan keratin pada rambut kita. Oleh sebab itu, kalau diantara Anda yang tidak suka sarapan atau malas sarapan, alangkah baiknya untuk merubah perilaku yang kurang baik tersebut untuk mencegah kerontokan rambut di kemudian hari.

2. Minyak Zaitun atau Olive Oil

Cara menghilangkan rambut rontok yang kedua adalah dengan memanfaatkan khasiat minyak zaitun. Seperti yang kita ketahui bahwa minyak zaitun mempunyai berbagai macam manfaat yang baik untuk rambut ataupun kulit yang sudah terbukti manfaatnya. Untuk Anda yang ingin mengatasi rambut rontok dengan menggunakan minyak zaitun caranya cukup mudah. Cukup tuangkan minyak zaitun dengan takaran 1 sendok makan dan oleskan secara merata pada kulit dan rambut kepala Anda. Setelah itu biarkan selama minimal 30 menit dan berikan juga beberapa pijatan lembut selama 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu bilas dan keramasi rambut Anda seperti biasanya dengan menggunakan shampo.

Baca juga: cara menghilangkan kantung mata

3. Lidah Buaya atau Aloe Vera

Gel dari lidah buaya mempunyai senyawa-senyawa aktif yang berguna untuk mengatasi rambut rontok. Lidah buaya sendiri juga mempunyai sifat eksfoliate yang dapat mencegah penyumbatan kulit yang terjadi pada kepala karena sel-sel kulit mati. Apabila penyumbatan tersebut tidak terjadi atau sudah lancar, sudah pasti kulit kepala akan menerima nutrisi yang lebih optimal. Pasokan nutrisi yang lancar di kulit kepala sangatlah penting untuk proses tumbuh kembang rambut serta mencegah kerontokan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya:

  • Ambillah gel pada tanaman lidah buaya, setelah itu oleskan gel tersebut secara merata pada kulit kepala Anda.
  • Sangat dianjurkan untuk kamu mengoleskan gel lidah buaya pada amalam hari, setelah itu bilas rambut ketika pagi harinya.
  • Jangan lupa untuk mengkonsumsi 1 sendok teh lidah buaya pada pagi hari juga karena teh lidah buaya sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi ke kulit kepala Anda.

4. Teh Hijau

Minuman bermanfaat tradisional seperti teh hijau ini sangatlah berguna untuk mengatasi rambut rontok. Alasan utama kenapa teh hijau menjadi salah satu obat untuk rambut rontok kita adalah karena kandungan antioksidannya yang begitu tinggi. Kandungan antioksidan seperti catechin yang ada didalam teh hijau dapat membantu memicu proses pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu saja, kandungan antibakteri yang terdapat di teh hijau juga dapat membantu kita membasmi bakteri ayang dapat menyebabkan infeksi pada rambut dan penyebab rambut rontok.

Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau:

  • Seduhlah teh hijau seperti Anda membuat teh pada umumnya.
  • Apabila sudah, cukup oleskan teh hijau tersebut pada kulit kepala Anda dan biarkan selam 30 menit.
  • Setelah itu bilas dan cuci kulit kepala Anda dengan menggunakan air serta shampo yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

Baca juga: cara memutihkan ketiak

5. Minyak Lavender

Minyak Lavender merupakan salah satu minyak aromaterapi yang memiliki berbagai macam manfaat, salah satu manfaatnya adalah mengatasi rambut rontok Anda. Minyak lavender sendiri mempunyai kandungan antioksidan yang dapat membantu memicu proses tumbuh rambut kita. Selain itu, minyak ini juga mempunyai kandungan antiseptik yang berguna untuk membasmi kontaminan yang dapat membuat infeksi pada kulit kepala kita. Oleh sebab itulah, minyak lavender tidak hanya berguna untuk mengatasi rambut rontok Anda, tapi juga dapat membantu Anda sebagai bahan untuk cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak lavender:

  • Tuangkan beberapa tetes minyak lavender ke telapak tangan Anda.
  • Setelah itu, aplikasikan minyak ditelapak tangan ke kulit kepala secara merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam, setelah itu cuci bersih rambut Anda dengan menggunakan shampo.

6. Madu

Madu adalah bahan alami yang tidak dapat Anda lewatkan begitu saja untuk mengatasi rambut rontok yang sedang menyerang Anda. Selain mudahnya madu untuk didapatkan, madu juga sangat ampuh dalam mengatasi rambut rontok Anda. Hal ini disebabkan karena kandungan antibakteri yang terdapat didalam madu berguna untuk membasmi berbagai macam bakteri penyebab infeksi kulit kepala.

Tidak hanya itu, berdasarkan sebuah studi yang sudah dilakukan dan dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health. Para pasien yang mengalami atau menderita rasa gatal-gatal pad akulit kepala dan juga rambut rontok, mengalami sebuah hasil baik ketika mereka mengaplikasikan madu sebagai obat mengatasi masalah mereka tersebut. Dimana hasil akhir dari studi tersebut menunjukkan bahwa rambut rontok serta rasa gatal di kulit kepala mereka semakin berkurang drastis.

Cara mengatasi rambut rontok dengan madu:

  • Siapkan terlebih dahulu 1 sendok teh madu dan juga air, setelah itu campur kedua bahan tersebut hingga merata.
  • Kemudian aplikasikan campuran tersebut pada kulit kepala Anda, biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah itu bilas dengan air bersih dan cuci dengan shampo yang biasa Anda gunakan.

7. Minyak Kelapa

Dapat dikatakan bahwa minyak kelapa merupakan salah satu jenis minyak alami yang mempunyai manfaat yang ampuh dalam mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa sendiri mengandung sebuah senyawa yang disebut dengan asam lauric yang berguna untuk membasmi segala macam bakteri dan juga kuman yang dapat menyebabkan infeksi pada sel folikel rambut kita. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga dapat menjaga kelembaban rambut kita secara alami yang mana dapat membuat rambut menjadi semakin kuat dan tidak mudah rontok ataupun patah.

Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak kelapa:

  • Dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa ke telapak tangan kita.
  • Kemudian, oleskan minyak kelapa yang ada di telapak tangan kita ke kulit rambut secara merata dan tambahkan sedikit pijatan lembut di kulit kepala kita.
  • Setelah itu diamkan selama 1 jam, kemudian cuci rambut Anda dengan menggunakan shampo.

Itulah 7 cara mengatasi rambut rontok dengan cepat, mudah, murah dan pastinya aman. Cara mana yang paling ampuh buatmu? jangan lupa share ke tim BebasJerawat.info dengan cara komentar di kolom komentar yah!