Inilah 9 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami dan Sehat

cara mengecilkan pori-pori

Mempunyai wajah halus dan juga lembut sudah pasti dambaan setiap orang terutama untuk kaum perempuan. Akan tetapi, semua perempuan tidak memiliki keberuntungan yang sama dimana memiliki kulit wajah yang lembut. Ada sebagian wanita yang mempunyai masalah dengan kulit wajah yang berminyak atau pori-pori besar. Pori-pori kulit sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia, contohnya seperti menghilangkan atau membuang racun dari tubuh. Akan tetapi, pori-pori sendiri juga dapat membesar apabila mengalami penyumbatan, sehingga lebih mudah terserang penyakit kulit seperti jerawat.

Pori-pori yang besar dan juga terbuka biasanya di alami oleh banyak orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan cenderung berlebih. Mengenai bagian-bagian mana saja sih pori-pori kulit yang dominan membesar tersebut? Biasanya pori-pori yang melebar atau membesar biasanya terdapat pada bagian hidung, yang mana kelenjar minyak lebih banyak keluar pada bagian tersebut dibanding area lainnya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir dan putus asa mengenai masalah itu. Karena disini, BebasJerawat.info ingin berbagi informasi mengenai cara mengecilkan pori-pori kulit wajah secara alami.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah Secara Alami

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah sebuah proses perawatan yang bertujuan untuk mengangkat kotoran, debu, sisa keringat, sel kulit mati, dan komedo pada bagian wajah. Ada begitu banyak orang yang menyebut proses ini dengan scrubing. Mengenai bahan untuk proses perawatan ini ada banyak, salah satu contoh yang bisa Anda gunakan adalah ampas teh.

Cara mengecilkan pori-pori dengan proses eksfoliasi dengan menggunakan ampas teh cukup mudah, yakni dengan membuka kantung teh celup yang telah dipergunakan. Kumpulkan bubuk atau ampas tersebut, kemudian gosokkan pada wajah atau kulit Anda secara perlahan, selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas wajah Anda dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

2. Membersihkan kulit wajah secara rutin

Membersihkan kulit merupakan salah satu bentuk usaha yang sangat berpengaruh pada munculnya pori-pori besar diwajah Anda. Maka jangan pernah Anda untuk bermalas-malasan dalam membersihkan wajah, apalagi setelah Anda melakukan aktifitas di luar ruangan.

Perlu diingat sebagai catatan penting bahwa Anda harus memilih facial foam yang cocok bagi jenis kulit Anda. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada kulit apabila Anda tidak menggunakan bahan atau alat yang tepat. Pilihlah facial foam yang memiliki kandungan mousturizer dalam jumlah banyak dan bahan-bahan alami.

Baca jugaTips Kecantikan Terjangkau untuk Anak Perempuan Trendy Namun Abadi

3. Bersihkan minyak secara rutin

Cara termudah dan praktis yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit wajah berminyak adalah dengan selalu membawa tissue kemanapun Anda pergi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan minyak berlebih. Akan lebih baik lagi apabila Anda menggunakan tisu khusus yang mampu menyerap minyak di wajah. Dengan Anda membersihkan minyak di wajah secara rutin, maka Anda secara langsung sudah mencegah pori-pori wajah membesar.

4. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit kita, terutama pada area wajah. Kulit akan menjadi lebih cepat kusam, kerutan, muncul flek, dan penuaan dini. Jadi, usahakan untuk menjaga kulit Anda dari sengatan sinar matahari langsung, terutama pada waktu yang relatif panjang dan di siang terik.

Cara mengatasi masalah ini sangat mudah, Anda cukup mengenakan topi, payung, lotion, sunblock, dan berbagai macam alat pelindung kulit lainnya.

5. Menggunakan oatmeals

Oatmeals adalah sereal yang berasal dari gandumg yang kaya akan kandungan serat. Tidak hanya baik bagi pencernaan kita, ternyata kandungan serat pada oatmeal juga bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat dan aman. Kombinasi dari oatmeals dengan madu dan susu bubuk dapat memberikan hasil yang maksimal dalam perawatan mengecilkan pori-pori wajah.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, yakni dengan menyiapkan 2 sendok oatmeals, 5 sendok madu alami, dan juga 2 sendok susu bubuk. Campur semua bahan dan aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Baca jugaBerikut 10 Cara Ampuh Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami dan Cepat

6. Gunakan es batu

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami yang keenam adalah dengan menggunakan es batu. Es batu memiliki sifat dingin yang mampu mengecilkan pori-pori pada wajah dengan aman dan alami. Cara ini sangat sering dipergunakan oleh orang-orang.

Cara pemakaiannya juga tergolong mudah, yakni dengan menyediakan es batu secukupnya. Bungkus es batu dengan menggunakan kain katun sampai mengeluarkan air. Setelah itu tempelkan es batu yang telah Anda bungkus pada wajah. Gosok secara perlahan pada wajah Anda selama kurang lebih 20 menit. Lakukan perawatan alami ini setiap pagi dan malam menjelang tidur, agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal.

7. Menggunakan tomat

Tomat adalah salah satu hasil alam yang memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang mampu merawat kecantikan kulit Anda. Tomat juga memiliki kegunaan yang sangat bagus untuk membantu Anda dalam mengecilkan pori-pori yang terdapat pada wajah.

Cara pemakaiannya, cucilah hingga bersih dua buah tomat menggunakan air dingin. Haluskan tomat tersebut bersama dengan bijinya menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada wajah Anda secara merata, agar meresap pada kulit diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah Anda hingga bersih menggunakan air hangat. Lakukan perawatan alami ini secara rutin seminggu 3 kali.

8. Menggunakan mentimun

Mentimun adalah hasil alam yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi, kandungan air dalam mentimun sendiri memiliki sifat dingin dan mampu meringkas pori-pori wajah. Selain membantu mengecilkan pori-pori wajah secara alami, ternyata masker timun juga dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti komedo dan minyak berlebih.

Caranya, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Sediakan mentimun secukupnya (sesuai dengan kebutuhan Anda). Haluskan mentimun dengan menggunakan blender, setelah itu oleskan masker mentimun secara merata pada permukaan wajah Anda, dan berikan pijitan lembut secara melingkar. Kemudian biarkan sekitar 20-30 menit agar meresap. Lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Baca jugaInilah 10 Cara merawat wajah secara alami agar sehat dan tidak kusam

9. Menggunakan madu

Madu asli memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan penting yang mana sangat dibutuhkan oleh kulit. Salah satu manfaat yang dapat diberikan madu bagi kulit adalah dapat mengembalikan ukuran pori-pori seperti pada awalnya.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah yakni, membersihkan wajah terlebih dahulu. Siapkan madu asli (bukan kaleng-kaleng atau palsu atau campuran ya) secukupnya dan 1 buah lemon segar. Potong lemon segar tersebut menjadi 2 bagian, lalu ambil air perasannya. Campurkan 3-5 sendok perasan air lemon dengan madu secukupnya. Oleskan campuran ajaib tersebut sebagai masker ke seluruh wajah sampai merata. Pijatlah kulit wajah Anda secara lembut kurang lebih selama 10 menit. Kemudian bilas dengan bersih dengan menggunakan air hangat dan keringkan wajah Anda dengan handuk.

Sekian informasi mengenai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami untuk bisa Anda terapkan dirumah. Semoga informasi cara mengecilkan pori-pori dari BebasJerawat dapat menjadi informasi yang solutif bagi Anda. Selamat mencoba 😀