Bau Badan Membuat Anda Tidak PD? Cobalah 10 Cara Menghilangkan Bau Badan Ini!

cara menghilangkan bau badan

Mempunyai bau badan sudah pasti dapat membuat merasa kita tidak nyaman dan malu ketika bertemu atau berhadapan dengan seseorang. Hal ini juga dapat mengganggu aktivitas keseharian kita yang berada diluar rumah dan juga tak jarang dapat menghancurkan image sosial kita.

Kita juga perlu mengetahui darimana sumber bau badan kita ini berasal, biasanya bau badan tercipta dari produksi keringat yang tergolong berlebih, ketiak dan juga kaki kita. Untuk dapat menghilangkan bau badan ini, banyak sekali orang yang memanfaatkan parfum agar bau tubuhnya menjadi wangi. Akan tetapi, parfum tidak dapat memberikan rasa harum sepanjang waktu dan ini bisa kita katakan hanya solusi sementara saja.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Begitu aroma parfum yang wangi hilang, maka terbitlah bau badan yang menyengat dari tubuh kita. Oleh sebab itu, hal yang paling perlu untuk Anda lakukan adalah menghilangkan bau badan tersebut secara efektif dengan cara mengontrol sumbernya. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau badan yang dapat Anda coba di rumah:

1. Seka keringat sesering mungkin

Seka keringat sesering mungkin

Salah satu dari penyebab utamanya munculnya bau badan adalah keringat yang berlebih pada tubuh kita. Keringat yang menumpuk dapat menciptakan kondisi lembab pada kulit tubuh sehingga menjadi tempat atau sarang perkembang biakkan dari bakteri. Ditambah lagi ketika kulit tubuh tertutup rapat oleh pakaian dan tidak terpapar oleh udara luar. Bisa Anda bayangkan seberapa menyengatnya aroma yang akan Anda hirup.

Bakteri ini dapat mengeluarkan sebuah senyawa yang mana dapat menimbulkan bau badan tidak sedap. Oleh sebab itu, seka keringat Anda sesering mungkin dengan menggunakan sapu tangan, tisu ataupun handuk kering guna mencegah bakteri tinggal dan berkembang biak.

Baca juga: Cara menghilangkan bau kaki

2. Pakai baju yang dapat menyerap keringat dengan baik

Baju yang baik dalam menyerap keringat biasanya memiliki bahan dasar katun. Hal ini akan dapat membantu Anda dalam mengurangi jumlah keringat yang keluar dari tubuh karena terserap oleh pakaian Anda. Karena frekuensi keringat yang tidak begitu banyak dan tidak mengendap, sudah pasti pertumbuhan bakteri penyebab bau badan akan dapat dicegah.

3. Mandi dengan menggunakan sabun anti bakteri

Mandi merupakan salah satu bentuk cara menghilangkan bau badan yang sangat efektif, dengan Anda rutin mandi pagi dan sore hari menggunakan sabun anti bakteri yang mengandung senyawa aktif triclosan. Senyawa aktif ini dapat membantu Anda dalam membunuh kuman atau bakteri yang menempel di tubuh Anda.

Gosoklah dengan ulet terutama pada bagian ketiak dan juga sela-selah hari kaki yang mana menjadi sumber terbesar dari bau badan. Anda juga sangat disarankan untuk mandi setelah melakukan aktivitas atau berolahraga yang membuat badan Anda mengeluarkan banyak keringat.

Mengingat sifat sabun yang mengandung anti bakteri cenderung membuat kulit menjadi kering, sangat disarankan untuk memakai lotion setelah Anda mandi. Hal ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit serta menghilangkan bau badan Anda.

4. Ganti kaos kaki Anda setiap hari

Mengganti kaos kaki merupakan salah satu bentuk untuk cara menghilangkan bau badan yang bersumber dari kaki Anda.

Kaos kaki yang tidak diganti secara rutin dapat membuat kaki menjadi lembab dan hal inilah yang paling disukai oleh bakteri dan jamur untuk tumbuh. Ketika bakteri dan jamur berkembang biak dengan baik, disitulah muncul bau yang tidak sedap dari kaki Anda. Selain itu, pastikan juga kaki Anda dalam keadaan kering ketika hendak menggunakan kaos kaki atau sepatu.

Baca juga: Cara memutihkan ketiak

5. Rendam kaki pada larutan garam

Rendam kaki pada larutan garam

Salah satu penyebab bau yang bersumber dari kaki disebabkan karena adanya bakteri dan jamur yang menempel di sela-sela kaki. Oleh sebab itu, setiap sore hari setelah aktivitas Anda, rendamlah kaki Anda dengan air hangat yang sudah diberi garam.

Hal ini dapat membantu mencegah tumbuh kembang bakteri dan jamur. Manfaat lain dari cara ini adalah dapat menjaga kaki Anda tetap pada kondisi kering dan tidak akan mudah lembab.

6. Gunakan anti perspirant

Sebelum Anda ingin melakukan aktivitas, gunakanlah anti perspirant pada tubuh Anda terutama pada bagian ketiak dan juga sela jari kaki. Sekilas anti perspirant hampir mirip dengan deodorant, akan tetapi kedua benda tersebut memiliki kandungan berbeda.

Anti perspirant memiliki bahan aktif yang disebut dengan zat aluminium yang mana berguna untuk menghambat pengeluaran keringat, sedangkan deodorant mempunyai kandungan yang bersifat menyergarkan dan memberi keharuman pada tubuh Anda.

Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak kok produk deodorant yang merangkap sebagai anti perspirant. Oleh sebab itu, Anda hanya perlu cermat dalam mencari atau memilih deodorant sekaligus anti perspirant yang ingin Anda gunakan.

7. Aplikasikan sari lemon

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan menggunakan sari lemon. Tidak hanya memberikan wangi yang menyegarkan, ternyata sari lemon mempunyai kandungan senyawa yang berguna sebagai agen anti bakteri yang mampu membunuh dan menghambat tumbuh kembang bakteri pada kulit penyebab dari bau badan Anda.

  1. Ambillah 1 buah lemon dan peras untuk diambil sarinya
  2. Oleskan sari lemon terutama pada bagian ketiak dan juga sela jari kaki Anda
  3. Biarkan selama 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih

Lakukanlah perawatan ini 2 hari sekali untuk menghilangkan bau badan secara permanen.

Baca juga: Cara menghilangkan bau mulut

8. Gunakan baking soda

Baking soda merupakan bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan karena kemampuan baking soda yang dapat diandalkan dalam menyerap keringat serta membunuh bakteri penyebab bau badan.

  1. Ambillah 1 sendok teh baking soda.
  2. Campur dengan 1 sendok teh sari lemon segar.
  3. Oleskan campuran ajaib tersebut pada area tubuh yang sering mengeluarkan keringat berlebih terutama pada area ketiak.
  4. Biarkan selama 5-10 menit (jangan digosok).
  5. Bilas dengan menggunakan air besih atau air mengalir.

Lakukan cara ini 1x sehari secara rutin sebelum mandi selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Gunakan cuka apel

menghilangkan bau kaki dengan cuka apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang memiliki manfaat sebagai agen pembunuh bakteri penyebab bau badan yang sangat ampuh. Cuka apel sendiri dapat bekerja dengan cara menjaga keseimbangan pH pada kulit tubuh sehingga bakteri tidak akan dapat tinggal di sana. Ada 3 cara memanfaatkan cuka apel untuk menghilangkan bau badan, berikut 3 metode yang bisa Anda coba:

A. Oleskan cuka apel pada kulit tubuh yang kerap mengeluarkan keringat.

Cara penggunaannya: Tuangkan cuka apel pada kapas dan kemudian oleskan pada area tubuh yang kerap mengeluarkan keringat, misalnya pada bagian ketiak. Biarkan selama 2-3 menit, setalh itu bilas sembari melanjutkan mandi. Anda juga dapat melakukan metode ini untuk menghilangkan bau badan 2X sehari sebelum mandi.

B. Berendam dengan cuka apel.

Cara menghilangkan bau badan dengan cuka apel yang kedua adalah dengan berendam. Cara pengolahannya cukup mudah yakni dengan menambahkan 1 gelas atau setara 250ml cuka apel ke dalam bak mandi yang sudah terisi dengan air hangat. Gunakanlah untuk berendam selama kurang lebih 30 menit ya. Lakukan metode ini 2 hari sekali hingga bau badan Anda hilang.

C. Meminum cuka apel.

Selain dapat digunakan untuk pemakaian secara eksternal, Anda juga bisa menggunakan cuka apel sebagai obat penghilang bau badan melalui metode internal atau dari dalam.

Caranya: Campurkan 2 sendok teh cuka apel dengan madu asli pada segelas air hangat. Minum ramuan ajaib tersebut 2X sehari. Selain bau badan Anda hilang, badan Anda juga akan terasa lebih baik dan segar.

10. Batasi asupan makanan tertentu

Ada beberapa makanan tertentu yang dapat menjadi penyebab munculnya bau badan yang tidak sedap. Makanan itu meliputi bawang putih, jengkol, daging merah, petai, dan berbagai macam makanan kaleng dengan kandungan gula yang tinggi.

Selain itu, minuman yang mengandung kafein tinggi juga dapat memunculkan bau badan tidak sedap. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang secukupnya dan kurangi intensitas konsumsi minuman berkafein Anda.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menghilangkan bau badan yang sudah dijelaskan oleh BebasJerawat.info. Semoga metode diatas dapat membantu Anda dalam mengatasi bau badan yang selama ini mengganggu Anda. Ingat, metode ini dilakukan dengan penuh ketekunan dan keuletan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan beberapa waktu dalam proses perawatan ini ya.

Editor: Bram Khalid