Cara Menghilangkan Flek Hitam

menghilangkan flek hitam

Timbulnya noda hitam atau flek hitam pada wajah kita dapat membuat kita menjadi kurang percaya diri dan pastinya dapat membuat wajah kita terlihat lebih tua daripada umur kita yang sebenarnya. Namun hal ini sudah dapat kita tutupi dengan makeup, akan tetapi sampai kapan kita akan menggunakan makeup tersebut untuk menutupi flek hitam di wajah? Hal itu juga tidak dapat menyelesaikan akar masalah yang ada dan juga itu tidak dapat dilakukan oleh pria. Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh para wanita ataupun pria. Untuk itu, selain cara menghilangkan komedo, ternyata cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat adalah salah satu hal yang banyak dicari.

Bekas jerawat ini biasanya akan muncul ketika seseorang mengalami masalah kulit berupa jerawat di wajah yang sudah mengempes dan juga sudah hilang. Munculnya flek hitam sebagai bekas jerawat ini disebabkan sebagai salah satu bentuk pemulihan tubuh setelah mengalami luka akibat infeksi jerawat. Sedangkan komedo berbeda dengan flek hitam karena komedo terbentuk karena adanya tumpukan lemak yang ada pada daerah hidung dan kulit wajah lainnya yang dapat membuat rasa percaya diri kita menurun serta menimbulkan bercak hitam.

Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai macam metode untuk menghilangkan flek hitam ini, mulai dari menggunakan metode obat-obatan modern, pembersih muka, hingga yang paling ekstrim adalah melakukan operasi. Namun, seperti yang kita ketahui. Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan semua metode modern pembersih flek hitam tersebut. Oleh sebab itulah, BebasJerawat.info terinspirasi untuk menulis artikel mengenai cara menghilangkan flek hitam secara alami, mudah, dan pastinya biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Mungkin metode yang kami bagikan kepada Anda bisa menjadi referensi solutif terbaik mengenai cara menghilangkan flek hitam secara alami daripada menggunakan metode perawatan secara modern meski bisa terbilang metode modern jauh lebih cepat menunjukkan hasil daripada metode alternatif alami ini. Tetapi, menilik kembali efek samping serta jangka waktu hasilnya. Metode alami menjadi opsi yang bisa dikatakan sebagai solusi terbaik untuk Anda pergunakan. Sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan flek hitam pada kulit, ada baiknya bila kita mengenal lebih dalam apa itu flek hitam? Simak dibawah ini!

Apa Itu Flek Hitam?

Ephelis atau flek hitam merupakan bintik-bintik datar yang timbul pada permukaan kulit wajah yang tercipta karena bekas jerawat, kotoran, dan peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Flek hitam sendiri dapat juga timbul diberbagai macam daerah pada tubuh kita seperti lengan, leher, ataupun dada. Bintik-bintik flek hitam ini cenderung mudah sekali untuk dilihat dan pastinya mudah sekali muncul pada orang yang mempunyai warna kulit putih. Flek hitam sendiri merupakan sebuah gejala yang sangat umum terjadi di segala usia dan biasanya tidak memberikan efek berbahaya pada tubuh ataupun menimbulkan sebuah rasa sakit.

Apa yang menyebabkan flek hitam?

Peningkatan produksi melanin pada sel kulit tertentu menyebabkannya menjadi lebih gelap. Ini tampak sebagai bintik hitam di permukaan kulit yang kontras dengan warna kulit lainnya. Hal ini sangat bertentangan dengan kepercayaan umum bahwa hal itu disebabkan oleh peningkatan melanosit (sel penghasil melanin) di kulit.

Pada paparan radiasi ultraviolet dari matahari dan penyamakan kulit, melanosit meningkatkan produksi melanin, dan kulit cenderung menjadi lebih gelap dan kecokelatan. Produksi dan deposisi ini terjadi untuk memberikan perlindungan lebih jauh terhadap sinar matahari. Paparan di luar batas ini berakhir dengan terbentuk flek hitam.

Dipercaya bahwa pembentukan flek hitam memiliki hubungan yang kuat antara keturunan dan paparan sinar matahari. Telah diamati bahwa mereka dengan warna kulit putih, rambut pirang atau merah dan warna mata terang lebih rentan terhadap flek hitam daripada yang lain. Tapi, pada saat bersamaan, dua orang antara orang kulit putih dan orang yang memiliki gen flek hitam yang terkena paparan sinar matahari yang sama mereka sama-sama mengalami masalah flek hitam yang muncul pada kulit mereka meski titik tempat flek hitam mereka tidak sama. Ini membuktikan bahwa faktor keturunan juga memainkan peran kunci dalam pengembangan bintik-bintik di wajah atau bagian tubuh lainnya. Nah langsung saja kita simak cara menghilangkan flek hitam secara alami dibawah ini!

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

1. Cuka Apel

cara menghilangkan flek hitam dengan cuka apel

Cuka apel mengandung senyawa antioksidan yang terdiri dari vitamin A, B kompleks, C dan E yang mampu bekerja sama dengan baik guna menyehatkan kulit kita. Asam alfa hidroksinya berguna untuk mengatasi noda hitam pada kulit wajah kita.

Asam malat yang terkandung di dalam cuka apel juga membantu kita untuk mempercepat proses pengelupasan sel kulit yang gelap dan meregenerasi sel kulit baru. Asam malat juga berguna untuk mencegah jerawat serta meningkatkan produksi sebum yang membuat kulit wajah kita tidak terlalu berminyak dan juga tidak kering.

#Bahan

  • 1 sendok makan cuka sari apel
  • 1 sendok teh madu

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Campur madu dan cuka, dan oleskan pada flek hitam.
  2. Biarkan selama 15-20 menit.
  3. Bilas dengan air suam-suam kuku.
  4. Hal ini juga bisa diaplikasikan di seluruh wajah.

Catatan: Terapkan 1x sehari dan setiap hari pada flek hitam Anda hingga menunjukkan hasil yang maksimal. Jika Anda menerapkannya di seluruh wajah Anda, itu juga baik dan tidak menjadi masalah karena tidak akan memberikan efek samping berbahaya untuk kulit wajah Anda.

2. Lidah buaya/Aloe Vera

Tanaman yang kaya akan manfaat ini mengandung senyawa asam amino, vitamin A, B, C dan E serta adanya beta karoten. Semua kandungan nutrisi tersebut sangatlah penting untuk kita karena dapat membuat khasiat anti penuaan serta dapat mengatasi flek hitam.

Perlu diingat dan diketahui juga, bahwa lidah buaya juga berguna untuk analgesik atau penghilang rasa sakit (painkiller) serta mempunyai sifat antiseptik. Berikut cara menghilangkan flek hitam dengan lidah buaya:

#Bahan

  • Gel aloe vera segar

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Oleskan beberapa gel lidah buaya segar pada flek hitam dan pijat selama 2-3 menit.
  2. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas.
  3. Aloe vera gel aman dibiarkan di wajah semalaman ketika Anda tidur.

Catatan: Anda dapat melakukan perawatan ini setiap hari karena lidah buaya sangat aman untuk Anda gunakan secara bebas karena efek sampingnya tidak berbahaya untuk kulit melainkan sebaliknya. Dan juga efek lain dari lidah buaya dapat Anda manfaatkan sebagai bahan memerahkan bibir secara alami dan cepat.

3. Yogurt

Makanan dari hasil fermentasi susu ini memang sangat dikenal menyehatkan untuk tubuh. Selain dimanfaatkan untuk menyehatkan tubuh, ternyata yogurt juga berguna sebagai bahan perawatan kulit alami yang efektif, contohnya seperti menghilangkan noda hitam pada wajah. Yogurt juga mengandung senyawa asam laktat yang berguna untuk mengelupas sel kulit mati dan berpigmen.

Makanan yang sangat sehat ini juga mengandung kelembaban serta mengencangkan kulit Anda agar terlihat awet muda dan mencegah proses penuaan dini pada kulit. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam dengan yogurt:

#Bahan

  • 2 sendok makan yogurt tawar
  • 1 sendok oatmeal
  • 1 sendok perasan air lemon

Ketiga bahan alami ini kaya akan kandungan antioksidan serta berguna sebagai pemutih alami yang sehat dan aman yang dapat digunakan untuk mengatasi noda hitam pada wajah Anda.

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Campurlah semua bahan yang sudah disiapkan tersebut dan aduk hingga merata sampai membentuk sebuah pasta kental.
  2. Setelah menjadi pasta, oleskan pada wajah sebagai masker dan biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  3. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

Catatan: Anda dapat melakukan perawatan ini secara rutin 3X seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi masalah noda hitam pada wajah.

4. Kulit Pisang

cara menghilangkan flek hitam dengan kulit pisang

Senyawa pada kulit pisang berguna untuk pencerah kulit dan anti penuaan yang dikenal dengan gluconolactone ditemukan pada kulit pisang. Anda dapat menggosok kulit di seluruh wajah untuk mengencangkan kulit yang menakjubkan dan efek pengetatan.

#Bahan

  • Sepotong kecil kulit pisang

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Gosok bagian dalam kulit (sisi putih) pada kulit yang terkena selama satu atau dua menit.
  2. Biarkan isi kulit yang telah ditransfer ke kulit Anda selama beberapa menit sebelum membilas wajah Anda.

Catatan: Anda dapat melakukan perawatan alami ini maksimal 1x sehari secara rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal untuk menghilangkan flek hitam pada wajah Anda.

5. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang mana antioksidan terbaik guna melawan radikal bebas dan mengatasi noda hitam diwajah Anda. Tidak perlu ragu ataupun risau dengan memanfaatkan bahan alami ini, karena kunyit merupakan salah satu media perawatan terbaik untuk menjaga kulit wajah Anda tetap mulus dan sehat.

Berikut ini cara menghilangkan flek hitam dengan kunyit:

#Bahan

  • 1/2 sendok teh kunyit
  • air

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buat pasta kunyit dengan mencampurkan ½ sendok teh kunyit dan air secukupnya.
  2. Biarkan pasta kunyit tersebut kering selama sekitar 15 menit dan kemudian oleskan pada wajah Anda.
  3. Setelah itu bilas wajah Anda dengan air hangat.
  4. Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
  5. Ulangi perawatan ini setiap hari untuk hasil yang cepat.

Catatan: Jangan pernah untuk membiarkan masker kunyit ini lebih dari 15-20 menit pada wajah Anda karena dapat membuat kulit menjadi kuning. Membutuhkan waktu yang cukup lama guna menghilangkannya, jadi segera untuk selalu membilas bersih wajah Anda apabila dirasa sudah cukup atau sesuai dengan waktu yang ditentukan.

6. Lemon

Buah lemon adalah bahan alami yang mengandung asam sitrat dan vitamin C yang tinggi yang memiliki manfaat untuk pemutih alami. Anda dapat memanfaatkan buah lemon guna memudarkan flek hitam atau noda hitam pada wajah dengan menggunakan cara dibawah ini.
Cara menghilangkan flek hitam dengan lemon:

#Bahan

  • 1 Buah lemon segar
  • Air bersih
  • Kapas bersih

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Peraslah lemon tersebut dan campurkan air kedalam perasan lemon tersebut ke dalam mangkuk yang bersih Dengan jumlah perbandingan sama yakni 1:1.
  2. Pergunakanlah kapas untuk perantara dalam mengoleskan larutan air lemon tersebut ke kulit wajah Anda yang terdapat noda hitam.
  3. Diamkan selama 20 menit sebelum Anda membilas dengan menggunakan air bersih.

Catatan: Anda dapat melakukan perawatan alami ini untuk menghilangkan flek hitam setiap hari. Tetapi perlu diingat bahwa jangan pernah menggunakan sabun untuk membersihkan wajah ketika selesai menggunakan perawatan ini.

7. Kentang

cara menghilangkan flek hitam dengan kentang

Gula dan pati yang terkandung di dalam kentang menjadi kompoten utama yang berperan sebagai exfoliant yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan adanya Vitamin B6, Vitamin C, zinc, potasium serta phosphorus yang terdapat di dalam kentang dapat membantu kita dalam meremajakan produksi kolagen pada kulit. Semua bahan tersebut sangatlah bermanfaat untuk membantu kita menghilangkan flek hitam di kulit. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam dengan kentang:

#Bahan

  • 1 buah kentang segar
  • Pisau

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Kupas kulit kentang tersebut dan bersihkan dengan air mengalir.
  2. Potonglah kentang tersebut menjadi beberapa irisan tipis.
  3. Setelah itu basahi irisan kentang tersebut dengan sedikit air lalu letakkan pada kulit wajah Anda yang memiliki flek hitam.
  4. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Catatan: Anda dapat melakukan perawatan alami dan sehat ini setiap hari.

8. Minyak Almond

Minyak almond mengandung berbagai macam senyawa baik untuk tubuh kita seperti linolat, oleat, asam lemak tak jenuh, Vitamin A, B2, B6, D, E dan pitosterol. Karena begitu banyaknya kandungan nutrisi inilah yang membuat minyak almon menjadi salah satu minyak yang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Sangat tidak mengerankan apabila minyak almond dipercaya untuk membantu kita menghilangkan noda hitam, bekas jerawat, dan pigmentasi kulit.

Minyak almond sendiri dapat dimanfaatkan sebagai tabir surya yang ampuh dalam melindungi kulit dari sinar matahari langsung. jangan khawatir mengenai rasa lengket dan sebagainya, karena minyak almond tidak berminyak serta cepat meresap pada kulit. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam dengan minyak almond:

#Bahan

  • Minyak almond (Anda dapat membelinya di toko kosmetik ataupun apotek kesehatan terdekat).

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Cara pengaplikasian minyak almond cukup mudah yakni dengan menuangkan beberapa tetes dan menggosok minyak almond ketelapak tangan lalu mengoleskan pada kulit wajah seperti menggunakan lotion.
  2. Anda juga dapat mengoleskan pada seluruh bagian wajah tidak hanya pada bagian yang terdapat flek hitam.

Catatan: Anda dapat melakukan perawatan kecantikan ini setiap malam hari sebelum Anda tidur.

9. Peterseli

peterseli

Sayurang hijau ini mempunyai kandungan vitamin A dan C yang sangat baik untuk kolagen pada kulit kita. Peterseli juga dapat melawan radikal bebas, menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit serta menghilangkan flek hitam. Peterseli sendiri juga mengandung vitamin K yang mampu mencegah penuaan dini pada kulit wajah kita.

Tidak hanya itu saja, peterseli sendiri mengandung sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang berguna untuk membersihkan kulit secara menyeluruh. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam dengan peterseli:

#Bahan

  • Siapkan beberapa helai daun peterseli secukupnya
  • 1 sendok air perasan lemon
  • 2 sendok makan teh hijau
  • Blender

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Masukkan beberapa helai daun peterseli dan air secukupnya kedalam blender dan haluskan hingga membentuk sebuah pasta.
  2. Setelah itu tambahkan madu dan air lemon kemudian aduk hingga merata.
  3. Lalu aplikasikan campuran tersebut pada kulit wajah Anda terutama pada bagian flek hitam.
  4. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Catatan: Perawatan alami ini dapat Anda lakukan setiap hari. Akan tetapi, lakukanlah terlebih dahulu tes alergi dengan menggunakan sedikit peterseli ke lengan Anda sebelum Anda melanjutkan untuk perawatan pada area kulit yang lainnya.

10. Mentimun

Buah hijau yang satu ini sangatlah dikenal karena kandungan airnya yang begitu tinggi yang bahkan mencapai 96% yang menjadikannya sebagai pelembang yang sangat baik dan efektif untuk kulit. Mentimun sendiri merupakan bahan alami yang mengandung cucurbitacins dan juga cucumerin yang baik untuk menunda proses penuaan dini pada kulit.

Mentimun juga mengandung senyawa antioksidan seperti Vitamin A, B5, C, E dan juga K yang dapat menghilangkan mata panda, menghilangkan flek hitam dan bahkan mampu menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam dengan mentimun:

#Bahan

  • 1 buah mentimun
  • 2 sendok makan Yogurt tawar
  • Blender

#Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Masukkan 1 buah mentimun segar dan 2 sendok pasta kental yogur kedalam blender lalu haluskan hingga menjadi pasta.
  2. Setelah itu oleskan pasta tersebut sebagai masker wajah dan diamkan selama 40 menit.
  3. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

Catatan: Anda dapat melakukan perawatan ini setiap hari hingga Anda dapat merasakan hasil yang sempurna untuk menghilangkan flek hitam diwajah

Jadi, ini adalah perawatan secara alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bintik-bintik flek hitam. Tetapi, Anda harus siap 24 jam untuk selalu mencegah flek hitam datang kembali. Untuk melakukan itu hindari paparan sinar matahari sebanyak mungkin! Karena sinar matahari langsung yang terpapar ke kulit Anda mengandung sinar UV yang mengakibatkan Kulit Anda dipaksa untuk menghasilkan melanin ekstra, dan juga ada risiko tinggi adanya sel kanker yang dihasilkan.

Ada beberapa perawatan kimia dan bedah yang tersedia di dunia kosmetik yang dapat membantu Anda melawan flek hitam. Tetapi metode perawatan tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi untuk biaya maupun kesehatan kulit. Disini BebasJerawat.info juga akan berbagi informasi mengenai Tips Mencegah Flek Hitam. Berikut penjelasannya:

Tips Mencegah flek hitam

Karena flek hitam adalah hasil gabungan dari genetika, bekas jerawat dan paparan sinar matahari, kita akan fokus pada solusi paparan sinar matahari.

1. Tetap Aman Dari Sinar Matahari

Ini tidak hanya membantu menguranginya tapi juga membantu menghindari pembentukan bintik-bintik dan memudarkannya. Selalu gunakan tabir surya yang bagus guna melawan sinar matahari yang berbahaya.

Mulailah menggunakan perlindungan matahari di usia muda. Kerusakan pada kulit dari paparan sinar matahari biasanya terjadi pada usia yang lebih muda di antara anak-anak di bawah usia 18 tahun. Gunakan tabir surya dengan nilai SPF yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat Anda tinggal. Semakin besar keterpaparan Anda terhadap Matahari, semakin tinggi SPF.

Cobalah dan tetap di tempat teduh sebanyak mungkin. Jika Anda harus menunggu, maka tunggu di tempat teduh. Hindari paparan sinar matahari sebanyak mungkin. Pakai topi untuk beberapa perlindungan tambahan (dan ekstra keuletan).

2. Vitamin C

Jika Anda terlalu sensitif terhadap lemon, coba sertakan makanan kaya vitamin C dalam makanan Anda. Ini mungkin tidak seefektif aplikasi langsung, tapi akan mengurangi flek hitam secara berkala. Beberapa contoh makanan seperti buah sitrus, paprika merah, kangkung, brussel sprout, brokoli, dan jambu biji.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.