Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Posted on

cara menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan penyakit yang menyebalkan, oleh sebab itu harus segera dibasmi. Hal ini dikarenakan jerawat dapat merusak kulit dan juga mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit akibat kotoran dan debu. Jerawat sendiri merupakan penyakit yang harus diberikan perlakuan khusus, tidak dapat sembarangan memberikan obat jerawat untuk diaplikasikan ke kulit. Hal ini juga disebabkan karena kulit wajah adalah kulit yang paling sensitif dari seluruh bagian kulit lainnya, dan apabila Anda salah dalam memberikan perlakuan, kemungkinan terburuk adalah kulit wajah Anda bisa menjadi lebih parah dan jerawat akan bertambah banyak.

Mungkin banyak sekali diantara kita yang merasa geram, kesal, marah dll mengenai jerawat ataupun bekas jerawat. Masalah kulit yang satu ini mungkin dapat mempengaruhi rasa percaya diri kita apabila bertemu dengan banyak orang. Jerawat atau Acne Vulgaris dalam istilah medisnya merupakan benjolan yang timbul disebabkan oleh penyumbatan pori-pori atau bisa juga karena peradangan yang terjadi pada kulit disertai dengan darah dan nana.

Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya penyakit kulit yang menjengkelkan ini. Salah satunya disebabkan oleh infeksi akibat P.acne, pola makan yang tidak terjaga dengan baik dan sehat, ketidakstabilan hormon, faktor genetik (keturunan), minyak yang terlalu berlebihan keluar dari kulit kita, dan lain-lain.

Cara Menghilangkan Jerawat

Banyak sekali cara yang tersedia dan sudah dilakukan banyak orang untuk menghilangkan masalah kulit yang satu ini. Mulai dari perawatan ataupun facial ke salon hingga menggunakan produk-produk kimia yang dapat menghilangkan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat

Bagi kamu yang ingin menghilangkan jerawat dengan bahan alami dan biaya murah dan mudah pastinya. Mari simak lebih jauh lagi mengenai Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, meskipun metode perawatan untuk menghilangkan jerawat ini tergolong cukup lama tetapi kita tidak perlu mengkhawatirkan adanya efek samping yang berbahaya bagi kesehatan maupun kulit kita.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami:

1. Lemon

cara menghilangkan jerawat dengan lemon

asam askorbat-L yang terkandung dalam lemon berfungsi untuk mengurangi masalah peradangan yang terjadi pada kulit kita yang memiliki jerawat serta memiliki khasiat yang dapat membersihkan pori-pori wajah kita yang tersumbat. Lemon juga memiliki fungsi efek samping yang baik bagi kulit unutk mencerahkan sekaligus menghilangkan noda pada wajah kita.

Cara pemakaiannya sebagai berikut:

  1. Sipakan terlebih dahulu satu buah lemon.
  2. Kemudian tekan lemon dengan cara diguling-gulingkan, lalu potong menjadi 2 bagian. Setelah itu peras lemon.
  3. Oleskan pada wajah yang terdapat jerawat.
  4. Tunggu kurang lebih hingga 15 menit, kemudian kamu dapat membilasnya dengan air dingin dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih.
  5. Lakukan perawatan ini secara rutin 1x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan asam alpha hidroksi dan juga vitamin C yang sangat berguna untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat karena debu dan kotoran. Manfaat dari kulit jeruk sendiri baik untuk mengangkat sel kulit yang telah mati.

Cara pemakaiannya sebagai berikut:

  1. Keringkan terlebih dahulu kulit jeruk dibawah sinar matahari selama beberapa hari hingga kulit jeruk itu benar-benar kering.
  2. Kemudian haluskan kulit jeruk yang sudah kering tersebut.
  3. Berikanlah air secukupnya pada bubuk kulit jeruk dan aduklah hingga bubuk kulit jeruk itu menyerupai pasta.
  4. Setelah itu kamu dapat mengoleskan pasta bubuk kulit jeruk pada wajah yang tumbuh jerawat dan diamkan selama beberapa menit hingga mengering.
  5. Bilaslah dengan menggunakan air hangat.

3. Lidah Buaya

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya
cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Siapa sih yang tidak mengenal tanaman kaya manfaat satu ini? oh iya, lidah buaya merupakan bahan alami yan sangat ampuh dalam mengatasi masalah jerawat. Lidah buaya sendiri mengandung banyak sekali zat aktif yang baik untuk menghapus jerawat kamu dari permukaan bumi. ups maksudnya permukaan kulit guys.

Zat aktif apa saja yang terkandung pada lidah buaya? banyak sekali, antara lain hormon giberalin dan polisakarida yang dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Ada juga kandungan antioksidan, Vitamin C, dan Vitamin E yang baik untuk membantu proses penyembuhan pada kulit yang berjerawat.

Cara pemakaiannya sebagai berikut:

  1. Siapkan terlebih dahulu beberapa helai lidah buaya (secukupnya). Potong lidah buaya menjadi dua bagian agar mudah untuk kita mengambil gel didalam lidah buaya tersebut.
  2. Potong bagian samping lidah buaya yang mempunyai duri agar tidak terkena pada tubuh kita.
  3. potong bagian atas lidah buaya untuk mengambil gelnya dan kemudian kamu dapat menampungnya pada wadah yang bersih, wajib bersih ya.
  4. Haluskan gel lidah buaya tersebut dengan menggunakan garpu ataupun alat yang dapat menghaluskankan lainnya.
  5. Kemudian gel yang sudah dihaluskan tadi dapat kamu oleskan pada bagian kulit yang tumbuh jerawat.
  6. Biarkan selama kurang lebih 3-5 menit.
  7. Bilas dengan menggunakan air dingin. Mudah dan murah kan? Tapi perlu diingat lakukan perawatan ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Bawang Putih

Untuk bahan alami mengatasi jerawat yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang sangat efektif dan efisien dalam menghilangkan jerawat membandel. Bawang putih sendiri mengandung senyawa yang baik untuk mengeringkan jerawat yang disebut senyawa thiacremonon sulfur dan bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang bersifat antiseptik yang dapat menangkal berbagai macam bakteri penyebab jerawat.

Cara penggunaannya :

  1. Haluskan terlebih dahulu bawang putihnya , kemduian oleskan pada bagian yang terdapat jerawat.
  2. Diamkan selama beberapa menit.
  3. setelah itu kamu dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan dicampur cuka sari apel sebelum dioleskan ke wajah.

5. Scrub Gula

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa gula murni mengandung yang namanya senyawa AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan asam glikolat yang berguna untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati serta menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Tidak hanya disitu saja manfaat dari gula murni untuk masalah kecantikan, gula merupakan musuh terbesar dari bakteri karena gula dapat membunuh dinding sel bakteri penyebab jerawat karena pada dasarnya bakteri tersebut tidak tahan terhadap gula.

Cara Pemanfaatan Gula Murni Untuk Mengatasi Jerawat :

  1. Hanya dengan membuat perbandingan 2:1 yakni 2 sendok makan gula dan 1 sendok makan air.
  2. Campurkan dan aduk hingga menjadi pasta.
  3. Oleskan scrub gula yang sudah menjadi pasta kebagian wajah yang timbul jerawat maupun yang tidak, diamkan selama 15-20 menit.
  4. Setelah itu kamu dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat dan keringkan.

6. Madu dan Masker Alpukat

Dua bahan alami ini merupakan kombinasi yang sangat cocok dan baik dalam mengatasi masalah jerawat. Madu merupakan bahan alami yang baik dan sudah dikenal sejak dulu memiliki berjuta-juta manfaat yang baik untuk kulit karena mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Sedangkan dari alpukat sendiri merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit dan dapat mengurangi peradangan pada kulit cantik kita.

Cara menggunakanannya :

  1. Ambil daging buah alpukat yang kaya akan vitamin E tersebut dan tempatkan pada wadah yang bersih.
  2. Haluskan daging buah alpukat tersebut.
  3. Setelah halus, tambahkan satu sendok madu lalu aduk hingga merata.
  4. Kamu juga dapat menambahkan perasan lemon (opsional).
  5. Aplikasikan kombinasi madu dan alpukat ini menjadi masker wajah dan oleskan pada bagian yang berjerawat.
  6. Diamkan selama 15-20 menit.
  7. Setelah itu kamu dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.

7. Es Batu

cara menghilangkan jerawat dengan es batu
cara menghilangkan jerawat dengan es batu

Es batu merupakan bahan yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran pada wajah yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Es batu sendiri memiliki fungsi untuk menetralkan kulit dan juga mengurangi peradangan yang disebabkan karena jerawat itu sendiri

Cara menggunakannya:

  1. Pastikan air yang Anda gunakan untuk bahan dasar membuat es batu steril atau bersih dari kuman
  2. Bungkuslah es batu sesuai kebutuhan dengan menggunakan kain bersih
  3. Usapkan dan diamkan pada wajah yang timbul jerawat selama beberapa detik
  4. Ulangi cara ini hingga beberapa kali pada bagian yang timbul jerawat
  5. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga jerawat mengempis

8. Pepaya

Pepaya merupakan bahan alami yang mempunyai kandungan enzim papain yang memiliki fungsi untuk mengikis sel kulit mati, dan pastinya memiliki kandungan antioksidan serta vitamin yang berfungsi untuk memutihkan wajah Anda. Tidak hanya berhenti disitu saja manfaat pepaya, kandungan pepaya juga mampu mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat dan juga mengurangi peradangan pada kulit kita.

Cara menggunakannya

  1. Bersihkan terlebih dahulu pepaya dan potong menjadi beberapa potongan kecil
  2. Setelah itu haluskan pepaya hingga membentuk seperti bubur
  3. Tambahkan satu lemon ataupun satu sendok madu (ini opsional ya)
  4. Oleskan pada area wajah yang muncul jerawat
  5. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar meresap pada pori-pori wajah
  6. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan

9. Mentimun

cara menghilangkan jerawat dengan mentimun

Mungkin tidak tidak umum lagi yang dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah. Kandungan mentimun luar biasa untuk kulit karena tanaman menjalar ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, asam amino, vitamin C, dan mineral yang memiliki khasiat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh kita, serta membersihkan dan melembabkan kulit agar terlihat lebih segar.

Cara penggunaan:

  1. Potong mentimun menjadi bagian-bagian yang sesuai dan terapkan pada wajah yang memiliki jerawat dan diamkan selama 15 menit
  2. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat

Anda juga dapat memanfaatkan mentimun sebagai jus dengan campuran jeruk nipis. Jus mentimun ini bekerja untuk membantu tubuh membersihkan dan mengeluarkan racun dari dalam.

10. Pasta Gigi

Kandungan triclosan, hidrogen peroksida dan fluoride adalah bahan aktif yang memungkinkan untuk mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit wajah kita.

Cara penggunaan:

  1. Oleskan terlebih dahulu pasta gigi pada bagian berjerawat secara langsung dan hindari proses mengoleskan pasta gigi pada seluruh bagian kulit wajah
  2. Diamkan selama kurang lebih 2 jam atau semalaman
  3. Bilas dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih

Catatan: balik pemakaian pasta gigi pada kulit yang sensitif. Gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride yang rendah. Jika memungkinkan, gunakanlah pasta gigi yang memiliki bahan organik.

Sekian informasi mengenai Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami tanpa harus merogoh uang yang dalam dari bebasjerawat.info . Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi teman-teman dalam mengatasi masalah jerawat. Untuk masalah efek samping kami tidak perlu khawatir karena akan dikenakan biaya-biaya untuk kulit dan kesehatan kita.

Meskipun bahan kimia memang tergolong instan dalam mengatasi jerawat namun akan sangat banyak bahan kimia yang terkandung dari obat-obatan yang bisa digunakan untuk efek yang efektif pada tubuh kita terus menerus. Penggunaan bahan alami memang Hemat waktu yang cukup lama. Tetapi, banyak sekali sisi positif yang terkandung dari bahan-bahan alami tersebut.

4 thoughts on “Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

  1. Mulai saat ini saya tidak akan lagi menghilangkan jerawat dengan cara di pencet-pencet seperti sebelumnya yang sering saya lakukan 🙂 terima kasih min tipsnya sangat bermanfaat sekali dan tentunya alamai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *