Cara Menghilangkan Kantung Mata

cara menghilangkan kantung mata

Mempunyai masalah dengan mata panda atau yang dikenal dengan sebutan kantung mata yang hitam dan besar pasti dapat mengganggu penampilan yang membuat tidak percaya diri, terutama untuk kaum hawa. Mata panda sebetulnya bukanlah masalah kesehatan yang berbahaya dan serius.

Baru-baru ini banyak sekali iklan, video, dan bahkan siaran berita mengenai produk yang mengklaim dapat menghilangkan kantung mata hitam, namun pada kenyataannya tidak semua varian produk tersebut memberikan hasil yang memuaskan.

Tidak sedikit orang berpikir bahwa kantung mata atau mata panda hanya akan muncul ketika usia menua. Tetapi, pada kenyataannya bahwa seseorang yang masih muda dapat tertimpa masalah ini.

Kantung yang muncul pada bagian bawah mata biasanya timbul akibat kurangnya elastisitas kulit yang terjadi pada area tersebut yang disebabkan karena beberapa faktor terutama kurangnya waktu istirahat atau jam tidur Anda yang kurang cukup.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Jangan khawatir mengenai masalah mata panda atau kantung mata karena Bebas Jerawat akan berbagi informasi mengenai beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami dengan memanfaatkan bahan verbal disekitar kita. Simak dengan baik ya cara menghilangkan kantung mata berikut ini dan jangan sungkan atau ragu untuk menggunakannya karena kita memanfaatkan bahan alami jadi sudah pasti aman kok.

1. Air

cara menghilangkan kantung mata dengan air putih

Cara menghilangkan kantung mata paling mudah yakni dengan memanfaatkan air. Dengan terhidrasinya tubuh kita, sudah pasti akan sangat kecil kemungkinan terjadinya retensi air yang dapat menimbulkan bengkaknya area bawah mata ataupun bagian tubuh lainnya.

Agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi yang dapat berdampak buruk bagi tubuh, cobalah untuk selalu membiasakan minum setidaknya 8 sampai 10 gelas air setiap harinya untuk memenuhi cairan dalam tubuh Anda.

2. Kentang

Kentang merupakan bahan alami yang tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai makanan namun juga dapat bermanfaat sebagai bahan untuk mengatasi masalah kulit seperti menghilangkan kantung mata.

Kandungan kentang antara lain enzim katekolase dan antioksidan yang dapat mengembalikan kesegaran serta kesehatan kulit. Untuk bisa mendapatkan khasiat kentang secara maksimal, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Cara menghilangkan kantung mata dengan kentang:

  1. Potonglah kentang dan bersihkan dengan air mengalir yang bersih dan tempelkan pada area sekitar mata.
  2. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, setelah itu basuhlah dengan air hangat.
  3. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari untuk mennghilangkan mata panda Anda,
  4. Anda juga bisa memanfaatkan kentang sebagai masker wajah dengan cara memarut kentang dan campur dengan madu asli. Oleskan masker kentang tersebut pada area mata selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Catatan: Selain dapat dioleskan secara langsung, masker kentang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengompres mata yang lelah dengan cara meletakkan pada kain dan letakkan pada daerah disekitar mata Anda.

3. Teh hijau

cara menghilangkan kantung mata dengan teh hijau

Teh hijau merupakan bahan herbal yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mencegah efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusan serta menyebabkan kantung mata.

Vitamin C yang terdapat teh hijau juga cukup tinggi yang dapat merangsang proses produksi kolagen dalam kulit yang membuat kulit menjadi lebih terawat dan menghilangkan mata panda Anda.

Cara menghilangkan kantung mata dengan teh hijau:

  1. Jangan Anda membuang kantung teh hijau yang telah digunakan.
  2. Simpan kantung teh hijau tersebut yang sudah diseduh kedalam kulkas atau alat pendingin lainnya.
  3. Kompreslah mata Anda dengan menggunakan kantung teh hijau tersebut selama 15 menit.
  4. Lakukanlah secara rutin perawatan ini setiap hari setelah kamu melakukan aktifitas atau juga sebelum tidur.

4. Sendok dingin

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya dengan menggunakan sendok dingin, mungkin metode ini terdengar sedikit aneh dan lucu tetapi jangan salah, hasil yang diberikan sangatlah memuaskan. Kandungan sendok dingin dapat membantu kamu melemaskan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakakn di area bawah mata.

Cara menghilangkan kantung mata dengan sendok dingin:

  1. Siapkan terlebih dahulu 4-5 sendok lalu dinginkan di dalam kulas selama kurang lebih 30 menit.
  2. Setelah itu tempelkan sendok tersebut dengan posisi melengkung kebawah (menghadap ke area mata).
  3. Biarkan selama 15-20 menit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini 2x dalam sehari.

5. Air Dingin

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya dengan menggunakan air dingin. Hampir seperti menggunakan metode sendok dingin, air dingin ini bermanfaat untuk menyempitkan pembuluh darah yang dapat mengurangi pembengkakan atau kantung mata.

Cara menghilangkan kantung mata dengan air dingin:

  1. Kamu dapat membilas wajah kamu dengan menggunakan air dingin, terutama pada bagian kantung mata beberapa kali sehari.
  2. Kamu juga dapat melakukan kompres pada kantung mata dengan menggunakan es batu yang dibungkus kain bersih dan halus.

6. Mentimun

cara menghilangkan kantung mata dengan mentimun

Zat astringent yang terdapat pada mentimun dapat memberikan efek menyegarkan pada kulit kita sekaligus menghilangkan mata panda di area sekitar mata.

Mentimun sendiri merupakan bahan alami yang mengandung asam askorbat dan juga kafein yang dapat mencerahkan kulit yang gelap serta melembabkannya. Tidak hanya itu saja, mentimun juga dikenal sebagai bahan herbal yang dapat mengecilkan pori-pori dan merangsang proses regenerasi pada kulit lebih cepat. Berikut langkah-langkahnya:

Cara menghilangkan mata panda dengan mentimun:

  • Pertama dinginkan mentimun didalam kulkas selama 10 menit atau lebih.
  • Potong mentimun menjadi beberapa bagian.
  • Setelah itu letakkan potongan mentimun pada area mata dan biarkan selama 25 menit.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sangat disarankan untuk melakukan perawatan ini setiap hari setelah beraktifitas ataupun sebelum tidur.

7. Madu

Tidak ada yang bisa memungkiri lagi bahwa madu merupakan bahan alami yang memiliki sejuta peran dan manfat untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan senyawa anti-inflamasi pada madu dapat mengurangi peradangan serta memperlambat proses penuan dini pada kulit. Berikut ini cara yang dapat dimanfaatkan guna menghilangkan mata panda dengan madu:

Cara menghilangkan mata panda dengan madu:

  1. Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda, oleskan madu pada bagian bawah mata Anda dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  2. Buatlah masker madu yang sudah dicampur dengan susu dan minyak zaitun. Oleskan masker tersebut pada area mata dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan lakukanlah perawatan ini setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Lidah buaya

Lidah buaya atau juga dikenal dengan aloe vera merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat dan kandungan seperti anti peradangan dan menyejukkan kulit.

Selain dapat menghilangkan jerawat, gel lidah buaya juga dapat menghilangkan mata panda Anda karena kandungan zat aloase yang dapat mengurangi peradangan serta mencerahkan kulit. Cara menghilangkan kantung mata dengan lidah buaya cukup mudah yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area mata dan biarkan hingga mengering selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat dan lakukanlah perawatan kecantikan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk perawatan ini dapat dilakukan sebelum tidur dan setelah melakukan aktifitas.

9. Minyak zaitun

cara menghilangkan kantung mata dengan minyak zaitun

Baca juga: tanaman obat

Cara menghilangkan mata panda yang kesembilan yakni dengan menggunakan minyak zaitun, kandungan asam lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun sangatlah baik untuk kesehatan.

Asam lemak tak jenuh ini dapat mengatasi peradangan pada kantung mata serta melembabkannya. Minyak zaitun juga kaya akan kandungan antioksidan serta vitaminE yang mampu merawat kekencangan kulit yang berkhasiat untuk menghambat proses penuaan dini pada kulit Anda.

Cara menghilangkan kantung mata pada kulit wajah Anda dengan minyak zaitun cukup mudah untuk dilakukan, yakni hanya dengan mengkompres atau mengoleskan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak zaitun sebelum tidur dan dipagi harinya barulah Anda membilas wajah dengan air hangat. Lakukanlah perawatan ini secara rutin guna menghilangkan mata panda Anda dan jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda menggunakan minyak zaitun yang murni atau asli.

10. Yogurt

Yogurt merupakan hasil olahan susu yang telah mengalami proses fermentasi dengan cara menambahkan bakteri lactobacillus sp atau streptococcus lactic. Yogurt sendiri mempunyai kandungan nutrisi, vitamin serta protein yang dapat membantu kamu dalam mengurangi mata bengkak dan juga mencegah timbulnya kantung mata. Asam laktat yang terdapat pada yogurt dapat mengurangi peradangan serta mengembalikan kekencangan kulit Anda. Untuk cara menghilangkan mata panda dengan yogurt cukup mudah, yakni cukup mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara menghilangkan kantung mata dengan yogurt:

  1. Pertama campurkan yogurt dengan madu atau bisa juga dengan perasan lemon secukupnya.
  2. Oleskan campuran tersebut pada area sekitar mata dan diamkan selama 15 menit.
  3. Bilaslah menggunakan air hangat.
  4. Jangan lupa untuk melakukan perawatan ini minimal 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata atau mata panda secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal cobalah untuk menerapkan salah satu metode diatas secara konsisten dan paling mudah untuk dilakukan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.