Cara Menghilangkan Ketombe

cara menghilangkan ketombe secara alami

Meski sudah banyak sekali sampo anti ketombe yang ada dipasaran, masih ada banyak orang yang merasa tidak puas akan hasil yang diberikan oleh sampo anti ketombe itu sendiri, hal ini disebabkan karena sisa ketombe yang tergolong masih banyak. Hal yang lebih merugikan lagi apabila sampo yang dipergunakan tidak cocok dengan kulit kepala, hal ini sudah pasti dapat membuat ketombe menjadi lebih banyak. Oleh sebab itu, bebasjerawat.info kali ini ingin berbagi informasi mengenai cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan alami yang akan menjadi solusi terbaik untuk Anda gunakan saat ini.

#Apa itu Ketombe?

Ketombe merupakan keadaan dimana kulit kepala kita menjadi mati dan mengering. Sangat wajar apabila kulit kepala kita mati dan mengelupas, namun pada sebagian orang ini merupakan masalah karena pengelupasan pada kulit kepala menjadi parah dan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Karena rasa gatal, ada sebagian orang yang mulai menggaruk kepala dan hal ini dapat menyebabkan luka pada kulit kepala. Tidak hanya itu, munculnya ketombe juga dapat membuat masalah lain untuk kepala kita, seperti rambut menjadi mudah rontok dan juga kering. Lantas bagaimana cara menghilangkan ketombe membandel tersebut?

#Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasi Ketombe

Mungkin banyak sebagian orang merasa acuh akan penyebab ketombe dan menyesal setelah kulit kepala mereka memiliki ketombe yang susah hilang dan membuat rasa gatal yang tidak nyaman. sebelum pembahasan lebih jauh, akan sangat baik bila kita membahas sedikit tentang penyebab ketombe agar kita bisa mengantisipasi masalah kulit yang satu ini.

Penyebab Ketombe:

  • Penyebab ketombe sendiri paling banyak terjadi dikarenakan ketidakcocokan sampo dengan kulit kepala kita.
  • Penyebab ketombe selanjutnya adalah adanya jamur atau fungi yang tumbuh pada kulit kepala.
  • Cuaca panas yang berlebih juga dapat menyebabkan munculnya ketombe dikepala kita.
  • Sisa dari sampo yang tidak dibilas dengan bersih juga dapat menjadi pemicu munculnya ketombe dikulit kepala kita.
  • Mengikat rambut ketika keadaan basah juga dapat menimbulkan ketombe.
  • Kondisi pikiran yang stres juga dapat memicu munculnya ketombe.
  • Jarang mencuci rambut juga menjadi salah satu alasan kenapa ketombe muncul di kulit kepala.
  • Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol dan dibarengi dengan makan-makanan manis, asin, ataupun pedas dapat memperparah munculnya ketombe pada rambut.

Tidak menutup kemungkinan juga dengan adanya ketombe ini dapat membuat rasa percaya diri kita menurun, terlebih lagi ketika kita mengenakan pakaian berwarna hitam ataupun gelap. Sering kali ketombe jatuh pada pakaian kita, namun sekarang Anda tidak perlu risau ataupun bingung untuk mengatasi masalah ketombe, karena disini Anda akan menemukan cara menghilangkan ketombe pada rambut yang parah dengan mudah dan cepat. Simak dengan seksama informasi dibawah ini!

Cara Menghilangkan Ketombe

Disini, Anda bisa memanfaatkan beberapa obat ketombe alami yang biasa dimanfaatkan oleh orang zaman dulu untuk merawat kesehatan rambut mereka. Tidak hanya berguna untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala saja, obat ketombe alami ini juga dapat membantu menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala, menyehatkan rambut, menghaluskan rambut, serta menghitamkan rambut Anda.

Kemudian, apa saja bahan-bahan alami yang memiliki manfaat yang luar biasa tersebut? simak dibawah ini!

1. Lemon

cara menghilangkan ketombe dengan lemon

Lemon adalah salah satu buah yang memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi yang berguna untuk membantu menjaga pH kulit kepala Anda agar tetap seimbang. Tujuan utama kenapa kita diharuskan menjaga pH kulit kepala, agar dapat mencegah jamur hidup di kulit kepala yang dapat menghasilkan ketombe.

Tidak hanya itu saja, lemon memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang dapat membantu kita untuk membunuh jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya:

  • Ambil 1 buah lemon segar dan peraslah lemon agar mendapatkan sari lemon.
  • Campurkan perasan air lemon kedalam segelas air (ukuran sesuai dengan kebutuhan).
  • Bilas rambut dengan menggunakan air tersebut secara merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 20-25 menit. Kemungkinan besar Anda akan mengalami yang namanya rasa gatal, tetapi hal tersebut adalah normal.
  • Setelah usai sesuai dengan waktu yang ditentukan, bilaslah dengan menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo yang cocok untuk kulit kepala Anda.

Opsional: Apabila Anda ingin memiliki sel kulit kepala yang lebih sehat, Anda bisa menambahkan 2 sendok teh minyak kelapa pada sari lemon sebelum anda mengoleskan pada kulit kepala Anda. Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kulit kepala.

Catatan: Apabila perawatan dengan memanfaatkan lemon ini cocok untuk kulit kepala Anda, Anda dapat melakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu. Waktu perawatan juga dapat Anda lakukan dipagi hari ataupun sebelum Anda mandi.

2. Garam

Cara alami dan sederhana lainnya untuk menghilangkan ketombe yang membadel dapat dengan menggunakan garam. Bumbu dapur yang satu ini memiliki fungsi sebagai scrub yang dapat mengangkat ketombe dan sel kulit mati sebelum Anda membersihkannya dengan sampo.

Cara menggunakannya:

  • Siapkan terlebih dahulu 2-3 sendok teh garam dapur.
  • Usapkan garam tersebut pada kulit kepala Anda. Ingat! usahakan kondisi kulit kepala dalam keadaan kering.
  • Lakukanlah pemijatan secara lembut kesemua bagian kepala, lakukan hal tersebut selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah itu bilas rambut dengan air bersih dan bersihkan dengan sampo.

3. Baking Soda

cara menghilangkan Ketombe dengan baking soda

Disini, Anda bisa memanfaatkan baking soda sebagai scrubbing pada kulit kepala Anda. Hal ini bertujuan untuk mengupas sekaligus mengangkat sel kulit mati pada kepala Anda agar tidak menumpuk dan menjadi ketombe.

Tidak hanya itu saja, baking soda juga berfungsi untuk menghambat proses pertumbuhan jamur atau fungi pada kulit kepala Anda dan mencegah kulit mengalami yang namanya gatal-gatal.

Cara menggunakannya:

  • Basahi terlebih dahulu rambut Anda.
  • Ambillah 1 sendok makan baking sodah dan letakkan pada tangan Anda.
  • Oleskan baking soda tersebut pada kulit kepala Anda secara lembut.
  • Bilas dengan menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih tanpa ada sedikitpun baking soda yang menempel pada rambut Anda.

Catatan: Penggunaan baking soda pada tahap awal mungkin akan memberikan efek kering pada rambut, tetapi setelah beberapa minggu kulit kepala Anda akan kembali normal karena produksi minyak yang akan membuat rambut menjadi lembut kembali dan pastinya ketombe Anda akan hilang.

4. Cuka Apel

Sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli untuk membutkikan bahwa cuka apel dapat membasmi ketombe pada kulti kepala kita. Larutan ini mempunyai sifat yang berguna untuk mengubah pH kulit kepala kita agar tidak dapat ditinggali oleh jamur penyebab ketombe.

Cuka sari apel sendiri berguna untuk meredakan rasa gatal yang berlebih pada kepala dan pastinya dapat mencegah kulit kepala menjadi kering akibat berbagai macam hal.

Cara menggunakannya:

  • Siapkan terlebih dahulu botol semprot/spray yang sudah kosong dan bersih.
  • Masukkanlah 50ml cuka apel atau ¼ gelas kedalam botol spray dan tambahkan juga 50ml (¼ gelas) air bersih, perbandingan 1:1.
  • Aduk ataupun kocok campuran tersebut agar merata dan semprotkan pada seluruh bagian kulit kepala Anda.
  • Bungkuslah rambut Anda dengan shower cap (kalau tidak ada bisa menggunakan handuk) dan biarkan selama 30-60 menit agar meresap.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukanlah cara ini 2x dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minyak Zaitun

cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya dapat Anda gunakan dengan memanfaatkan minyak zaitun, minyak zaitun dapat membantu anda menghilangkan ketombe pada rambut sekaligus mencegah kulit kepala Anda menjadi kering. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun juga berfungsi sebagai penjaga kesehatan kulit kepala sekaligus rambut Anda.

Cara menggunakannya:

  • Ambil 1 sendok makan minyak zaitun dan oleskan secara merata pada telapak tangan Anda.
  • Pijatlah kepala Anda secara merata dengan tangan yang sudah dilumuri dengan minyak zaitun.
  • Bungkus kepala Anda dengan menggunakan handuk hangat selama 30 menit.
  • Setelah itu Anda bisa membilas dan mencuci rambut Anda dengan sampo.

6. Lidah Buaya atau Aloe Vera

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya dapat kita gunakan dengan tanaman lidah buaya, Tanaman lidah buaya adalah tanaman yang memiliki segudang manfaat yang dapat kita gunakan seperti lidah buaya dapat kita manfaatkan sebagai bahan utama cara menghilangkan jerawat dan mengatasi ketombe pada kulit kepala kita. Lidah buaya memiliki fungsi sebagai pengangkat sel kulit mati pada kulit kepala kita dan sekaligus dapat membunuh jamur yang bersarang pada kulit kepala kita.

Selain itu, manfaat lain dari gel lidah buaya adalah efek dingin yang dihasilkan oleh gel lidah buaya yang berfungsi untuk meredakan rasa gatal dan peradangan pada kulit kepala kita.

Cara menggunakannya:

  • Ambillah lidah buaya secukupnya dan keluarkan gel pada lidah buaya.
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut secara merata pada kulit kepala kita sambil diiringi dengan pijatan lembut.
  • Setelah itu, diamkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air bersih serta cuci dengan sampo.

7. Tomat

cara menghilangkan ketombe dengan tomat

Ketidakseimbangan pH pada kulit kepala menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe yang menjadikan kulit kepala menjadi tempat pertumbuhan yang sempurna untuk jamur penyebab ketombe.

Oleh karena itu, manfaat tomat menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan ketombe karena kandungan asam pada tomat yang dapat menyeimbangkan pH kulit kepala kita.

Cara menggunakannya:

  • Ambilah 2 buah tomat dan hancurkan hingga cukup halus.
  • Campurkanlah dengan 1 sendok makan minyak kelapa.
  • Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala kita sampai merata dan berikan pijatan-pijatan lembut pada kepala.
  • Biarkan selama 1 jam dan cuci menggunakan sampo.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang mampu menghilangkan ketombe dari kulit kepala Anda karena minyak kelapa memiliki kemampuan untuk menghambat proses pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin E yang dapat menutrisi sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala serta rambut kita.

Cara menggunakannya:

  • Ambillah 1 sendok makan minyak kelapa dan aplikasikan ke kulit kepala Anda saat keadaan rambut dan kulit kepala Anda kering.
  • Ratakanlah minyak kelapa yang dioleskan kekepala Anda dan jangan lupa untuk memberikan pijatan-pijatan lembut pada kepala.
  • Diamkan selama kurang lebih 30-60 menit.
  • Setelah itu, bilas dan keramaslah menggunakan sampo yang cocok untuk kulit kepala Anda.

9. Yogurt

cara menghilangkan ketombe dengan yogurt

Yogurt juga dapat Anda gunakan sebagai salah satu bahan cara menghilangkan ketombe. Kandungan yogurt yang memiliki sifat asam dapat membantu Anda membunuh jamur penyebab ketombe.

Tidak hanya itu, yogurt juga bisa memberikan kelembutan pada rambut Anda dan membuat rambut Anda menjadi bersinar.

Cara menggunakannya:

  • Ambil yogurt plain (tanpa rasa) dengan takaran 2 sendok makan dan biarkan dalam keadaan terbuka pada suhu ruangan selama 1 hari agar yogurt tersebut mengalami proses fermentasi kembali.
  • Setelah itu oleskan yogurt tersebut pada kulit kepala hingga ujung rambut (seluruhnya dan merata).
  • Diamkanlah selama 1 jam dan bilas menggunakan air bersih dan keramaslah dengan sampo.
  • Lakukanlah perawatan ini secara rutin 3x dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

10. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai kemampuan untuk membunuh jamur sekaligus bakteri penyebab ketombe pada kulit kepala kita. Tetapi, tidak banyak orang yang menyukai cara ini karena bau bawang yang cukup menyengat hidung. Padahal cara ini cukup ampuh dalam mengatasi ketombe.

Cara menggunakannya:

  • Ambillah 1 siung yang masih mentah dan haluskan.
  • Campurkan sedikit madu dan jahe bubuk untuk mengurangi bau menyengat dari bawang.
  • Oleskan ke kulit kepala Anda secara merata dan perlahan.
  • Bilaslah menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas.

11. Jeruk Nipis

cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi yang dapat berguna untuk membantu Anda menjaga pH kulit kepala agar tetap seimbang. Tujuan utama dari menjaga pH kulit kepala adalah untuk mencegah jamur hidup dan berkembang yang dapat menghasilkan ketombe.

Selain itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri yang bermanfaat untuk membunuh jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya:

  • Ambil 2 buah jeruk nipis dan peras untuk diambil airnya.
  • Hasil dari perasan jeruk nipis langsung Anda oleskan pada seluruh bagian kulit kepala hingga merata.
  • Diamkan selama 20-25 menit dan bilas menggunakan air dan lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo yang cocok untuk kulit kepala Anda.
  • Lakukan cara ini secara teratur 3x dalam seminggu

Inilah 11 Cara Menghilangkan Ketombe secara alami dan cepat yang kami sampaikan. Semoga beberapa cara dan tips ini dapat membantu Anda dalam melawan ketombe pada kulit kepala Anda dan jagalah selalu kebersihan dan kesehatan kulit kepala agar terbebas dari berbagai macam masalah, salah satunya ketombe.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.