Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Pada umumnya, kutu rambut terjadi dan dialami oleh anak-anak, akan tetapi hal tersebut tidak jarang terjadi dikalangan orang dewasa. Keberadaan kutu rambut sendiri terjadi di dalam kulit kepala yang seringkali menyebabkan rasa gatal yang luar biasa. Tentu saja hal tersebut membuat sang penderita merasa tidak percaya diri dan sangat terganggu ketika melakukan aktivitas.

cara menghilangkan kutu rambut

Inilah ulasan lengkap mengenai kutu rambut dari BebasJerawat.info, mulai dari penyebab munculnya kutu rambut, bahaya dari kutu rambut, hingga cara menghilangkan kutu rambut tersebut.

Apa Itu Kutu Rambut?

Di dalam ilmu medis, kutu rambut atau bisa disebut dengan Pediculus Humanus Capitis dapat bertahan hidup dengann cara menghisap darah manusia. Dengan semakin banyaknya volume darah yang dihisap oleh kutu rambut, ukuran mereka akan semaking membesar.

Siklus hidup dari kutu rambut terjadi ketika sang betia bertelur. Telur-telur tersebut dapat bertahan hingga 4-7 hari. Telur dari kutu rambut itu berbentuk seperti biji wijen, ukurannya sangat kecil dan memiliki warna putih serta menempel di helaian rambut kita. Ketika masa siklus masuk hari ke-8, telur dari kutu rambut akan menetas dan mengeluarkan larva. Pada siklus ke 9-12 hari, kutu akan berevolusi menjadi kutu dewasa dan mulai bertelur. Masa hidup dari kutu betina sendiri dapat menghasilkan sekitar 120-180 telur. Periode kehidupan dari seekor kutu bisa mencapai 30 hari dan masa hidup kutu akan habis dan mati.

Ciri-Ciri Orang Yang Terkena Kutu Rambut

Ada beberapa ciri khusus yang terjadi yang dapat terlihat pada orang yang memiliki masalah dengan kutu rambut di kulit kepala mereka, inilah ciri-cirinya:

  • Timbulnya rasa gatal yang memiliki intensitas yang sangat berlebih pada kulit kepala.
  • Timbulnya rasa ada yang merayap di bagian kulit kepala kita.
  • Terlihat koloni telur yang memiliki bentuk bintik-bintik putih (mirip seperti ketombe) dan menempel pada helai rambut kita.
  • Terkadang timbul ruam merah dibagian belakang leher serta belakang daun telinga sang penderita.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut

Mungkin dari kita banyak yang berpikir darimana dan apa sih penyebab munculnya kutu rambut di kulit kepala kita? Padahal kita sering sekali melakukan keramas, tapi kok masih saja terserang kutu? Inilah beberapa faktor penyebab munculnya kutu rambut di kulit kepala kita:

  • Adanya kontak langsung (bersentuhan) kepala atau rambut Anda dengan orang yang terserang kutu rambut.
  • Penggunaan barang-barang milik orang lain yang memiliki masalah dengan kutu rambut, contoh barang seperti sisi, topi, jepit rambut, ataupun alat-alat lainnya yang sering digunakan disekitar area kepala mereka.
  • Kutu rambut sendiri juga dapat menyerang melalui benda seperti kain, pakaian, kerudung, sprei, handuk, serta berbagai macam barang lainnya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Keberadaan kutu rambut di kulit kepala kita sudah semestinya segera disingkirkan karena dapat mengganggu kenyamanan serta kesehatan kulit kepala kita. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengusir dan menghilangkan kutu rambut dari kulit kepala Anda:

1. Biji Buah Srikaya

Tahukah Anda mengenai manfaat biji buah srikaya dapat menghilangkan kutu rambut? Khasiat dari biji srikaya ini tidak kalah ampuhnya dengan obat kutu yang ada dipasaran. Di dalam biji tersebut terdapat kandungan minyak dari asam lemak dan juga berbagai macam senyawa lain yang dapat membunuh kutu sekaligus telur kutu di kulit kepala kita.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan biji buah srikaya:

  1. Haluskan terlebiuh dahulu biji buah srikaya dengan cara ditumbuh hingga mengeluarkan minyaknya.
  2. Setelah itu aplikasikan pada rambut dan kulit kepala Anda.
  3. Biarkan selama semalam baluran dari biji buah srikaya pada rambut dan kulit kepala Anda dan tutupi dengan handuk atau shower cap agar tidak mengotori tempat tidur Anda.
  4. Pada esok paginya, Anda dapat melihat kutu-kutu pada kulit kepala Anda akan mabuk dan menempel pada handul Anda.
  5. Tahapan terakhir, bilas dan cuci bersih rambut Anda dengan shampo untuk menghilangkan minyak dari biji buah srikaya.

Baca juga: ciri ciri hamil

2. Minyak Almond

Minyak almond tak hanya bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit tubuh kita saja. Selain dapat digunakan sebagai bahan untuk cara memerahkan bibir dan menghilangkan flek hitam, ternyata minyak yang didapatkan dari hasil ekstraksi biji almond ini juga bermanfaat untuk mengusir kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan Minyak Almond:

  1. Tahap pertama adalah kamu harus menyediakan minyak almond murni atau asli (wajib!)
  2. Setelah itu, oleskan minyak tersebut pada rambut dan juga kulit kepala Anda sebelum Anda tidur.
  3. Bungkuslah rambut Anda dengan menggunakan shower cap atau handuk.
  4. Biarkan selama semalaman.
  5. Esok paginya, sesir rambut Anda terlebih dahulu dengan menggunakan sisir yang bermata gigi kecil (serit).
  6. Setelah itu bilas dengan menggunakan shampo untuk membersihkan rambut Anda.

Catatan: Metode ini sangatlah aman untuk dipergunakan berkali-kali. Apabila Anda memiliki masalah dengan kondisi kutu yang sangat parah, sangat dianjurkan untuk menggunakan metode ini 2-3 kali dalam seminggu.

3. Minyak Kelapa

Karena kandungan vitamin E yang sangat tinggi, minyak kelapa menjadi salah satu bahan herbal alami yang sangat dicari-cari untuk perawatan rambut seperti memanjangkan rambut serta menyehatkan rambut. Minyak kelapa juga dapat merangsang proses pertumbuhan rambut yang mana dapat mengembalikan warna hitam rambut secara alami.

Dilansir juga melalui OrganicFacts.net. Dalam laman tersebut menjelaskan bahwa minyak kelapa mempunyai kandungan asam lemak yang tinggi, seperti asam laurat, asam kaprat, asam kaprilat yang berguna untuk membuat folikel rambut menjadi lebih licin, hal ini bertujuan untuk mempersulit telur kutu menempel pada helai rambut kita. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung antibakteri yang berguna untuk mencegah kutu bereproduksi dan menjaga kulit kepala dari iritasi.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa:

  1. Pertama, oleskan terlebih dahulu minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala Anda sebelum tidur.
  2. Bungkuslah kepala Anda dengan handuk ataupun shower cap.
  3. Biarkan mengendap semalaman.
  4. Pada keesekan harinya serit rambut Anda dan bilas menggunakan shampo.

4. Minyak Zaitun

Apabila Anda memiliki minyak zaitun dirumah, Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat pengusir kutu. Tidak hanya dapat membersihkan rambut dari kutu, minyak zaitun juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin E yang membuat tiap helai rambut kita menjadi sehat dan juga berkilau.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun:

  1. Bersihkan rambut Anda terlebih dahulu sebelum pengaplikasian minyak zaitun pada rambut.
  2. Setelah bersih, oleskan minyak zaitun pada rambut Anda ketika malam hari sebelum tidur.
  3. Tutupi rambut Anda dengan shower cap. Anda pasti akan merasakan rasa gatal, tapi cobalah untuk bertahan.
  4. Setelah esok pagi, sisir rambut Anda dengan menggunakan serit.
  5. Tahapan terakhir, bilaslah rambut Anda dengan menggunakan shampo.
Baca jugamanfaat buah naga

Baca juga: cara mengecilkan paha

5. Minyak pohon teh (Tea tree oil)

Tidak hanya minyak kelapa dan minyak almond saja yang dapat Anda manfaatkan untuk mengusir kutu rambut, Anda juga dapat menggunakan minyak yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia ini. Minyak essensial tea tree oil mempunyai kandungan senyawa antibakteri dan juga antijamur yang sangat kuat, kandungan tersebut berasal dari senyawa aktif yang disebut terpinen-4-ol. Senyawa ini juga memiliki peranan sebagai insektisida yang berguna untuk membunuh kutu berserta telurnya.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak pohon teh:

  1. Oleskan minyak pohon tea pada kulit kepala dan rambut Anda secara merata.
  2. Lakukan pijatan-pijatan lembut selama 5 menit.
  3. Setelah itu tutup dengan shower cap.
  4. Biarkan selama semalaman.
  5. Ketika pagi hari, sisir rambut dengan serit untuk mengeluarkan kutu yang sudah mati dari kulit dan rambut Anda.
  6. Terakhir lakukan pembilasan dengan menggunakan shampo.
  7. Untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan metode ini 1-2 kali dalam seminggu.

Catatan: Anda juga dapat melakukan kombinasi bahan minyak pohon teh (tea tree oil) dengan minyak kelapa, ini opsional ya.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman herbal yang memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan. Akan tetapi, percaya atau tidak percaya bahwa lidah buaya dapat menumpas kutu rambut serta telurnya dalam rambut kita. Pada umumnya, masyarakat Indonesia memanfaatkan gel lidah buaya untuk membersihkan rambut serta membuat rambut menjadi lebih lebat dan hitam berkialu.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan lidah buaya:

  1. Siapkan terlebih dahulu 1 buah batang lidah buaya.
  2. Ambillah gel lidah buaya yang berada di dalam batang lidah buaya.
  3. Usapkan gel lidah buaya tersebut pada kulit kepala dan rambut kita secara merata.
  4. Lakukan pijatan-pijatan ringan selama 3-6 menit.
  5. Setelah itu tutup rambut Anda dengan handuk selama 1 jam.
  6. Kemudian sisir rambut Anda dengan serit untuk membersih telur dan kutu pada kepala Anda.
  7. Setelah itu cuci bersih rambut Anda dengan shampo.

7. Lemon

Buah ini tidak hanya segar dan nikmat ketika dikonsumsi sebagai minuman. Lemon juga memberikan manfaat luar biasa yang dapat kita gunakan untuk membunuh telur kutu. Lemon juga menyimpan kandungan asam sitrat dengan kadar 5%. Karena kandungan tersebut inilah yang dapat dimanfaatkan guna melarutkan zat semen yang menempel pada rambut yang mana membuat telur-telur kutu dapat terlepas dengan mudah pada helai rambut kita.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan lemon:

  1. Siapkan terlebih dahulu setengah cangkir air perasan lemon.
  2. Oleskan perasan air lemon tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  3. Tutup rambut Anda dengan shower cap, dan biarkan selama 30 menit.
  4. Setelah itu sisir rambut Anda dengan sisir serit untuk membersihkan kutu dan telur kutu.
  5. kemudian bilas rambut dengna shampo.

Baca juga: manfaat teh hijau

8. Bawang Putih

Salah satu rempah yang luar biasa manfaatnya ini menjadi salah satu alternatif yang baik untuk dimanfaatkan guna mengusir kutu dan telur kutu. Memang benar bahwa bawang putih akan memberikan efek panas apabila dioleskan pada kulit kepala kita, tetapi kandungan sulfurnya sangatlah berguna untuk membantu kita dalam mengatasi masalah kutu.

Tidak hanya itu, untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal. Anda juga diharuskan untuk mengkombinasikannya dengan jus lemon. Perpaduan dari dua bahan alami ini sangatlah ampuh dalam membunuh kutu di kulit kepala Anda.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang putih:

  1. Haluskan 2 buah bawang putih dengan blender.
  2. Tambahkan juga sedikit perasan air lemon.
  3. Aduk hingga merata seperti adonan pasta.
  4. Setelah itu oleskan pada rambut dan biarkan selama 30 menit.
  5. Sisirlah dengan serit untuk membersihkan kutu beserta telurnya.
  6. Bilas rambut Anda dengan air hangat atau shampo.

Itulah beberapa tips dan cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan cepat. Metode diatas dapat Anda gunakan 1-2 kali dalam seminggu. Kali saja Anda memiliki cara lain yang pernah Anda coba dan ampuh dalam menghilangkan kutu rambut, jangan lupa share di kolom komentar ya agar yang lainnya bisa membaca dan tahu!

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.