Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami Tanpa Obat Kimia

Posted on

Cara Menghilangkan Mata Ikan – Mata ikan merupakan salah satu penyakit kulit yang dikenal dengan nama lain clavus, boil, ataupun corn yang merupakan penyakit dengan proses penebalan pada kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi terus menerus. Mata ikan sendiri pada umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan kapalan, sedangkan pada bagian tengah kulit yang terkenal mata ikan lebih keras dan membentuk sebuah keratin serta kulit disekitarnya merah meradang.

cara menghilangkan mata ikan
cara menghilangkan mata ikan

Penebalan pada kulit ini terjadi secara konstan dan terus menerus ini akan berubah menjadi mata ikan yang dapat memberikan rasa nyeri terhadap penderitanya. Pada umumnya, mata ikan terjadi dibagian telapak kaki, ada beberapa hal yang menyebabkan mata ikan muncul pada permukaan kulit karena cara berjalan, aktivitas dan juga jenis kulit pada alas kaki, berat badan yang menekan telapak kaki secara berlebihan dan sebagainya. Mata ikan lebih sering terjadi pada kaum hawa karena penggunaan sepatu yang tidak sesuai dan menekan bagian kulit secara berlebihan.

Gejala Mata Ikan

Penyakit mata ikan terbagi menjadi dua jenis antara lain mata ikan yang keras dengan ukuran sebesar kacang dengan bentuk yang memiliki tonjolan keras dan kecil dibagian tengahnya serta adanya pembengkakan serta rasa nyeri yang didapat sang penderita.

Sedangkan jenis kedua dari penyakit mata ikan adalah mata ikan lunak yang memiliki warna keputihan dan tekstur yang lunak yang sering muncul di jari kaki saat basah yang disebabkan karena keringat yang juga disertai dengan rasa sakit dan pastinya infeksi dari jamur. Oleh karena itu, bebasjerawat.info ingin berbagi informasi detail mengenai gejala dari kedua jenis mata ikan tersebut dibawah ini:

  • Timbulnya rasa sakit diatas permukaan kulit yang ada mata ikan.
  • Timbul tonjolan keras dan besar seperti kapalan.
  • Pembengkakan dan rasa sakit.
  • Kulit kering, berminyak dan bersisik.
  • Nyeri.
  • Kulit seperti meradang
  • Berisi terus warna bening dan juga nanah.

Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami

Untuk cara menghilangkan mata ikan yang sangat mengganggu kulit dan memberikan sensasi rasa sakit yang luar biasa ini dapat dilakukan dengan mudah hanya membutuhkan beberapa bahan alami yang aman dan pastinya dapat digunakan oleh siapa saja tanpa takut efek samping berbahaya bagi kesehatan.

1. Soda Kue

soda kue

Cara pertama dalam mengatasi masalah mata ikan dan menyembuhkan dengan mudah adalah dengan memanfaatkan soda kue dengan cara merendam area kulit yang terdapat mata ikan pada air hangat yang sudah dicampur dengan 3 sendok makan soda kue/baking soda. Cara lain yang dapat Anda manfaatkan adalah dengan membuat pasta dari soda kue yang dicampur dengan sedikit air lalu dioleskan pada bagian kulit yang terdapat mata ikan.

2. Getah Pepaya

Tidak hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, getah pepaya juga sangat berguna untuk digunakan sebagai obat alami mata ikan yang sangat efektif. Pertama-tama, bersihkanlah terlebih dahulu kulit Anda dengan membilas atau mencuci menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam.

Rendamlah area kaki yang terdapat mata ikan dengan air hangat selama 15 menit. Setelah itu, bilas kembali menggunakan air bersih guna membersihkan kaki dan jangan lupa keringkan kaki menggunakan handuk yang bersih juga. Setelah kering, oleskan getah pepaya pada kulit yang terdapat mata ikan.

Lakukanlah pengobatan ini secara rutin hingga mata ikan pada kaki benar-benar sembuh dan hilang. Usahakan juga untuk tidak menyentuhkan atau menggesekkan area kulit yang terkena mata ikan dengan berbagai macam aktivitas yang dilakukan guna mengoptimalkan proses penyembuhan pada kulit Anda.

Baca juga: cara memutihkan gigi

3. Daun Dewa

Daun dewa

Seperti yang terkesan dari namanya, daun dewa sendiri memiliki begitu banyak manfaat yang terkandung sebagai salah satu obat alami yang terdapat di dunia. Salah satu manfaat dari daun dewa sendiri adalah dapat menyembuhkan penyakit mata ikan. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, pertama ambilah 5 helai daun dewa yang sudah dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus.

Setelah ditumbuk halus, oleskan tumbuhkan daun dewa tersebut pada area kulit Anda yang memiliki masalah dengan penyakit mata ikan. Balutlah dengan perban dan usahakan untuk tidak melakukan aktivitas pada bagian yang tengah mengalami proses pengobatan terlebih dahulu.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai segudang manfaat yang dapat kita gunakan dalam kebutuhan hidup kita, salah satunya digunakan sebagai bahan untuk cara menghilangkan jerawat , untuk bahan cara menghilangkan ketombe , dan masih banyak manfaat lainnya hingga menghilangkan penyakit mata ikan.

Cara penggunaan bawang putih guna menghilangkan mata ikan cukup mudah yakni dengan mengambil beberapa potong siung dari bawang putih (sesuaikan dengan kebutuhan) dan tumbuk hingga halus. Setelah itu oleskan pada bagian permukaan kulit yang terkena penyakit mata ikan. Setelah itu balut dengan menggunakan perban ataupun kain kasa. BebasJerawat jamin dalam beberapa hari penyakit mata ikan akan segera hilang dan sembuh secara total.

Baca juga: cara meluruskan rambut

5. Lemon

lemon

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa lemon memang dikenal sebagai salah satu buah alam yang banyak dimanfaatkan guna menghaluskan kulit ataupun memutihkan kulit. Tetapi, bila kita menilik kembali kandungan lemon yang sangat luar biasa, tidak luput juga apabila lemon dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk mengatasi masalah penyakit kulit seperti penyakit mata ikan ini. Dalam proses pengobatan dengan menggunakan lemon sangatlah mudah.

Menggunakan lemon untuk cara menghilangkan penyakit mata ikan terbilang simple yakni hanya dengan memotong lemon manjadi 2 bagian dan oleskan bagian dalam lemon tersebut pada area mata ikan secara teratur dengan menggunakan buah lemon. Lama-kelamaan area kulit tersebut akan menjadi halus dari penyakit mata ikan.

6. Batu Apung

Cara keenam ini bisa terbilang termasuk cara tradisional yang sudah cukup dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. cara menggunakan batu apung guna menghilangkan mata ikan sangatlah mudah, pertama bersihkan terlebih dahulu area yang terdapat mata ikan. Setelah itu, gosoklah dengan menggunakan batu apung untuk menipiskan permukaan kulit yang menebal karena mata ikan tersebut.

Baca juga: ciri-ciri orang hamil

7. Getah Kamboja

pohon kamboja

Cara menghilangkan mata ikan di telapak tangan ataupun kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan getah kamboja. Pada zaman dahulu, getah dari pohon yang tumbuh subur di area pemakaman ini terkenal sebagai salah satu obat mujarab untuk berbagai macam masalah kulit.

Cara menghilangkan mata ikan dengan memanfaatkan getah kamboja terbilang mudah dan cepat. Cukup dengan membersihkan terlebih dahulu area yang terdapat mata ikan dengan menggunakan air hangat seperti cara menghilangkan mata ikan ditahap pertama. Setelah proses pembersihan, oleskan getah kamboja pada bagian yang terdapat mata ikan secara merata. Lakukanlah proses pengobatan ini secara rutin hingga mata ikan pada kulit Anda benar-benar menghilang.

8. Rokok

Cara menghilangkan mata ikan yang kedelapan ini memang terbilang cukup ekstrim untuk dilakukan. Yakni dengan memanfaatkan rokok yang sedang menyala. Caranya sih terbilang mudah namun sedikit berbahaya, tetapi cara ini sangatlah efektif dan efisien dalam menghilangkan penyakit mata ikan. Cara menghilangkan mata ikan dengan rokok yakni mendekatkan bara api rokok yang menyala pada area mata ikan hingga jarak antara kulit dan bara api kurang lebih setengah sentimeter (0,5cm) dan tahan terus selama kurang lebih 5 menit.

9. Cuka Apel

cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang memang memiliki sejuta manfaat sama seperti madu. Cuka apel juga dapat Anda manfaatkan guna menghilangkan flek hitam, dapat juga menghilangkan komedo, bahkan juga dapat digunakan untuk menghilangkan mata ikan yang terdapat pada permukaan kulit kaki atau tangan Anda.

Beginilah cara menghilangkan mata ikan dengan cuka apel, pertama-tama rendam bagian kulit yang terdapat mata ikan selama kurang lebih 20 menit didalam cuka sari apel. Setelah itu, gosoklah kulit tersebut dengan menggunakan batu apung.

Lakukanlah proses pengobatan ini secara rutin selama 3x dalam sehari. Sudah banyak orang yang mengatakan bahwa akar mata ikan terlepas dengan menggunakan metode alami ini. Setelah beberapa hari mata ikan pun akan mengering dan terlepas dengan sendirinya.

10. Pisang

Pisang adalah buah yang sudah dikenal sejak lama dan menjadi salah satu buah yang tinggi akan nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan penyakit mata ikan. Pisang sangatlah baik untuk melembutkan permukaan mata ikan yang mengeras dan kemudian digosok dengan menggunakan batu apung guna menyingkirkan mata ikan pad akulit.

langkah-langkah cara menghilangkan mata ikan dengan pisang adalah dengan menghaluskan pisang yang sudah matang sampai menjadi pasta pisang. Setelah itu oleskan pasta pisang tersebut pada area mata ikan dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Setelah itu gosoklah dengan menggunakan batu apung. Lakukanlah metode ini setiap hari selama satu minggu dan lihat hasilnya.

Baca juga: gejala kanker serviks

11. Lidah buaya

lidah buaya

Siapa sih yang tidak mengenal tanaman super hebat ini? sifat pelembab yang terkandung didalam lidah buaya dapat membantu Anda dalam mengatasi berbagai macam masalah kulit, salah satunya untuk memerahkan bibir yang hitam, menghilangkan bekas jerawat yang membandel pada kulit wajah, dan bahkan bisa juga dimanfaatkan guna menghilangkan mata ikan pada kulit Anda.

Didalam lidah buaya tidak hanya terdapat sifat pelembab saja, ada juga kandunga sifat antibakteri yang dapat menghambat proses perkembangan bakteri disekitar mata ikan. oleh sebab itulah, lidah buaya juga menjadi salah satu kunci sukses Anda dalam mengatasi masalah penyakit mata ikan.

Cara menghilangkan mata ikan dengan lidah buaya terbilang cukup mudah, yakni hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya menggunakan kapas pada area yang terdapat mata ikan. setelah itu bungkus kapas yang dioleskan dengan gel lidah buaya dengan perban atau kain kasa dan biarkan selama semalam. Setelah itu buka perban dan bilas dengan menggunakan air hangat. Ingat! lakukanlah proses penyembuhan ini sebanyak 2x dalam sehari sampai mata ikan benar-benar menghilang dari permukaan kulit Anda.

Tips Mencegah Penyakit Mata Ikan

Penyakit kulit yang satu ini sangat erat kaitannya dengan kebersihan pada tubuh manusia. Oleh sebab itu, untuk mencegah penyakit kulit mata ikan ini mengharuskan setiap orang untuk selalu menjaga kebersihan tubuh bangkan aksesoris yang menempel pada kulit Anda seperti sepatu ataupun kaos kaki. Biasakanlah untuk selalu menjaga kebersihan guna mencegah penyakit mata ikan menyerang Anda.

Penggunaan sepatu dan alas kaki yang sempit juga dapat memicu munculnya mata kaki pada permukaan kulit Anda. oleh karena itu, gunakanlah sepatu ataupun alas kaki yang sesuai dengan kaki dan tidak terlalu sempit.

Itulah beberapa cara menghilangkan mata kaki secara alami yang dapat bebasjerawat bagikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda yang mengalami masalah kulit tersebut. Dan apabila ada cara lain yang dapat direkomendasikan, jangan takut untuk mengungkapkannya dikolom komentar bebasjerawat karena hal tersebut dapat menjadi ilmu baru bagi kami dan bagi para pembaca lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *