Cara Menghilangkan Ngorok

cara menghilangkan ngorok
Hampir semua orang mengalami hal ini, yakni mendengkur atau ngorok ketika sedang tidur. Tetapi, keadaan tersebut jika sering terjadi dapat mempengaruhi kualitas serta kuantitas tidur Anda dan anggota keluarga yang tidur sekamar dengan Anda. Oleh karena itu, ketahuilah bagaimana cara menghilang ngorok saat tidur agar masalah Anda dapat segera teratasi dan tidak berlarut-larut sehingga membuat ketidaknyamanan dan berbagai macam masalah lainnya.

Diantara begitu banyak masalah yang disebabkan oleh bahaya ngorok adalah kurangnya waktu tidur, kelelahan ketika siang hari, mudah sekali marah, dan peningkatan masalah mengenai kesehatan Anda. Apabila Anda mendengkur terlalu keras itu juga sangat tidak baik untuk pasangan Anda yang tidur sekamar ataupun seranjang dengan Anda. Tentu ini juga dapat menganggu hubungan sosial Anda dengan pasangan sekamar dengan Anda. Ada berbagai macam solusi baik yang efektif dan efisien dalam menghilangkan masalah ngorok yang dapat BebasJerawat.info lakukan guna membantu Anda dan pasangan Anda tidur lebih baik dan nyenyak ketika malam hari tanpa harus lagi bingung dengan masalah yang disebabkan dengkuran atau ngorok Anda.

Sebelum kita membahas cara menghilangkan ngorok akan lebih baik bila kita memahami terlebih dahulu apa itu ngorok, serta jenis dan penyebabnya. Mendengkur atau ngorok terjadi ketika Anda tidak dapat memindahkan udara bebas melalui saluran pernapasan dengan benar melalui hidung dan tenggorokan ketika Anda tidur. Udara pernafasan yang tidak dapat keluar masuk dengan normal akan dapat membuat jaringan disekitarnya bergetar dan menghasilkan suara yang khas yang disebut dengan ngorok. Dalam sebuah survei menyatakan bahwa lebih dari 40% orang dewasa sangat umum terkena masalah ngorok atau mendengkur ini. Hal ini lebih umum terjadi kepada pria daripada wanita dan dikenal lebih buruk dengan berjalannya waktu dan usia.

Apa jenis-jenis ngorok itu?

Ada banyak sekali alasan yang terjadi kepada orang-orang yang mengalami masalah ngorok atau mendengkur. Ketika Anda mengetahui kenapa Anda bisa mengorok, maka Anda akan dapat menemukan solusi yang tepat dan efektif untuk mengatasu kondisi Anda itu. Berikut ini yang akan BebasJerawat jelaskan mengenai beberapa tips untuk mengetahui jenis dan penyebab kenapa Anda mendengkur. Pemahaman mengenai jenis dengkuran atau sumber ngorok (misal dari mulut, tenggorokan ataupun hidung) sangat penting untuk menentukan hal apa yang menjadi penyebabnya sehingga dapat memudahkan Anda untuk menghilangkan masalah dengkuran yang mengganggu tidur Anda dengan cepat dan mudah. Dan tentu saja ini membutuhkan bantuan dari orang lain.

1. Mengdengkur atau ngorok dari mulut

Berasal dari mulut. Suara dengkurang yang terjadi ketika Anda bernapas melalui mulut saat Anda tertidur. Cara sederhananya untuk mengetahui sangatlah mudah, mintalah pasangan Anda untuk memperhatikan jenis suara ngorok yang terjadi ketika mulut Anda terbuka atau tertutup. Apabila ngorok yang terjadi ketika mulut terbuka maka sudah pasti itu adalah dengkuran mulut. Jalan keluar untuk mengatasi masalah ini adalah menjaga mulut Anda tetap tertutup selama Anda tertidur.

Berasal dari Lidah. Ngorok juga bisa disebabkan karena lidah jatuh kebelakang tenggorokan dan menghalangi jalannya pernapasan. Cara sederhana untuk mengetahui adalah dengan mengubah posisi ke posisi tengkurap. Jika suara mendengkur hilang dalam posisi ini, maka dengkuran Anda terjadi karena lidah yang jatuh ke bagian tenggorokan.

2. Mendengkur dari Hidung

hidung yang tersumbat dapat menyebabkan saluran udara menjadi sempit bahkan mungkin tertutup. Sebuah tes sederhana dapat dilakukan guna menekan satu sisi hidung ditutup dengan jari dan kemudian cobalah untuk bernapas dengan mulu tertutup. Jika hidung Anda terasa tersumbat, maka memang itulah penyebab utama Anda mendengkur.

3. Mendengkur Tenggorokan

Apabila semua metode sudah dilakukan namun tidak membuktikan satupun kemungkinan dari apa yang menyebabkan Anda mendengkur, berarti itu disebabkan karena tenggorokan Anda mengalami getaran jaringan.

Faktor Penyebab Tidur Mendengkur

Usia. Ketika Anda sudah mencapai usia pertengahan ataupun lebih, tenggorokan akan menjadi lebih sempit, dan pastinya otot di tenggorokan akan lebih mengendur. Semua orang akan mengalami peningkatan risiko mendengkur ketika tidur.

Faktor Keturunan dan jenis Kelamin. Pria mempunyai saluran udara yang jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan perempuan dan hal inilah yang menyebabkan seorang pria lebih mudah mengalami ngorok. Tenggorokan sempit, langit-langit mulut sumbing, kelenjar gondok menjadi lebih besar, dan anggota fisik lainnya yang ikut dalam kontribusi mendengkur sering turun-temurun.

cara menghilangkan ngorok secara alami

Kelebihan Berat badan. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat membuat jaringan disekitar leher dan tenggorokan membesar dan ini membuat aliran udara menjadi sedikit terhambat dan dapat menyebabkan ngorok ketika tidur. Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah dengan berat badan, kelebihan berat badan hanya akan ada disekitar leher dan tenggorokan yang juga dapat menyebabkan Anda mendengkur. Berolahraga dan menurunkan berat badan terkadang sudah dapat mengatasi masalah Anda mendengkur ketika tidur.

Posisi Tidur. Tidur adalah bagian terpenting dari hidup kita. Tetapi, tahukah Anda posisi tidur jua menentukan tingkat kesehatan tubuh kita. Tidur dengan posisi telentang dapat menyebabkan lidah dan jaringan tubuh disekitar tenggorokan akan jatuh dan menutup semua jalan napas. Mengubah posisi tidur juga dapat membantu Anda dalam mengatasi massalah ngorok.

Masalah Sinus dan Masalah Hidung. Saluran udara ataupun hidung yang tersumbat dapat membuat saluran pernapasan kita menjadi terhambat dan dari hal tersebut sudah pasti akan menciptakan ruang hampa di tenggorokan kita, hal inilah yang menyebabkan kita mendengkur ketika tidur.

Rokok, alkohol, dan obat-obatan. Asupan kandungan yang terdapat pada rokok, alkohol, dan berbagai macam obat-obatan tertentu seperti obat penenang diazepam (Valium) ataupun lorazepam dapat menyebabkan peningkatan pada relaksasi otot yang dapat menyebabkan tidur ngorok.

12 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

Tahukah Anda bahwa tidur ngorok ternyata bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius. Ngorok merupakan salah satu bentuk siklus tidur yang dapat mengganggu dan dapat menyebabkan insomnia. Ngorok juga merupakan salah satu tanda kelainan tidur seperti sleep apnea. Sleep apnea sendiri sangatlah berbahaya karena dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Sleep apnea juga biasa disebabkan karena gangguan pernapasan yang tidak normal. Oleh karena itu, BebasJerawat ingin berbagi informasi guna membantu Anda untuk cara menghilangkan ngorok secara alami, agar anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit serius dan berbahaya dengan tanda-tanda ngorok.

1. Mengubah posisi tidur

tidur posisi menyamping untuk cara menghilangkan ngorok

Mengubah posisi tidur menjadi kesamping dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ngorok ringan. Trik ini sangat mudah untuk Anda lakukan dan mungkin dapat membantu menghilangkan kebiasaan ngorok Anda, mungkin cara ini akan sulit bagi beberapa orang yang biasa tidur tidak dengan posisi kesamping. Anda bisa menyelipkan sisi Anda dengan guling ataupun bantal besar yang dapat membantu Anda dalam menahan posisi tubuh Anda. Tidur menyamping juga dapat mencegah otot relaks yang membuat tenggorokan menjadi lebih lapang dan tidak menutupi saluran pernapasan Anda.

2. Menurunkan berat badan

Dalam beberapa kasus alami, berat badan dapat menjadi salah satu momok yang membuat Anda ngorok ketika tertidur. Bila Anda baru memiliki kebiasaan ngorok ketika berat badan Anda naik, sudah dapat dipasikan bahwa lemak menjadi penyebab utama yang membuat Anda tidur ngorok. Hal ini disebabkan karena lemak eksesif pada leher dapat mempersempit ruang tenggorokan Anda dalam posisi berbaring. Sebuah uji coba dilakukan di India dan menemukan bahwa lingkar leher mereka yang memiliki kebiasaan ngorok ketika tidur cenderung memiliki lebih banyak lemak yang berada pada lingkar leher mereka yang membuat mereka ngorok. Oleh sebab itu cara menurunkan berat badan juga menjadi bagian kunci sukses Anda dalam mengatasi masalah ngorok ketika tidur.

3. Perbanyak konsumsi air putih

Menjaga tubuh agar tidak terhidrasi juga bagian penting dalam menghilangkan ngorok karena kotoran pada hidung akan mengental ketika kita mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa Anda ngorok ketika tidur. Perlu diingat bahwa konsumsi 2 liter air sehari merupakan bagian wajib dalam hidup manusia.

4. Olahraga

olahraga untuk cara menghilangkan ngorok

Olahraga merupakan salah satu kunci yang dapat membantu Anda dalam menghilangkan ngorok ketika tidur. Olahraga juga dpaat membantu Anda dalam menurunkan berat badan, berolahraga secara rutin dapat menyehatkan tubuh karena semua bagian tubuh seperti lengan, kaki, pinggang, leher dan seluruh bagian tubuh lainnya yang membuat otot-otot tubuh menjadi kencangn dan inilah inilah yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah tidur ngorok.

5. Vitamin C

Sinu dapat merupakan masalah serius yang menghambat saluran pernapasan kita, membuat mulut kita terbuka dan uvula bergetar menghasilkan sebuah suara merdu ketika kita tidur seperti grook… huft… dsb. Vitamin C disini berperan dalam membantu Anda melawan tidur ngorok karena vitamin C adalah agen penguat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu mempersihkan sinus secara alami dari tubuh kita. Oleh sebab itu, mulailah rajin mengkonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C.

6. Minyak Peppermint

Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab Anda tidur ngorok. Apabila kebiasaan tidur ngorok Anda karena hidung tersumbat, minyak peppermint dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah tidur ngorok. Hal ini disebabkan karena minyak peppermint telah terbukti mampu meredakan tenggorokan serta melegakan hidung buntu.

7. Batasi konsumsi Alhokol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat membuat otot-otot saluran udara menjadi lemas dan bahkan lebih dapat menyebabkan saluran pernapasan menjadi lebih buruk yang membuat Anda mendengkur keras ketika tidur. Batasi konsumsi alkohol yang berguna untuk menurunkan berat badan dan pastikan untuk menghindari konsumsi alkohol setidaknya 4 jam sebelum Anda tidur.

8. Berhenti Merokok

berhenti merokok untuk cara menghilangkan ngorok

Merokok merupakan salah satu penyebab tidur ngorok karena merokok dapat menyebabkan hidung menjadi tersumbat dan peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan lebih parah lagi ketika Anda ngorok. Agar cara kita dalam mengatasi masalah ngorok lebih mudah berhasil dan efektif, maka sangat disarankan untuk berhenti merokok guna menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

9. Mencegah mulut terbuka

Apabila Anda tahu apa penyebab tidur Anda ngorok karena terbukanya mulut Anda ketika tidur, maka sangat disarankan untuk memanfaatkan alat bantu yang dapat membantu menutup mulut Anda selama proses tidur.

10. Mencegah hidung tersumbat

Apabila Anda tahu bahwa Anda sedang mengalami masalah dengan hidung tersumbat, maka Anda dapat melakukan berbagai macam upaya guna melonggarkan rongga hidung seperti memanfaatkan obat-oabatkan atau berbagai macam metode cara menghilangkan hidung tersumbant lainnya. Yang pasti utamakan kesehatan fisik Anda.

11. Obat penenang

Obat tertentu seperti obat tidur dan ati histamines memang dirancang untuk merelaksasikan tubuh dan karena itu dapat memperburuk keadaan dengkuran Anda. Berbicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda melakukan perubahan konsumsi obat penenang karena mereka mungkin dapat memberikan solusi alternatif yang lebih baik mengenai penenang tanpa menggunakan obat-obatan.

12. Jaga kebersihan bantal

menjaga kebersihan bantal untuk cara menghilangkan ngorok

Menjaga kebersihan bantal sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena Anda tidak membiarkan bakteri dan debu menempel dibantal Anda dalam waktu yang lama, sehingga pernapasan Anda tidak terganggu. Hal ini juga bisa disebut sebagai kunci dalam mengatasi masalah ngorok Anda. Oleh karena itu jagalah kebersihkan bantal ataupun perlengkapan tidur lainnya dengan mengganti sarung bantal secara rutin dan lakukan penjemuran bantal dibawah sinar matahari langsung dan memupulnya dengan menggunakan alat pemukul, ini biasa disebut metode legendaris yang sudah lama dilakukan oleh orang-orang zaman dulu dalam menjaga kebersihan tempat tidur mereka.

Itulah 12 cara menghilangkan ngorok secara alami yang dapat Anda coba dirumah. Ingat! lakukan apa yang harus Anda lakukan dalam mengidentifikasi jenis ngorok Anda dan apa penyebabnya. Barulah Anda dapat menentukan solusi tepat untuk mengatasi masalah ngorok Anda.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.