Cara Menghilangkan Tahi Lalat

cara menghilangkan tahi lalat

Tahi lalat merupakan bintik berawarna coklat atau hitam pada kulit menurut Dr. Devika. Bintik ini sendiri terbentuk disebabkan karena penumpukan pigmen melanosit yang pada umumnya tidak akan membahayakan pada kesehatan tubuh kita.

Tahi lalat sendiri kepar disebut sebagai beauty mark, pasalnya bintik gelap pada kulit kita sering dianggap sebagai daya tarik tersendiri pada seseorang. Akan tetapi, tak sedikit juga orang yang merasa kurang percaya diri akibat tahi lalat yang muncul pada kulit tubuhnya. Lantas banyak sekali orang yang mencari bagaimana cara menghilangkan tahi lalat untuk mengatasi salah satu problem kecantikan dan meningkatkan kepercayaan diri karena masalah tersebut.

Apakah ada cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan efektif? Ternyata ada banyak lho tips yang dapat Anda coba untuk menghilangkan tahi lalat pada kulit terutama pada bagian wajah. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Tips Menghilangkan Tahi Lalat

Ada istilah yang sering digunakan masyarakat umum yang menyebut bintik hitam dengan tahi lalat mati yang tidak akan berubah ukuran selama bertahun-tahun lamanya. Tidak sedikit orang yang memiliki tahi lalat ingin menghilangkannya. Bagaimana cara menghilangkan tahi lalat seperti ini?

Apabila Anda memiliki tahi lalat yang bentuknya menonjol yang ingin dihilangkan, pada umumnya kita akan melakukan konsultasi dengan mengunjungi ahli dermatologi atau dokter kulit. Dan para ahli akan memberikan penawaran satu dari beberapa produk seperti penyemprotan cairan nitrogen, cauter, bedah eksisi, dan bedah cukur.

Memang benar bahwa cara-cara yang disediakan oleh para ahli memiliki harga yang relatif mahal namun rendah risiko bagi pasiennya. Tapi, disini Anda mencari cara yang aman, nyaman, praktis dan pastinya pas dengan kantung semua kalangan bukan? Berikut ini cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan efektif:

1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang dipercaya untuk mencerahkan kulit serta mengatasi berbagai macam masalah kulit. Dan juga dipercaya sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan tahi lalat. Caranya juga mudah dan tidak memakan banyak biaya. Pertama oleskan madu asli pada bagian kulit yang memiliki tahi lalat dan beri plester. Anda bisa melakukan tips ini setiap pagi dan malam selama 6 minggu hingga tahi lalat pada kulit Anda memudar dengan sendirinya.

2. Bawang putih

Bawang putih dipercaya dapat membantu kita memudarkan tahi lalat pada kulit. Cara untuk menghilangkan tahi lalat dengan bawang putih sangat simple, yakni dengan menempelkan cairan bawang putih pada bagian kulit tubuh yang terdapat tahi lalat.

3. Cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan sebagai perawatan kulit paling umum dipergunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Kandungan asam malat dan tartarat yang terkandung pada cuka apel dapat membantu kita mengatasi tahi lalat. Caranya menggunakan cukup mudah, yakni dengan mencelupkan kapas pada cuka apel terus tempelkan pada tahi lalat. Tutup kapas tersebut dengan perban bersih selama kurang lebih 1 jam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sangat disarankan melakukan cara ini setiap hari hingga bekas dari tahi lalat juga memudar.

4. Lidah buaya

Lidah buaya memang tanaman yang selalu memberikan kejutan-kejutan luar biasa dan ini sangatlah berguna. Tidak hanya menghilangkan jerawat, memutihkan wajah dan memanjangkan rambut, ternyata tanaman yang memiliki duri pada sisi batang ini juga dapat menghilangkan tahi lalat lho. Cara menggunakannya sama seperti pemanfaatan lidah buaya pada umumnya. Anda hanya perlu mengompreskan gel atau lendir dari lidah buaya ke tahi lalat selama 2 sampai 3 jam. Apabila Anda rutin melakukan hal tersebut, Anda akan mendapati kulit yang bersih tanpa adanya tahi lalat.

5. Getah Bunga Kamboja

Getah yang ada pada bunga kamboja ternyata dapat menghilangkan tahi lalat pada kulit. Harus diingat dan diperhatikan ya, ketika Anda menggunakan getah bunga kamboja, sangat disarankan untuk tidak mengenai permukaan kulit lainnya!

6. Kulit pisang

Selain daging buahnya yang begitu nikmat dan memberikan manfaat, ternyata kulit pisang juga dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan tahi lalat pada kulit. Hal ini disebabkan karena kulit pisang mengandung enzim yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Cara menggunakannya dengan mengoleskan kulit pisang pada bagian kulit tubuh yang terdapat tahi lalat. Anda juga harus melakukan perawatan ini secara rutin guna menghilangkan tahi lalat.

7. Yodium

Yodium merupakan pilihan yang pas bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, karena tidak akan memberikan efek terbakar seperti cuka apel dan bawang putih. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan mengoleskan yodium langsung pada tahi lalat dan dilakukan 3x sehari. Lakukan perawatan ini setiap hari ya.

8. Minyak jarak dan baking soda

Campurkan terlebih dahulu 2 sendok makan minyak jarak dan 1 sendok makan baking soda. Aduk hingga merata hingga membentuk sebuah pasta. Setelah itu oleskan sedikit ke area tahi lalat dan biarkan selama beberapa jam atau endapkan selama semalam sebelum di cuci pada pagi harinya.

Tahi lalat sendiri juga dapat tercipta karena seringnya penggunaan kosmetik, oleb sebab itu Anda dapat menghilangkannya dengan cara berikut ini:

  • Tabir Surya

Tabir surya mempunyai kandungan yang disebut dengan zinc oxide yang memiliki fungsi untuk menyamarkan tahi lalat secara perlahan, dengan catatan kamu harus melakukannya secara rutin untuk menghilangkan tahi lalat akibat kosmetik.

  • Vitamin C

Vitamin C mengandung sebauh enzim yang berguna untuk mencegah pembentukan melanin yang mana dapat memudarkan tahi lalat.

  • Retin A

Pergunakanlah krim malam yang memiliki kandungan Retin A guna memudarkan tampilan tahi lalat yang disebabkan karena penggunaan kosmetik.

  • Peeling kimiawi

Gel atau krim peeling memiliki kandungan glycolic acid dan trichloroacetic acid (TCA) yang berguna untuk mengelupas kulit mati dan juga untuk merangsang pembentukan sel kulit baru. Peeling kimiawi ini juga efektif untuk memudarkan tahi lalat yang disebabkan karena penggunaan kosmetik.

  • Serum Pencerah

Serum ini mempunyai bahan aktif yang berguna memudarkan tahi lalat berupa flek, bekas luka, jerawat dan lain-lain secara efektif.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.