Cara Mengobati Asam Lambung

obat asam lambung atau obat maag

Asam lambung atau maag adalah salah satu penyakit yang banyak di derita oleh orang di dunia. Asam lambung atau maag juga adalah penyakit yang disebabkan karena produksi asam lambung yang berlebih. Ketika maag kambuh biasanya disebabkan karena pola makan kita yang tidak teratur atau telat makan. Biasanya penderita dari penyakit maag ini biasanya mengalami rasa sakit yang luar biasa karena asam lambung tersebut naik hingga ke kerongkongan.

Ada begitu banyak cara untuk mengobati maag secara alami. Akan tetapi, ada banyak orang yang lebih memanfaatkan obat-obatan untuk mengatasi penyakit asam lambung, padahal kita tahu bahwa bahan dasar pembuatan obat-obatan tersebut juga mengandung bahan kimia yang pastinya dapat memberikan efek buruk apabila dikonsumsi dalam jangka panjang dan terus-menerus. Apabila Anda memiliki masalah atau menderita penyakit asam lambut, cepat obati penyakit tersebut dan jangan pernah menganggap remeh sakit maag. Hal ini juga dapat berakibat fatal apabila dibiarkan tanpa adanya penanganan yang baik dan tepat dari Anda.

Untuk mengobati penyakit maag atau asam lambung ini, sangat Bebasjerawat.info sarankan untuk memilih pengobatan alami. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek kecanduan dari konsumsi obat apabila Anda mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia serta keamanan untuk organ dalam tubuh karena bahan alami sudah pasti minim efek samping berbahaya selama pemakaian sesuai dengan takaran yang disarankan. Daripada makin penasaran, berikut ini beberapa cara alami menyembuhkan penyakit asam lambung:

Cara Mengobati Asam Lambung / Maag

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang mempunyai begitu banyak manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan. Lidah buaya adalah tanaman yang terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan rambut dan ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat lain untuk menyembuhkan penyakit maag secara alami.

Cara mengolahnya cukup mudah, yakni membuat jus lidah buaya dan konsumsi setelah bangun tidur, penyakit maag Anda akan berangsur sembuh. Kandungan dari lidah buaya juga berguna untuk meredam inflamasi yang terjadi di lambung Anda.

2. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang sangat terkenal akan manfaatnya untuk menghangatkan tubuh kita. Selain bermanfaat sebagai penghangat tubuh, ternyata jahe mempunyai khasiat lain yakni dapat mengobati asam lambung atau maag. Dengan cara mengkonsumsi jahe dapat membantu tubuh kita untuk menetralisir asam lambung yang mana asam lambung tidak naik.

Cara konsumsi jahe sebagai obat asam lambung cukup mudah, yakni dengan mengambil 2-4 gram jahe saja. Ingat! Jangan melebihi dosis yang sudah dituliskan, hal ini untuk menghindari dampak buruk untuk penyakit maag Anda.

3. Cuka Sari Apel

Bahan satu ini memang dikenal sebagai obat hipertensi atau penurun kolesterol. Akan tetapi, ternyata cuka sari apel juga bagus untuk mengatasi penyakit asam lambung kita lho. Terlepas dari rasanya yang begitu asam, cuka sari apel ternyata dapat menyediakan cairan yang dibutuhkan tubuh di dalam perut kita.

Cara menggunakan cuka sari apel sebagai obat asam lambung cukup mudah, yakni dengan menyediakan 1 sendok makan cuka sari apel dan campurkan dengan secangkir air untuk mengurangi kadar asam dari cuka sari apel tersebut. Apabila Anda tidak ingin merasakan rasa asam dari cuka sari apel, Anda dapat menambahkan 1 sendok teh madu. Konsumsi 3X dalam sehari dapat membantu kita mengurangi efek asam lambung yang kurang nyaman pada perut kita serta menghilangkan menetralkan tingginya asam lambung kita.

4. Pisang

Selain mengandung serat yang cukup tinggi dan baik untuk melancarkan proses pencernaan kita, ternyata pisang juga membantu kita untuk meredam produski asam lambung yang berlebih karena kandungan zat Antasida yang terdapat pada pisang. Tetapi, perlu juga diperhatikan bahwa tidak semua orang dapat atau cocok dengan mengkonsumsi buah pisang sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit asam lambung mereka. Apabila dirasa penyakit Anda menjadi lebih parah dari sebelumnya, hentikan konsumsi buah pisang dan cobalah untuk menggunakan alternatif sehat lainnya yang dapat membantu mengobati penyakit asam lambung Anda.

5. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempahan yang memiliki sumber manfaat yang baik untuk mengobati penyakit asam lambung secara alami. Anda dapat membuat jamu ataupun obat maag dengan merebus kunyit yang sudah dicincang dengan 1,5 gelas air. Rebuslah kurang lebih sampai 15 menit. Setelah itu tambahkan gula merah ataupun madu agar rasanya enak. Setelah itu saringlah rebusan tersebut dan minumlah.

6. Putih Telur

Putih telur rebus merupakan salah satu pilihan yang baik untuk mengatasi masalah asam lambung Anda. Tetapi perlu diingat untuk selalu menghindari konsumsi kuning telur, hal ini dikarenakan lemak yang terkandung dalam kuning telur sangat tinggi yang dapat memperparah kondisi tubuh Anda yang sedang sakit asam lambung.

7. Meminum Air Lemon Hangat

Lemon merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang berguna untuk mengobati asam lambung walaupun banyak orang yang takut untuk mencobanya. Lemon sendiri mempunyai rasa asam yang cukup berbahaya apabila dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Akan tetapi, lemon juga dapat menjadi salah satu bahan pendetoksifikasi tubuh, lemohn juga akan secara alami dapat menetralkan asam lambung dan menyembuhkan penyakit maag kita selama kita dapat mengkonsumsinya dengan jumlah dan takaran yang pas.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.