Cara Meninggikan Badan

Posted on

cara meninggikan badan

Tidak dapat dipungkiri bahwa mempunyai tinggi badan menjulang merupakan dambaan bagi setiap orang. Hal ini juga terpicu karena orang-orang menilai bahwa seseorang akan lebih menarik apabila mempunyai tinggi badan yang ideal. Contohnya seperti model-model papan atas yang mempunyai gaya berjalan yang anggun diatas catwalk ataupun atlet-atlet olahraga yang tampak gagah dengan tinggi badan yang menjulang.

Akan tetapi, tidak semua orang diberi tinggi badan yang menjulang atau keinginan. Jadi, bagi Anda yang ingin meninggikan badan tetapi masih bingung bagaimana cara meninggikan badan dengan cepat dan tepat, BebasJerawat.info akan memberikan informasi yang dapat membantu Anda untuk cara meninggikan badan secara cepat, praktis dan pastinya aman untuk kesehatan tubuh kita. Baca sampai tuntas ya, karena ini penting!

Apakah Tinggi Badan Saya Dibawah Normal?

Sebetulnya, melakukan penilaian apakah seseorang mempunyai tinggi badan yang berada dibawah normal atau tidak merupakan suatu hal yang terbilang cukup susah. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki persepsi atau pandangan tersendiri mengenai standar tinggi badan idealnya. Secara teoritis, seseorang yang sudah beranjak dewasa dapat dikatakan mempunyai tinggi badan dibawah normal apabila mereka mempunyai tinggi badan dibawah 147cm.

Ada begitu banyak faktor penyebab kenapa seseorang memiliki tinggi badan dibawah normal. Nahhh, pada pembahasan selanjutnya, Anda akan mengetahui berbagai macam penyebab utama kenapa seseorang mempunyai tinggi badan dibawah normal.

Penyebab Tinggi Badan Dibawah Normal

tinggi badan

Setelah Anda mengetahui apa itu yang dimaksud dengan tinggi badan dibawah normal, tentu saja kita akan membahas topik selanjutnya yakni apa saja yang menjadi penyebab dari seseorang mempunyai tinggi badan dibawah normal. Nah, dibawah ini Anda dapat menemukan sendiri faktor-faktor apa saja yang menyebabkan seseorang ataupun Anda mempunyai tinggi badan dibawah normal.

1. Faktor Genetik

Genetik atau faktor keturunan merupakan penyebab yang paling lumrah terjadi dikalangan masyarakat kenapa seseorang memiliki tinggi badan dibawah normal. Ketika seseorang mempunyai orang tua dengan tinggi badan pendek, maka sangat besar kemungkinan bahwa keturunan atau anaknya akan mempunyai tubuh yang pendek juga. Walau demikian, Anda tidak perlu khawatir apabila memang tubuh Anda tidak tinggi karena hal ini sangatlah normal dan wajah terjadi.

Baca juga: manfaat daun jambu biji & cara menghilangkan komedo

2. Pengaruh Hormon

Berbagai macam hormon yang terdapat di dalam tubuh kita ternyata juga dapat memberikan pengaruh terhadap tinggi badan kita. Ketika Anda mempunyai tinggi badan yang pendek, maka bisa dikatakan bahwa Anda memiliki hormon insulin yang tinggi, Akan tetapi kekurangan hormon pertumbuhan (growth hormone). Untuk dapat mengurangi hormon insulin serta meningkatkan hormon pertumbuhan, Anda sangat disarankan untuk memperhatikan mengenai pola makan serta konsumsi makanan yang mempunyai protein yang tinggi.

3. Hypotiroidisme

Hypotiroidisme adalah salah satu kondisi yang mana menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang mempunyai tinggi badan yang pendek. Hypotiroidisme sendiri adalah kondisi dimana tubuh seseorang kekurangan hormon tiroid. Karena rendahnya kadar hormon tiroid tersebut, tubuh menjadi susah menyerap nutrisi. Karena hal inilah membuat pertumbuhan tulang dan otot tidak maksimal, sehingga seseorang memiliki tinggi badan dibawah rata-rata.

4. Kekurangan Gizi

Kekurangn gizi atau biasa dikenal dalam dunia medis disebut malnutrisi, faktor keempat ini juga bisa dikatakan menjadi penyebab utama kenapa seseorang mempunyai tinggi badan dibawah normal. Kondisi ini terjadi ketika tubuh seseorang tidak mendapatkan asupan nuturisi yang cukup dari konsumsi makanannya, yang mana dapat membuat kinerja seluruh tubuh menjadi tidak maksimal. Agar dapat menghindari kekurangan gizi ini, pastikanlah bahwa Anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan mineral dan vitamin yang tinggi seperti daging, buah, dan sayur-sayuran dan pastinya makanan lain yang kaya akan karbohidrat.

Baca juga: cara memutihkan wajah & cara menurunkan berat badan

5. Penyakit

Selain dari faktor yang sudah dibahas diatas, ternyata ada juga tubuh yang pendek karena suatu penyakit. Penyakit ini cukup banyak diderita oleh seseorang dengan tinggi badan dibawah rata-rata, penyakit ini disebut dengan achondroplasia. Penyakit ini menyerang tulang yang menyebabkan tulang tubuh kita tidak dapat berkembang secara normal dan optimal, sehingga tubuh menjadi sulit tinggi.

Penyakit ini juga dapat terjadi karena faktor genetik. Bukti nyata dan fakta dilapangan menyatakan sekitar 80% penderita achondroplasia mempunyai orang tua dengan tinggi badan dibawah normal atau dibawah rata-rata.

Cara Meninggikan Badan Dengan Makanan

Meninggikan badan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya yang paling mudah dan pasti akan kita lakukan yakni makan, perhatikan selalu makanan yang akan Anda konsumsi. Ternyata, ada beberapa makanan yang dapat memberikan manfaat untuk meninggikan badan apabila kita konsumsi secara rutin. Penasaran apa saja makanan yang dapat meninggikan badan Anda? Pada ulasan dibawah ini, Anda akan dapat menemukan berbagai macam informasi yang sangat bermanfaat yang dapat Anda terapkan guna meninggikan badan Anda. Berikut cara meninggikan badan dengan makanan!

1. Susu

susu

Mungkin bagi Anda yang sudah sering kali mendengar mengenai saran dari orang lain bahwa susu adalah minuman yang wajib untuk Anda konsumsi guna meninggikan badan. Saran tersebut memang tidak salah, hal ini disebabkan karena susu dapat membantu Anda untuk meninggikan badan. Susu sendiri mengandung kalsium, protein, mineral, dan juga vitamin D yang bermanfaat untuk menyehatkan tulang Anda.

Seperti yang sudah Anda ketahui, protein dan juga kalsium pada susu sangatlah bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Sementara itu, vitamin D pada susu berguna untuk memaksimalkan proses penyerapan kalsium yang kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Oleh sebab itulah, sangat kami sarankan untuk Anda mengkonsumsi susu setidaknya 2 gelas/hari untuk meninggikan badan Anda.

2. Daging Ayam

Sama halnya seperti susu, daging ayam adalah salah satu makanan yang mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Seperti yang telah dijelaskan diatas, protein merupakan salah satu senyawa yang baik untuk memicu proses pertumbuhan tulang. Apabila Anda mempunyai tulang yang tumbuh sehat dan optimal, sudah pasti Anda akan memiliki tubuh yang menjulang tinggi. Para ahli juga mengatakan bahwa apabila Anda ingin meninggikan atau menaikkan berat badan, maka Anda setidaknya harus mengkonsumsi 50 gram daging ayam per harinya.

Yang perlu dicatat dan diketahui adalah akan sangat jauh lebih baik apabila Anda mengolah ayam yang akan Anda konsumsi dengan cara dipanggang dan direbus daripada digoreng. Hal ini disebabkan karena, ayam yang diolah dengan cara digoreng akan meningkatkan jumlah lemak dan juga kalori dalam ayam tersebut yang mana dapat membuat kita beresiko terkena obesitas di masa depan.

Baca juga: ciri kanker serviks & cara menghilangkan ketombe

3. Kedelai

Bagi Anda yang memang suka atau pecinta makanan dari bahan dasar kedelai seperti tempe, tahu ataupun susu kedelai, maka Anda dapat berbahagia karena makanan dengan bahan dasar kedelai dapat meninggikan tinggi badan Anda. Makanan dengan bahan dasar kedelai mempunyai protein, vitamin, folate, dan juga serat yang cukup tinggi. Kadar protein yang terdapat didalam kedelai dapat membantu kita untuk meningkatkan proses pertumbuhan tulang serta menambah massa otot tubuh kita. Sehingga tubuh kita akan menjadi lebih tinggi dan juga padat.

Sama halnya seperti ayam, Anda juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi minimal 50 gram kedelai per harinya. Mengingat begitu banyak jenis makanan dengan bahan dasar kedelai di Indonesia, sudah pasti tidak akan sulit untuk Anda mengkonsumsi setidaknya 50 gram kedelai per harinya bukan?

4. Telur

telur

Kalau kita berbicara mengenai protein dari suatu makanan, sudah pasti telur adalah salah satu makanan yang akan menjadi target kita. Yap benar, telur adalah makanan dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, telur juga memiliki kandungan Vitamin D dan juga kalsium yang berguna untuk memberikan nutrisi pada otot dan juga tulang kita.

Inilah alasan utama kenapa banyak sekali atlit ataupun binaragawan jarang atau bahkan sangat menghindari untuk mengkonsumsi kuning telur, hal ini disebabkan karena kuning telur mengandung lemak yang cukup tinggi. Bagi Anda yang ingin meninggikan badan namun tidak menggendutkan tubuh, Anda hanya perlu mengkonsumsi bagian putih telurnya saja. Apalagi, bagian putih telur juga bagian telur yang mengandung protein paling banyak. Sangat dianjurkan untuk Anda mengkonsumsi setidaknya 2-4 butir telur per hari agar tinggi badan Anda bertambah lebih cepat.

5. Wortel

Walaupun tidak memberikan efek secara langsung, akan tetapi mengkonsumsi wortel secara rutin ternyata dapat membantu kita dalam meninggikan badan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa wortel merupakan makanan yang mengandung Vitamin A yang sangatlah tinggi. Vitamin A sendiri berguna untuk membantu penyerapan kalsium dari makanan yang ada didalam tubuh kita, sehingga nantinya organ tubuh kita terutama tulang dan otot mendapatkan sari manfaat dari kalsium yang terserap secara maksimal. Apabila proses penyerapan ini berjalan dengan baik dan lancar, tentu saja tinggi badan kita akan naik secara cepat.

Baca juga: gejala diabetes & manfaat minyak zaitun

6. Pisang

pisang

Bagi Anda yang suka sekali dengan buah pisang, maka Anda dapat tersenyum lebar karena ternyata buah pisang merupakan salah satu buah yang dapat membantu Anda meninggikan badan lho. Hal ini juga didasari karena pisang mengandung senyawa yang disebut potassium yang sangat tinggi. Nah berikut beberapa manfaat buah pisang untuk meninggikan badan Anda:

  • Pisang mempunyai kandungan kalsium yang berguna untuk memicu proses pertumbuhan tulang kita.
  • Pisang juga mempunyai kandungan pottasium yang berguna untuk memaksimalkan proses penyerapan kalsium dalam tubuh kita.
  • Pisang juga mengandung senyawa yang disebut mangan yang cukup tinggi. Mangan sendiri sangatlah berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan juga membantu mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh kita.

7. Kerang

Salah satu makanan laut yang terbilang cukup mudah untuk kita dapatkan di Indonesia ini juga bermanfaat untuk membantu Anda meninggikan badan. Hal ini disebabkan karena kerang mengandung protein yang begitu tinggi yang bagus untuk membantu proses pertumbuhan tulang serta menambah kepadatan tulang Anda. Tidak hanya itu saja, berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat di kerang juga sangat membantu untuk menjunjang kesehatan kita secara keseluruhan. Untuk dapat meninggikan badan Anda, sangat disarankan untuk Anda mengkonsumsi 1200 mg kalsium setiap harinya.

8. Sayuran Berdaun Hijau

Sayur-sayurang yang mempunyai daun hijau seperti okra, bayam, brokoli, dan lobak juga sangat membantu Anda untuk meninggikan badan. Berikut ini beberapa manfaat sayuran berdaun hijau untuk meninggikan tubuh Anda:

  • Brokoli mengandung kalsium yang berguna untuk membantu proses pertumbuhan tulang kita. Selain itu, kandungan vitamin C dan juga zat besi pada brokoli dapat memaksimalkan proses penyerapan kalsium dalam tubuh kita.
  • Okra juga mengandung protein, serat, dan juga karbohidrat yang dapat membantu kita untuk memaksimalkan proses tumbuh kembang tulang kita.
  • Lobak dan bayam mempunyai berbagai macam mineral serta nutrisi yang dapat memicu produksi hormon pertumbuhan (growth hormone) dalam tubuh kita.

9. Yogurt

yogurt

Yogurt adalah makanan hasil olahan susu yang berguna untuk meninggikan badan Anda. Yogurt mengandung protein dan juga kalsium yang sangat tinggi, yang membuat yogurt sangatlah berguna untuk memicu serta menyokong proses pertumbuhan tulang. Tidak hanya itu saja, yogurt juga memiliki kandungan Vitamin A, B, D, dan E yang berguna untuk membantu proses penyerapan kalsium serta nutrisi dari makanan yang ada didalam tubuh kita.

Yogurt juga mempunyai kandungan probiotik yang snagatlah tinggi. Probiotik atau yang biasa kita sebut dengan bakteri baik akan dapat membantu kita dalam proses penyerapan kalsium dari makanan yang ada didalam tubuh kita. Untuk mendapatkan manfaat secara optimal dari yogurt guna meninggikan badan, sangat disarankan untuk Anda mengkonsumsi 2 mangkuk yogurt setiap harinya secara rutin hingga tubuh Anda menjadi lebih tinggi.

Cara Meninggikan Badan Melalui Aktivitas dan Kebiasaan Sehari-Hari

Selain dari cara mengkonsumsi makanan dengan tinggi mineral dan protein, meninggikan badan juga wajib dilakukan bersamaan dengan berbagai macam aktivitas atau kebiasaan sehari-hari. Dengan berjalan beriringan dan seimbang, proses pertumbuhan tinggi badan Anda juga akan menjadi lebih cepat dan baik. Apa saja aktivitas dan kebiasaan-kebiasaan itu? Berikut cara meninggikan badan dengan aktivitas dan kebiasaan sehari-hari:

1 Tidurlah Dengan Waktu yang Cukup

Mungkin dari kita berpikir apa hubungan waktu tidur yang cukup dengan meninggikan badan? Memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur sangat membantu kita meninggikan badan karena tubuhmu akan tetap bekerja meski kita sedang tertidur. Penelitian dari US National Library of Medicine National Institute of Health menyatakan bahwa hormon pertumbuhan akan bekerja secara optimal ketika manusia tertidur. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk mempunyai jam tidur yang cukup.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bagaimana struktur atau postur tidur Anda yang baik dan ideal. Apabila tidur akan sangat baik apabila Anda tidur dengan posisi berbaring lurus. Selain itu, Anda juga harus meninggikan sedikit posisi lutut dengan menaruh bantal dibawah lutut Anda, yang mana bertujuan untuk memberikan posisi tulang punggung dalam kondisi dan posisi ideal.

Baca juga: manfaat teh hijau & manfaat daun kelor

2. Biasakan Berdiri dan Duduk Dengan Postur Tubuh Yang Benar

Apakah Anda mempunyai kebiasan membungkuk ketika sedang duduk atau berdiri? Apabila iya, segeralah untuk merubah kebiasaan buruk tersebut mulai detik ini atau sekarang. Berdiri atau duduk dalam keadaan bungkuk dapat memberikan efek negatif pada pertumbuhan tulang belakang Anda di kemudian harinya lho. Selain itu, ketika kita berdiri dan duduk dalam keadaan bungkuk, sudah pasti kita akan terlihat tidak menarik dimata orang lain.

Membiasakan diri untuk selalu duduk atau berdiri pada posisi tegak akan mendapatkan manfaat untuk menjaga kesehatan dan juga memicu proses pertumbuhan tulang belakang yang mana bertujuan untuk meninggikan badan. Manfaat lain dari tubuh yang tegak adalah Anda akan terlihat menarik serta gagah dimata orang.

3. Lakukanlah Peregangan Tubuh Secara Berkala

Melakukan kebiasaan kecil seperti meregangkan tubuh akan sangat bermanfaat untuk meninggikan badan. Ketika Anda melakukan sebuah peregangan, sudah pasti otot-otot tubuh akan ikut tegang, terutama otot yang berada pada bagian tulang bekalang dan hal ini dapat membuat rileks. Tidak hanya itu, peregangan juga dapat membuat tulang belakang ikut meregang dan membantu Anda menjadi lebih tinggi.

Anda dapat melakukan sebauh peregangan dimana saja dan kapan saja. Caranya juga mudah cukup rentangkan kedua tangan ke atas ketika Anda sedang duduk dalam waktu yang lama dan lakukan peregangan ini secara berkala setiap harinya dan pastinya rutin ya.

4. Olahraga

Ini mungkin merupakan tips yang sering Anda dengar dan lihat di berbagai macam media informasi cetak maupun digital ataupun dari mulut ke mulut. Akan tetapi, memang pada kenyataannya melakukan beberapa jenis olahraga secara rutin dapat membantu Anda meninggikan bada. Beberapa olahraga yang mungkin dapat Anda manfaatkan untuk meninggikan badan sebagai berikut:

  • Berenang adalah salah satu olahraga yang dapat membuat seluruh otot tulang pada kaki dan tangan meregang. Karena meregangnya pada otot-otot inilah yang dapat membuat tubuhmu menjadi lebih tinggi
  • Sama halnya seperti berenang, dengan berolahraga seperti basket dapat membantu Anda meninggikan badan karena otot-otot tulang Anda ikut meregang terutama pada bagian kaki dan tangan. Rutin melakukan olahraga basket dapat meningkatkan tinggi badan Anda.
  • Bersepeda juga bagian olahraga yang dapat meninggikan badan karena dapat meregangkan otot-otot tulang belakang dan juga kaki, yang mana membuat tubuh menjadi lebih tinggi.

Nahhh, sekarang Anda sudah banyak mengetahui berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan untuk meninggikan badan. Selamat mencoba cara-cara diatas dan semoga artikel untuk dapat menjadi referensi sekaligus bermanfaat untuk Anda! Jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat dan juga jangan lupa share pengalamanmu di kolom komentar BebasJerawat.info.