Ciri-Ciri Kanker Payudara

Ciri-ciri kanker payudara dari BebasJerawat.info

Rasa sakit pada payudara sudah pasti menjadi salah satu bentuk kekhawatiran tersendiri bagi kita sebagai perempuan. Ditambah lagi dengan adanya benjolan di sekitar area payudara baik itu kecil, sedang ataupun besar. Hal tersebut juga dapat dicurigai sebagai salah satu ciri-ciri kanker payudara.

Kanker payudara sendiri merupakan penyakit ganas yang terjadi pada jaringan payudara yang berasal dari epitel duktus atau lobulusnya. Dan ini dapat tumbuh pada bagian kelenjar susu, saluran susu, jaringan ikat, ataupun jaringan lemak pada payudara kita. Ada sekitar 190.000 perempuan yang telah di diagnosis menderita penyakit kanker payudara setiap tahunnya. Negara kita mempunyai kasus penyakit kanker payudara dengan prevelensi tertinggi.

Dan juga lebih dari 80% kasus dari penyakit kanker payudara ditemukan pada tingkat stadium lanjut yang wajib membutuhkan upaya pengobatan. Oleh karena itu perlu adanya pemahaman secara mendetail bagi para wanita untuk mengetahui ciri-ciri kanker payudara sehingga dapat melakukan upaya pencegahan dan pengobatan sedini mungkin. Karena angka kematian yang disebabkan oleh kanker payudara sebesar 12,9% dari angka kasus berbagai macam jenis kanker yang ada di dunia ini dan itu sangat tinggi. Lantas apa saja ciri-ciri kanker payudara tersebut? Simak informasinya di bawah ini ya teman-teman.

Ciri-ciri Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang mempunyai ciri khusus dan dapat diketahui dengan jelas dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Berikut ini ciri-ciri kanker payudara yang timbul apabila seseorang menderita kanker payudara.

1. Tekstur berubah

Pada umumnya, payudara yang normal mempunyai ciri khusus seperti tidak ada kerutan, cenderung halus dan juga permukaannya rata. Akan tetapi, bagaimana bila tekstur tersebut berubah dan tidak sesuai dengan payudara normal? Jadi begini teman-teman, salah satu ciri-ciri kanker payudara adalah adanya perubahan tekstur payudara itu sendiri. Penderita kanker payudara mempunyai tekstur payudara yang keras seperti kulit jeruk.

Tidak hanya itu saja, tekstur juga akan berubah menjadi lebih berkerut dan memiliki warna sedikit hitam dan tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, kamu sebagai seorang wanita yang memiliki payudara harus melakukan yang namanya pemeriksaan secara rutin terhadap payudaramu sendiri, apakah ada perubahan bentuk atau tidak.

2. Terdapat benjolan

Kebanyakan wanita yang mendapati benjolan pada payudaranya akan emrasakan sakit pada payudara mereka. Benjolan itu juga dapat berupa kanker, munculnya benjolan pada payudara wanita merupakan salah satu ciri-ciri kanker payudara yang wajib untuk kamu waspadai.

Benjolan pada payudara tidak selalu dapat dijadikan indikator bahwa seseorang sedang terjangkit kanker payudara, bisa saja benjolan tersebut ada karena perubahan dari kista jinak atau faktor lainnya. Pasalnya, tanpa adanya benjolan tersebut pada payudara, seseorang dapat menderita kanker payudara.

Meski demikian, benjolan yang ada pada payudara tetap harus kita waspadai. Untuk mencegah timbulnya benjolan tersebut, kamu dapat melakukan beberapa hal seperti menghindari konsumsi minuman beralkohol, menambah jumlah konsumsi makan untuk sayur dan buah, hindari merokok, lakukan juga olahraga secara rutin dan sebagainya.

3. Keluar cairan kuning

Tidak heran apabila seorang wanita panik ketika keluarnya cairan selain ASI dari puting payudaranya. Pada penderita kanker payudara, apabila puting ditekan akan mengeluarkan cairan berwarna kuning seperti nanah. Oleh sebab itulah, untuk kamu mencoba meneka puting denganlembut dan periksa, apakah puting kamu mengeluarkan cairan atau tidak selain ASI.

Akan tetapi, tidak semua cairan yang dikeluarkan oleh puting payudara kita merupakan gejala kanker payudara. Bisa saja disebabkan karena beberapa faktor seperti payudara sedang mengalami infeksi, cedera ataupun tumor jinak. Walau begitu, kamu harus tetap siaga dan waspada terutama bila cairan yang dikeluarkan dari puting payudara bercampur dengan darah. Apabila hal tersebut terjadi, dengan sangat segera untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

4. Benjolan di ketiak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, seorang penderita kanker payudara akan mengalami dimana muncul benjolan pada payudaranya. Namun, tidak hanya itu saja. Kanker yang sudah mulai menyebar akan dapat menciptakan benjolan pada bagian tubuh lainnya seperti di ketiak. Benjolan yang muncul pada bagian ketiak terjadi karena adanya pembesaran kelenjar getah bening. Apabila muncul benjolan di bawah ketiak, itu adalah salah satu bentuk indikasi dari ciri-ciri kanker payudara yang paling umum terutama ketika terdapat benjolan pada ketiak seorang wanita.

Adapun tanda atau ciri khusus pada benjolan di ketiak apabila itu merupakan ciri dari kanker payudara, kamu dapat melihat melalui segi umur benjolan yang mana benjolan tersebut bertahan lama karena kanker tumbuh lambat, adanya alergi obat (ketika kamu mengalami alergi terhadap obat, segera lakukan konsultasi ke dokter), warna (kulit pada ketiak tidak mengalami perubahan warna menjadi merah), karakteristik benjolan pada ketiak cenderung lebih keras dan tetap pada tempatnya.

Jadi intinya, apabila kamu mengalami benjolan pada ketiak sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan diatas, dengan segera lakukan pemeriksaan kesehatan, jika memungkinkan lakukan juga pemeriksaan dengan USG.

5. Warna berubah

Tidak hanya adanya benjolan pada payudara dan perubahan bentuk, ciri ciri kanker payudara yang lain adalah adanya perubahan warna pada payudara kita. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa perubahan warna pada payudara juga dapat terjadi akibat kanker payudara. Payudara yang berubah warna menjadi merah karena mengalami pembengkakan atau payudara menjadi hitam semakin gelap. Perubahan warna yang terjadi pada kulit payudara sudah mengalami infeksi sel kanker sehingga jaringan pada kulit mulai merasakan akibatnya seperti warna dan juga dapat mengelupas apabila dibiarkan dalam waktu yang cukup lama. Lakukan pemeriksaan payudara kamu di depan cermin, dan lihatlah apakah ada warna yang mencurigakan pada payudara kamu atau tidak.

6. Bentuk puting berubah

Jika kamu melihat suatu keanehan yang terjadi pada bentuk payudara kamu, maka ada baiknya kamu segera melakukan pemeriksaan. Hal ini disebabkan karena perubahan bentuk puting pada payudara menjadi salah satu ciri-ciri kanker payudara yang kedua bagi penderita kanker payudara.

Kanker payudara sendiri kerap memengalami perubahan pada puting. Periksa juga payudara kamu, apakah ada perubahan yang aneh pada payudara seperti rasa gatal, seakan-akan seperti terbakar dan juga puting seperti tertarik ke dalam atau menjadi merah serta bersisik.

Perubahan bentuk akibat kanker payudara biasanya terjadi dari yang sebelumnya mancung menjadi tengkulai ke arah bawah. Perubahan bentuk pada puting payudara kita tidak hanya terjadi pada satu bagian saja, akan tetapi keduanya. Oleh sebab itulah, lakukan pemeriksaan dengan seksama pada kedua bagian payudaramu. Karena hal ini dapat kita gunakan sebagai patokan mengenai indikasi seseorang menderita kanker payudara atau tidak.

7. Keluar darah

Keluarnya darah pada puting juga menjadi salah satu bentuk ciri-ciri kanker payudara yang sangat wajib untuk diperhatikan. Hal ini harus kamu waspadai dengan benar, karena tidaklah normal apabila puting kamu ketika mengeluarkan cairan seperti darah padahal kamu tidak dalam keadaan hamil atau menyusui.

Kondisi dimana mengeluarkan darah secara tiba-tiba pada puting payudara dan kamu sendiri sedang tidak dalam keadaan hamil ataupun menyusui merupakan bentuk dari ciri-ciri kanker payudara yang dapat dikategorikan dalam tahap kronis. Apabila kamu mengalami peristiwa tersebut, ada baiknya untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter. Sehingga ada penanganan tepat dan cepat pada payudara kamu.

8. Terdapat lesung

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kanker payudara tidak selalu ditandai dengan adanya benjolan pada payudara. Adanya cekungan seperti lesung pipi pada payudara juga bisa menjadi salah satu indikasi seseorang menderita kanker payudara. Banyak sekali wanita di dunia terutama di Indonesia yang tidak memahami bahwa lesung pipi yang ada pada payudara merupakan salah satu gejala dari kanker payudara karena pada kenyataannya bahwa beberapa wanita baru mengetahui ciri kanker payudara setelah mereka melakukan konsultasi dengan dokter.

Dalam kasus ini, sangat disarankan oleh BebasJerawat untuk Anda melakukan pemeriksaan USG guna memastikan ada tidaknya kanker pada payudara kamu. Tidak hanya itu, ada beberapa gejala lain yang mungkin perlu Anda waspada seperti:

  1. Sebagian besar area payudara kamu membengkak dan memiliki warna merah.
  2. Munculnya kerutan kecil seperti kulit jeruk pada area payudara kamu.
  3. Apabila puting ditarik, puting tidak kembali ke dalam bentuk normalnya dan malah mengendur.
  4. Munculnya rasa sakit yang tidak umum ketika puting ditarik.
  5. Adanya pembengkakak di area ketiak.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.