Makanan Penyubur Kandungan

16 makanan penyubur kandungan

Setiap pasangan yang sudah menikah yang ada di dunia ini pasti sudah merencanakan kapan mereka hendak mempunyai sang buah hati, ada pasangan yang ingin cepat memiliki momongan setelah menikah namun ada pula yang menunggu bertahun-tahun karena belum juga mendapat sang buah hati. Apabila Anda merasa susah untuk mendapatkan momongan mungkin Anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan penyubur kandungan di bawah ini.

Salah satu cara yang dapat di tempuh untuk menyuburkan kandungan sang ibu adalah dengan mengkonsumsi makanan penyubur kandungan. Ada beberapa jenis sayuran dan buah yang dapat menjadi solusi untuk Anda coba, apabila dikonsumsi untuk pria tentu akan menjadi makanan yang dapat menyuburkan sperma dengan baik, begitu pula untuk wanita yang akan menyuburkan kandungan mereka.

Cara ini dapat Anda gunakan sebagai salah satu alternatif solusif karena Anda juga harus tetap melakukan pemeriksaan medis ke dokter kandungan mengenai masalah kenapa susah hamil yang Anda dan pasangan Anda alami saat ini.

Ingin segera memiliki momongan? Apabila jawaban Anda “iya” maka simaklah informasi dan penjelasan tentang makanan penyubur kandungan di bawah ini.

Makanan Penyubur Kandungan

Makanan Penyubur Kandungan

1. Daging

Bahan makanan yang satu ini memang mudah sekali untuk kita jumpai dan jenis pengolahannya pun dapat kita kreasi dengan berbagai macam ragam kesenangan kita. Anda juga dapat memilih berbagai macam jenis daging mulai dari daging ayam, daging kambing, atau daging sapi yang rendah lemak.

Daging menjadi salah satu bahan konsumsi yang disarankan karena mengandung banyak sekali protein serta zat besi, tetapi Anda juga tidak boleh mengkonsumsi daging sapi dalam jumlah yang berlebih seperti lebih dari tiga porsi sehari. Karena menurut penelitian terlalu banyak mengkonsumsi daging malah dapat menurunkan tingkat kesuburan kita.

2. Kurma madu

Mungkin diantara kita masih banyak yang belum mengetahui apa sih kurma madu itu? Kurma madu adalah kurma yang belum matang atau setengah matang, kurma ini masih segar karena belum mengalami masa atau proses pengeringan seperti kurma pada umumnya,

Ternyata, kurma madu dapat membantu kita menyuburkan kandungan. Hal ini diperkuat karena kandungan hormon botosin yang ada dalam kurma madu. Hormon ini mempunyai peran penting dalam menaikkan gerak peristaltik dalam uterus dan darah sehingga dapat meningkatkan kesuburan rahim bagi calon ibu.

3. Berbagai produk susu dan turunannya

Meminum susu memang bisa dikatakan menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan karena segudang manfaat yang dikandungnya. Saat ini, susu menjadi objek utama pengolahan dengan berbagai macam jenisnya dengan masing-masing manfaat, seperti yogurt, keju, ataupun es krim.

Untuk susu penyubur kandungan, BebasJerawat.info ingin memberitahu kepada Anda untuk memilih jenis susu yang memiliki kandungan rendah lemak atau lebih baik lagi yang bebas lemak.

4. Ikan

Kandungan yang terdapat pada ikan yang dapat meningkatkan kesuburan kandungan Anda adalah asam lemak omega-3. Kandungan ini banyak sekali ditemukan pada ikan sarden, salmon dan ikan lele. Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 12 ons setiap minggunya karena dikhawatirkan ikan tersebut sudah terkontaminasi dengan zat berbahaya dari air seperti merkuri yang berlebih.

Apabila Anda termasuk dalam golongan yang tidak suka mengkonsumsi ikan namun Anda ingin tetap mendapatkan kandungan DHA atau asam lemak omega-3. Anda dapat mengkonsumsi kacang kenari, kacang almond dan telur sebagai penggantinya.

5. Tiram

Kalau sudah berbicara makanan laut yang satu ini, siapa sih yang tidak suka? Selain rasanya yang lezat, ternyata tiram sendiri dapat meningkatkan kesuburan terutama bagi kaum hawa. Ini disebabkan karena kandungan zinc atau seng yang tinggi pada tiram, kandungan ini jugalah yang penting untuk ovulasi dan menghasilkan sel telur yang normal.

Selain itu, mengkonsumsi pada masa kehamilan atau mengandung dapat membantu proses pertumbuhan serta perkembangan jani menjadi lebih optimal. Hal ini juga dikarenakan kandungan DHA yang ditemukan pada tiram. Tiram sendiri juga baik untuk ibu hamil dan menyusui karena dapat meningkatkan fungsi kognitif bayi dan meningkatkan perkembangan sang buah hati.

Perlu juga diingat bahwa memilih tiram segar dan berkualitas sangatlah penting. Alasan utama kenapa ini perlu diperhatikan karena dikhawatirkan bahwa tiram yang akan kita konsumsi telah terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya dari air. Jadi sangat diperlukan sebuah perhatian khusus untuk masalah ini, karena semua kembali lagi pada diri kita sendiri sebagai orang yang akan menkonsumsinya.

BUKU BESTSELLER PANDUAN CARA CEPAT HAMIL!!!

Buku Panduan cepat hamilDitulis langsung oleh dr. Rosdiana Ramli, SpoG. Dokter spesialis kandungan yang sudah membantu banyak suami-istri untuk mendapatkan momongan.

Bonus dari Pembelian Sekarang:

  • GRATIS Konsultasi
  • GRATIS 30 tablet suplemen kesuburan (untuk dikonsumsi selama sebulan)
  • GRATIS 3 buah alat test pack
  • GRATIS Daftar Lengkap Klinik Infertilitas se-Indonesia

»Harga buku DISKON 50%«

6. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Sebagai rakyat Indonesia yang umum mengkonsumsi nasi putih yang sejatinya mengandung karbohidrat olahan hasil dari pengolahan padi, mungkin disarankan untuk beralih konsumsi ke makanan biji-bijian yang mengandung karbohidrat kompleks.

Contohnya Anda dapat mengkonsumsi roti gandum, nasi merah, sereal dengan biji-bijian utuh karena makanan tersebut memiliki bahan dasar biji-bijian yang mempunyai kandungan penting untuk kesuburan seperti zat besi, vitamin B dan antioksidan.

Selain itu, mengkonsumsi karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah dalam tubuh kita yang dapat mengganggu siklus menstruasi serta mengganggu hormon reproduksi. Padahal, kedua hal tersebut harus dapat berjalan normal atau semestinya apabila Anda ingin hamil.

7. Tumbuhan berprotein

Tidak hanya wajib memenuhi kebutuhan asupan tubuh dengan protein yang berasal dari hewani saja, kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi tumbuhan sebagai sumber protein nabati agar bisa menjaga tingkat keseimbangan protein dalam tubuh kita.

Oleh sebab itulah Anda harus memulai untuk mengkonsumsi tumbuhan tinggi protein seperti kedelai yang di dapat melalui tempe dan tahu, kacang tanah atau kacang polong. Makanan ini tergolong mudah untuk kita temukan di berbagai macam tempat seperti di pasar ataupun supermarket, dan dengan harga jual murah membuat Anda bisa membelinya lebih sering.

Menurut sebuah penelitian yang sudah dilakukan bahwa mengkonsumsi protein nabati dan hewani dapat meningkatkan kesuburan seseorang, jadi silahkan coba cara alternatif makanan penyubur kandungan ini sebagai usaha yang positif.

8. Makanan dengan vitamin c

Selain dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kita, ternyata vitamin C merupakan salah satu senyawa nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesuburan. Memang benar bahwa makanan penyubur kandungan ini tak hanya membantu proses pelepasan sel telur dan meningkatkan pembuahan saja.

Akan tetapi, makanan yang mengandung vitamin C tinggi juga dapat meningkatkan kualitas sperma kaum adam karena dapat menurunkan potensi penggumpalan sperma. Lantas apa saja jenis buah yang mempunyai vitamin C tinggi? Anda dapat menemukan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk, jambu biji, kiwi, anggur, nanas, mangga, stroberi, pepaya, leci, markisa, sukun, belimbing, lemon, melon, alpukat dan sebagainya.

9. Konsumsi makanan dengan kandungan seng

Seng atau zinc adalah zat yang berguna karena memiliki peran untuk memperlancar siklus menstruasi serta dapat meningkatkan kualitas produksi sel telur.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa seng atau zinc merupakan kandungan yang tinggi yang dapat Anda temukan pada tiram. Tetapi, apabila Anda tidak dapat menemukan tiram dengan kualitas bagus untuk dikonsumsi, Anda dapat menggantinya dengan daging sapi, susu, ayam, telur dan makanan dari biji-bijian.

10. Buah berry

Raspberry dan blueberry memiliki kandungan antioksidan alami dan fitonutrien anti-inflamasi, yang berguna untuk membantu meningkatkan kesuburan wanita dan juga pria. Buah berry sendiri kaya akan kandungan asam volat dan vitamin C yang berguna untuk perkembangan janin. Tidak hanya itu saja, kandungan serat pada buah berry juga baik untuk membantu menurunkan berat badan, karena wanita yang memiliki berat badan ideal cenderung lebih sedikit mengalami masalah pada kehamilannya.

11. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan folat dan juga vitamin K yang dapat membantu proses serap nutrisi secara efektif dan efisien yang sekaligus menjaga keseimbangan hormon tubuh. Alpukat juga memiliki kandungan potasium yang tinggi, yang berguna untuk mengatur tingkat tekanan darah kita.

12. Coklat

Hayo ngaku, siapa diantara kita yang tidak suka coklat? Makanan yang satu ini selain dapat meningkatkan mood juga dapat menjadi makanan penyubur kandungan yang efektif. Hal ini disebabkan karena senyawa yang bernama Phenylethylamine, Phenylethylamine sendiri adalah senyawa yang dapat meningkatkan gairah dan mood kita.

Akan tetapi, coklat yang baik untuk dikonsumsi dengan tujuan menyuburkan kandungan adalah dark chocholate. Hal ini disebabkan karena coklat jenis itu tidak mengandung banyak pemanis. Apabila Anda suka dengan coklat yang manis, itu tidak masalah selama dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan karena dapat menambah berat badan Anda.

13. Jus ajaib cepat hamil

Mungkin ini bisa menjadi salah satu poin yang membuat Anda akan tertarik. Ada beberapa paduan buah serta sayur yang dapat Anda jadikan jus penyubur kandungan. Salah satunya adalah campuran jus antara buah pisang, apel dan juga madu.

Cara Pembuatan:

  1. Siapkan terlebih dahulu 50 gram apel dan pisang matang, 1 sendok madu dan 100 ml air matang.
  2. Potong buah pisang dan apel menjadi potongan kecil, masukkan ke dalam blender dengan air dan haluskan.
  3. Setelah itu tuang pada gelas, dan tambahkan madu. Aduklah hingga merata.
  4. Jus ini siap untuk dikonsumsi.

Selain campuran dengan bahan diatas, Anda juga dapat menggunakan campuran seperti tomat merah dan wortel. Cara membuatnya juga sama seperti metode diatas. Sedangkan untuk para pria, Anda dapat mengkonsumsi jus apel dan semangka dengan takaran dan cara pengolahan yang sama.

Jus ajaib ini dapat Anda konsumsi 2X sehari, pada pagi dan sore hari.

14. Telur

Salah satu makanan sebagai lauk pauk yang sangat populer bagi sebagian orang ini merupakan salah satu makanan penyubur kandungan yang efektif dan Anda juga dapat mengkonsumsinya setiap hari.

Kandungan omega-3 yang terdapat pada telur sangatlah tinggi dan sangat dibutuhkan tubuh guna menginatkan hormon estrogen. Dimana hormon estrogen sendiri adalah hormon kewanitaan yang akan membuat hormon reproduksi kita jauh lebih subur dan sehat.

15. Asparagus

Bagi Anda yang tidak mengetahui apa itu Asparagus, Asparagus merupakan sejenis sayuran yang kerap digunakan sebagai bahan makanan. Tumbuhan yang memiliki ciri warna hijau ini kaya akan kandungan vitamin C-nya.

Bagi pria, mengkonsumsi tanaman Asparagus dapat meningkatkan jumlah spermanya. Vitamin C yang terdapat pada Asparagus juga dapat melindungi sel sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

16. Daun bayam

Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa sayurang berwarna hijau yang satu ini memiliki sumber nutrisi dan vitamin yang sangatlah penting untuk tubuh kita. Salah satu kandungan penting yang terdapat pada bayam adalah asam folat yang dapat mencegah kerusakan sperma.

Sperma yang rusak tentu saja akan sangat sulit untuk mencapai sel telur untuk dibuahi. Apabila sperma yang sudah dalam keadaan tidak normal atau rusak dapat membuahi sel telur ada kemungkin atau berpotensi membuat bayi lahir dalam keadaan tidak normal atau cacat.

Sekian informasi mengenai jenis makanan penyubur kandungan yang dapat Anda pergunakan sebagai alternatif. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan masa menstruasi atau haid yang tidak normal juga dapat mencoba salah satu makanan di atas sebagai makanan penyubur kandungan setelah haid.

Konsumsilah salah satu makanan diatas sebagai makanan penyubur kandungan yang pas buat Anda selama 3-12 bulan sesuai dengan anjuran dokter kandungan yang Anda konsultasikan. Anda juga dapat meminta saran mengenai vitamin ataupun multivitamin yang tepat untuk menutupi kekurangan dari nutrisi makanan yang Anda konsumsi.

Selama masa menyuburkan kandungan, ada baiknya bila Anda tidak mengkonsumsi makanan cepat saji, kafein, makanan dengan lemak jenuh yang tinggi, makanan mentah, makanan laut dengan kandungan merkuri tinggi, dan produk olahan susu yang belum mengalami pasteurisasi.

Meski ada beberapa ahli yang belum dapat membuktikan secara pasti mengenai makanan dengan kesuburan atau kehamilan, tidak ada salahnya bukan untuk kita berusaha atau ber-ikhtiar. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda.