Manfaat Air Kelapa

manfaat air kelapa

Air kelapa tidak lagi menjadi salah satu minuman mewah yang ada pada kalangan masyarakat Indonesia. Air yang memiliki rasa manis ini hampir ada di setiap daerah di manapun di seluruh indonesia ataupun di luar negeri. Minuman menyegarkan ini juga telah lama menjadi ikon dan populer di daerah tropis seperti Indonesia, India, Afrika, dan Pesisir Brazil.

Meski minuman yang satu ini memiliki harga yang tergolong murah dan mudah didapat, ternyata minuman yang satu ini memiliki segudang manfaat lho. Dikutip melalui laman Wikipedia, dalam 100 ml air kelapa, ternyata terdapat sekitar 19 kalori. Komposisi yang terkandung dari air kelapa terdiri dari 95% air, 4% karbohidrat, dan masing-masing protein serta lemak dengan jumlah dibawah 1%. Jangan lupa bahwa mineral dan vitamin yang terapat pada air kelapa memiliki nilai jumlah yang signifikan meski masih di bawah rata-rata angka 10% dari nilai kebutuhan gizi harian tubuh manusia.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Dengan kandungan gizi yang beragam dan begitu banyak yang ada pada air kelapa, tidak heran apabila air kelapa mempunyai “posisi tersendiri” bagi para penikmatnya. Berikut ini 10 manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh kita.

1. Membantu menurunkan berat badan

Dalam 1 gelas air kelapa yang setara dengan 240 ml air. Terdapat sekitar 45 kalori, dan ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Academy of Nutrition and Dietetics. Air kelapa sendiri adalah minuman yang memiliki rasa manis setara dengan jus dan soda, namun memiliki manfaat yang jauh lebih baik daripada kedua minuman tersebut. Hal ini disebabkan karena kandungan pada air kelapa lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada jus dan soda. Tidak hanya itu saja, air kelapa juga mengandung sebauh mineral dan elektrolit seperti kalium dan natrium yang baik untuk tubuh.

Alasan utama kenapa air kelapa dapat menurunkan berat badan kita karena air kelapa memiliki nilai kalori yang jauh lebih rendah daripada soda. Dikutip melalui laman Livestrong, jila 1,5 kg massa tubuh setara dengan 3500 kalori, mengkonsumsi air kelapa dalam waktu 1 minggu untuk menggantikan soda yang mempunyai nilai kalori 151 kalori perl 30 ml soda, maka akan membantu Anda menurunkan berat badan hingga hampi 1 kg massa tubuh selama 1 tahun.

Meski kalori dari air kelapa sangat rendah, akan tetapi kandungan gulanya cukup tinggi, yakni sekitar 6,3 gr dalam 240 ml air atau 1 cangkir. Meski kandungan gula yang ada pada air kelapa masuk dalam jenis gula alami, terlalu sering mengkonsumsi gula justru dapat meningkatkan risiko menambahnya berat badan dan mengalami obesitas.

Sebisa mungkin, hindarilah konsumsi air kelapa yang merupakan produk dari suatu perusahaan. Hal ini biasanya disebabkan karena produk perusahaan ditambahkan gula buatan. Usahakan untuk mengkonsumsi air kelapa asli hal ini dikarenakan jumlah kandungan gula yang ada pada air kelapa asli masih dalam batas wajah konsumsi harian kita.

2. Membantu mencegah diabetes

Manfaat kedua dari air kelapa adalah mencegah diabetes. meski minuman air kelapa tergolong manis ternyata masih dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes. Tetapi, perlu diketahui dan diingat bahwa air kelapa mengandung sebesar 15% fruktosa serta 35% sukrosa dan 50% glukosa. Penderita penyakit diabetes diperbolehkan mengkonsumsi air kelapa ketika kondisi gula darah dalam tubuh mereka dalam keadaan yang normal.

Menurut laman Stylecraze, air kelapa mempunyai indeks glikemik yang rendah yang mana masih dapat dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini juga disebabkan karena air kelapa mempunyai kandungan yang cukup baik guna mengatur kadar gula daarah. Tidak hanya itu, air kelapa juga mempunyai banyak serat dan pH basa yang sangat baik untuk menyeimbangkan jumlah produksi asam dalam tubuh kita.

Meski demikian, air kelapa sangat tidak dianjurkan dikonsumsi setiap hari bagi penderita diabetes. meski kandungan fruktosa pada air kelapa tergolong kecil, akan tetapi tetap dapat mempengaruhi gula darah dalam tubuh. Jadi, kapankah dan seperti apa takaran dan waktu Anda berhenti mengkonsumsi air kelapa bagi penderita diabetes?

Stylecraze menyatakan bahwa konsumsi air kelapa yang diperbolehkan hanya sebesar 250 ml dalam sehari. Konsumsi air kelapa yang melebihi dari jumlah yang sudah disarankan ditakutkan dapat memberikan efek negatif pada gula darah Anda dan dapat meningkatkan gula darah menjadi semakin tinggi.

3. Menurunkan tekanan darah

Pada umumnya tekanan darah tinggi sangat sulit untuk dikontrol. Metode pengobatan yang sering dipergunakan untuk penderita darah tinggi adalah dengan melakukan pengontrolan untuk semua asupan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh mereka.

Air kelapa memiliki kandungan gula, natrium, kalium, kalsium, vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. Menurut UC Cooperative Extension, air kelapa telah menjadi asupan yang wajib bagi mereka para atlet karena kandungan air kelapa sangatlah baik bagi kesehatan tubuh daripada minuman lainnya.

Kandungan kalium pada air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium dapat membantu kita menyeimbangkan jumlah natrium dalam tubuh kita serta membantu meningkatkan fungsi tubuh. American Heart Association sangat menyarankan beberapa sayuran yang kaya akan kandungan kalium dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi.

Terdapat sebuah studi yang objek utamanya adalah air kelapa dan dikutip melalui Livestrong, bahwa air kelapa mempunyai efek baik bagi tekanan darah, hal ini dikarenakan air kelapa dapat menurunkan tekanan sistolik sebesar 71% dan juga tenakan diastolik sebanyak 29%.

4. Mengganti elektrolit tubuh yang hilang

Air kelapa sendiri memiliki 5 komponen alami elektrolit yang sangat dibutuhkan tubuh kita, yakni kalium, natrium, kalsium, fosfor, dan juga magnesium. Untuk perbandingan bahwa kalium yang ada pada air kelapa lebih tinggi daripada kalium yang ada pada satu buah pisang. Kalium sendiri adalah komponen penting yang berguna untuk menjaga jantung dan juga fungsi otot tubuh, serta melancarkan pencernaan kita.

Tidak hanya itu saja, karbohidrat yang terkandung pada air kelapa jauh lebih sedikit yakni hanya 4,5% daripada air isotonik yang dapat mencapai 6 sampai 8%. Dilakukanlah sebuah studi yang melakukan perbandingan antara air, air kelapa, dan juga air isotonik dengan efek dari proses pengeluaran cairan dalam tubuh. Dalam studi tersebut mendapatkan hasil bahwa tidak ada perbedaan antara jumlah natrium serta pengeluaran urin dalam ketiga caira tersebut. Namun, orang-orang yang diikutkan dalam studi sebagai partisipan yang mengkonsumsi air kelapa mengaku bahwa mereka kenyang lebih lama daripada partisipan lain yang mengkonsumsi air dan air isotonik.

5. Membantu detoksifikasi tubuh

Tubuh manusia atau tubuh kita mempunyai sebuah kemampuan detoksifikasi yang baik apabila ditunjang dengan asupan nutrisi dan juga air yang cukup. Apabila kebutuhan tersebut tidak bisa dipenuhi, secara otomatis tubuh akan membentuk racun yang kemudian akan dapat merusak fungsi ginjal dan hati, kedua organ ini adalah 2 bagian penting bagi tubuh manusia karena mereka dapat bekerja secara efektif apabila di dalam tubuh kita terdapat sejumlah air yang cukup.

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan, kurangnya daya konsentrasi, lekas marah, dan pastinya rasa haus yang parah. Gejala-gejala ini biasanya timbul akibat ketidakmampuan ginjal kita melaksanakan fungsinya untuk membuang racun dalam tubuh.

Pada umumnya, manusia minimal mengkonsumsi 2 liter air per-harinya agar tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan detoksifikasi. Air kelapa memiliki 95% komposisi air yang mana dapat menurunkan risiko terkena dehidrasi. Tidak hanya itu, air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit yang sangat diperlukan tubuh, yang mana memiliki fungsi sebagai pembantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh kita.

6. Sangat bagus untuk ibu hamil

Memang benar bahwa air kelapa dapat memberikan energi serta elektrolit pada tubuh. Air kelapa akan dapat membantu tubuh menggantikan cairan yang hilang. Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat mengenai air kelapa untuk ibu hamil, misalnya mitos yang pertama, yaitu air kelapa memiliki kandungan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Dilansir melalui laman Mom Junction, Ketika seorang wanita dalam keadaan hamil sudah pasti akan membutuhkan semua nutrisi dan juga mineral dalam jumlah yang cukup. Namun, tidak ada satupun makanan yang dapat menyediakan semua kebutuhan mineral dan nutrisi tersebut secara langsung bagi ibu hamil, termasuk air kelapa. Cara terbaik untuk mendapatkan kebutuhan mineral dan nutrisi adalah dengan mengkombinasikan berbagai macam jenis makanan dan juga minuman.

Mitos kedua adalah air kelapa mampu membuat kulit bayi menjadi lebih sehat dan bersih. Faktanya, sebanyak apapun wanita hamil atau ibu hamil mengkonsumsi air kelapa, hal tersebut tidak akan memberikan dampak pada kulit dan kesehatan sang bayi. Kesehatan bayi itu semua tergantung pada asupan apa yang dikonsumsi sang ibu selama masa hamilnya.

Mitos ketiga, yakni air kelapa mampu membantu proses pertumbuhan rambut janin. Banyak sekali orang yang percaya bahwa mengkonsumsi air kelapa dapat membantu sang buah hati memiliki rambut lebat ketika terlahir. Akan tetapi, tidak ada hubungannya antara pertumbuhan rambut janin dan konsumsi air kelapa.

Meski demikian, ada beberapa keuntungan yang sangat-sangat membantu bagi ibu hamil dengan mengkonsumsi air kelapa selama masa kehamilannya. Apa saja keuntungannya? Mencegah gangguan penceranaan bagi sang bunda, mencegah terjadinya infeksi, menjaga kesehatan jantung sang bunda, menjaga tingkat kestabilan berat badan, dan yang terakhir adalah mempercepat proses pertumbuhan janin.

7. Baik untuk kulit dan rambut

Air kelapa merupakan salah satu bahan alami yang secara meluas telah dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Hal ini disebabkan karena air kelapa tidak memberikan efek samping berbahaya bagi tubuh dan mudah untuk ditemukan.

Selain kandungannya yang baik bagi organ dalam tubuh kita, ternyata air kelapa juga baik untuk kesehatan rambut dan kulit kita lho. Air kelapa mempunyai kandungan asam laurat yang tinggi, yang mana mengandung antimikroba yang mampu melindungi kulit dari infeksi serta mencegah dari jerawat. Tidak hanya itu saja, air kelapa juga mengandung protein yang bernama sitokin yang mempunyai fungsi untuk membentuk serta mengaktifkan sel baru.

Dilansir dari laman thegreentribe.com, air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang disertai dengan vitamin C yang tinggi. karena kandungan inilah yang membuat air kelapa dapat membantu kita mencegah kulit rusak karena sinar matahari. Vitamin C juga dapat membantu proses permbentukan kolagen, yakni protein yang bermanfaat untuk membuat kulit kita menjadi lebih elastis dan kencang, dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, usapkan air kelapa pada kulit Anda dan biarkan selama 20 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air.

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit saja, ternyata air kelapa juga dapat menghaluskan rambut. Air kelapa juga dapat membantu kita dalam menghitamkan rambut dan menghindarkan rambut dari kekeringan. Air kelapa juga mengandung vitamin K dan zat besi. Vitamin K sendiri dapat membantu memanjangkan rambut dan juga dapat mengatasi rambut rontok.

Selain itu, asam laurat yang ada pada air kelapa ternyata juga dapat membantu menghilangkan ketombe dari rambut dan kulit kepala serta menguatkan akar rambut. Untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, cukup pijat rambut dan kulit kepala Anda dengan air kelapa dan diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

8. Sangat baik untuk pencernaan

Apabila Anda cukup sering mengalami masalah dengan pencernaan, air kelapa dapat menjadi solusi baik untuk mengatasi masalah Anda. Karena tingginya kandungan serat pada air kelapa, minuman segar ini dapat membantu mencegah sembelit dan juga penyakit maag menyerang Anda.

Selain itu, air kelapa juga memiliki berbagai macam jenis enzim, seperti asam folat, fosfat, diastase, dan katalase yang memiliki fungsi untuk melancarkan serta mempermudah proses cernah dalam tubuh kita.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.