Manfaat Buah Alpukat

manfaat buah alpukat

Siapa diantara kita yang belum mengenal buah alpukat dan darimana asalnya? Buah yang memiliki kulit berwarna hijau serta daging buah yang berwarna kekuningan ini berasal dari Amerika tengah dan Meksiko, dan sekarang buah alpukat banyak dibudidayakan di Amerika Selatan. Pertanyaan selanjutnya, seberapa seringkah Anda mengkonsumsi alpukat? Lantas apakah Anda pernah mengkonsumsi alpukat karena sengaja ingin mengambil manfaat alpukat yang begitu luar biasa? Ternyata ada begitu banyak hal dari manfaat alpukat yang wajib kita gali lebih jauh karena si buah yang memiliki bentuk seperti buah pear ini ternyata mempunyai segudang manfaat!

Buah alpukat sendiri sudah sejak lama diketahui sebagai salah satu makanan diet yang baik untuk diet harian kita. Dalam 100 gram buah alpukat yang dikonsumsi dapat memberikan 8,5 gram karbohidrat total serta serat dengan jumlah 6,7 gram. Selain itu, buah alpukat juga mengandung sekitar 160 kalori yang didapatkan dari karbohidrat, protein, lemak serta alkohol. Buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin A, C, D, E, K serta serangkaian vitamin B yang baik untuk kebutuhan tubuh kita.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Dengan sejumlah kandungan gizi yang ada pada alpukat, apa saja sih manfaat alpukat yang dapat kita peroleh melalui konsumsinya? Berikut ini manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh kita.

1. Membuat kenyang sehingga dapat membantu menjaga nafsu makan

Stereotip selama ini dikalangan masyarakat kita menganggap bahwa bauh alpukat adalah salah satu buah yang harus dihindari untuk pelaku diet karena kadnungan lemaknya yang tinggi, yakni sekitar 22 gram per 100 gram alpukat. Padahal, jenis lemak yang terkandung di dalam buah alpukat bukanlah jenis lemak tak jenuh atau mono unsaturated fat.

Sebenarnya, menambahkn buah alpukat sebagai salah satu menu makanan diet Anda dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga dapat menurunkan nafsu makan Anda. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi pada buah alpukat, rendah karbohidrat, serta tidak menaikkan kadar gula darah kita.

Tidak hanya itu saja, telah dilakukan sebauh studi yang telah dipublikasikan oleh Journal of The American Heart Association dengan melakukan pengamatan pada 45 orang obesitas dengan tingkat kolesterol yang berbeda-beda selama 5 minggu. 45 orang tersebut diberikan berbagai macam tips diet yang berbeda menjadi 3 kelompok, kelompok pertama diet rendah lemak, kelompok kedua diberikan tips diet dengan jumlah lemak moderate (sedang), dan kelompok ketiga diberikan tips diet tinggi lemak (diberikan asupan alpukat).

Yang lebih mengejutkan adalah hasil yang diberikan dari penelitian ini membuktikan bahwa kelompok tiga atau orang dengan diet tinggi lemak yang diberikan asupan buah alpukat dalam menunya, mengalami penurunan kolesterol sebesar 13,5 mg/dL, yang seperti kita ketahui bahwa hal ini dapat menurunkan risiko sakit jantung secara signifikan.

2. Baik untuk dikonsumsi penderita diabetes

Sudah menjadi keharusan bagi penderita diabetes untuk tetap menjaga asupan makanan mereka dengan kadar gula yang rendah. Perlu diketahui bahwa makanan ataupun minuman manis, serta buah-buahan dan juga produk peternakan, akan diubah menjadi gula selama proses pencernaan, yang mana ini membuat kadar gula darah kita selalu naik setiap kali kita selesai makan.

Berdasarkan studi dari United States Department of Agriculture, satu buah alpukat yang memiliki ukuran sedang mengandung setidaknya 17 gram karbohidrat dan sekitar 250-300 kalori. Orang-orang yang tengah melakukan diet dapat menambahkan alpukat sebagai menu makan untuk diet mereka karena jumlah kalori dari buah alpukat masih dapat ditoleransi oleh tubuh.

American Diabetes Association menyatakan bahwa orang-orang sebaiknya lebih jeli dalam memperhatikan jenis lemak yang mereka konsumsi daripada jumlah lemak yang mereka konsumsi. Asam lemak tak jenuh atau monounsaturated fatty acid yang terkandung di dalam buah alpukat merupakan jenis lemak baik yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita, sehingga dapat membantu menurunkan risiko pasien terkena penyakit jantung.

Sebuah studi yang dipaparkan umum oleh Journal of The American Board of Family Medicine mengatakan bahwa serat dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan juga kadar hemoglobin A1C pada pasien diabetes. Tidak hanya itu saja, Nutrition Journal juga menyatakan bahwa mengkonsumsi setengah buah alpukat pada makan siang kita, dapat membantu seseorang mereasa kenyang selama kurang lebih 5 jam ke depan.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan jendela dunia kita. mata juga adalah sepasang organ tubuh yang dapat menunjukkan pribadi kita. Penglihatan kita juga tergantung pada kapiler darah kecil yang menyuplai nutrisi dan juga oksigen ke retina serta bagian mata yang lainnya. Sebagian besar penelitian telah menyatakan bahwa mengkonsumsi vitamin E, Vitamin C, beta-karotin atau lutein dan zeaxanthin dapat membantu kita menurunkan risiko degenerasi pada mata akibat penambahan umur.

Buah alpukat mengandung karotenoid seperti beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein. Tidak hanya itu, sejumlah lemak yang terkandung pada alpukat juga diketahui dapat membantu proses penyerapan karotenoid dari sayur dan buah yang berawarna orange cerah serta kuning seperti tomat ataupun wortel.

Buah alpukat juga mengandung pigmen karotenoid, alpukat juga memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin E. Vitamin E memiliki manfaat untuk membantu kita mencegah radikal bebas, sedangkan vitamin C membantu vitamin E untuk kembali menjadi antioksidan baru. Dalam 1 buah alpukat, terdapat kurang lebih sekitar 25-30 persen vitamin C dan juga vitamin E. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung zat besi atau zinc yang dapat mencegah pembentukan katarak mata.

4. Sehat untuk dikonsumsi wanita hamil

Masa kehamilan merupakan waktu yang wajib untuk Anda memulai gaya hidup yang sehat. Apabila sebelumnya Anda dapat mengkonsumsi makanan apapun untuk mengenyangkan perut Anda, maka ketika masa kehamilan, Anda wajib untuk benar-benar menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Alpukat dapat digolongkan menjadi salah satu “buah terkaya” di dunia. Meski bentuknya tidak begitu besar, alpukat mengandung berbagai macam senyawa baik seperti mineral, serat, vitamin, dan antioksidan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan harian ibu hamil.

Dalam 1/2 cup potongan alpukat, 59 μg (mikrogram) asam folat yang terkandung didalamnya. Asam folat sendiri memiliki manfaat untuk mencegah komplikasi seperti anemia, depresi, insomnia, mood swings, dan juga preeclampsia atau yang biasa dikenal sebagai tekanan darah naik disertai dengan munculnya protein pada urin.

Tidak hanya tinggi asam folat saja, buah alpukat juga mengandung sejumlah vitamin yang lengkap seperti vitamin C, E, K, B1, B2, dan B6 yang sangat berguna untuk masa pertumbuhan janin. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa 1 cup alpukat dapat mengandung senyawa kolin sebesar 22mg yang dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan saraf otak janin.

5. Menjaga kesehatan gigi kita

Buah alpukat bukan lagi buah yang memiliki nilai nominal mahal sekarang. Buah ini bisa Anda dapatkan kapanpun dan dimanapun dengan harga yang dapat dijangkau oleh kantung masyarakat Indonesia sekarang. meski demikian, khasiat buah alpukat ini ternyata tidak dapat begitu saja Anda remehkan. Alpukat mengandung serat prebiotik yang dapat berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Serat tersebut adalah makanan bagi bakteri probiotik yang ada pada mulut dan gusi kita. Kesehatan pencernaan sangatlah penting untuk kesehatan seluruh tubuh kita.

Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa alpukat mengandung lebih banyak serat daripada buah-buahan lainnya. Alpukat juga kaya akan kandungan asam lemak yang dapat membantu kita menyerap vitamin seperti E dan K1. Lemak ini juga bisa membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University menyatakan bahwa nutrisi yang ada pada alpukat dapat membantu menyerang sel kanker mulut serta mencegah perkembangan sel pra-kanker yang akan menjadi sel kanker mulut. Penelitian ini juga mengatakan bahwa fitokimia yang terkandung pada buah alpukat dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker tanpa harus merusak sel normal pada jaringan tubuh kita.

6. Menjaga kesehatan tulang

Alpukat mengandung sejumlah nutiris yang baik untuk kesehatan tubuh kita, contohnya seperti vitamin K, Vitamin K sendiri dapat membentuk osteoklas apabila bersinergi dengan vitamin D, osteoklas sendiri adalah zat yang memiliki fungsi sebagai pengganti sel tulang lama menjadi sel-sel baru. Alpukat juga mengandung vitamin D yang mempunyai fungsi penting dalam pencegah terjadinya kerusakan pada tulang kita.

Buah alpukat juga mengandung aktioksidan penting seperti vitamin C dapat membantu membentuk kolagen, yaitu protein yang sangat dibutuhkan agar tulang kita tetap kuat dan sehat. Meski hal ini baru terungkap melalui penelitian selama beberapa dekade terakhir, nyatanya, sejak 8000 SM, masyarakat Aztec sudah menggunakan buah alpukat sebagai bahan pengobatan segala macam penyakit.

7. Melindungi liver dari penyakit

Alpukat merupakan makanan yang sangat baik untuk pasien dengan gangguan hati atau liver. Buah dengan daging kekuningan dan kulit hijau ini memiliki sejumlah nutrisi yang sangat baik sekali untuk tubuh kita. Buah ini juga mengandung antioksidan serta anti-inflamasi yang mempu membantu menjaga fungsi kerja liver kita.

Alpukat sendiri juga kaya akan kandungan vitamin E dan C. Kedua vitamin tersebut merupakan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas. Deaktivasi radikal bebas yang berbahaya pada liver akan membantu menjaga sel liver kita dari kerusakan. Tidak hanya itu saja, buah ini dapat membantu tubuh kita memproduksi anitoksidan yang bisa kita sebut dengan glutathione, Glutathione sendiri adalah antioksidan yang sangat duibutuhkan oleh tubuh guna menyaring substansi yang berbahaya serta menjaga sel liver dari kerusakan.

Manfaat Alupkat Untuk Kecantikan

Buah alpukat ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita saja, alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan hingga tidak salah apabila beberapa produsen kosmetik dunia memasukkan alpukat sebagai bahan utama dalam komposisi pembuatan produk kecantikannya. Apa saja sih manfaat alpukat untuk kecantikan? Simak informasinya dibawah ini:

1. Menghaluskan Kulit dan Mencerahkan

Manfaat Alpukat sudah dikenal sejak lama, ada begitu banyak manfaat yang ada pada kandungan buah yang satu ini kencantikan. Buah alpukat juga berguna untuk menghaluskan kulit serta mencerahkan kulit. Dapat Anda lihat melalui produk kencantikan masa kini yang memanfatkan buah alpukat sebagai bahan dasar sebagai produk kecantikannya.

2. Melindungi kulit dari penuaan dini

Kandungan vitamin C dan E yang ada pada buah alpukat dapat membantu kita mencegah kulit dari keriput serta penuaan dini. Banyaknya radikal bebas yang ada pada sekitar kita dapat membuat kulit menjadi lebih cepat keriput. Karena hal inilah banyak sekali para ahli kecantikan dunia memanfaatkan buah alpukat sebagai masker serta lulur kulit.

Jadi bagaimana? Masih ada keraguan di pikiran Anda setelah membaca semua informasi mengenai manfaat alpukat ini? Oh iya, alpukat juga dapat membantu menyembuhkan gejala asam urat, menurunkan berat badan kita, dan yang terpenting adalah rasanya yang enak dan nikmat! Punya rekomendasi lain mengenai cara menikmati buah alpukat dengan tetap sehat? Beritahu kami dan para pembaca lainnya di kolom komentar dibawah ini ya!

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.