Manfaat Bawang Putih

manfaat bawang putih

Allium sativum merupakan bahasa ilmiah untuk bawang putih yang mana adalah tanaman yang masuk dalam keluarga Amaryllidaceae dan genus allium yang masih kerabat dekat dengan bawang bombay, bawang merah, bawang daun dan berbagai macam jenis bawang lainnya. Berdasarkan sejarah panjangnya, bawang putih sudah dipergunakan sebagai bahan bumbu masakan dan juga obat-obatan sejak 7000 tahun yang lalu. Bawang putih sendiri memiliki ciri khusus yang membuatnya mudah sekali untuk ditandai seperti umbi yang memiliki warna puith, dan aroma yang begitu menyengat hidung. Aroma yang dikeluarkan oleh bawang putih sendiri terdiri dari 33 jenis senyawa sulfur yang terkandung di dalam umbinya lho.

Selain sulfur, ternyata bawang putih mengandung berbagai macam senyawa aktif yang baik untuk tubuh seperti serat, protein, vitamin A, B1, C, senyawa enzim, dan mineral yang terdiri dari tembaga, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, zinc, selenium, dan 200 senyawa kimia lainnya. Lantas apa saja sih manfaat bawang putih untuk kesehatan ataupun kecantikan? Simaklah penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Melindungi organ hati

Hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang mana memiliki fungsi sebagai penetral racun. Penelitian yang telah di publikaskan oleh Sener et al padah tahun 2005 menyatakan bahwa bawang putih mampu menangkal dari pengaruh buruk obat-obatan kimia dan nikotin dengan melakukan perasangan produksi senyawa glutathione.

Senyawa glutathione adalah senyawa yang dapat dihasilkan oleh organ hati yang mana memiliki fungsi dalam proses detoksifikasi racun dalam tubuh kita. Apabila Anda menyayangi hati Anda, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak ragu lagi memasukkan bawang putih sebagai salah satu resep makanan Anda sehari-hari.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang memiliki peringkat tertinggi dari penyebab kematian atau angka rata-rata kematian yang disebabkan karena penyakit jantung menjadi nomor 1 di dunia. Jumlah penduduk Amerika yang meninggal karena penyakit jantung lebih banyak daripada orang yang meninggal dalam perang dunia ke-2.

Penyakit jantung sendiri kebanyakan disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat, konsumsi makanan yang tidak baik untuk kesehatan dan kurangnya aktifitas tubuh. Sebuah penelitian yang ada di India menyebutkan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa mereka yang tidak diberi asupan makan bawang putih setiap harinya, mempunyai angka kematian 2X lebih tinggi daripada mereka yang rajin mengkonsumsi bawang putih.

3. Mengobati diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit metabolisme yang banyak sekali menyerang masyarakat dewasa saat ini. Penyakit ini juga biasa disebut dengan penyakit kencing manis yang ditandai dengan hilangnya kontrol tubuh terhadap gula darah dalam darah dan ketidaknormalan fungsi insulin. Insulin sendiri adalah hormon yang dihasilkan dari sel beta pankreas yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah karena kadar gula yang tinggi dalam darah dapat merusak jaringan tubuh manusia.

Ohaeri et al melakukan sebuah penelitian di tahun 2001 dan melaporkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah secara mengejutkan. Penelitian lain yang dilakukan oleh Eidi pada tahun 2016 juga menyatakan bahwa ekstrak dari bawang putih dapat meningkatkan serum insulin dalam tubuh manusia.

Oleh sebab itulah mengapa bawang putih disimpulkan dapat mencegah terjadinya diabetes dan bahkan senyawa yang ada pada bawang putih sangat efektif dari efek glibenclamide yang mana salah satu obat yang sering sekali dikonsumsi penderita diabetes.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Apabila Anda salah satu penderita penyakit hipertensi tentu saja sudah sangat tidak asing lagi dengan umbi tanaman herbal yang satu ini bukan? Benar, bawang putih sangat populer sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan pada tahun 2006, Capraz et al menyatakan bahwa bawang putih adalah tanaman herbal yang mempunyai efektifitas yang tinggi untuk terapi. Selain itu, Benevides et al juga melakukan sebuah penelitian pada tahun 2006 dan menyatakan bahwa senyawa polisufida pada bawang putih dapat merangsang pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi) dan menurunkan tekanan diastol. Tidak hanya itu saja, ekstrak dari bawang putih ternyata juga dapat digunakan sebagai pengencer darah atau blood thinner yang mana darah menjadi lancar mengalir tanpa adanya plak pada arteri.

5. Memperkuat sistem imun

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun merupakan salah satu sistem yang ada dalam tubuh yang bekerja sebagai penangkal dan juga mencegah datangnya penyakit serta membantu proses penyembuhan ketika Anda sedang sakit.

Apabila kerja dari sistem imun ini sendiri terganggu, maka sudah dapat dipastikan Anda akan mengalami yang namanya sakit. Bawang putih mengandung sebuah senyawa yang disebut allicin, alliin, asam amino dan juga sulfur yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kembali sistem imun tersebut seperti makrofage dan sel natural killer.

6. Mencegah penyakit kanker

Ternyata bumbu masakan yang selalu ada di dapur ini mampu mencegah penyakit kanker. Kanker sendiri adalah mimpi buruk bagi semua umat manusia karena penyakit ini sangat sulit sekali untuk disembuhkan. Penyakit kanker sendiri disebabkan karena adanya berbagai macam faktor seperti pola hidup yang tidak sehat, bakteri, virus, zat kimia atau juga bisa dari radikal bebas. Faktor-faktor tersebut itu dapat menyebabkan perubahan atau mutasi sel tubuh yang sehat dan menyebabkan sel tersebut kehilangan kendali atas pembelahannya. Sel yang telah mengalami mutasi atau sel kanker akan dapat tumbuh namun tak terkendali dan merusak sel yang masih sehat di dalam tubuh kita.

Bawang putih memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang mampu mencegah efek radikal bebas yang mana menjadi salah satu faktor utama dari penyebab kanker. Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Dorant et al pada tahun 2006 menyatakan bahwa pria yang rutin mengkonsumsi bawang putih mempunyai risiko yang lebih rendah untuk menderita penyakit kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

7. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat bawang putih yang ketujuh adalah dapat mengatasi masalah kolesterol. Tingginya kadar kolesterol jahat atau yang bisa disebut LDL dalam darah sudah pasti akan dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Oleh sebab itulah, untuk dapat mengatasi masalah ini, Anda dapat memanfaatkan bawang putih sebagai salah satu solusinya. Bawang putih dipercaraya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berlebih dalam tubuh sebanyak 10-15 persen.

8. Mengatasi masalah kulit

Siapa yang menyangka bahwa bawang putih memiliki sebuah khasiat yang sangat baik untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh kita. Manfaat bawang putih untuk kecantikan ialah mampu dipergunakan sebagai bahan untuk cara menghilangkan jerawat, bekas luka, dan bahkan dapat membantu menghilangkan komedo di wajah.

9. Menyembuhkan diare

Senyawa allicin yang ada pada bawang putih dapat menjadi antibakteri yang baik dalam putih yang dapat menghasilkan sebuah enzim allinase yang berguna untuk menghambat proses pertumbuhan bakteri pathogen seperti enterobacter dan Helicobacter pylori yang mana menjadi penyebab utama dari penyakit diare itu sendiri.

Cara mengobati diare dengan menggunakan bawang putih ialah dengan mengkonsumsi bawang putih mentah atau bisa juga dengan bawang putih yang sudah dikeringkan minimal 1 butir setiap harinya.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.