Manfaat Buah Naga

manfaat buah naga

Buah eksotis (buah naga) yang sangat terkenal di Indonesia ini memiliki tampilan yang menarik dengan warna pink merah cerah pada bagian kulit buahnya dan disertai dengan sisik yang mirip seperti daun.

Daging buah yang mempunyai berbagai macam warna mulai dari warna merah, merah tua, putih, bahkan hingga berwarna kuning tergantung dengan jenis buahnya. Selain warna, buah naga mempunyai rasa buah yang menyegarkan dan enak, buah naga sendiri merupakan buah yang kaya akan kandungan berbagai macam nutrisi dan vitamin yang dapat membantu menyehatkan tubuh kita.

Buah naga sendiri dikelompokkan kedalam kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Saat ini, banyak sekali jenis tanaman buah naga yang banyak dikembangkan namun buah naga yang masih memiliki peminat tertinggi adalah buah naga dengan warna daging merah dan warna daging putih. Berikut ini kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah naga:

kandungan manfaat buah naga

Manfaat Buah Naga

Menilik kandungan nutrisi buah naga diatas, sangat tidak mengherankan apabila buah naga memiliki banyak manfaat yang baik. Oleh sebab itu, sangat diwajibkan bagi Anda untuk mengetahui apa saja manfaat buah naga yang baik untuk dimanfaatkan kita. Berikut ini manfaat buah naga yang harus diketahui!

1. Mencegah Kanker

cara mencegah kanker

Buah naga adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan ataupun senyawa yang dapat membantu melawan radikal bebas yang bertujuan merusak sel-sel tubuh kita.

Apabila ini dibiarkan begitu saja didalam tubuh, radikal bebas akan mendorong yang namanya pertumbuhan sel-sel kanker di berbagai bagian tubuh kita. Tidak hanya itu, Kandungan dari karoten pada buah naga juga mempunyai efek anti-kanker yang dapat membantu kita dalam mengurangi jumlah sel tumor pada seseorang yang telah menderita kanker atau pasien penderita kanker.

Pada tahun 2011, sudah dilakukan sebuah penelitian yang telah dirilis dalam Journal Asia Pasific mengenai pencegahan kanker, buah naga juga masuk dalam jurnal tersebut sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu mencegah kanker menyerang tubuh. Buah naga juga mempunyai zat yang disebut likopene yang berguna memberikan warna merah pada buah naga. Zat ini juga terbukti dapat mengurangi risiko terbentuknya sel kanker terutama pada penderita kanker prostat.

2. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

Buah naga mempunyai kandungan vitamin C yang begitu tinggi hingga dapat memenuhi 34,2% angka kecukupan gizi harian tubuh kita. Karena kandungan vitamin C yang begitu tinggi inilah yang membuat buah naga menjadi salah satu bahan alami yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita dalam melawan berbagai macam virus dan bakteri yang menyerang.

3. Mencegah penuaan dini

penuaan dini

Tidak hanya berfungsi sebagai agen anti-kanker, kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah naga dapat berguna sebagai obat pencegah penuaan dini. Kandungan mineral fosfor yang terdapat dalam buah naga juga memiliki peran penting dalam metabolisme sel dalam tubuh kita.

Apabila proses dari metabolisme sel tubuh berjalan lancar dan sehat, maka sangat dapat dipastikan bahwa proses peremajaan pada sel dapat berlangsung dengan baik yang membuat proses penuaan dini dapat dicegah. Jadi, bagi Anda yang mempunyai masalah mengenai keriput, kusam, ataupun kulit yang tidak segar, Anda dapat memanfaatkan buah naga untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Buah naga merupakan buah yang memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang dapat membantu dalam proses percepatan penyembuhan luka kita. Tidak hanya itu saja, kandungan dari nutrisi yang terdapat pada buah naga juga dapat membantu mempercepat proses pembentukan sel-sel serta jaringan baru pada area tubuh kita yang mengalami luka.

Hal ini jugalah yang membuat buah naga menjadi buah yang wajib untuk dikonsumsi pasien pasca operasi untuk mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi dilakukan.

5. Membantu melancarkan percernaan

Buah naga dapat membantu kita dalam mengatasi masalah pencernaan yang tidak lancar ataupun mencegah sembelit. Kandungan serat tinggi pada buah naga yakni sebanyak 3g terutama pada bagian biji buah yang mempunyai efek yang berguna untuk membantu pergerakan usus dalam proses cerna serta mengeluarkan sisa pencernaan makanan dengan sangat baik.

Tidak hanya kandungan seratnya saja, biji buah naga juga memiliki asam lemak tak jenuh sebagai agen laksatif yang dapat membantu Anda dalam melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

menjaga kesehatan kulit

Inilah salah satu manfaat buah naga yang tidak kalah menakjubkannya daripada yang lain adalah dapat menjaga kesehatan kulit tubuh Anda. Vitamin C yang memiliki peran sebagai antioksidan pada buah naga dapat membantu kita dalam mencegah kulit menjadi tampak kisut dan kering.

Vitamin C ini juga dapat membantu proses regenerasi sel kulit tubuh Anda dengan sangat baik. Tidak hanya itu, vitamin C pada buah naga juga dapat membantu kulit Anda menjadi lebih cerah, lembut, dan berseri.

7. Membantu mengontrol kadar gula dalam darah

Bagi Anda penderita diabetes, Anda dapat memanfaatkan buah naga sebagai alat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah pada tubuh Anda. kandungan serat pada buah naga dapat bekerja sebagai penghambat pada peningkatan kadar gula dalam darah sesat setelah seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula atau indeks glikemik yang tinggi.

Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang telah dirilis oleh Jurnal Farmakologi. Buah naga juga memiliki manfaat untuk mencegah komplikasi lanjuta dari penyakit diatabes itu sendiri seperti kerusakan jaringan dan pengkakuan pembuluh darah.

8. Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)

mencegah osteoporosis

Baca jugagejala diabetes

Buah naga juga memiliki kandungan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dari proses pengeroposan tulang dan sebagainya. Mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat membantu Anda dalam mencegah dari osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang dengan sangat baik.

9. Menjaga gigi tetap kuat

Tidak hanya berguna dalam menjaga kesehatan tulang, kalsium yang terkandung pada buah naga juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan gusi dan gigi. Kandungan mineral ini juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan gigi agar tetap kuat dan tidak mudah berlubang.

Tetapi, Anda juga tetap harus menyikat gigi secara teratur minimal 2x sehari untuk mendapatkan gigi yang sehat dan kuat.

10. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Salah satu manfaat buah naga atau khasiat buah naga yang jarang diketahui orang adalah kandungan buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol. Daging buah naga mempunyai biji yang tinggi dengan kandungan asam lemak omega 6 dan omega 3, yang mana asam lemak tersebut sangat berperan penting dalam proses menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida (molekul yang terdiri atas gliserol dan tiga molekul asam lemak) dari dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, kandungan serat dari buah naga yang begitu tinggi juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan kdar kolesterol baik atau HDL dalam darah yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat yang lain.

11. Menjaga kesehatan jantung

jantung sehat

Seperti pada ulasan diatas mengenai menfaat buah naga yang dapat menurunkan kolesterol, hal ini juga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan jantung kita. Ketika kadar kolesterol terkontrol dengan baik, sudah pasti pembentukan plak yang dapat menghambat atau menyumbat pembuluh darah dapat kita cegah.

Tidak hanya itu, buah naga juga memiliki kandungan kaptin dan flavonoid yang secara langsung dapat membantu kita dalam melindungi jantung dari kereusakan sel yang dapat menyebabkan penurunan pada fungsi otot jantung.

12. Agen penurun berat badan

Apabila Anda sedang dalam menjalani proses penurunan berat badan atau diet, buah naga adalah salah satu pilihan terbaik sebagai teman diet Anda. Buah naga memiliki kandungan karbohidrat yang lebih mudah dipecah daripada nasi atau gandum dan mudah juga untuk dipergunakan oleh tubuh.

Tidak hanya itu saja, buah naga juga kaya akan kandungan vitamin B yang dapat berperan sebagai pembantu Anda dalam proses metabolisme karbohidrat untuk dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam tubuh. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir ataupun ragu dengan adanya penumpukan lemak ataupun kalori karbohidrat dalam tubuh Anda karena buah naga dapat membantu Anda dalam proses pengolahannya.

13. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat buah naga yang sangat tidak disangka adalah buah naga dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan mata. Buah naga adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin A dan juga karoten yang memiliki fungsi sebagai penjaga kesehatan mata.

Vitamin A yang terkandung dalam buah naga dapat meningkatkan ketajaman penglihatan Anda serta mencegah Anda dari berbagai macam penyakit, contohnya katarak, glaukoma, ataupun kerusakan sel-sel yang ada pada bagian dalam mata.

14. Mencegah anemia terutama bagi ibu hamil

Buah naga adalah bahan konsumsi yang sangat aman dan baik untuk ibu hamil ataupun ibu menyusui. Buah berisisik ini justru mempunyai manfaat yang luar biasa ketika dikonsumsi selama proses kehamilan. Kandungan dari zat besi yang dimiliki oleh buah naga dapat membantu Anda dalam mencegah anemia yang merupakan salah satu masalah yang sering menyerang pada ibu hamil.

Zat besi pada manfaat buah naga dapat membantu Anda dalam proses pembentukan sel darah merah yang baru yang membuat ibu hamil tidak perlu lagi risau akan penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah selama proses kehamilan.

15. Mengobati jerawat

mengobati jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang umum atau seringkali menyerang pada anak-anak remaja atau pubertas. Terkadang jerawat juga meninggalkan bekas jerawat yang tentu saja membuat penampilan Anda menjadi terganggu.

Solusi alami yang dapat Anda lakukan guna menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan buah naga. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat membantu kita dalam mengatasi masalah jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan buah naga:

  1. Siapkan terlebih dahulu ¼ daging buah naga segar.
  2. Siapkan 3-4 bola kapas.
  3. Haluskan potongan daging buah naga tersebut dengan menggunakan garpu atau alat penghalus lainnya hingga membentuk pasta.
  4. Ambil pasta buah naga tersebut dengan menggunakan bola kapas dan oleskan pada bagian yang berjerawat. Tujuan utama menggunakan kapas agar tidak ada kuman ataupun bakteri yang dapat memperparah kondisi jerawat Anda.
  5. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Bila sudah benar-benar bersih, biarkan wajah Anda mengering secara alami.
  6. Ulangilah proses perawatan ini 2x dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Mencegah peradangan

Manfaat buah naga yang lain adalah dapat berperan sebagai agen anti-radang karena kandungan zat flavonoid yang dimiliki. Zat ini dapat membantu proses penghambatan pada sel-sel radang yang sedang menjalankan aksinya sehingga reaksi peradangan pada tubuh dapat diminimalisir ataupun dicegah.

Berikut ini beberapa daftar penyakit peradangan yang dapat dicegah atau disembuhkan oleh buah naga adlaah radang sendi, radang tenggorokan, radang kulit (dermatis), bahkan radangan pada saluran pernafasan akibat virus dan bakteri.

17. Agen detoksifikasi bagi tubuh

Manfaat luar biasa lainnya dari buah naga adalah dapat menjadi agen detoksifikasi. Apa itu agen detoksifikasi? agen detoksifikasi adalah agen yang dapat membantu Anda dalam membersihkan serta membuang zat-zat berbahay, zat sisa, dan kandungan logam dari dalam tubuh kita. Buah naga sendiri juga dapat menjadi agen detofsifikasi yang baik bagi tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga.

Dengan dibersihkannya zat-zat pengganggu tubuh tersebut, sirkulasi peredaran darah Anda sudah pasti dapat berjalan dengan sangat baik dan lancar. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan pastinya akan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat sisa zat racun yang ada di dalam tubuh Anda.

18. Baik untuk pasien demam berdarah

pasien demam berdarah

Pasien penderita demam berdarah bisa mengalami penurunan trombosit yang sangat signifikan. Bahkan, dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Normalnya, setiap orang akan memiliki jumlah trombosit sekitar 150.000-450.000 untuk setiap mikroliter darah. Sedangkan mereka para penderita demam berdarah bisa memiliki jumlah trombosit 10.000 saja.

Tidak perlu risau, karena Anda dapat meningkatkan kembali jumlah trombosit dengan menambahkan beberapa jenis dan buah dalam menu makananan Anda.

Buah naga adalah salah satu buah yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar trombosit pasien demam berdarah karena kandungan antioksidan yang kuat yang terkandung dalam buah naga itu sendiri. Bagi Anda yang penasaran apa saja gejala demam berdarah dan bagaimana penangan atau pertolongan pertama pada penderita demam berdarah dapat Anda simak di artikel gejala demam berdarah.

19. Meningkatkan fungsi otak

Sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa otak merupakan bagian penting dan memiliki posisi teratas dalam daftar organ penting dalam tubuh kita.

Kandungan buah naga dan kemampuan buah naga yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh dapat membantu Anda dalam melindungi otak dari kerusakan serta nutrisi pada buah naga dapat membantu mendorong fungsi syaraf yang dapat meningkatkan fungsi kerja otak kita.

Sekian informasi mengenai manfaat buah naga yang dapat bebasjerawat.info sampaikan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menambah wawasan mengenai dunia kesehatan dan tips kesehatan. Jangan lupa untuk tetap selalu berolahraga agar tubuh tetap terjaga kebugarannya.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.