Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan

manfaat cuka apel

Seperti yang kita ketahui bahwa cuka apel dibuat dari air apel yang telah difermentasikan menjadi alkohol, dan cairan ini dipercaya dapat menjadi salah satu produk alami perawatan kecantikan. Selain dapat menghilangkan berbagai macam penyakit, manfaat cuka apel juga ampuh dalam menghilangkan jerawat dan flek hitam di wajah serta membantu Anda dalam memutihkan wajah.

Akan tetapi dibalik khasiat dari cuka apel, cairan ajaib yang tercipta dari fermentasi bakteri dan ragi ini ternyata mempunyai efek samping. Di dalam kandungan cuka apel terdapat asam yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan efek panas pada kulit, bahkan dapat menyebabkan iritasi. Dalam beberapa kasus istimewa, penggunaan cuka apel dapat menyebabkan bekas luka bakar pada kulit.

Untuk dapat menghindari hal buruk tersebut, maka jangan pernah Anda mencoba menggunakan cuka apel secara langsung pada kulit. Sebelum Anda memanfaatkan cairan tersebut, Anda perlu mencampurkannya dengan air yang bertujuan untuk mengurangi kadar asamnya. Dengan Anda menetralisir keasaman pada cuka apel, maka cuka apel tersebut akan lebih ramah terhadap kulit tubuh kita.

Kadar pengenceran pada cuka apel juga mesti diperhatikan, untuk mendapatkan cuka apel yang ramah pada kulit tubuh kita, maka Anda perlu menambahkan air dengan perbandingan kadar 1:1 atau 1:2. Dengan perbandingan kadar tersebut, sudah pasti cairan cuka apel akan cukup aman dipergunakan secara langsung pada wajah dan akan memberikan efektifitas yang baik untuk menghilangkan komedo ataupun bekas luka yang cukup parah.

Meski begitu, kadar yang telah BebasJerawat.info bagikan bukan menjadi patokan paten dalam perawatan wajah. Sedangkan untuk pemakaian dalam jangka panjang atau masalah wajah yang tidak terlalu parah, Anda dapat menambahkan lebih banyak air. Setelah itu, Anda dapat memanfaatkan campuran tersebut pada wajah dengan bantuan kapas atau benda yang higienis lainnya.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Pada umumnya, ada beberapa manfaat cuka apel yang banyak sekali diincar oleh masyarakat untuk mendapatkan khasiatnya. Berikut ini 7 manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes

menurunkan kadar gula darah penderita diabetes

Manfaat cuka apel yang pertama adalah dapat mengontrol kadar gula dalam darah dan kadar insulin pada penderita diabetes. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa cuka apel dapat membantu menekan kadar gula darah dan HbA1c, yakni salah satu penanda dari kadar gula darah dalam jangka panjang di dalam tubuh manusia.

Akan tetapi, efek ini secara klinis tidak terlalu signifikan, karena penurunan kadar gula dalam darah dan HbAic yang terjadi hanya dalam jumlah sedikit. Meski khasiat cuka apel bagi penderita diabetes dapat dibuktikan, jangan pernah Anda menjadikan cuka apel sebagai pilihan utama untuk obat diabetes.

2. Membuat kenyang

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat bersama dengan cuka apel, dapat membuat tubuh merasa cepat kenyang dan kadar konsumsi kalori menjadi lebih sedikit di penghujung hari.

Meski begitu, karena penelitian ini juga masih sangat terbatas, khasiat dari cuka apel yang membuat seseorang menjadi lebih kenyang masih diperlukan pembuktian lebih lanjut.

3. Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat cuka apel yang ketiga adalah dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Dilansir melalui laman WebMD, Debbie Davis, RD, merupakan seorang ahli gizi yang mengungkapkan bahwa cuka apel dapat memberikan efek dalam penurunan berat badan. Sebuah penelitian yang mempelajari efek jangka panjang cuka apel bagi kesehatan juga menemukan bahwa dengan mengonsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan meski dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Pada penelitian tersebut, para peserta diminta untuk mengonsumsi 2 sendok cuka apel sebelum makan besar setiap hari selama 4 minggu. Ternyata hasil yang diberikan adalah berat badan para peserta turun antara 1-2 kg.

Menurut para ahli, cara menurunkan berat badan yang benar dan baik yakni tetap dengan menjaga pola makan sehat yang diiringi dengan olahraga yang teratur. Para ahli juga menyarankan bahwa tidak menjadikan cuka apel sebagai cara utama untuk menurunkan berat badan melainkan mengatur dan merubah pola makan Anda dan juga melakukan olahraga dengan teratur.

4. Mengatasi sembelit, maag, asam lambung, dan gangguan pencernaan lain

Menurut profesor Carol Johnston, karena sifatnya yang membatasi penyerapan karbohidrat, maka sebagian besar karbohidrat dan juga pati yang tidak tercerna kemudian akan menjadi makanan untuk bakteri baik yang ada di dalam sistem pencernaan Anda. Anda sangat disaranakan untuk mengonsumsi cuka apel yang belum mengalami proses penyaringan. Biasanya, untuk jenis cuka apel yang satu ini memiliki warna coklat keruh dan jika didiamkan akan membentuk sebuah ampas di botol besar.

Ampas tersebut biasanya disebut dengan “the mother“, yang mana kaya akan probiotik dan bakteri-bakteri baik lain yang berguna untuk menyehatkan saluran cerna. Jenis cuka apel ini dapat membantu sistem kerja imun dan bagi sebagian orang dapat mencegah penyakit sembelit yang semakin parah. TIdak hanya itu saja, konsumsi cuka apel juga dapat membantu Anda mengatasi gangguan asam lambung dan maag, meski hal ini juga tergantung dari masing-masing tubuh seseorang dan apa yang menjadi faktor penyebab terjadinya maag tersebut.

5. Manfaat cuka apel untuk diare

Manfaat cuka apel untuk diare

Seperti yang kalian tahu bahwa cuka apel merupakan hasil esktrak yang difermentasikan. Fermentasi apel ini menghasilkan sebuah senyawa pektin yang berguna untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus kita. Keberadaan dari bakteri baik pada usus kita snagatlah bermanfaat, karena dapat membantu memperlancar saluran cerna dan mencegah peradangan pada organ cerna kita.

Dikutip melalui laman Medical News Today, terdapat sebuah penelitian yang membuktikan bahwa cuka apel mempunyai sifat antibiotik alami yang mampu menghancurkan bakteri E.coli dan juga Salmonella.

Bakteri tersebut adalah penyebab utama dari penyakit diare dan keracunan makanan. Karena cuka apel memiliki peran sebagai antibiotik alami, beberapa penelitian menyatakan bahwa bahan ini sangatlah efektif untuk mengatasi penyakit diare akibat infeksi bakteri.

Ada juga bukti penelitian yang menunjukkan bahwa cuka apel mampu memperlambat proses pencernaan sehingga memberikan waktu bagi feses untuk mengeras sebelum dikeluarkan. Cuka apel yang organik, mentah dan juga tidak tersaring merupakan jenis cuka apel yang sangat direkomendasikan untuk menjadi obat diare alami. Biasanya, cuka apel jenis ini mempunyai warna keruh dan juga ada serat-serat halus di dalamnya.

Meski ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa bahan ini cukup efektif, ternyata masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, cuka apel yang melalui proses fermentasi menghasilkan senyawa asam asetat. Asam asetat inilah yang pada beberapa orang justru dapat menyebabkan sakit perut, mulas dan bahkan yang terburuk adalah dapat memperparah penyakit diare Anda.

6. Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat menurunkan kadar lemak dalam darah atau lipid. Menurunnya kadar lipid dapat membantu mencegah penyakit jantung, yang menjadi salah satu faktor penyebab dari disfungsi ereksi (impotensi) pada pria.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 pada tikus betina menemukan bahwa manfaat cuka apel yang serupa, yakni dapat menurunkan lemak dalam darah. Kemudian, studi pada tahun 2017 mengatakan bahwa tikus jantan yang diberikan cuka apel mempunyai kesehatan jantung dan juga pembuluh darah yang lebih baik dari sebelumnya. Meski tikus ini mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, cuka apel juga dapat mengurangi risiko obesitas yang berkaitan dengan kesehatan jantung yang buruk.

Tikus yang mengonsumsi cuka apel juga cenderung tidak mengalami perubahan pada metabolik yang mana ini berkaitan erat dengan risiko obesitas dan penyakit jantung.

Dalam kasus ini, masih perlu lagi studi untuk meneliti manfaat cuka apel untuk memperbaiki gejala-gejala penyakit penyebab disfungsi ereksi, maupun manfaat cuka apel yang secara langsung pada impotensi itu sendiri.

Bagaimanapun juga, cuka apel bukanlah obat yang menjadi prioritas utama untuk impotensi. Siapa pun yang ingin menggunakan cuka apel sebagai pengobatan alami tetap harus bijak dan berhati-hati. Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Menurut beberapa hali, cara mengobati impotensi yang baik dan benar tetap dengan cara mengatasi penyebabnya, menjaga pola makan sehat Anda, dan olahraga secara teratur.

7. Mengatasi ketombe

Mengatasi ketombe

Manfaat cuka apel bagi kecantikan adalah dapat mengatasi atau menghilangkan ketombe, kulit kepala yang kering dan juga gatal. Sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan oleh parah ahli untuk bisa membutkikan mengenai kebenaran tersebut, dan ternyata memang dapat menghilangkan ketombe. Hal ini disebabkan karena larutan cuka apel yang memiliki sifat yang dapat mengubah pH kulit kepala kita agar tidak dapat ditinggali oleh jamur penyebab ketombe.

Untuk cara pengaplikasiannya juga mudah tergolong mudah dan cepat, penasaran? Simak dibawah ini:

  1. Siapkan terlebih dahulu sebuah botol spray atau semprot yang telah dikosongkan dan dibersihkan
  2. Masukkan 50ml cuka apel atau 1/4 gelas ke dalam botol spray dan tambahkan 50ml atau 1/4 air bersih. Intinya perbandingan 1:1
  3. Aduk hingga merata dan semprotkan pada bagian kulit kepala Anda
  4. Bungkus rambut Anda dengan shower cap dan biarkan selama 30-60 menit agar meresap
  5. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih
  6. Lakukan cara ini 2X dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

8. Menghilangkan jerawat

Cuka apel dapat membantu menetralkan pH di wajah, sifat antiseptik dan antibakterinya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu mengurangi minyak di wajah. Cuka apel juga memiliki kandungan beta karoten yang mana dapat mengurangi efek radikal bebas pada kulit tubuh kita. Karena kandungan tersebut, cuka apel dapat menjadi salah satu pilihan utama untuk menghilangkan jerawat secara alami. Penasaran bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel? Berikut pengaplikasiannya:

  1. Campurkan 5 ml cuka apel dengan air matang 95 ml
  2. Oleskan cuka sari apel tersebut pada wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas
  3. Biarkan selama kurang lebih 10-20 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat
  4. lakukan perawatan ini sebelum tidur dan biarkan semalaman agar mendapatkan hasil yang maksimal

Editor: Bram khalid