Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat Daun Jambu Biji

Jambu biji adalah buah tropis terkenal dengan rasa yang menarik dan kandungan gizi yang tinggi. Buahnya berasal dari pohon cemara kecil dari famili Myrtaceae yang tumbuh dengan baik di negara-negara tropis. Pohon yang aslinya berasal dari Amerika Tengah ini secara luas dibudidayakan di banyak bagian dunia dalam banyak ragamnya. Sementara banyak orang di seluruh dunia mengkonsumsi buah sebagai makanan, tidak banyak orang yang mengerti bahwa buah bukanlah satu-satunya bagian dari tanaman yang kaya nutrisi.

Bukan hanya buah yang bisa dimakan dari tanaman jambu biji, tetapi juga daunnya. Untuk waktu yang lama, orang telah menggunakan daun jambu biji untuk obat tradisional melawan banyak penyakit umum. Ada beberapa orang yang menghaluskan daun jambu biji dan mencampurnya dengan air sebelum meminumnya, beberapa akan mengunyah daun jambu biji dan menelannya, tetapi mungkin metode yang paling populer adalah merebus daun jambu biji sebagai teh dan mengaplikasikan daun yang dihancurkan secara topikal. Di negara-negara seperti Meksiko dan beberapa bagian Amerika Selatan, menyeduh daun jambu biji untuk membuat teh cukup umum ditemukan.

Manfaat Daun Jambu Biji

1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Manfaat Daun Jambu Biji untuk kesehatan usus

Daun jambu biji paling populer karena potensinya untuk mengobati diare. Ini karena fitokimia alami dalam daun jambu biji, terutama anthocyanin dan karotenoid yang merupakan antioksidan dan flavonoid. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antibakteri, antiviral, dan antiparasit alami. Sama seperti obat antibiotik, senyawa ini membantu tubuh dengan membunuh patogen berbahaya yang menyebabkan diare.

Efektivitas daun jambu biji untuk pengobatan diare telah dikenal selama berabad-abad oleh orang-orang yang menggunakan teh daun jambu biji sebagai obat tradisional yang umum. Namun, pada tahun 2008, sebuah laporan penelitian diterbitkan dalam edisi publikasi berbahasa Spanyol “Revista Do Instituto de Medicina Tropis de Sao Paulo.” Dalam studi tersebut, para ilmuwan ingin meneliti seberapa efektif daun jambu biji dalam menangani bakteri yang menyebabkan diare. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa subyek manusia yang menerima perawatan dalam bentuk ekstrak daun jambu biji mengalami pemulihan lebih cepat dari diare dibandingkan dengan yang lain yang tidak mengkonsumsi esktrak daun jambu biji. Penelitian ini juga dikonfirmasi oleh laporan yang diterbitkan dalam edisi 2010 “Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine.”

♣Baca juga: Cara Memanjangkan Rambut & Manfaat Daun Sirsak

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Sistem kardiovaskular yang sehat adalah penggerak kehidupan yang sehat. Penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, adalah penyebab utama kematian tertinggi di seluruh dunia. Untungnya, untuk mengurangi risiko berkembangnya penyakit kardiovaskular dengan membuat perubahan gaya hidup. Secara teratur minum teh daun jambu biji juga dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut beberapa studi klinis dan penelitian laboratorium, minum teh daun jambu biji baik untuk sistem kardiovaskular dan peredaran darah.

Dalam publikasi 2005 “Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology,” sebuah studi tentang pengaruh teh daun jambu biji pada kesehatan jantung ditulis. Penelitian ini menggunakan hewan percobaan sebagai subjek uji. Hewan-hewan memiliki tekanan darah tinggi pada awal penelitian. Setelah memberi makan hewan dengan ekstrak daun jambu biji, para peneliti mengukur denyut jantung dan tekanan darah hewan dan membandingkannya dengan kelompok kontrol. Para peneliti menyaksikan pengurangan kedua penanda, menunjukkan bahwa ekstrak daun efektif untuk mengurangi gejala penyakit kardiovaskular seperti hipertensi.

3. Menurunkan Kolesterol

Selain mengurangi tingkat tekanan darah, teh daun jambu biji juga dapat membantu dengan kadar kolesterol yang tidak teratur. Tingkat kolesterol yang tinggi berkontribusi sebagai faktor risiko untuk banyak penyakit serius, termasuk serangan jantung, stroke, dan arteriosklerosis. Ini karena teh daun jambu biji bisa meningkatkan kadar lemak darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam makalah “Nutrition and Metabolism” 2010 menyelidiki hal ini. Berdasarkan penelitian, subyek manusia yang menerima perawatan ekstrak daun jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol darah mereka. Ada juga pengurangan jumlah trigliserida, meskipun para ilmuwan mengklaim bahwa penelitian lebih lanjut dan lebih besar dan eksperimen perlu dilakukan mengenai masalah ini.

4. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Apakah Anda rentan terhadap penyakit diabetes karena berbagai faktor risiko yang tidak dapat Anda hindari? Anda harus menghindari makanan yang tinggi gula atau karbohidrat untuk menekan risikonya. Namun, pada saat-saat itu tidak mungkin, Anda dapat minum teh daun jambu biji sebagai flavonoid dan beberapa senyawa lain yang ada dalam teh akan menstabilkan gula darah Anda bahkan setelah Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Studi yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrisi dan Metabolisme” meninjau beberapa studi yang menemukan dan menyelidiki bagaimana teh daun jambu biji membantu orang diabetes untuk menstabilkan tingkat gula darah mereka. Beberapa zat dalam teh menghambat enzim yang mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Karena karbohidrat dalam saluran pencernaan tidak diubah menjadi glukosa, kadar gula darah tidak meningkat. Kajian ini juga melaporkan beberapa uji coba yang dilakukan di Jepang untuk menguji kemungkinan sifat anti-diabetes teh daun jambu biji. Hasilnya menunjukkan bahwa minum teh secara teratur membantu menurunkan kadar glukosa darah setelah makan makanan yang tinggi karbohidrat.

♣Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun & Cara Memutihkan Ketiak

5. Mengontrol Obesitas

Manfaat Daun Jambu Biji untuk menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan adalah tujuan banyak orang, terutama mereka yang menderita obesitas. Bukan hanya masalah estetika tetapi juga masalah kesehatan. Sayangnya, beberapa orang mengalami obesitas karena masalah metabolisme, karena tubuh mereka tidak memetabolisme kalori dengan cara yang benar. Minum teh daun jambu biji berpotensi menjadi solusi. Daunnya tinggi serat tetapi rendah indeks glikemik, menjadikannya efektif sebagai suplemen penurun berat badan. Ini dilakukan dengan mencegah pati berubah menjadi gula. Gula lebih buruk daripada pati kompleks karena biasanya hati yang akan memetabolisme dan mengubahnya menjadi lemak, bukan digunakan sebagai energi. Ketika pati kompleks tidak diubah menjadi gula, program menurunkan berat badan Anda akan bekerja lebih efektif.

Daun jambu biji tidak harus dikunyah langsung untuk mendapatkan manfaatnya, ekstrak daun jambu biji juga dapat memberikan hasil yang sama.

6. Mengobati Kanker Lambung

Ekstrak daun jambu biji sangat luar biasa yang mungkin dunia medis perlu memanfaatkannya guna  mengobati pasien dengan kanker lambung. Daun jambu biji mengandung sifat antitumor dan antikanker karena mengandung zat-zat yang tinggi seperti likopen dan quercetin. Selain itu, daun jambu biji juga tinggi vitamin C, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat mencegah dan menetralkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi 2011 “Food Chemistry,” mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji akan menyebabkan apoptosis atau situasi di mana sel-sel kanker lambung hanya menyerang satu sama lain. Sel-sel kanker secara bertahap akan mati dan pasien dapat dengan mudah pulih dari itu.

Teh daun jambu biji efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker mulut, kanker serviks, dan kanker prostat. Namun, pasien tidak boleh hanya mengambil pengobatan herbal tanpa mengikuti prosedur medis untuk menyingkirkannya kankernya.

7. Melindungi Kesehatan Mulut

Siapa yang ingin memiliki gigi putih dan nafas segar? Ya, semua orang ingin memiliki senyum yang indah pasti. Namun, bagaimana kita bisa mendapatkan itu? Ternyata daun jambu biji dapat membantu Anda untuk menghilangkan bau mulut. Bahan dalam daun jambu biji dapat digunakan untuk berkumur dan agen antibakterinya dapat membuat gusi dan gigi agar tetap sehat. Tidak hanya untuk itu, daun jambu biji telah digunakan untuk pasta gigi dan penyegar juga. Singkatnya, jika Anda ingin mencegah penyakit gusi atau sakit tenggorokan, maka Anda dapat menggunakan daun jambu biji untuk pengobatan rumah.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun jambu biji kaya akan vitamin C, membuatnya sempurna untuk memerangi berbagai penyakit dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda perlu memiliki sistem kekebalan yang kuat. Jika Anda ingin memiliki pertahanan yang kuat terhadap bakteri, virus, dan mikroba lain yang dapat menyebabkan banyak penyakit. Vitamin membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyerang asam nukleat virus sampai virus dihancurkan. Vitamin C adalah salah satu antioksidan terkuat yang melawan radikal bebas juga. Ketika radikal bebas dinetralkan dari tubuh Anda, sistem kekebalan tubuh Anda akan lebih siap untuk bertahan melawan infeksi mikroba.

♣Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam & Cara Memutihkan Wajah

9. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Selain kanker lambung, sifat antitumor dan antikanker dari daun jambu biji juga dapat bekerja untuk melawan jenis kanker lainnya, termasuk kanker prostat. Manfaat ini disebabkan oleh kombinasi berbagai antioksidan dan senyawa dengan sifat antikanker seperti quercetin, vitamin C, lycopene, dan berbagai polifenol. Senyawa ini menetralisir radikal bebas yang merupakan penyebab kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer edisi 2010 menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria. Asupan teratur teh daun jambu biji direkomendasikan untuk ini.

10. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat Daun Jambu Biji untuk menjaga kesehatan mata

Daun jambu biji mengandung vitamin A yang sangat penting untuk penglihatan yang baik. Vitamin A melindungi sel-sel di mata Anda, memperkuat otot, dan membersihkan kornea Anda. Akibatnya, mata Anda akan lebih tajam dan lebih sehat. Selain itu, dapat juga mencegah rabun senja karena penyakit ini terjadi karena kekurangan vitamin A.

Selain vitamin A, vitamin C di daun jambu biji juga mempromosikan fungsi sel retina yang lebih baik dan mendukung fungsi kapiler. Mengkonsumsi teh daun secara teratur akan membantu Anda mencegah perkembangan degenerasi makula dan katarak yang merupakan masalah penglihatan umum yang terjadi di antara orang tua.

11. Mengobati Demam Berdarah

Di beberapa negara tropis, daun jambu biji sangat berguna untuk mengobati demam berdarah, yang bisa menjadi penyakit menular berbasis musim yang umum. Penggunaan daun jambu biji dalam memperbaiki kondisi pasien yang menderita demam berdarah adalah karena kemampuannya dalam meningkatkan jumlah trombosit darah. Selain itu, dilakukan dengan cara yang aman dan tidak beracun.

Selain itu, daun jambu biji juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk menendang keluar parasit dari sistem kekebalan tubuh Anda. Jumlah vitamin C yang melimpah juga membantu mempercepat penyembuhan.

12. Mengobati Jerawat dan Komedo

Masalah kulit seperti jerawat dan komedo bisa sangat mengganggu karena dapat merusak penampilan. Lapisan riasan harus diletakkan pada kulit jika Anda ingin terlihat sempurna saat kulit Anda sedang diserang jerawat. Untungnya, menghilangkan jerawat dan menghilangkan komedo bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan terjangkau. Cukup gunakan daun jambu tumbuk sebagai masker wajah secara teratur atau aplikasikan secara topikal ke jerawat Anda. Sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi akan menenangkan jerawat, membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan meredakan reaksi alergi. Kulit Anda akan bebas dari jerawat dan bebas dari komedo saat Anda melakukan ini secara rutin,

13. Melindungi Kulit

Sifat antioksidan dari daun jambu biji dapat menjadi sekutu terbaik Anda untuk menghentikan penuaan dini pada kulit. Antioksidan menyerang radikal bebas yang bertanggung jawab atas gejala penuaan seperti bintik hitam, keriput, garis halus, dan kulit kendur. Minum jambu biji daun teh setiap hari akan menjaga elastisitas kulit Anda dan meningkatkan kesehatan kulit Anda. Anda juga bisa menggunakan masker wajah daun jambu biji untuk mengencangkan kulit Anda.

♣Baca juga: Ciri-Ciri Orang Hamil & Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

14. Meningkatkan Kesuburan Pria

Daun jambu biji juga bisa meningkatkan kesuburan di kalangan pria dengan meningkatkan jumlah sperma. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Universtiy of Lloringhas, ekstrak daun jambu biji mengandung khasiat yang bisa merangsang produksi sperma. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kedokteran Afrika menggunakan tikus Wistar sebagai subjek uji. Mereka yang diberi ekstrak daun jambu biji mengalami peningkatan yang signifikan dalam jumlah sperma dibandingkan dengan kelompok kontrol lainnya. Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan pada subyek manusia, ini menunjukkan manfaat yang sangat menjanjikan.

15. Merangsang Fungsi Kognitif

Manfaat Daun Jambu Biji untuk mencerdaskan otak

Manfaat daun jambu biji yang dikonsumsi secara teratur juga dapat menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif Anda. Fokus Anda akan dipertajam dan rentang perhatian Anda bisa diperpanjang. Daun jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6 yang menstimulasi sirkulasi darah ke area otak, meningkatkan kewaspadaan, ingatan, dan suasana hati. Vitamin C dan antioksidan lainnya memberikan nutrisi pada otak dan menstimulasi fungsi mental Anda. Selain itu, potasium juga membantu konduktivitas listrik antara neuron di otak, yang sangat penting untuk kemampuan memori Anda.

Sekian informasi mengenai manfaat daun jambu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh dari BebasJerawat, semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengenal serta menambah wawasan mengenai dunia herbal. Jangan lupa untuk berbagi informasi baik ini kepada kenalan Anda.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.