Manfaat Daun Kelor

Posted on

Daun kelor atau yang bisa disebut sebagai Moringan oleifera adalah tanaman atau tumbuhan yang masuk dalam jenis Moringaceae. Daun dari daun kelor berbentuk bulat lonjong yang mempunyai ukuran lebih kecil dan terseusun rapi dari sebuah tangkai. Pada umumnya daun kelor dimanfaatkan sebagai sayuran ataupun sebagai pengobatan untuk menjaga kesehatan. Kelor sendiri mempunyai tinggi batang hingga mencapai 7-11 meter, mempunyai bunga yang berwarna putih kekuning-kuningan yang dapat mengeluarkan bau semerbak, dan juga mempunyai buah yang bentuknya segitiga memanjang dan biasanya disebut dengan kelentang oleh masyarakat Indonesia.

manfaat daun kelor

Tahukah Anda bahwa organisasi kesehatan WHO sangatlah menganjurkan bagi anak-anak ataupun bayi yang sedang mengalami proses pertumbuhan untuk selalu mengkonsumsi daun kelor, hal ini dikarenakan karena kandungan daun kelor yang begitu besar. Apa saja kandungan daun kelor itu? Simak dibawah ini.

  • Kandungan Kalsium dari daun kelor 4X lipat daripada susu.
  • Potasium dari manfaat daun kelor 3X lipat daripada buah pisang.
  • Vitamin A yang terdapat dari daun kelor 4X lipat daripada wortel.
  • Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk.
  • Protein yang terdapat dari daun kelor 2X lipat daripada susu.

WHO juga menetapkan bahwa pohon kelor sebagai tanaman miracle tree (pohon ajaib). Dalam sebuah studi dan penelitian yang sudah dilakukan, lebih dari 1.300 bukti mengenai studi dan penelitian tersebut menjelaskan bahwa manfaat daun kelor serta kemampuan dalam menyembuhkan penyakit, menghadapi masalah kekurangan gizi serta wabah penyakit yang ada di dunia. Dari semua penelitian yang dilakukan, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman kelor itu sendiri memiliki peran dan khasiat penting yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan serta menjaga kesehatan tubuh dalam berbagai macam bentuk.

Dari segitu banyaknya manfaat daun kelor yang sudah diteliti apakah ada dari sepersekian penduduk Indonesia yang memahami akan hal tersebut secara mendalam? Jawabannya pasti tidak! Oleh karena itulah yang memotifasi BebasJerawat.info untuk berbagi informasi penting ini meski tidak mnejelaskan semua namun kami mengambil garis besar yang dapat dijadikan sebagai menu utama untuk memenuhi kebutuhan kita setiap hari, yuk simak apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan tubuh dibawah ini!

Manfaat Daun Kelor

1. Meningkatkan Ketahanan Alami Tubuh

meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun kelor memiliki potensi yang baik untuk melengkapi nutrisi dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan energi dalam tubuh dan daya tahan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh Anda akan menjauhkan Anda dari penyakit yang menyerang kondisi tubuh yang lemah seperti flu, alergi serbuk bunga atau alergi.

2. Memelihara Kulit

Vitamin C dan antioksidan adalah dua bahan yang sangat diperlukan untuk memiliki kulit yang sehat. Kedua zat ini ada di kelor . Vitamin C membantu membangun kolagen, asupan kolagen yang baik akan menyembuhkan luka dan goresan. Selain itu, kolagen membantu kulit kita tetap elastis dan lembut. Bye kerut!

Konsumsi secara teratur daun kelor akan membuat kulit lebih halus dan membuatnya sehat tanpa harus takut akan serangan penyakit kulit seperti jerawat. Bersiaplah untuk memiliki kulit yang lembab, jernih, dan bercahaya.

kelor juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan untuk wajah. Tumbuk daun kelor dan digunakan sebagai masker untuk kulit wajah halus dan sehat. Ada beberapa merek produk kosmetik ternama yang menggunakan minyak kelor sebagai bahan baku untuk produknya. Terutama produk perawatan kulit seperti krim anti penuaan, minyak aromaterapi, busa wajah, lotion, krim pencerah, dan deodoran.

3. Atasi Diabetes

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya adalah mengatasi sekaligus mengobati diabetes. Mengkonsumsi daun kelor akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak makanan. Dengan begitu Anda meminimalkan makan makanan yang mungkin mengandung gula. kelor dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga tanaman ini diyakini dapat mengurangi risiko diabetes.

4. Menyehatkan Mata

menjaga kesehatan mata

Seperti yang disebutkan sebelumnya. kelor memiliki lebih banyak vitamin A daripada wortel. Selain mata sehat, daun kelor juga bisa digunakan sebagai obat pereda mata. Dengan beta-karoten untuk membantu penglihatan Anda. Dengan memasukkan daun kelor ke dalam air mendidih, lalu dicuci di mata setiap hari sampai menjadi lebih baik.

5. Lawan Radikal Bebas

Nutrisi antioksidan, termasuk vitamin C, menjanjikan untuk memperlambat laju kerusakan radikal bebas dalam tubuh. Makanan dengan antioksidan melindungi kita dari kerusakan radikal bebas, yang bertanggung jawab atas banyak efek penuaan baik pada tubuh maupun pikiran. Tubuh kita menggunakan antioksidan untuk mengurangi dampak radikal bebas, dan makanan kita memberi kita alat untuk melakukannya.

Daun kelor mengandung lutein, yang merupakan senyawa karotenoid. Senyawa ini paling efektif diserap oleh tubuh ketika dikonsumsi bersama makanan yang mengandung lemak.

6. Sembuhkan Rematik

Rematik terjadi ketika sistem kekebalan menyerang jaringan tubuh Anda sendiri dan menyebabkan nyeri sendi, bengkak, dan kekakuan. Daun kelor dipercaya dapat mengurangi nyeri sendi dan mengurangi penumpukan asam urat di persendian. Jadi manfaat kesehatan lain dari daun kelor adalah menyembuhkan rematik

7. Atasi Alergi

Alergi bisa dipicu oleh beberapa penyebab. Alergen adalah zat asing yang keliru dan dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh sehingga jika terkena dapat menyebabkan reaksi alergi. Untuk menangani reaksi alergi maka Anda bisa memanfaatkan daun kelor guna meningkatkan daya tahan tubuh, dengan daya tahan tubuh yang baik maka Anda tidak akan mungkin terkena alergi.

8. Manfaat kelor untuk Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan

kelor memiliki serat yang tinggi, menghasilkan energi yang lebih tahan lama. Mengkonsumsi kelor akan membantu program penurunan berat badan. Merasa kenyang lebih lama karena tanaman ini mengandung zat besi lebih banyak daripada bayam. Sangat membantu menangani masalah pencernaan, sehingga merangsang metabolisme untuk membakar kalori lebih cepat. Karena daun kelor mudah diserap ke dalam usus. Jadi, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat dan cepat, jangan lupa untuk memasukkan daun kelor sebagai menu konsumsi harian Anda.

9. Manfaat Kesehatan kelor untuk Kecantikan

Kandungan nutrisi dalam daun kelor dapat memanjangkan rambut serta meningkatkan kesehatan rambut. Pertumbuhan rambut yang sehat, kuat, dan berkilau karena asupan nutrisi yang tepat. kelor diketahui mengandung sekitar 40 persen minyak yang dikenal sebagai minyak Ben. Minyak kelor kaya akan antioksidan, dan profil nutrisinya mirip dengan minyak zaitun. Daun kelor memiliki sekitar dua kali lebih banyak protein daripada yogurt dan empat kali lipat dari telur, itu adalah sumber yang kaya asam lemak (bagus untuk kulit), bersama dengan beberapa vitamin B, zat besi, vitamin C dan A, dan daftar panjang jejak mineral (seperti kalsium dan seng), kelor memberikan nutrisi yang mendalam untuk rambut dan kulit.

Manfaat daun kelor ini juga dapat diperoleh dengan menjadikannya masker di wajah. Bukan hanya penyakit dan bahkan daun kelor yang bisa kita gunakan untuk mengatasi bintik-bintik hitam, jerawat dan komedo di wajah. Caranya: Hancurkan segenggam daun kelor muda. Sampai benar-benar halus lalu gunakan untuk bedak atau bisa juga dicampur dengan bedak sebagai masker diamkan 25-30 menit lalu cuci lagi.

10. Meningkatkan Produksi ASI

Ketika seorang ibu menyusui, dia membutuhkan banyak protein untuk memproduksi susu. Lengkapi kebutuhan nutrisi ibu dan sebisa mungkin hindari penggunaan suplemen atau obat-obatan sebagai cara untuk memperbanyak ASI. Zat besi berguna dalam pembentukan sel darah merah di tubuh ibu menyusui.

Seperti sayuran berwarna hijau lainnya, kelor juga memiliki enzim yang disebut fitoestrogen yang bermanfaat untuk menghasilkan ASI. Selain itu, kelor adalah sumber asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk ibu menyusui.

11. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Sistem metabolisme tubuh yang baik memainkan peran penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Jadi dengan mengkonsumsi daun kelor bermanfaat untuk merangsang metabolisme dan struktur sel tubuh.

12. Mengatasi Sariawan

Sariawan membuat mulut menjadi tidak nyaman, terutama ketika Anda mengunyah, tersenyum, menyikat gigi, dan dapat menyebabkan bau mulut. Anda dapat mengobati sariawan Anda dengan daun kelor karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

13. Mendukung Kesehatan Otak

kesehatan otak

Hebatnya, mengkonsumsi kelor tidak akan memberikan efek samping. Jadi, penggunaan sehari-hari baik untuk kesehatan. Daun kelor berkhasiat sebagai penyedia nutrisi. Ini memainkan peran penting untuk menyehatkan otak. Nutrisi otak membantu untuk membuat keputusan yang tepat bahkan dalam situasi yang sulit.

#Cara Mengonsumsi kelor untuk Hasil Terbaik

Ada berbagai cara untuk mengonsumsi daun kelor . Salah satu cara termudah adalah membuatnya menjadi hidangan sayur bening. Hanya dengan mencuci dan kemudian merebus daun sampai mendidih, tambahkan sedikit bumbu dan siap disajikan.

Cara lain adalah membuatnya menjadi minuman teh. Banyak produsen menjual bubuk teh daun kelor, jadi kita hanya perlu mengambilnya. Atau kita juga bisa membuat bubuk teh sendiri dari daun kelor yang telah dikeringkan. Pertama, Persiapkan daun kelor segar dan hijau. Lalu keringkan, tetapi tidak perlu dijemur di bawah terik matahari. Ini untuk menghindari hilangnya isi daun kelor. Lalu tumbuk daun kelor yang telah kering dan simpan di tempat yang kering.

Untuk cara yang lebih praktis, bisa juga membeli daun kelor dalam bentuk pil. Sudah banyak kok yang menjual kapsul atau pil ekstraksi daun kelor. Menggunakan cara ini lebih mudah untuk daerah yang sulit menemukan daun kelor. Sekali lagi, Anda juga dapat membuat daun kelor dalam bentuk bubuk. Caranya pun juga cukup mudah dan sama seperti membuat teh daun kelor, akan tetapi tambahkan proses ayak untuk granula yang lebih halus.