Manfaat Daun Salam

manfaat daun salam

Daun salam merupakan salah satu jenis daun yang kerap digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu dalam masakan mereka. Menambahkan daun salam kedalam masakan akan dapat memberikan aroma masakan yang harum dan memberikan efek rasa yang lebih lezat dan nikmat. Daun salam sendiri sering ditambahkan ke banyak jenis masakan terutama masakan daging yang mana daun salam dapat menghilangkan bau amis dari daging yang akan diolah tersebut.

Akan tetapi tahukah Anda apabila daun salam merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan? Memang benar bahwa banyak dikalangan masyarakat Indonesia yang jarang mengetahui manfaat daun salam terutama untuk kesehatan secara umumnya. Akan tetapi, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap manfaat daun salam untuk kesehatan memang sangat wajar menurut BebasJerawat.info. Hal ini dikarenakan tradisi memasak dikalangan masyarakat yang memanfaatkan daun salam sebagai bumbu masakan lebih dominan.

Saat ini, sudah banyak sekali dilakukan penelitian yang mengatakan bahwa daun salam memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk dimanfaatkan guna menjaga kesehatan tubuh, dan bahkan daun salam juga mempunyai potensi untuk menangkal efek buruk dari penyakit berbahaya atau kronis. Simak terus artikel berikut ini dan temukanlah manfaat daun salam yang sangat baik dan luar biasa untuk kesehatan tubuh Anda.

Kandungan Daun Salam yang Bermanfaat untuk Kesehatan

  • Daun salam memiliki kandungan minyak esensial yang didalamnya terdapat metil kavikol serta eugenol.
  • Daun salam juga memiliki kandungan ekstrak etanol yang berfungsi untuk menghambat proses aktivitas jamur (anti-jamur) serta berperan sebagai anti-bakteri.
  • Kandungan ekstra metanol yang terdapat pada daun salam juga berfungsi sebagai anti-cacing.
  • Kandungan kimia daun salam meliputi tannin, minyak atsiri, flavonoid, vitamin B kompleks dan Vitamin C memiliki fungsi sebagai penurun kadar asam urat yang baik untuk tubuh kita.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Kandungan serta manfaat yang diberikan oleh daun salam sangatlah besar dalam dunia kesehatan, selain mampu menyembuhkan rematik dan maag, khasiat daun salam lainnya juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, serta mampu mencegah terjadinya komplikasi penyakit jantung yang sangat berbahaya untuk tubuh kita.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan pasti, simaklah informasi dibawa ini mengenai khasiat daun salam atau nama latinnya syzygium polyanthum dibawah ini!

1. Mengatasi Masalah Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau dikenal hipertensi merupakan salah satu momok masalah untuk kesehatan tubuh seseorang. Dimana tekanan darah tinggi naik tidak normal atau terlalu tinggi dapat membuat seseorang mengalami pusing, tetapi efek terburuk dari masalah ini adalah pecahnya kelenjar otak yang dapat membuat seseorang meninggal. Akan tetapi, tanpa kita sangka dan kita ketahui bahwa daun salam dapat membantu kita mengatasi masalah hipertensi.

Yap benar, salah satu manfaat daun salam adalah dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun salam dapat menjaga metabolisme tubuh kita yang mana membuat suplai darah ke tubuh tetap stabil dan lancar. Untuk dapat menjaga tekanan darah seseorang agar tetap stabil, maka sangat disarankan untuk Anda meminum air rebusan dari daun salam yang hangat setidaknya atau minimnya 1X sehari.

Baca jugaManfaat Buah Naga

Baca jugaCara Menghilangkan Mata Ikan

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat kedua dari daun salam adalah melancarkan pencernaan kita. Kandungan mineral dan juga vitamin yang terdapat didalam daun salam dapat menutrisi usus halus yang mana masalah yang terjadi didalam saluran cerna seperti diare, sembelit atau masalah pencernaan lainnya dapat diatasi dengan baik. Apabila Anda mengalami masalah pencernaan, maka Anda wajib mencoba cara ini! Rebuslah 5 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih sebelumnya dan tambahkan sedikit garam. Setelah itu minumlah rebusan air daun salam tersebut minimal 2X sehari.

3. Menyehatkan Mata

TIdak hanya dapat memembantu mengatasi masalah internal tubuh saja, manfaat daun salam dapat membantu kita menyehatkan mata. Terdapat beberapa masalah yang sering kali terjadi pada mata kita, seperti mata lelah, mata merah, dan berbagai macam masalah lainnya. Meski demikian, ada beberapa orang yang menganggap bahwa itu merupakan masalah yang wajar dan lumrah terjadi. Tetapi tetap saja hal tersebut dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Dalam kasus ini, Anda dapat mengatasi masalah mata tersebut dengan cara mengusapkan air rebusan daun salam di bagian mata untuk mengatasi berbagai macam masalah tersebut serta menjaga mata agar tetap sehat.

4. Mengatasi Penyakit Asam Urat

Manfaat selanjutnya dari daun salam adalah dapat mengatasi asam urat. Perlu diingat dan diketahui bahwa asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya pengkristalan asam yang tertumpuk di daerah sendi-sendi tubuh kita. Penyakit asam urat sendiri cenderung menyerang atau diderita oleh orang yang berusia lanjut. Apabila penyakit ini menyerang, maka penderita akan mengalami rasa sakit yang sangat luar biasa pada bagian sendi dan ruang gerak mereka akan sangat terbatasi dan pastinya sangat tidak nyaman.

Oleh sebab itu, penyakit ini harus diatasi segera karena efeknya sangat serius. Untuk dapat mengatasi masalah asam urat, Anda dapat memanfaatkan daun salam sebagai salah satu obat herbal alami. Benar bahwa salah satu manfaat dari daun salam adalah dapat menurunkan jumlah asam urat yang ada di dalam tubuh yang mana dapat membuat tubuh terhindar dari masalah penyakit asam urat. Cara memanfaatkan daun salam sebagai obat asam urat cukup mudah yakni dengan meminum air rebusan daun salam yang dicampur dengan madu.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes

Terdapat beberapa penelitian yang dialkukan guna menguji seberapa besar pengaruh dari daun salam terhadap penurunan kadar gula dalam darah seseorang. Kandungan glikosida, flavonoid serta squalene yang terdapat di dalam daun salam mempunyai peran penting dalam mengurangi risiko penyakit diabetes.

Alasannya karena ketiga kandungan tersebut merupakan senyawa yang dapat menghambat proses penyerapan glukosa ke dalam usus serta membantu proses penyimpanan glukosa dalam otot lebih cepat.

Baca jugamemerahkan bibir

Baca juga: Cara Mengecilkan Paha

6. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kandungan senyawa flavonoid dan fenolat yang terdapat di dalam daun salam mampu menahan serta menghentikan proses pertumbuhan sel kanker.

7. Mengobati Penyakit Diare

Di kalangan masyarakat Indonesia masih jarang sekali yang mengetahui manfaat daun salam guna pengobatan penyakit diare. Kandungan sifat anti-bakteri serta kandungan senyawa tanin yang terdapat pada daun salam menjadi alasan utama mengapa daun salam dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit diare.

Telah dibuktikan pula melalui penelitian yang menyatakan bahwa kandungan senyawa tanin yang terdapat pada daun salam dapat menghambat proses aktivitas bakteri Escherichia coli yang menjadi salah satu momok utama penyebab penyakit diare tersebut.

8. Menghambat Proses Aktivitas Jamur dan Bakteri Jahat

Wajib Anda ketahui mengenai kandungan senyawa yang terdapat di dalam daun salam yang sangat dapat membantu mencegah infeksi bakteri dan jamur pada tubuh kita. Apa saja senyawa tersebut? Kandungan yang terdapat di dalam daun salam antara lain terpenoid, flavonoid, vitamin C, Vitamin E dan asam fenolat.

Baca juga: Manfaat daun jambu biji

9. Mempercepat Proses Penyembuhan

Daun salam mempunyai sifat penyembuhan yang baik untuk kita, dimana hal ini membuat daun salam kerap dipergunakan oleh praktisi herbal guna mengobati gigitan ular, sengatan serangga ataupun menghilangkan luka serta memar pada kulit tubuh kita.

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang berguna untuk menyembuhkan infeksi pada kulit. Hal ini juga dapat diterapkan secara topikal untuk menyembuhkan luka, memar sekaligus gigitan serangga.

10. Mengusir Kutu Kepala

Untuk dapat menghilangkan kutu rambut, Anda dapat merebus sekitar 50 gram daun salam yang sudah dihaluskan dalam 400 ml – 100 ml air tetap. Saringlah air rebusan tersebut dan aplikasikan pada kulit kepala Anda. Setelah itu biarkan selama 3-4 jam dan bersihkan. Ramuan ajaib ini akan sangat membantu Anda dalam menghilangkan kutu rambut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh, semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dalam menambah wawasan mengenai khasiat daun salam dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari guna mendapatkan tubuh yang sehat. Apabila Anda memiliki pengalaman menarik mengenai manfaat daun salam jangan lupa untuk share di kolom komentar BebasJerawat ya!

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.