Manfaat Daun Sirih

manfaat daun sirih

Daun sirih adalah salah satu tanaman obat yang sering dimanfaatkan dalam berbagai macam pengobatan tradisional yang baik itu dalam negeri ataupun luar negeri. Oleh sebab itulah, ada berbagai macam penelitian yang menggunakan objek utamanya adalah daun sirih dan ini telah dilakukan di berbagai macam negara untuk dapat membuktikan apa saja manfaat daun sirih dan khasiatnya.

Tanaman ini memiliki berbagai macam kandungan zat aktif yang baik untuk tubuh kita seperti fenil, kavikol, tannin, propana, sineol dan berbagai macam minyak esensial yang sudah pasti sangat berguna sekali untuk kesehatan tubuh kita.

Anda juga bisa memanfaatkan daun sirih sebagai obat luar dengan cara menempelkan daun sirih langsung pada bagian tubuh Anda atau bisa juga Anda mengkonsumsi daun sirih secara langsung untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari dalam tubuh melalui daun sirih tersebut meski rasa yang diberikan daun sirih sedikit kurang menyenangkan untuk sebagian kalangan tapi yang butuhkan bukan rasanya melainkan manfaatnya.

Manfaat Daun Sirih

Inilah beberapa informasi mengenai manfaat daun sirih yang sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh Anda, yakni:

1. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat daun sirih yang pertama adalah dapat membersihkan kuman serta bakteri yang ada pada rongga mulut kita karena kandungan senyawa antiseptik dari daun sirih. Karena manfaat dari senyawa yang ada pada daun sirih ini sangat berguna untuk mencegah sekaligus menghilangkan bau mulut dan mencegah munculnya plak serta karang gigi karena kuman yang tertahan di dalam mulut kita. Lantas bagaimana cara memanfaatkn daun suruh untuk menjaga kesehatan mulut kita? Pertama ambil 1 lembar daun sirih lalu cuci hingga bersih dengan air mengalir dan kunya selama kurang lebih 2 sampai 3 menit. Memang benar bahwa rasa yang diberikan daun sirih akan sedikit pahit, tetapi kesehatan mulut yang terjaga akan Anda dapatkan secara mudah dan cepat.

2. Menyembuhkan Batuk

Salah satu manfaat daun sirih lainnya adalah dapat Anda gunakan sebagai obat batuk alami. Nah, untuk dapat memanfaatkan daun sirih sebagai obat batuk alami, Anda cukup merebus 5 helai lembar daun sirih yang dicampur dengan 300 ml air. Lakukan konsumsi obat herbal ini 2X dalam sehari untuk meredakan batuk Anda dan Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas lainnya tanpa lagi dibatasi oleh batuk yang mengganggu.

3. Melancarkan pencernaan

Ternyata mengunyah daun sirih tidak hanya memberikan keuntungan untuk menjaga kesehatan mulut kita, tetapi juga dapat membantu melancarkan pencernaan kita. Daun sirih sendiri mempunyai sebuah kemampuan yang dapat merangsang air liur yang memiliki kandungan enzim pencernaan dan juga enzim lipasi yang berguna untuk memecah sekaligus menghancurkan makanan dengan sangat efektif.

Karena hal inilah yang dapat membantu proses cerna tubuh menjadi lebih lancar, karena kita tahu bahwa makanan yang masuk ke dalam lambung serta saluran cerna lanjutan sudah berada dalam keadaan yang mudah untuk dicerna, yang mana dapat memberikan keuntungan untuk mengatasi gejala-gejala pencernaan seperti perut seperti penuh, kembung serta peningkatan asam lambung dapat kita hindari.

  1. Kunyahlah 1 atau 2 lembar daun sirih yang pastinya sudah Anda bersihkan dengan air setelah Anda selesai makan.
  2. Anda dapat juga menelan sarinya dan membuang ampas dari daun sirih yang sudah Anda kunyah tersebut.

4. Membantu pengobatan diabetes

Telah dilakukan sebuah penelitian dan menyatakan bahwa daun sirih bisa menjadi salah satu bahan pengobatan diabetes. Hal ini juga dibuktikan dari penelitian laboratorium yang mana ekstrak daun sirih dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang mulanya normal menjadi rendah.

  1. Jika Anda mempunyai penyakit diabetes, Anda bisa merebus 3 lembar daun sirih yang sudah di cuci bersih dengan 300 ml air.
  2. Minumlah rebusan tersebut 1x sehari secara rutin.

Catatan peringatan:

Wajib diperhatikan apabila Anda mencoba cara ini sebagai salah satu bentuk usaha untuk mengobati penyakit diabetes Anda, Anda wajib melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek kadar gula dalam tubuh kita secara drastis akan menurun dan dapat mengakibatkan tubuh kekurangan gula atau bahasa medisnya adalah hipoglikemia.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah mampu mempercepat proses penyembuhan luka karena daun sirih memiliki zat aktif yang dapat menghambat proses peradangan dan juga menghentikan pendarahan dengan cepat pada luka kita.

  1. Cucilah area luka hingga bersih dan ambil 3-5 lembar daun sirih dan cuci bersih juga.
  2. Hancurkan daun sirih tersebut hingga benar-benar halus.
  3. Bubuhkan daun sirih tersebut pada area luka Anda.
  4. Tutup dengan menggunakan perban ataupun kasa.
  5. Gantilah daun sirih yang dibubuhkan dan kasa 2X sehari setelah Anda mandi hingga luka yang ada menutup dengan sempurna.

Catatan peringatan:

  1. Proses dari penyembuhan luka membutuhkan kondisi yang steril dari berbagai macam benda asing seperti kotoran, debu dsbnya. Oleh sebab itu, pastikan bahwa luka Anda benar-benar sudah bersih sebelum melakukan pembubuhan daun sirih pada luka. Tidak hanya itu, daun sirih yang akan dipergunakan juga harus dalam kondisi yang bersih.
  2. Meski kita tahu bahwa daun sirih mampu menghentikan pendarahan dengan sangat cepat, tidak disarankan bagi Anda memasukkan daun sirih ke dalam hidung ketika Anda mimisan karena dapat berisiko masuk jauh ke dalam bagian hidung dan dapat menimbulkan infeksi.

6. Membantu mengobati jerawat

Manfaat daun sirih yang keenam adalah mengobati jerawat. Kandungan sifat antisepti serta anti bakteri yang dimiliki oleh daun sirih dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda dapat mencuci muka terlebih dahulu dengan air rebusan daun sirih yang sudah didinginkan untuk mendapatkan manfaatnya (jangan pernah sekali-kali mencuci muka dengan air rebusan yang masih panas karena hot banget lho). Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan secara langsung ekstrak daun sirih yang sudah diproduksi dalam bentuk kemasan di area wajah yang memiliki jerawat.

Catatan peringatan:

Perhatikanlah tingkat kesensitifitasan kulit wajah Anda. Apabila dalam kondisi perawatan ini, kulit wajah Anda mengalami gatal dan kemerah-merahan, segera lakukan pembilasan wajah Anda dengan sabun cuci muka dan hentikan pemakaian. Hal ini membuktikan bahwa Anda memiliki kulit yang tidak cocok dengan perawatan ini dan dapat mengalami reaksi alergi terhadap daun sirih.

7. Membantu mengobati penyakit autoimun

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang mana sistem kekebalan tubuh salah mengenali mana antibodi di dalam tubuh sebagai musuh sehingga menyebabkan reaksi berlawanan yang berlebih. Beberapa penyakit autoimun seperti penyakit lupus, rematik, psoriasis dan lain-lain.

Untuk membantu sekaligus mengobati penyakit autoimun ini, daun sirih memiliki sebuah kandungan zat aktif yang dapat meredam sistem imun dalam tubuh tersebut sehingga tidak dapat melakukan perlawanan terhadap antibodi tubuh itu sendiri. Karena manfaat daun sirih inilah dapat membantu penderita autoimun dari kekambuhan penyakitnya. Lantas cara memanfaatkan daun sirih sebagai obat penyakit autoimun seperti apa? simak caranya di bawah ini:

  1. Pertama rebus 3 helai daun sirih yang pastinya sudah dicuci bersih hingga mendidih dan minum air rebusan tersebut dalam keadaan hangat atau dingin.
  2. Anda juga dapat membuat teh daun sirih dengan beberapa campuran lain seperti madu dan lemon di dalamnya.

8. Menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah

Manfaat daun sirih lainnya yang menarik perhatian adalah daun sirih dapat menjaga kesehatan jantung kita. Zat aktif yang ada dalam daun sirih ternyata bersifat kardiotonik yang mana dapat menstimulasi denyut jantung kita. Apabila digunakan dengan tepat, daun sirih sendiri dapat mengontrol denyut jantung yang semula tidak normal atau tidak teratur sehingga tekanan darah yang dihasilkan juga akan lebih terkontrol dengan baik.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya kontrol yang baik pada jantung serta tekanan darah kita, risiko penyakit jantung sudah pasti dapat dicegah dan dihindari oleh kita. Anda dapat mengunyah 2 daun sirih 1X sehari untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa ini.

Catatan peringatan:

Anda juga perlu waspada mengenai efek samping yang muncul setelah Anda mengkonsumsi seduhan air dari daun sirih akibat respon tubuh yang terlalu sensitif. Apabila Anda merasa bahwa kinerja jantung Anda terlalu cepat, air liur terus saja keluar, dan banyak sekali keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan segera hentikan penggunaan atau konsumsi dari daun sirih dan lakukan pemeriksaan ke dokter Anda.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.