Manfaat Daun Sirsak

Posted on

Sirsak (Annona Muricata) merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Sirsak adalah buah yang mempunyai rasa asam dan manis pada daging buahnya. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan kandungan serat. Setiap 100 gram daging sirsak yang dikonsumsi mengandung setidaknya 3.3gram serat yang dapat memenuhi 13% kebutuhna serat pada tubuh setiap harinya. Tidak hanya itu saja, sirsak juga mengandung banyak sekali senyawa aktif antara lain tannin, flavonoid, alcaloid, kalsium, saponin, karbohidrat, vitamin A, B dan C, fosfor, oksalat dan fitosterol.

Selain bagian daging buahnya, daun sirsak juga mempunyai kandungan senyawa aktif yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Daun sirsak sendiri merupakan bagian penting untuk menunjang sekaligus membantu Anda dalam mengatasi masalah penyakit. Bahkan daun sirsak sendiri menjadi sangat populer ketika ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kandungan dan kemampuan dari daun sirsak 10.000 kali lebih kuat kandungannya dari kemoterapi dalam mengatasi kanker.

manfaat daun sirsak

Pada tahun 1965 dilakukan sebuah riset yang menyatakan bahwa kandungan dari khasiat daun sirsak tidak diragukan lagi. Hasil riset tersebut menyatakan bahwa ekstrak daun sirsak dapat memperlambat proses pertumbuhan kanker. Bahkan disaat ini, banyak sekali dokter yang memberikan resep mengenai obat alami dengan bahan utamanya adalah daun sirsak.

Daun sirsak sendiri mengandung berbagai senyawa aktif baik untuk tubuh mulai dari muricapentocin, acetogenins, annohexocin, linoleic acid, annoctalin, annomuricin, anonol dan senyawa lainnya. karena begitu banyak kandungan senyawa kimia yang baik dan beragam pada daun sirsak inilah yang membuat para penliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai daun sirsak hingga saat ini. Inilah beberapa manfaat daun sirsak yang bisa BebasJerawat.info sampaikan:

Manfaat Daun Sirsak

1. Mencegah dan Mengobati kanker

mengobati kanker

Manfaat daun sirsak pertama adalah mencegah serta mengobati kanker, Sudah banyak sekali peneliti yang membuktikan bahwa pengaruh ekstrak daun sisa terhadap perkembangan berbagai macam sel kanker dalam tubuh manusia.

Daun sirsak mengandung sebuah senyawa Annonaceous acetogenins yang hanya bisa ditemukan dari keluarga tanaman annonaceae. Senyawa fitokimia ini merupakan senyawa yang memiliki aktifitas anti kanker. Senyawa Annonaceous acetogenins sendiri bekerja didalam tubuh kita dan dapat membunuh sel kanker serta memicu apoptosis (mekanisme bunuh diri sel).

Secara alami, tubuh yang mempunyai sel tubuh yang rusak akan membunuh dirinya sendiri agar tidak mempengaruhi sel lainnya, tetapi pada kasus penyakit kanker sendiri berbeda, dimana sel kehilangan kendali dan tidak dapat mengendalikan pembelahannya.

Selain membunuh sel kanker, ekstrak dari daun sirsak sendiri juga dapat membunuh tumor secara efektif dengan menghambat proses pemasokan energi dan nutrisi yang dibutuhkan sel tumor.

Baca juga: cara memutihkan wajahcara menghilangkan komedo

2. Meredam demam

Demam merupakan salah satu indikator atau tanda terjadinya masalah dalam tubuh seseorang. Ketika terjadi gangguan seperti peradangan, secara alami tubuh akan mengeluarkan sinyal atau rangsangan ke otak untuk meningkatkan suhu tubuhnya.

Kenaikan suhu inilah yang disebut dengan proses pembunuhan bakteri atau virus yang menyebabkan demam. Meski begitu, demam dapat membuat tubuh seseorang terganggu dan tidak nyaman sehingga seseorang mengalami masalah pada tubuh.

Kandungan senyawa aktif yang terdapat pada daun sirsak dapat menurunkan suhu tubuh dan juga mengatasi infeksi yang terjadi didalam tubuh. Ketika seseorang terserang demam, rebuslah beberapa helai daun sirsak dengan campuran segelas air selama 10 menit dan kemudian minumlah rebusan air daun sirsak tersebut ketika keadaan hangat.

3. Mencegah kerusakan kulit

kulit indah

Manfaat daun sirsak dapat membantu Anda dalam mencegah kerusakan sekaligus mengobati masalah kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas melalui kandungan antioksidan dari daun sirsak sendiri.

Tidak hanya itu, daun sirsak juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah kulit diantaranya untuk menghilangkan jerawat dan juga eksim. Senyawa anti-inflamasi dan anti-bakteri yang terdapat pada daun sirsak dapat menghilangkan peradangan pada kulit akibat jerawat serta menghilangkan bekas jerawat pada wajah Anda.

Cara menghilangkan jerawat dan eksim dengan daun sirsak cukup mudah, yakni hanya dengan mengambil beberapa helai daunsirsak dan oleskan pada kulit yang terdapat masalah tersebut. Lakukan perawatan tersebut secara rutin selama beberapa hari dan rasakan hasilnya.

Baca juga: cara mengecilkan perutcara memutihkan gigi

4. Mengurangi gejala arthritis

Kandungan anti-inflammatori atau peradangan yang terdapat pada daun sirsak dapat mengurangi gejala arthritis.

Arthritis merupakan suatu gangguan yang terjadi pada persendirian yang disebabkan karena peradangan dan merupakan salah satu gejala penyakit yang dapat merusak sistem imun tubuh atau autoimun yang terjadi didalam tubuh dimana sel darah putih kita menyerang sel normal pada tubuh.

Mengkonsumsi air rebusan dari daun sirsak setiap hari dapat mengurangi gejala dari arthritis dan juga rasa nyeri pada sendi tubuh kita.

5. Mencegah dan mengobati diabetes

diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit metabolisme yang mana tubuh akan kehilangan kontrol akan kadar gula dalam darah.

kadar gula darah yang tinggi karena diabetes dapat merusak jaringan sel yang membuat penyakit diabetes masuk dalam salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Penyakit diabetes atau dikenal kencing manis ini biasa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain pola hidup yang tidak sehat, faktor lingkungan, faktor keturunan yang membuat kerusakan pada hormon insulin atau insulin resistance.

Insulin sendiri adalah homron yang bekerja sebagai pengatur kadar gula dalam darah agar tetap normal. Bagi penderita diabetes, insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan baik dan optimal disebabkan karena kehilangan kepekaannya terhadap kadar gula dalam darah. Daun sirsak sendiri mengandung senyawa aktif yang disebut streptozotocin, streptozotocin sendiri adalah senyawa yang dapat memicul sel-sel beta langerhans dalam pankreas tubuh yang berguna untuk menghasilkan insulin dan juga dapat meningkatkan sensitifitas insulin terhadap kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Konsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari akan dapat membantu Anda dalam menetralkan kadar gula dalam darah yang menghasilkan obat diabetes terbaik.

Baca juga: cara menghilangkan ketombe & cara memerahkan bibir

6. Menurunkan kolesterol

Senyawa anti-hiperlipidemia yang terdapat di daun sirsak dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar lemak jahat atau biasa disebut dalam dunia medis Low Density Lipoprotein (LDL) sekaligus meningkatkan kadar lemak yang baik atau biasa disebut High Density Lipoprotein (HDL) dalam tubuh.

Kolesterol jahat sendiri dapat menembus dinding arteri yang dapat menimbulkan plak pada pembuluh darah atau biasa yang disebut dengan atherosclerosis. Atherosclerosis merupakan penebalan dinding arteri yang dapat membuat tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

7. Mengobati diare

mengobati diare

Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang ditandai dengan meningkatkan frekuensi buang air besar atau tinja cair pada sang penderita.

Penyakit diare sendiri banyak sekali menelan korban terutama bagi rakyat Indonesia dan Indonesia menempati urutan ketiga belas sebagai negara dengan tingkat kematian karena penyakit diare. Hal ini juga disebabkan karena beberapa faktor, antara lain karena adanya infeksi parasit seperti bakteri Escherischia coli.

Sebuah penelitian telah dilakukan pada tahun 2014 dan menyatakan bahwa ekstrak methanol yang terkandung pada daun sirsak dapat mencegah pertumbuhan bakteri serta parasit termasuk bakteri Escheriscia coli yang menjadi penyebab utama diare.

Baca juga: cara menghilangkan flek hitamcara menghilangkan jerawat batu

8. Mengatasi peradangan

Terjadinya infeksi maupun gangguan dalam sistem organ tubuh biasanya disebut sebagai peradangan. Senyawa aktif yang terdapat pada daun sirsak dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah peradangan karena zat anti-inflammatori sekaligus sebagai analgesik atau pereda rasa sakit.

Oleh karena itu, air rebusan dari ekstraksi daun sirsak dapat berguna untuk menyembuhkan peradangan, baik yang bersifat peradangan ringan ataupun kronis seperti radang pada saluran pencernaan seperti lambung dan usus.

9. Mengobat malaria

malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena parasit Plasmodium yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles dan sama halnya seperti Demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegepty.

Angka kematian yang disebabkan oleh penyakit malaria cukup tinggi terutama di Indonesia dan bila tidak segera ditangai, malaria akan sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Hasil dari sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak pentana yang terdapat pada daun sirsak dapat membunuh Plasmodium penyebab penyakit malaria secara efektif. karena inilah yang menyebabkan kenapa daun sirsak telah digunakan sejak lama guna mengobati malaria terutama di negara yang memiliki iklim tropis.

10. Menurunkan tekanan darah

menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau bisa juga disebut hipertensi adalah salah satu penyebab penyakit jantung. Tekanan darah yang tinggi didalam tubuh kita biasanya disebabkan oleh pembuluh darah atau arteri yang mengalami penebalan atau penyumbatan aliran darah.

Pada tahun 2014, sebuah penelitian telah dipublikasikan oleh Kedari et al dalam sebuah American Journal of Research Communication dan menyatakan bahwa daun sirsak memiliki kandungan senyawa antihypertensive yang berguna untuk menurunkan tenakan darah tanpa perlu mempengaruhi kerja organ jantung kita.

Mengkonsumsi rebusan daun sirsak setiap hari dapat membantu Anda sebagai penderita hipertensi dalam mengatur tekanan darah.

Baca juga: cara menghilangkan bau mulut & cara meluruskan rambut

Bahaya dari manfaat daun sirsak

Meski begitu banyak manfaat daun sirsak yang sudah teruji, para penliti juga menyatakan bahwa daun sirsak dapat memicu urinasi atau bisa disebut sebagai proses merangsang pengeluaran urin atau air seni setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi air rebusan sirsak sebisa mungkin.

Mengkonsumsi ekstrak daun sirsak atau rebusan air daun sirsak dalam jangka waktu yang panjang dapat berakibat buruk untuk kesehatan tubuh karena kandungan senyawa anti mikroba yang terdapat pada daun sirsak dapat membunuh bakteri baik.

Terlalu banyak jumlah konsumsi ekstrak daun sirsak yang mengandung alkohol juga tidak baik karena dapat menyebabkan rasa kantuk dan kehilangan kesdaran kita. Oleh sebab itu, bijaksanalah dalam mengkonsumsi sekaligus memanfaatkan daun sirsak dan bila perlu lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *