Manfaat Donor Darah

manfaat donor darah

Aktivitas menyumbangkan darah bukanlah hal baru dalam hidup kita. Saat ini, ada begitu banyak orang dan juga komunitas yang menggalang dan memfasilitasi kegiatan ini secara rutin dengan mempertimbangkan jumlah pasien yang membutuhkan darah. Jumlah kebutuhan dan kurangnya pasokan darah membuktikan bahwa kepentingan publik untuk menyumbangkan darah masih cukup rendah. Sementara di sisi lain, jumlah pasien yang dipanggil sebagai penerima semakin tinggi.

Ada banyak alasan mengapa seseorang menjadi penerima dan membutuhkan darah dengan cepat, misalnya: Mengalami kecelakaan dan kehilangan banyak darah, membutuhkan tindakan operasi, kanker dan berbagai kondisi lain yang membuat tubuh kekurangan darah. Melihat fakta di atas, jelas terlihat bagaimana kondisi darurat bisa terjadi pada seseorang yang membutuhkan darah jika sewaktu-waktu persediaan tidak mencukupi. Jadi, kegiatan antisipasi adalah dengan menyumbangkan darah dan pihak yang berkepentingan dapat memfasilitasi, menyimpan dan memasok darah kepada seseorang yang membutuhkannya. Jika suplai darah cukup, akan ada banyak pasien yang dapat dibantu dan mendapatkan darah yang mereka butuhkan tepat waktu. Dalam hal ini, para donor dapat berpartisipasi dalam menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Tidak hanya bagi penerima, manfaat kesehatan dari donor darah, juga bisa dirasakan oleh pendonor itu sendiri. Inilah yang seharusnya dipahami sejak awal, sehingga minat masyarakat untuk menyumbangkan darah semakin tinggi. Jika ketersediaan darah cukup banyak maka kesempatan untuk menyelamatkan nyawa juga semakin besar.

Untuk membuat Anda lebih memahami dan tertarik untuk melakukan donor darah, lihatlah 8 manfaat donork darah untuk kesehatan para pendonor yang mungkin dapat merubah pandangan sobat BebasJerawat mengenai pentingnya donor darah:

Manfaat Donor Darah

1. Buat kondisi psikologis menjadi lebih stabil

manfaat donor darah otak menjadi lebih stablil

“Pemberi adalah orang yang paling bahagia.” Kita sering mendengar ungkapan ini dalam banyak kesempatan. Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa membuat kita bahagia. Salah satunya berbagi dengan orang lain. Penting untuk memiliki rasa syukur dalam hidup kita, di mana kita merasa cukup dan mampu untuk berbagi dengan orang lain. Kita bisa mendapatkan hal ini ketika kita melakukan donor darah dan membantu orang lain dengan melakukan donor darah. Manfaat kesehatan dari menyumbangkan darah dapat kita rasakan dalam kondisi psikologis kita yang lebih sehat dan lebih stabil.

Kondisi psikologis para pendonor akan tenang dan terhindar dari stres karena pikirannya lebih stabil dan seimbang. Tidak mudah untuk mendapatkan kondisi psikologis seperti ini, terutama ketika aktivitas sehari-hari benar-benar penuh dengan rutinitas dan bekerja. Dapat menyebabkan tekanan dan tingkat stres yang tinggi. Menyumbangkan darah secara rutin akan membantu membangun kondisi psikologis yang tenang dan stabil sepanjang waktu. Tidak hanya itu, ini juga dapat memberikan dampak positif bagi kinerja pola pikir kita dan otak dapat bekerja lebih maksimal.

♠Baca juga: Manfaat Teh Hijau & Cara Menghilangkan Komedo

2. Menurunkan zat besi dalam darah

Pada dasarnya, darah terdiri dari zat besi dalam jumlah tertentu. Tetapi jika zat besi terlalu tinggi, itu bisa berisiko menyebabkan berbagai penyakit di tubuh kita. Ada banyak jenis penyakit yang rentan yang terjadi karena kondisi darah seperti ini, seperti penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Hal ini dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan karena ini termasuk keganasan dan penyakit yang sangat berisiko.

Hindari berbagai risiko di atas karena tingginya kadar zat besi dalam tubuh kita. Ini bisa dilakukan dengan rutin menyumbangkan darah. Kegiatan menyumbangkan darah atau donor darah dapat menekan dan membuat zat besi dalam darah menjadi lebih stabil, sehingga tubuh dapat terhindar dari risiko penyakit di atas. Tidak hanya menghindari risiko penyakit keganasan seperti penyakit jantung, kanker dan sejenisnya, derivasi zat besi juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat sepanjang waktu. Kondisi zat besi yang stabil dalam darah akan membuat metabolisme dalam tubuh menjadi lebih stabil dan menghindari risiko penyakit berat sekalipun.

3. Mencegah serangan jantung

Risiko tinggi serangan jantung yang terjadi baru-baru ini adalah fakta yang mengkhawatirkan bagi banyak orang. Bahkan diperparah dengan risiko penyakit lain yang bisa datang bersamaan karena jantung yang tidak sehat. Selama puluhan tahun ini, penyakit jantung menjadi salah satu “pembunuh” terbesar yang sulit untuk diatasi. Tidak hanya orang tua (lansia), tetapi penyakit jantung ini menyerang bahkan pria muda dan lanjut usia. Itu sebabnya penyakit jantung ini menjadi salah satu yang paling disiagakan oleh kebanyakan orang, terutama bagi orang-orang yang berisiko. Manfaat kesehatan dari donor darah cukup bervariasi termasuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung yang menakutkan ini.

Menyumbangkan darah adalah salah satu tindakan positif yang dapat dilakukan untuk merawat jantung. Menjadi pendonor darah aktif akan menurunkan risiko dan juga penyakit jantung yang menakutkan bagi kebanyakan orang hingga saat ini. Hal ini bahkan didorong oleh penelitian di American Journal of Epidemology mengatakan bahwa, pendonor aktif akan menurunkan risiko dari serangan penyakit jantung hingga 88 persen, juga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 33 persen.

♠Baca juga: Manfaat Lidah Buaya & Manfaat Madu

4. Meningkatkan produksi sel darah merah

manfaat donor darah meningkatkan sel darah merah

Sel darah merah adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan akan mereformasi sel darah merah ini secara teratur. Proses ini akan berjalan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki termasuk dengan menyesuaikan catatan kesehatan yang bersangkutan. Semakin sehat seseorang, semakin cepat proses regenerasi sel darah merah. Proses regenerasi sel darah merah ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari donor darah yang dilakukan secara rutin.

Ketika seseorang melakukan donor darah, sel darah merah akan menurun di dalam tubuh. Ini bukan dampak negatif tetapi bahkan membawa dampak positif bagi orang itu, karena tubuh dapat menghasilkan sel darah merah baru dengan cepat. Kegiatan ini akan membuat tubuh lebih sehat, terutama ketika tubuh dapat melakukan regenerasi sel darah merah dengan sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu waktu lama bagi tubuh untuk meregenerasi sel darah merah yang telah disumbangkan. Umumnya sel darah merah yang baru akan tergenerasi dalam beberapa minggu setelah melakukan aktivitas donor darah. Secara otomatis, tulang belakang akan bekerja dan menghasilkan sel darah merah baru dan memenuhi kebutuhan sel darah merah dalam tubuh.

5. Membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat

Kulit yang sehat membutuhkan kondisi darah yang stabil dan sehat. Cepatnya peredaran darah sebagai konsekuensi dari regenerasi darah merah yang baik di dalam tubuh akan membuat penampilan kulit menjadi lebih sehat. Hal ini pasti akan membuat penampilan tetap awet muda dan bebas dari masalah penuaan dini. Tidak selalu membutuhkan obat-obatan dan kosmetika mahal, kondisi kulit ini juga bisa didapat dari manfaat kesehatan menyumbangkan darah yang dilakukan secara teratur.

Jika generasi sel darah merah berjalan dengan baik, kondisi kulit akan menjadi lebih sehat dan lebih baik dari sebelumnya. Kegiatan rutin mendonorkan darah yang dilakukan secara teratur dapat membuat tubuh menjadi lebih produktif dalam meregenerasi sel darah merah, sehingga kulit dapat merasakan manfaatnya dengan baik. Ketika tubuh memiliki sel darah merah yang sehat dan beregenerasi secara teratur, kondisi darah akan menjadi lebih baik dan aliran darah juga dapat lebih stabil. Ini akan memberikan dampak positif bagi kinerja organ tubuh, termasuk kulit.

♠Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit & Cara Memutihkan Wajah

6. Kendalikan kesehatan yang lebih baik dari waktu ke waktu

Kamu harus tahu bahwa melakukan donor darah harus memiliki sejarah kesehatan yang baik. Medis akan melakukan kontrol ketat terhadap kondisi kesehatan pendonor. Ini masuk akal karena dengan mempertimbangkan setiap tetes darah donatur yang akan mengalir dan membantu seseorang di luar sana untuk memulihkan kondisinya sangatlah penting. Artinya, penting untuk memastikan darah sang pendonor kita benar-benar tepat dan mengikuti standar kesehatan yang berlaku. Jika tidak mengikuti standar kesehatan, jelas darah donor kita akan sia-sia dan kita tidak bisa menjadi pendonor untuk orang lain. Sungguh disayangkan, bukan?

Jika kita ingin menjadi pendonor yang baik, kita harus memastikan bahwa kita memiliki kualitas kesehatan yang baik dan benar. Ini sangat penting untuk menjaga tubuh kita tetap sehat sepanjang waktu, jadi kita bisa menyumbangkan darah secara rutin. Ini bisa menjadi motivasi dalam menjaga kesehatan tubuh kita setiap hari, termasuk untuk melakukan gaya hidup yang sehat dan layak. Tidak hanya memberi motivasi saja, hal ini juga bisa memberi kita manfaat kesehatan dari menyumbangkan darah itu sendiri. Jika kita disiplin dan selalu memiliki gaya hidup sehat untuk menyumbangkan darah kita, secara langsung kita akan lebih mudah memiliki kesehatan yang stabil. Tidak hanya ingin menyumbang tetapi juga memberikan kualitas terbaik dalam tetes darah untuk orang lain karena ini akan membantu kita untuk mengontrol kesehatan kita menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

7. Dapatkan analisis kesehatan gratis secara berkala

manfaat donor darah mendapat analisis kesehatan

Kapan terakhir kali kita melakukan tes kesehatan? Apakah bulan lalu, tahun lalu atau kita bahkan lupa karena sudah terlalu lama? Cek kesehatan secara rutin, seringkali menjadi masalah yang terlupakan oleh banyak orang. Kondisi seperti ini sering ditemukan di sekitar kita, hal itu juga sering terjadi pada teman dekat atau keluarga kita. Meskipun itu bukan kewajiban, namun ini penting dilakukan secara rutin dan berkala.

Kita sering melakukan pemeriksaan kesehatan jika kita mendapat penyakit serius. Selain itu jika kita mengalami fase serius, kita akan mendapatkan perawatan yang lebih serius dan kompleks. Berarti lebih baik bagi kita untuk menjaga dan memeriksa kesehatan kita secara berkala sejak awal, sehingga berbagai gangguan kesehatan dapat dideteksi lebih awal. Ketika gangguan kesehatan ini diketahui sebelumnya, pencegahan dan perawatan lainnya akan lebih mudah dilakukan. Ini akan lebih baik karena berbagai risiko kesehatan yang fatal dapat dihindari sejak awal.

Pemeriksaan kesehatan dapat diperoleh pada saat yang sama dengan menyumbangkan darah, itu bahkan gratis. Merupakan suatu keharusan bagi pendonor untuk memeriksa kesehatan mereka untuk memastikan dia memenuhi syarat sebagai pendonor. Kita dapat melakukan dua hal sekaligus, yaitu memeriksa kesehatan kita dan menyumbangkan darah kita pada waktu dan tempat yang sama (jika kesehatan kita perlu / layak). Jika kita mendonorkan darah secara rutin dan berkala, kita juga dapat melakukan analisis kesehatan dari medis secara berkala.

♠Baca juga: Cara Memerahkan Bibir & cara menghilangkan ketombe

8. Menjaga aliran darah agar tetap stabil

Koagulasi yang terjadi dalam darah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. Berbagai macam penyakit serius akan menjadi ancaman, bahkan yang terburuk seperti stroke dan kanker. Viskositas darah dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh zat besi yang ada di dalam darah. Ketika zat besi terlalu tinggi, tingkat viskositas darah akan lebih tinggi dan menyebabkan masalah serius bagi kesehatan. Penting untuk selalu menjaga aliran darah dalam tubuh termasuk menjaga tingkat viskositas itu sendiri.

Untuk menekan zat besi dalam aliran darah, aktivitas menyumbangkan darah akan sangat membantu. Menyumbangkan darah secara rutin (sekali dalam 6 bulan), akan langsung membantu menurunkan jumlah zat besi dalam darah. Ini akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar karena darah dalam kondisi stabil (tidak terlalu banyak). Tubuh akan menghasilkan sel-sel darah baru, di mana regenerasi darah ini akan membantu untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi baik sepanjang waktu. Aliran darah yang stabil akan secara langsung membantu tubuh untuk tetap dalam kondisi stabil dan baik.

Meskipun ini bukan kegiatan yang menarik, donor darah ini harus dihargai karena ketika kita mempertimbangkannya, kegiatan ini akan memberikan banyak manfaat bagi penerima yang membutuhkan darah untuk menjaga kesehatan mereka. Jika Anda belum melakukan donor darah, tidak ada salahnya untuk menjadwalkan kegiatan ini di kalender Anda karena ada begitu banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari menyumbangkan darah itu sendiri.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.