Manfaat Jahe

Posted on

Manfaat jahe

Selain dimanfaatkan sebagai bahan untuk masakan ataupun minuman yang menghangatkan. Jahe juga dipergunakan sebagai obat-obatan. Ada banyak sekali manfaat jahe untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui dan pastinya Anda butuhkan suatu saat.

Dalam ilmu pengobatan, jahe dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi beragam masalah pencernaan seperti kembung, diare ataupun masalah pencernaan lainnya. Hal tersebut juga dipengaruhi karena kemampuan jahe menghambat bakteri. Serta adanya senyawa yang dapat mempercepat proses makanan yang dicerna dan meningkatkan otot-otot dalam usus.

Selain dari pencernaan, ternyata akar rempah pedas ini juga dapat memberikan manfaat lain untuk kesehatan yang luar biasa baiknya, berikut ini beberapa manfaat jahe untuk kesehatan:

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

1. Membuat rasa tenang

Minum jahe berfermentasi dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Ketika Anda mengalami masalah, Anda dapat minum segelas jahe hangat. Aroma jahe akan membuat Anda merasa tenang dan rileks. Minuman ini sebenarnya berfungsi sebagai aroma terapi yang akan mengubah suasana hati Anda. Ini adalah ide yang baik bagi Anda untuk memiliki masalah karena ketika rasa ketenangan dan emosi yang meningkat maka akan sulit bagi kita untuk mencari solusi terbaik.

Baca juga: cara menghilangkan jerawat & manfaat daun sirsak

2. Tingkatkan Fungsi Pernapasan Anda

Akar jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk memperbaiki masalah pernapasan. Ini membersihkan organ-organ pernapasan Anda dari debu, lendir, dan gangguan pernapasan lainnya. Selain itu jahe mengandung sifat antibakteri yang dapat membersihkan sistem pernapasan Anda dari bakteri yang dapat membuat Anda sesak napas, batuk dan kembung.

3. Meningkatkan mood

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jahe dapat meningkatkan mood Anda. Mengkonsumsi minuman jahe dalam rutinitas harian Anda akan mempengaruhi perasaan Anda. Anda tidak akan sedih lagi, karena bau jahe akan memberi Anda kenyamanan. Selanjutnya, Anda dapat menangani berbagai macam masalah apa pun dengan perasaan bahagia. Stres dan depresi harus menurun dan berubah menjadi semangat dan senyuman. Hanya minum jahe dan Anda akan merasa tenang dan mendapatkan kembali energi Anda.

4. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bahan alami super ini akan dapat membantu Anda melawan bakteri jahat. Jahe akan meningkatkan sistem kekebalan Anda. Dengan minum minuman ini secara teratur tubuh Anda akan dapat melawan infeksi, virus, dan bakteri. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, yang akan membantu Anda tetap sehat. Namun, jahe fermentasi tidak dapat mencegah keracunan, tetapi dapat membantu Anda untuk memperbaiki sistem kekebalan Anda.

5. Lawan Infeksi

Seperti dinyatakan sebelumnya, jahe adalah bahan alami yang mengandung antibakteri yang berguna untuk akan membantu Anda melawan infeksi. Tidak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa jahe fermentasi juga membantu tubuh untuk melawan jamur. Beberapa orang menggunakan ekstrak jahe untuk menyingkirkan jamur pada kulit mereka. Jahe dapat membunuh jamur seperti Streptococcus pyogenes dan Staphylococcus aureus. Ini biasanya dilakukan oleh bagian jahe yang disebut gingerol yang bersifat anti-inflamasi.

Baca juga: ciri ciri hamil & gejala demam berdarah

6. Hindari Stres dan Depresi

Apakah Anda merasa tertekan? Ini adalah jenis masalah kesehatan mental. Depresi terjadi ketika seseorang menerima kejutan buruk yang membuat mereka merasa sangat sedih. Kesedihan ini biasanya berlangsung selama lebih dari dua minggu. Seseorang yang depresi akan sering menarik diri dari lingkungan. Minuman jahe fermentasi dapat digunakan untuk mencegah perasaan buruk karena berfungsi sebagai aroma terapi.

7. Mengobati Diabetes

Bagi Anda yang menderita diabetes, minuman jahe akan membantu Anda mengobati diabetes (obat diabetes). Tapi, Anda harus mempertimbangkan jumlah gula dalam minuman ini juga. Komponen jahe akan membantu Anda menurunkan gula darah Anda. Selain itu, jahe dapat memotong kolesterol tinggi, trigliserida, LDL, dan glukosa darah. Cara minuman ini melawan diabetes adalah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan menghambat metabolisme karbohidrat juga. Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik, lebih baik Anda membuat minuman jahe ini di rumah daripada membelinya di tempat lain.

8. Mencegah dehidrasi tubuh

Anda harus tetap terhidrasi agar kegiatan sehari-hari Anda berjalan dengan baik. Kekurangan cairan tubuh akan membahayakan kesehatan Anda, dan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih atau batu ginjal. Minuman jahe terbuat dari air berkarbonasi, yang akan membuat Anda terhidrasi setiap hari. Mengkonsumsi minuman jahe sebelum pergi untuk melakukan aktivitas harian membuat Anda terhidrasi lebih lama daripada ketika Anda memilih untuk minum kopi atau teh. Minuman ini juga membantu membawa nutrisi yang diperlukan ke seluruh tubuh Anda. Tapi, Anda tetap membutuhkan air untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Minum air dan jahe akan meningkatkan kesehatan tubuh pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau & Cara Menghilangkan Komedo

9. Membantu detoksifikasi

Racun masuk ke tubuh Anda ketika Anda makan makanan yang tidak sehat dan menghirup udara yang buruk. Disini manfaat jahe sangat berperan penting sebagai anti-peradangan yang dapat membantu tubuh kita dalam proses detoksifikasi. Ketika tubuh Anda bersih dari racun, itu akan menghilangkan risiko penyakit apa pun. Ini berfungsi sebagai perlindungan tubuh, menjaganya tetap segar dan sehat.

10. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kurang lancarnya sirkulasi darah dapat menyebabkan stroke atau penyakit jantung. Minuman jahe dapat  membuat pembuluh darah Anda rileks, sehingga peredaran darah akan lancar. Ketegangan pembuluh darah meningkat karena berbagai alasan, dengan mengonsumsi minuman jahe yang difermentasi dapat menguranginya dan membuat sirkulasi darah Anda lebih lancar.

11. Mencegah Kanker

Jumlah sel yang Anda miliki dikendalikan oleh tubuh Anda. Ketika sel-sel mulai tumbuh dan berkembang biak terlalu cepat, ini bisa menyebabkan kanker. Untungnya, jika Anda mengonsumsi minuman jahe yang difermentasi secara teratur, agen anti-inflamasi dalam minuman ini akan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker tersebut. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa bir jahe dapat membantu Anda mengobati kanker, seperti pankreas, payudara, usus besar, kulit dan banyak lainnya.

12. Meredakan Nyeri

Ketika sistem kekebalan tubuh Anda rendah, mudah tubuh terserang oleh virus dan bakteri. Anda bisa terkena batuk, influenza, atau sakit tenggorokan. Mengkonsumsi minuman jahe akan membantu Anda untuk menghapus rasa sakit dari sakit kepala, migrain, atau bahkan kram otot. Jahe ini memiliki peran besar dalam mencegah kasus peradangan dan membuat Anda merasa bugar setiap hari. Tapi, Anda harus selalu memperhatikan apa yang Anda makan. Hindari junk food, alkohol, dan merokok, karena mereka merupakan penyebab utama masalah kesehatan.

Baca juga: Cara Memerahkan Bibir & cara menghilangkan ketombe

13. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Minum jahe fermentasi akan menghangatkan tubuh Anda dan itu akan membuat Anda merasa tenang dan rileks. Hal ini juga memberikan dampak positif karena dapat memperlancar pembuluh darah dan memperbaiki kekurangan aliran darah. Pembuluh darah yang lancar akan menyebabkan perbaikan kardiovaskular. Setelah itu, minuman jahe akan membantu Anda menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

14. Cegah Peradangan Tubuh

Manfaat jahe lainnya adalah membantu Anda mengurangi sekaligus mencegah peradangan tubuh. Peradangan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melawan sesuatu yang mungkin berbahaya bagi tubuh. Ketika tubuh diserang oleh virus, bakteri, atau jamur, sistem kekebalan tubuh Anda akan bekerja untuk melawannya. Kandungan anti-inflamasi dari minuman jahe sangat berguna untuk menyerang patogen dan mencegah peradangan terjadi di tubuh Anda, secara umum.

Baca juga: Cara Mengecilkan Paha & manfaat buah naga

15. Mencegah radikal bebas

Radikal bebas dapat memicu penyakit berbahaya di tubuh Anda. Sayangnya, kondisi lingkungan kita sekarang membawa kita untuk menghadapi radikal bebas di mana-mana. Ini mengharuskan kita untuk lebih aktif melawan radikal bebas yang akan menyerang kita. Salah satunya adalah dengan minum jahe fermentasi. Minuman ini memberikan antioksidan yang akan menyingkirkan radikal bebas dan membuat tubuh Anda tetap sehat.

 

Manfaat kesehatan dari minuman jahe fermentasi bisa datang kepada Anda jika Anda mengkonsumsi secara teratur. Jika Anda suka, Anda dapat menambahkan lemon atau bahan-bahan lainnya untuk membuatnya lebih lezat. Minumlah kapanpun Anda mau, karena ini adalah minuman herbal, tidak akan memberikan efek samping negatif. Minuman jahe yang difermentasi akan menuntun suasana hati Anda menjadi lebih baik dan meningkatkan mood Anda untuk membuat tubuh dan mental Anda lebih sehat. Sekian informasi mengenai manfaat jahe, semoga informasi dari bebasjerawat.info dapat menambah wawasan Anda dan dapat membantu Anda dalam segi pemanfaatan bahan herbal ini.