Manfaat Jeruk Nipis

Posted on

manfaat jeruk nipis

Temukan manfaat kesehatan yang luar biasa dari jeruk nipis yang belum pernah Anda dengar atau baca sebelumnya di artikel ini. Jeruk nipis atau dalam istilah ilmiahnya disebut citrus aurantifolia merupakan salah satu varian jeruk yang notabenya adalah anggota marga Rutaceae.

Setiap orang memiliki kebiasaan minum teh atau kopi begitu mereka bangun dari tempat tidur. Apakah Anda pernah memikirkan alternatif lain mengenai konsumsi minum Anda? BebasJerawat.info akan menyarankan Anda untuk mengganti konsumsi minum Anda dari kopi itu dan memulai hari Anda dengan segelas air jeruk hangat untuk memiliki tubuh yang sehat. Anda mungkin mendapat pertanyaan di benak Anda bahwa bagaimana itu akan membantu Anda? Apakah itu bermanfaat? Apa efek sampingnya?

Maka dari itu Bebasjerawat ingin mengupas tuntas akan manfaat jeruk nipis mengenai kandungan dan manfaatnya untuk Anda semua agar lebih dalam memahaminya. Mari kita mulai dengan melihat apa saja kandungan gizi serta nilai gizi dari jeruk nipis dibawah ini!

Apa itu jeruk nipis? Jeruk nipis adalah buah jeruk, yang populer karena kandungan sifat terapeutiknya. Nipis mampu membantu kita mempertahankan sistem kekebalan tubuh, memurnikan darah dan bertindak sebagai agen antiseptik. Jeruk nipis adalah buah yang terjangkau, yang dikonsumsi karena sifat obat dan antibakterinya. Buah ini biasa digunakan dalam koktail, teh, limun, salad, serta minuman ringan.

Nilai Nutrisi Jeruk Nipis

  • Jeruk nipis adalah sumber mineral dan vitamin yang bagus.
  • Jeruk nipis juga kaya dengan Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B6 dan Vitamin C.
  • Jeruk nipis juga mengandung kalsium, zat besi, kalium dan serat pektin.
  • Ia diperkaya dengan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi.
  • Jeruk nipis juga mampu menjaga keseimbangan air dan tingkat pH.

Manfaat Jeruk Nipis 

Setelah kita membahas mengenai kandungan nilai gizi atau nutrisi dari jeruk nipis diatas bagaimana kalau kita langsung menuju ketopik utama mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, berikut informasinya:

1. Melancarkan Pencernaan

melancarkan pencernaan

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang mengandung asam didalamnya yang mampu merangsang produksi saliva atau air liur yang tentunya sangat berguna untuk mencegah zat makanan dalam sistem pencernaan kita. Mendengar kata jeruk nipis atau membayangkan saja mampu membuat air liur kita menjadi lebih banyak dihasilkan didalam mulut karena saat membayangkan makanan asam, otak akan segera merespon rangsangan kelenjar dalam mulut dan memproduksi lebih banyak air liur.

Tidak hanya itu, flavonoid yang terdapat pada jeruk nipis dapat memicu gerakan peristaltik dalam lambung yang membuat lambung dapat dengan mudah mencerna makanan. Hal inilah yang menyebabkan mengapa masyarakat sering membuat acar dengan jeruk nipis dan menghidangkannya ketika makan siang ataupun makan malam.

Baca juga: cara mengecilkan perut buncit & cara memutihkan wajah

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Air jeruk nipis hangat memiliki sifat anti-bakteri serta anti-virus yang melindungi tubuh kita dengan memerangi penyakit.

Kandungan vitamin C serta antioksidan dari jeruk nipis juga dapat mencegah radikal bebas dan menekan sel pertumbuhan kanker dalam tubuh kita. Dari sebuah riset yang telah diangkat oleh Journal of Food Chemistry menyatakan bahwa senyawa antioksidan dari jeruk nipis mampu merangsang proses apoptosis sel kanker.

Apoptosis sendiri adalah mekanisme bunuh diri yang akan dilakukan bila sel tubuh menganggap sel tersebut bisa membahayakan tubuh. Ini berguna dalam melindungi tubuh terhadap sel-sel kanker serviks, kanker payudara, kanker usus dan kanker lainnya. Ekstrak jeruk nipis juga bertindak sebagai pembersih darah dan mempertahankan kekebalan. Air hangat dikombinasikan dengan jus jeruk nipis mendukung sistem kekebalan tubuh dengan menghidrasi dan mengganti cairan yang hilang oleh tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Mulut

Air jeruk nipis dapat menjadi salah satu bahan alami obat sakit gigi dan membersihkan dari berbagai macam penyakit mulut seperti radang gusi. Kandungan sifat antibakterinya mampu menghilangkan bakteri pada mulut yang bertanggung jawab menyebabkan bau mulut, jadi bagi Anda yang ingin menghilangkan bau mulut dapat menggunakan jeruk nipis sebagai bahan berkumur.

Air jeruk nipis terdiri dari sifat-sifat zat pemutih alami dapat membantu Anda yang ingin memutihkan gigi. Cara memanfaatkan jeruk nipis sebagai bahan untuk memutihkan gigi juga sama seperti menghilangkan bau mulut yakni dengan digunakan sebagai bahan berkumur. Pastikan berkumur dengan air biasa setelah air jeruk nipis untuk menghindari kerusakan pada enamel gigi.

4. Meningkatkan Suasana Hati yang Baik

Aroma jeruk nipis yang menyegarkan berkontribusi untuk merevitalisasi mood. Vitamin C dalam jeruk nipis adalah obat untuk kecemasan dan depresi. Ini mengurangi hipertensi dan bertindak sebagai penghilang stres. Minyak esensial dari kulit jeruk nipis membantu mengurangi efek mual. Air jeruk juga membantu dalam menghidupkan kembali pola tidur dan mengurangi kemungkinan insomnia.

Baca juga: manfaat daun jambu bijimanfaat buah naga

5. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Madu yang dikombinasikan dengan air jeruk nipis adalah obat yang efektif untuk cara menurunkan berat badan. jeruk nipis diperkaya dengan serat pektin dan memberikan perasaan yang lebih lengkap dan melawan keinginan Anda untuk ngemil.

Madu yang dikombinasikan dengan air jeruk yang dikonsumsi ketika perut kosong di pagi hari setiap hari meningkatkan laju metabolisme yang membakar kalori lebih cepat.

6. Mengobati Flu

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat melindungi tubuh dari serangan virus influenza. Berdasarkan sebuah riset yang telah dipublikasikan oleh Journal of Pharmacheutical, kandungan vitamin C serta antioksidan pada jeruk nipis dapat menangkal infeksi virus influenza dan mencegah berbagai macam virus bereplikasi didalam tubuh kita.

Konsumsi jeruk nipis pada saat tubuh terserang flu dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan serta membantu proses penyembuhannya.

7. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Air jeruk nipis hangat dikombinasikan dengan madu dan jahe menenangkan sakit tenggorokan karena rasa sakit dan peradangan.

jeruk nipis mengandung anti-inflamasi serta sifat antibakteri, yang membantu dalam menyembuhkan sakit tenggorokan.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Jeruk nipis mengontrol tekanan darah tinggi dan menurunkan tingkat kolesterol. Sari jeruk nipis membantu dalam menghilangkan racun berbahaya dan mencegah stroke.

Potasium hadir dalam jeruk nipis menurunkan tekanan darah dan dengan demikian bermanfaat untuk jantung agar tetap sehat. Jeruk nipis berkontribusi pada pemeliharaan kesehatan kardiovaskular. Kulit jeruk nipis harus ditambahkan ke air jeruk nipis sehingga dapat mengurangi tingkat kolesterol.

Baca juga: ciri ciri orang hamil & demam berdarah

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Jeruk nipis membantu dalam mengobati masalah kulit. Vitamin C hadir dalam jeruk nipis mampu meremajakan kulit dan menyembuhkan jaringan yang rusak.

Air jeruk nipis adalah agen alami yang efektif yang menghilangkan flek hitam, menghilangkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Air jeruk nipis sendiri mampu membuat kulit menjadi lebih bercahaya dan sehat. Jeruk nipis sendiri dapat menjadi agen anti-penuaan karena adanya antioksidan di dalamnya dan dengan demikian membantu mencegah kerutan. Tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga mencegah penyamakan dari sinar terik matahari dan mengurangi kerusakan kulit dari sinar matahari.

10. Menghilangkan ketombe

Menghilangkan ketombe

Tidak hanya bermanfaat dalam menjaga serta menyehatkan kulit tubuh kita, manfaat jeruk nipis lainnya adalah sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Sering sekali kita mengetahui melalui iklan Tv yang menayangkan suatu produk perawatan rambut yang mengandung bahan alami jeruk nipis, terutama pada produk shampo penghilang ketombe. Pada dasarnya, ketombe timbul pada kulit kepala kita itu dikarenakan adanya infeksi jamur.

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang mengandung anti bakteri dan senyawa aktif yang dapat menghilangkan jamur serta menenangkan infeksi pada kulit kepala kita. Selain itu, jeruk nipis juga dapat mengurangi produksi minyak pada kulit kepala yang membuat ketombe tidak dapat dengan mudah muncul kembali.

11. Detoxifier yang luar biasa

Air jeruk jeruk nipis dengan garam membantu membersihkan sistem pencernaan tubuh dengan membuang racun yang tidak diinginkan yang terakumulasi di dalam tubuh.

Dengan demikian, menghasilkan kulit bersinar, mengurangi berat badan serta pencernaan yang lebih baik. Ini juga membantu dalam menjaga sistem saraf yang sehat dan mencegah anemia.

12. Meningkatkan Proses Penyembuhan Luka

Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan penyembuhan luka. Tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga dapat membantu Anda dalam menyembuhkan osteoporosis dan radang sendi.

Air jeruk nipis membantu menjaga tulang, jaringan, dan tulang rawan. jeruk nipis memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat penting untuk pemulihan dari cedera.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau & Cara Menghilangkan Komedo

13. Meningkatkan Penyerapan Mineral

Air jeruk nipis dapat memastikan penyerapan mineral yang tepat yang membantu dalam menjaga keseimbangan pH serta sistem saraf tubuh.

Ini membantu dalam mempertahankan mineral seperti kalium, zat besi, magnesium, dll. Air jeruk nipis mencegah masalah kesehatan seperti osteoporosis, kelemahan otot serta irama jantung yang abnormal.

14. Menjaga Kesehatan Saraf Otak

Menjaga Kesehatan Saraf Otak

Asupan air jeruk nipis mengarah ke peningkatan tingkat IQ. Kehadiran Vitamin C dalam jeruk nipis membantu dalam meningkatkan memori dan menjaga sel-sel saraf otak.

15. Melindungi mata dari kerusakan

Khasiat jeruk nipis yang ke-15 adalah melindungi mata dari kerusakan. Kandungan antioksidan dari jeruk nipis berguna untuk mempertahankan kesehatan mata dengan melindungi sel-sel pada mata dari radikal bebas.

Melakukan konsumsi rutin jeruk nipis dapat melindungi mata dari penuaan serta mencegah timbulnya katarak atau penebalan lensa mata yang biasanya terjadi ketika seseorang di usia tua.

16. Meredakan Asma

Asma merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan bagian atas yang terpicu akibat reaksi alergi. Setiap tahunnya, jumlah dari penderita asma di dunia semaking naik. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit asma sendiri tidak dapat disembuhkan tetapi dapat kita cegah dan diredakan dengan berbagai macam cara, termasuk dengan menggunakan jeruk nipis.

World Journal of Pharmacy and Pharmacheutical telah melakukan sebuah penelitian yang menyatakan dengan jelas bahwa ekstrak dari sari buah jeruk nipis dapat mencegah timbulnya asma serta meredakannya. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung senyawa anti bakteri yang berguna untuk mengurangi kontraksi otot halus pada sistem pernafasan kita, khususnya pada bagian bronkus.

Apabila Anda seorang penderita asma, Anda dapat memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat tradisional guna mencegah serta meredakan kambuhnya asma.

Baca juga: Cara Mengecilkan Paha & manfaat daun kelor

17. Meredakan Konstipasi

Meredakan sakit perut

Jeruk nipis dapat dipergunakan sebagai bahan alami guna meredakan konstipasi atau susah buang air besar. Jeruk nipis sendiri mengandung asam alami yang berguna untuk membersihkan dinding usus halus serta melancarkan proses defekasi atau proses pembentukan feses.

Jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan sebagai laksatif atau perangsang buang air besar dengan cara mencampurkan sari jeruk nipis dengan air hangat serta sedikit ramuan garam. Apabila Anda memiliki masalah mengenai buang air besar, Anda dapat menggunakan cara ini.

18. Mengurangi peradangan pada kantung kemih

Peradangan yang terjadi pada kantung kemih biasanya disebabkan karena adanya infeksi bakteri atau efek senyawa berbahaya yang tidak tersaring baik oleh ginjal dan ikut kedalam urin dengan melewati kandung kemih. Kandungan antioksidan dan flavonoid pada jeruk nipis dapat berguna untuk membersihkan darah dari berbagai macam senyawa atau racun berbahaya dalam tubuh kita yang mampu menyebabkan infeksi pada saluran kemih khususnya kandung kemih. Selain itu, jeruk nipis juga dapat mempermudah kerja organ ginjal kita dalam menyaring zat sisa dalam darah dan mencegah terjadinya batu ginjal.

19. Mencegah dan mengatasi sariawan

Tahukah kamu bahwa pelaut Inggris sudah lama sekali mengkonsumsi jeruk guna mencegah dan mengobati sariawan khususnya ketika mereka berlayar di laut. Sebelum mereka mengenal jeruk nipis, para pelaut sering jatuh sakit dan mudah sekali terserang sariawan.

Hal ini dapat berakibat buruk pada tubuh karena cuaca di laut sangat tidak menentu. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis memiliki kadar yang cukup tinggi yang setara dengan jeruk lemon yang membuatnya mampu mengatasi masalah sariawan. Cukup dengan meminum sari jeruk nipis setiap hari, Anda sudah dipastikan terhindar dari penyakit sariawan dan infeksi rongga mulut lainnya.

20. Mengobati sinusitis

Sinusitis merupakan suatu bentuk peradangan yang terjadi pada bagian dinding sinus yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri ataupun virus. Sinus sendiri merupakan rongga kecil yang terletak dibelakang dahi dan tulang pipi yang menghubungkan antara lubang hidung dengan saluran pernafasan bagian atas dan berguna sebagai pembantu untuk menjaga kelembapan dan mengendalikan suhu udara yang masuk ke dalam paru-paru kita.

Peradangan ini bisa menyebabkan penyakit kompleks lainnya seperti demam, sakit kepala, batu, hidung tersumbat, dan bahkan kehilangan indra penciuman. Jeruk nipis merupakan bahan alami yang mengandung minyak atsiri serta senyawa aktif lainnya yang berguna untuk menangkal infeksi virus dan bakteri pada rongga sinus.

Baca juga: Cara meluruskan rambut & cara memutihkan ketiak

21. Mengobati cholera

Mungkin tidak banyak dari kita yang mengetahui bahwa jeruk nipis dapat mengatasi penyakit kolera. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah oleh beberapa riset para ilmuwan dari peneliti. Meski saat ini penyakit kolera sangat jarang sekali untuk ditemukan, sebuah penelitian telah menyatakan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit kolera pada tahun 1994

22. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit metabolisme yang mana tubuh kita tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah yang ditimbulkan akibat hilangnya kepekaan atau sensitifitas insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas dan berguna untuk mengendalikan kadar gula dalam darah kita. Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang sangat dianjurkan oleh dokter untuk dikonsumsi bagi pasien penderita diabetes.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association, serat yang terkandung didalam jeruk nipis dapat membantu tubuh untuk mengendalikan kadar gula dalam darah serta mencegah kenaikan kadar gula yang tiba-tiba didalam tubuh. Kenaikan kadar gula yang signifikan sangatlah berbahaya untuk penderita diabetes dan hal ini dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh.

23. Mengobati maag

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang mempunyai kadar asam yang cukup tinggi dan biasanya orang akan mengira bahwa jeruk nipis tidak boleh untuk dikonsumsi penderita maag. Sebaliknya, hasil penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid termasuk limonin glukosida yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri yang setara dengan antibiotik.

Senyawa limonin glukosida sendiri dapat melindungi lambung dari infeksi bakteri helicobacter pylori dan mempercepat proses penyembuhan radang yang terjadi didalam lambung kita.

24. Meredakan Batuk

Meredakan Batuk

Masyarakat Indonesia sudah pasti mengenal khasiat jeruk nipis untuk masalah penyakit batuk. Banyak sekali orang yang percaya bahwa mengkonsumsi sari jeruk nipis yang dicampur kecap dapat meredakan batuk.

Jeruk nipis mengandung senyawa anti dekongestan dan minyak volatil yang dapat menekan kerja sistem saraf pemicu kontraksi pada saluran nafas bagian atas dan pastinya mengurangi intensitas batuk. Selain mencampur dengan kecap, sari jeruk nipis dapat dilarutkan di air hangat dan diminum untuk meredakan batuk.

Efek samping dan tips bagaimana mengkonsumsi jeruk nipis

Meski mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, jeruk nipis juga dapat menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi secara berlebih terutama bagi mereka yang mempunyai lime intolerance atau ketidakmampuan tubuh untuk menerima asam yang terdapat didalam jeruk nipis.

Jeruk nipis juga dapat menimbulkan rasa mual, muntah serta diare apabila dikonsumsi secara berlebih. Untuk menghindari efek samping tersebut, perhatikanlah tips mengkonsumsi jeruk nipis dibawah ini:

  • Ketika Anda membeli jeruk nipis, pilihlah jeruk nipis yang berwarna hijau terang dan pada. Hindari untuk membeli buah yang berwarna kulit kering, lembek, serta berjamur.
  • Jeruk nipis dapat disimpan dalam suhu ruangan selama kurang lebih satu minggu dan pastikan untuk menghindarkan penyimpanan jeruk nipis pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  • Jeruk nipis juga dapat disimpan lebih lama dalam lemari pendingin dan bertahan hingga 2 minggu. Sebaiknya untuk menyimpan jeruk nipis didalam wadah plastik tertutup guna menjaga kualitas dari rasa serta kandungan nutrisinya.
  • Untuk bisa mendapatkan sari buah jeruk nipis yang banyak, sebelum Anda mempergunakannya, tekan dan gulingkan jeruk nipis dengan menggunakan tangan dan kemudian cuci dengan air bersih sebelum Anda memotongnya.

Demikianlah informasi yang dapat BebasJerawat.info sampaikan untuk Anda mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Konsumsi jeruk nipis secara rutin dapat membantu Anda untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang sangat baik dalam menjaga serta mengobati kesehatan tubuh Anda.