Manfaat Kayu Manis

manfaat kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang mempunyai aroma khas dan mempunyai segudang manfaat yang jarang diketahui masyarakat Indonesia. Rempah satu ini memang sangat istimewa karena memakai bagian dari kulit batang pohon kayu manis itu sendiri. Banyak sekali jenis masakan Indonesia yang memanfaatkan kayu manis untuk bahan masakannya. Selain dipergunakan sebagai bahan masakan, ternyata kayu manis juga dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Dalam artikel ini, BebasJerawat akan memberikan berbagai macam keterangan mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan. Karena selain memiliki fungsi menambah rasa unik pada masakan ternyata kayu manis juga memiliki khasiat ampuh untuk kesehatan tubuh manusia. Daripada berlama-lama bagaimana, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Daftar 10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Apabila Anda ingin memanfaatkan kayu manis sebagai pengobatan atau terapi untuk masalah kesehatan, Anda juga harus melakukan konsultasi kepada ahli kesehatan atau ahli herbal untuk mengetahui dosis yang tepat dan diperbolehkan untuk dipergunakan Anda.

Dari beberapa sumber yang menjelaskan bahwa dosis yang sering dipergunakan adalah 1 hingga 1,5 gram setiap harinya. Dosis tersebut diperuntukkan untuk penderita diabetes. Akan tetapi, dosis obat herbal biasanya berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahan dari penyakit, kondisi fisik penderita, dan usia penderita tersebut.

Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang kaya akan hasil rempah-rempahnya yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Yah salah satunya adalah kayu manis, berikut ini manfaat yang bisa Anda peroleh dari konsumsi ramuan kayu manis bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan berat badan

Manfaat dari kayu manis yang ingin kita bahas yang pertama adalah sebagai penurun berat badan. Kayu manis adalah salah satu ramuan yang selalu dicari oleh para wanita yang sangat ingin menurunkan berat badannya untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan proporsional. University of Michigan Life Sciences Institute melakukan sebuah studi dengan objek utamanya adalah kayu manis dan membuktikan bahwa kayu manis mengandung senyawa Cinnamaldehyde.

Cinnamaldehyde adalah sebuah senyawa yang berguna untuk membakar lemak dalam tubuh dengan sangat sempurna. Apabila Anda ingin memanfaatkan ramuan dari kayu manis ini untuk diet, Anda hanya perlu merebus kayu manis hingga matang dan meminumnya setelah didinginkan. Akan lebih baik lagi hasilnya apabila Anda mengkombinasikannya dengan sedikit madu (bisa menambahkan 1-2 sendok per gelas sesuai selera dan ini opsional).

2. Perawatan wajah serta kosmetik alami

Manfaat kedua dari kayu manis adalah sebagai bahan atau alat perawatan wajah yang sempurna, masih seputar tentang manfaat kayu manis yang sangat diinginkan oleh para wanita. Pada umumnya, perawatan kecantikan sangat dominan untuk perawatan kulit wajah.

Alasan utama kenapa kayu manis sangat disarankan untuk dipergunakan sebagai bahan perawatan wajah karena memiliki sifat antimikroba dan antibiotik yang mampu melindungi kulit dari ruam, iritasi, alergi dan bahkan infeksi bakteri. Apabila Anda ingin memanfaatkan kayu manis sebagai peawatan kecantikan. Pergunakanlah hasil produk yang mengandung essensial minyak kayu manis untuk perawatan kulit yang mengalami nyeri, peradangan, merah-merah pada kulit karena alergi.

Apabila Anda hanya mendapatkan atau memiliki kayu manis dalam bentuk bubuk, Anda dapat menggunakan sebagai lulur dengan cara mencampurkan madu dan oleskan pada kulit tubuh yang ingin Anda rawat, misalnya saja untuk masker wajah atau untuk perawatan kulit tangan dan kaki.

3. Kayu Manis Untuk Kesuburan

Manfaat kayu manis yang ketiga adalah sebagai penambah kesuburan. Terapi kesehatan yang satu ini sangatlah membantu pasangan yang ingin mendapatkan momongan manis dalam hidupnya, namun belum mendapatkannya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Natural Fertily Info, menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi kayu manis akan dapat mengurangi risiko terkena penyakit Polycystic Ovary Syndrom.

Penyakit Polycystic Ovary Syndrom sendiri jika menyerang perempuan akan dapat membuat fungsi ovarium dalam tubuhnya bermasalah yang mana dapat menganggu keseimbangan hormon. Kayu manis mengandung sebauh enzim yang disebut dengan Phosphatidylinositol 3 – kinase yang dapat melawan penyebab dari gangguan hormon ini.

Tidak hanya itu saja, ternyata kayu manis juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk melancarkan siklus menstruasi wanita. Sehingga ramuan ajaib ini sangat pas untuk Anda manfaatkan apabila memiliki masalah dengan siklus menstruasi Anda.

4. Mengontrol gula darah

Antioksidan yang ada pada kayu manis dapat membantu kita mengontrol tingkat gula darah. Tidak hanya itu saja, kayu manis juga dapat membantu kita dalam proses pencernaan seusai makan serta membantu memperbaiki kinerja dari respon insulin pada pasien yang memiliki diabetes tipe 2. Dalam 1gram kayu manis, diketahui memiliki khasiat yang dapat menurunkan kolesterol buruk, triglycerides, menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh, dan kolesterol total dalam pasien diabetes. Kayu manis sendiri juga mampu menurunkan risiko dari penyakit jantung untuk pasien diabetes.

5. Mengobati asam urat

Ketika Anda ingin mengobati masalah asam urat dengan kayu manis, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan lainnya seperti 1 ibu jari kayu manis, 4 lembar sosor bebek, 3 gelas air dengan total 600ml, 5 gram biji pala, 5 butir cengkih, 15 gram jahe merah, 5 butir kapulaga. Membuat obat ajaib untuk asam urat dari manfaat kayu manis adalah dengan merebus semua bahan tersebut hingga menjadi 300ml. Lakukan penyaringan dan minum ramuan ajaib tersebut 2X sehari sebanyak 150 ml tiap kali mengkonsumsinya.

6. Menurunkan kolesterol

Kulit dari batang kayu manis sendiri dapat dipercaya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lypoprotein) dalam darah kita tanpa harus menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL (High Density Lypoprotein). Selain itu, kayu manis juga kemampuan untuk meluruhkan lemak yang mana semakin mempercepat fungsinya sebagai penurun kadar kolesterol dalam tubuh kita.

7. Mencegah Terjadinya Kanker

Antioksidan merupakan salah satu zat yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satu manfaat antioksidan yang terdapat dari kayu manis adalah anti kanker. Zat antioksidan ini akan dapat bekerja melindungi sel dari terjadinya mutasi sel dan pastinya mencegah kerusakan yang terjadi pada DNA.

Tidak hanya disitu saja, kayu manis juga mempunyai kandungan zat cinnamaldehyde yang dapat menghambat proses pertumbuhan tumor kanker dan juga dapat melindungi DNA dari kerusakan akibat radikal bebas yang menjadi pemicu dan penyebab utama dari kanker itu sendiri.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

manfaat kayu manis yang ke-8 adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Cara memanfaatkan kayu manis sebagai obat penambah daya tahan tubuh cukup mudah yakni dengan menyeduh kayu manis kering dan minum air rebusan tersebut. Kandungan zat antioksidan yang ada pada kayu manis yang disebut polifenol dan proantocyanidins berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita. Tidak hanya itu, apabila Anda rutin mengkonsumsi ramuan ajaib dari rebusan kayu manis ini, Anda juga akan dapat terhindar dari infeksi bakteri dan jamur.

9. Mengobati Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat kayu manis untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, Anda perlu beberapa bahan alami lainnya seperti 2 jari kayu manis, 20 gram daun saga, 10 gram kencur, 10 gram asam trengguli, 500 ml air, dan 15 gram daun sena.

Cara mengolah dan membuatnya cukup mudah yakni dengan merebus semua bahan dan air hingga tersisa 200 ml. Saring dan biarkan hingga suhu air menjadi hangat atau dingin dan minumlah, konsumsi ramuan ajaib ini 2X sehari sebanyak 1 gelas dan ramuan ini dapat direbus ulang.

10. Meredakan sakit gigi

Ketika mengalami masalah sakit gigi, itu adalah terburuk yang pernah ada dan itu sangat menyiksa sekali. Bagi Anda yang ingin mengobati masalah sakit gigi, Anda dapat membuat rebusan air dari kayu manis untuk mengurangi nyeri dan juga pembengkakan pada gusi.

11. Obat diare

Apabila Anda memiliki masalah karena diare, Anda dapat membuat ramuan dari beberapa kombinasi bahan alami. Cukup sediakan 5 gram kayu manis, 5 lembar daun jambu biji, 600 ml air. Cara membuatnya cukup mudah, yakni dengan merebus semua bahan tersebut hingga tersisa 300 ml. Saring, tambahkan gula (opsional), dan minum 2X sehari yang masing-masing setiap gelasnya 150 ml air.