Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

manfaat lemon

Dengan manfaatnya yang luar biasa, lemon menjadi sebuah berkah tersendiri bagi dunia kecantikan. Hasil alam yang sederhana ini bekerja sangat baik untuk kulit. Artikel dari BebasJerawat kali ini akan membahas secara tuntas apa saja manfaat lemon yang bisa Anda peroleh untuk kecantikan kulit wajah.

Peringatan

Apabila Anda memiliki kulit yang masuk dalam kategori kering, jangan pernah langsung mengoleskan air perasan lemon karena dapat meningkatkan kekeringan pada kulit Anda. Gunakan kombinasi antara air perasan lemon dengan madu untuk mengurangi tingkat keasaman dari air lemon tersebut. Hal ini juga berlaku untuk kulit sensitif. Jangan pernah Anda menerima paparan sinar matahari langsung setelah Anda mengoleskan perasan air lemon pada kulit Anda.

Selain menjadi bahan pelengkap masakan yang sangat dicari, lemon juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan kecantikan yang baik. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C, kalium, kalsium dan berbagai macam kandungan baik lainnya. Jadi jangan heran apabila lemon biasa menjadi bahan utama dalam produk kecantikan seperti produk perawatan rambut dan produk perawatan kulit.

Lemon juga dapat difungsikan sebagai bahan alami yang dapat melawan jerawat, bekas jerawat, komedo, dan bintik-bintik hitam pada kulit. Lemon juga dapat membantu mencerahkan kulit. Kelebihan yang paling menguntungkan bagi kita semua adalah kemudahan dan ketersediaan barang untuk kita miliki. Berikut ini adalah manfaat lemon bersama dengan informasi tentang cara menggunakannya untuk masalah kulit tertentu.

1. Memutihkan Kulit

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada lemon dapat membantu menyehatkan dan memutihkan kulit wajah Anda. Oleskan perasan air lemon segar di malam hari, dan basuh dengan air dingin di pagi hari, untuk kulit yang sehat dan indah. Akan lebih efektif jika prosedur ini diulang setiap hari. Oleskan campuran madu dan air lemon dengan kadar yang sama jika kulit Anda kering.

2. Menghapus Noda hitam

Manfaat lemon yang kedua adalah sangat efektif dalam menghilangkan noda hitam pada kulit dan memberi Anda kulit yang bersih. Ini akan memakan waktu dan menguji kesabaran Anda. Jika Anda menderita melasma atau bercak atau bercak cokelat pada wajah Anda, oleskan Air lemon pada area tersebut dan bersihkan setelah 15 menit. Ikuti perawatan kulit sehat ini di pagi dan sore hari. Setelah beberapa minggu, Anda akan merasakan bahwa bintik-bintik pada kulit Anda memudar.

3. Mengurangi Bintik-bintik Gelap

Lemon dapat membantu Anda dalam mengurangi atau bahkan menghilangkan bintik-bintik gelap, bintik-bintik penuaan, dan bekas luka bakar. Hal ini disebabkan karena lemon mengandung vitamin C. Campurkan 2 sendok teh air lemon dan jus tomat, dan tambahkan oat bubuk ke dalamnya. Oleskan campuran ajaib tersebut di wajah. Cuci bersih dengan air dingin setelah 15 menit. Aplikasikan perawatan ini secara teratur untuk mengurangi dan menghilangkan bintik-bintik gelap pada kulit wajah Anda.

4. Menghilangkan jerawat

Lemon memiliki sifat antibakteri, yang mana dapat membantu menghilangkan jerawat. Jerawat disebabkan oleh penyumbatan pori-pori karena debu dan polusi. Perasan air lemon dapat membersihkan pori-pori untuk memberi Anda kulit yang sehat. Cobalah cairan ajaib ini untuk menghilangkan jerawat: campur 1 sendok madu asli dengan 1 sendok air lemon dan pijat lembut ke wajah Anda. Cuci bersih wajah Anda dengan air dingin, untuk mendapatkan kulit yang bersih.

5. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat lemon yang selanjutnya adalah membantu menghilangkan bekas jerawat. Campuran madu, air lemon, dan bubuk kunyit sangat efektif menghilangkan bekas jerawat. Campur dengan takaran yang sama seperti 1 sendok madu dengan 1 sendok air perasan lemon, tambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalam campuran dan oleskan ke seluruh wajah Anda. Cuci bersih dengan air dingin setelah 20 menit. Aplikasi metode perawatan kulit ini secara rutin untuk menghilangkan bekas jerawat.

6. Menghilangkan komedo

Aplikasi lemon secara teratur akan menghilangkan komedo secara efektif. Cukup oleskan air lemon segar di malam hari dan bersihkan dengan air dingin di pagi hari. Anda juga bisa mencampur satu sendok teh susu bubuk dengan air lemon dan air. Oleskan campuran ini ke wajah Anda. Gosok perlahan selama 5 menit, dan basuh dengan air dingin. Aplikasi secara rutin untuk membantu menghilangkan komedo.

7. Eksfoliasi Kulit

Jika Anda memiliki kulit kusam, gunakan lemon untuk mengelupasnya. Buat pasta gula, air lemon, dan air, dan oleskan ke wajah Anda. Pijat selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin. Atau ambil seiris lemon, celupkan ke dalam gula, dan pijat wajah Anda dengannya. Ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, dan membantu proses regenerasi ulang kulit yang lebih lembut dan cerah.

8. Mengurangi keriput

Lemon sangat efektif mengurangi keriput pada kulit Anda. Campurkan satu sendok teh air lemon dengan jumlah madu yang sama. Tambahkan beberapa tetes minyak almond ke dalamnya. Oleskan campuran ini di wajah. Cuci bersih dengan air dingin setelah setengah jam atau 30 menit. Aplikasi perawatan kulit ini setiap hari untuk hasil yang optimal.

9. Melembutkan dan Melembabkan Kulit

Campuran air lemon, minyak zaitun, dan madu adalah pembersih luar biasa yang melembutkan dan melembabkan kulit. Campur air perasan lemon, madu, dan minyak zaitun dengan porsi yang sama. Pijat kulit Anda dengan campuran ajaib tersebut selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin. Anda juga bisa mengoleskan campuran ini ke siku, lutut, dan tumit untuk melembabkannya. Diamkan selama 10 – 15 menit lalu bersihkan.

Itulah 9 manfaat lemon bagi kecantikan kulit yang bisa Anda lakukan di rumah. Akan tetapi, sebelum mengoleskan air lemon pada wajah Anda, lakukan tes tempel. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada efek samping seperti sensasi terbakar atau kekeringan yang berlebihan. Apabila Anda mengalami hal tersebut, segera berhenti untuk melanjutkan proses perawatan kulit tersebut. Apabila Anda memaksa, sangat disarankan untuk menjalani konsultiasi dengan dokter terlebih dahulu.

Editor: Bram khalid