Manfaat Teh Hijau

Posted on

Ada berbagai macam manfaat teh hijau, yang mungkin tidak kita ketahui orang banyak. Kandungan teh hijau sendiri dapat kita manfaatkan untuk berbagai macam hal mengenai kesehatan maupun kecantikan, contoh: Anda dapat memanfaatkan teh hijau untuk membantu Anda mengatasi masalah mata hingga pembersihan hati.

Dua manfaat terbesar teh hijau adalah sifat Anti-oksidasi dan Anti-penuaannya. Tak heran apabila teh hijau merupakan salah satu minuman yang terkenal diantara kalangan orang yang sadar akan kesehatan.

manfaat teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau secara teratur bisa menurunkan risiko penyakit jantung sekaligus kanker. Jadi, di sini BebasJerawat.info ingin memberi Anda 12 penggunaan manfaat teh hijau yang luar biasa, yang akan mengejutkan sekaligus menyenangkan Anda.

Manfaat Teh Hijau

Sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan guna membuktikan bahwa rutin mengkonsumsi teh hijau dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, menyehatkan psikis yang disebabkan karena teh hijau sendiri dapat digunakan untuk menanangkan. Tidak hanya polifenol saja, kandungan flavonoid, fitokimia yang dimiliki teh hijau mempunyai sifat antikarsinogenik dan antioksidatif.

Berikut ini beberapa manfaat teh hijau untuk kecantikan dan kesehatan tubuh yang wajib untuk Anda ketahui dan pahami. Hal ini juga bertujuan untuk membantu Anda dalam mengatur pola hidup sehat yang tepat guna.

1. Menghilangkan Bau Mulut

bau mulut

Bau mulut atau disebut halitosis adalah salah satu kondisi yang sangat menyebalkan bagi setiap orang. Apabila Anda memiliki masalah mengenai bau mulut yang dapat mengganggu penampilan serta mengurangi rasa percaya diri ketika berbicara. Teh hijau akan menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda dalam mengatasi masalah bau mulut. Teh hijau sendiri mempunyai kemampuan untuk menghambat proses pertumbuhan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut dengan menggunakan teh hijau sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan cuci mulut atau kumur dengan menggunakan teh hijau.

2. Menurunkan berat badan

Jarangnya melakukan olahraga serta gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab terbesar dari obesitas. Obesitas sendiri sangat sering terkait dengan beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan masih banyak lainnya.

Apabila Anda sudah sadar akan bahaya dari obesitas, tentu saja diet sehat akan menjadi kunci sukses mengenai solusi terbaik untuk Anda lakukan. Menambahkan teh hijau kedalam daftar menu diet sehat Anda bisa menjadi salah satu alternatif agar berat badan Anda cepat menurun dan tubuh menjadi lebih sehat dan ideal. Sudah dilakukan sebuah uji klinis mengenai teh hijau yang dapat membantu Anda dalam membakar lemak serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

para peneliti juga mempercayai bahwa kandungan yang terdapat pada teh hijau yang disebut katekin dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan karena zat tersebut dapat membakar lemak dalam tubuh. Tetapi, penelitian tersebut masih belum menunjukkan hasil yang optimal dan masih perlu dilakukan pengkajian lebih dalam lagi.

Baca juga: cara menghilangkan flek hitam & cara memutihkan gigi

3. Mengurangi risiko diabetes

diabetes

Kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau dapat menghambat proses sekresi enzim yang dikenal dengan alpha-glukosidase, yang memiliki fungsi untuk memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

Penghambat pati atau yang disebut dengan inhibitor alfa-glukosidase (AGI) merupakan obat diabetes yang mampu mengurangi kadar gula dalam darah setelah Anda mengkonsumsi makanan.

Dengan kadar gula dalam darah yang sedikit, sudah pasti sedikit pula insulin yang diperlukan untuk mengatur gula dalam aliran darah yang dengan demikian teh hijau mampu membantu Anda dalam mengurangi risiko diabetes.

4. Menjaga kesehatan kulit tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa teh hijau merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kandungan polifenol dan zat antioksidan yang tinggi. Mengkonsumsi teh hijau setiap hari dapat membantu Anda dalam menyehatkan kulit, menghindarkan kulit dari proses penuaan dini, mengurangi atau menghilangkan garis halus yang muncul pada wajah, menghilangkan kusam pada kulit wajah, bahkan mampu mengencangkan kulit wajah Anda.

Baca juga: cara memerahkan bibir & cara menghilangkan ketombe

5. Menghindari resiko kebotakan

kebotakan

Mengenai masalah kerontokan rambut ini memang sering kali menimpa semua orang tanpa mengenal jenis kelamin ataupun umur. Masalah rambut rontok dan patah biasa disebabkan karena rambut mengalami kekurangan nutrisi. Disinilah, teh hijau mempunyai peran penting dalam membantu Anda dalam menutrisi rambut. Oleh sebab itu, ada beberapa produk shampo atau perawatan rambut yang menggunakan teh hijau sebagai bahan dasar dan bahan utama mereka dalam bentuk ekstrak.

6. Menurunkan kolesterol

Mempunyai kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh sangatlah berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serius yang timbul nantinya, salah satu penyakit tersebut adalah stroke, penyakit kadiovaskular dan masih banyak lagi.

Teh hijau merupakan bahan alami yang mengandung senyawa tanin yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat atau Kolesterol Low Density Lipopretin (LDL) adalah penyebab utama dalam pembentukan plak di dalam arteri, sehingga terjadi yang namanya penyumbatan. Apabila ini dibiarkan, kemungkinan besar akan dapat memicu penyakit jantung, serangan jantung atau stroke.

Tidak hanya itu saja, kandungan katekin pada teh hijau juga memiliki peran penting dalam proses penurunan penyerapan kolesterol pada usus. hal ini juga dapat membantu Anda dalam mengurangi masalah kolesterol yang berlebihan atau tinggi.

Baca juga: cara meluruskan rambut & cara menghilangkan komedo

7. Merangsang proses pertumbuhan rambut

rambut indah

Tidak hanya mencegah risiko kerontokan rambut saja, teh hijau juga mampu membantu Anda dalam merangsang proses pertumbuhan rambut. Teh hijau mempunyai kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan hormon dihydrotestosterone (DHT) yang dapat menghambat proses pertumbuhan rambut serta penyebab rambut rontok.

Teh hijau juga dapat membantu Anda dalam merangsang pertumbuhan rambut karena kandungan vitamin C, vitamin E dan polifenol yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Anda juga dapat menggunakan 3 sampai 4 kantong teh hijau yang sudah dicampur dengan setengah liter air dan membilaskannya pada rambut setelah Anda keramas.

8. Menghilangkan jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang paling menyebalkan dan paling susah hilang. Ada banyak sekali cara menghilangkan jerawat agar tidak muncul lagi, salah satunya dengan menggunakan teh hijau.

Cara mengolah teh hijau guna menghilangkan jerawat sangatlah mudah, cukup campurkan 100 gram daun teh hijau dengan setengah liter air, dan diamkan campuran tersebut dalam suhu kamar selama 30-40 menit.

Apabila sudah, saring dan simpan didalam kulkas. Setelah itu, Anda dapat menggunakan air teh hijau tersebut untuk menyegarkan wajah setelah melakukan berbagai macam aktivitas. Teh hijau tidak hanya menghilangkan jerawat saja namun juga dapat memutihkan kulit wajah Anda.

9. Manfaat teh hijau untuk kehamilan

ibu hamil

Karena kandungan dari teh hijau yang begitu banyak dan sangat bermanfaat baik untuk tubuh, teh hijau juga dapat membantu Anda dalam proses kehamilan guna memulihkan sel yang rusak, mengatur kadar gula dalam darah dan pastinya dapat mengendalikan hipertensi serta meningkatkan sistem imun tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau selama dikonsumsi sesuai dengan takaran yang diperlukan oleh tubuh.

Peringatan

Meski kita tahu bahwa mengkonsumsi teh hijau dapat memberi manfaat yang banyak untuk kesehatan. Tetapi, sangat penting juga untuk selalu mempertimbangkan efek samping yang mungkin bisa saja ditimbulkan.

Teh hijau mempunyai kandungan kafein meski memiliki jumlah yang kecil. Kafein juga dapat memaksa tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak cairan dari biasanya yang terkadang dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi.

Jadi sangat penting untuk Anda yang ingin mengkonsumsi teh hijau untuk kesehatan melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan guna menjaga kestabilan tubuh Anda.

10. Mengurangi risiko rematik

Teh hijau tidak hanya mampu membantu Anda dalam mengatasi masalah glukosa saja, teh hijau juga dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko rematik. Teh hijau mempunyai kemampuan yang dapat menghalai proses produksi enzim chemokine.

Enzim chemokine sendiri adalah protein yang dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh dan dapat menghambat fleksibilitas tulang rawan, yang merupakan gejala utama yang sering dialami oleh penderita rematik.

Baca juga: cara menghilangkan bekas jerawat & cara memutihkan kuku

11. Mencegah kerusakan gigi

gigi sehat

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa antoksidan kimia yang biasa disebut katekin dalam teh hijau dapat membantu kita dalam menghilangkan bakteri penyebab infeksi tenggorokan, karies gigi, dan berbagai macam masalah gigi lainnya.

Tidak hanya itu, terdapat juga penelitian yang dilakukan di Jepang yang menyatakan bahwa mereka yang mengkonsumsi teh hijau setiap hari cenderung mempunyai gigi yang tidak mudah rusak ataupun keropos. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengganti minuman Anda dengan teh hijau agar memiliki gigi yang lebih kuat.

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan dari manfaat teh hijau dapat membantu Anda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan flavonoid, polifenol, dan antioksidan dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tahan akan serangan penyakit.

Apabila Anda terserang penyakit, kandungan vitamin C yang dipunyai teh hijau dapat membantu Anda mengobati penyakit tersebut secara efektif dan efisien.

Baca juga: cara memutihkan ketiak

13. Mengurangi stres dan depresi

stres

Stres dan depresi merupakan contoh masalah yang dapat mengganggu ketenangan otak kita. Disini, manfaat teh hijau dapat membantu meringankan atau mengurangi tingkat stres atau depresi Anda.

Sebuah studi telah menemukan bahwa semakin banyak orang mengkonsumsi teh hijau di usia lanjut dalam menu konsumsi mereka, semakin kecil pula risiko depresi ataupun stres yang dialami mereka. Tidak hanya itu, teh hijau juga dapat bermanfaat untuk otak.

Kandungan theanine pada teh hijau adalah senyawa asam amino yang dapat membantu Anda meringankan tingkat stress dan kecemasan, senyawa ini adalah senyawa yang baik sebagai anti depresan. Ditambah lagi dengan konsentrasi kafein yang begitu rendah dari teh hijau sangat cocok untuk dikonsumsi orang yuang sedang mengalami stres atau depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *