Manfaat Telur Puyuh

Posted on

manfaat telur puyuh

Tidak semua orang sadar akan manfaat kesehatan telur puyuh, mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga mencegah penyakit mental. Telur puyuh mengandung nilai gizi lebih tinggi dibandingkan telur lainnya karena memiliki rasio kuning telur lebih besar dibandingkan dengan telur lainnya.

Selain itu, telur puyuh juga mengandung sembilan asam amino esensial yang mana manusia tidak dapat memproduksinya sendiri seperti: isoleusin, leusin, lisin, fenilalanin, treonin, triptofan, metionin, histidin, dan valin. Telur puyuh juga merupakan makanan utuh yang kaya nutrisi dan terjangkau yang bertindak sebagai sumber berharga dari berbagai macam nutrisi seperti asam lemak esensial, antioksidan, kolin, vitamin, protein, dan mineral.

Manfaat Telur Puyuh

1. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat paling kuat yang dapat diberikan telur puyuh adalah dapat membantu kita menurunkan berat badan. Konsumsi telur puyuh sebagai sumber utama nutrisi akan memungkinkan tubuh kita memasuki ketosis diet. Ketosis pada dasarnya adalah zona metabolik di mana tubuh kita mengonsumsi keton sebagai pengganti glukosa sebagai bahan bakar konsumsi kalori kita. Perbedaannya sederhana: sementara dalam ketosis tubuh kita membakar lemak, dan dalam glikolisis tubuh kita membakar gula darah.

Salah satu cara termudah untuk mencapai ketosis adalah dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan rendah karbohidrat. Telur puyuh kaya akan lemak dan protein dan sangat rendah karbohidrat. Dibandingkan dengan telur ayam, porsi telur puyuh yang sama memiliki rasio protein-lemak lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam.

Rasio yang tinggi ini menjadikan telur puyuh menjadi salah satu alat paling kuat untuk membantu memasuki ketosis. Masuk dalam zona ketosis akan menghasilkan penurunan berat badan yang cepat dan konsisten rata-rata 2 hingga 2 ½ kehilangan lemak per minggu. Puluhan studi nutrisi menunjukkan bahwa melakukan diet ketosis adalah sehat karena ketosis adalah fungsi metabolisme alami yang dimiliki manusia.

Dalam diet ketosis, kita membatasi asupan karbohidrat hanya 2-4 persen dari total kalori yang dikonsumsi dibandingkan dengan diet normal di mana pasokan karbohidrat 50-60 persen dari total kalori. Cara mudah untuk mengadopsi diet ketogenik adalah dengan menambahkan banyak makanan yang kaya lemak dan kaya protein seperti telur burung puyuh sebagai sumber utama asupan kalori kita.

Tidak ada bukti bahwa melakukan diet ketogenik akan menghasilkan kolesterol darah yang meningkat dalam jangka panjang dan juga tidak meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Baca juga: cara mengecilkan perut buncit & cara memutihkan wajah

2. Tingkatkan daya tahan Anda di tempat tidur

Banyak masyarakat termasuk masyarakat Cina dan Indonesia telah menganggap telur puyuh sebagai salah satu afrodisiak yang paling banyak digunakan yang membantu kinerja pria di tempat tidur. Olahan tradisional Indonesia yang disebut jamu telah lama memasukkan telur burung puyuh sebagai bahan untuk meningkatkan kejantanan dan daya tahan seksual.

Salah satu alasan utamanya adalah kolesterol baik dalam telur puyuh membantu meningkatkan produksi hormon testosteron dan kemudian meningkatkan libido atau hasrat seksual Anda. Kandungan fosfor di dalam telur puyuh juga membantu pria menjaga kesehatan prostat dan memperkuat sistem reproduksi. Protein, vitamin, dan mineral juga berfungsi sebagai stimulan seksual dan membantu kelenjar reproduksi menghasilkan air mani yang sehat.

3. Perbaiki organ vital Anda

Pengobatan Tradisional Cina atau obat-obatan yang bernilai ribuan tahun dari TCM menyarankan bahwa telur burung puyuh akan memperbaiki lima organ manusia yang paling penting termasuk jantung, hati, limpa, paru-paru, dan ginjal. Alasannya didukung oleh sains modern yang menemukan bahwa telur puyuh adalah koktail yang setara dengan asam amino.

Asam amino diperlukan untuk membantu memperbaiki bagian-bagian organ vital kita yang rusak. Selain itu, ditemukan bahwa telur puyuh memfasilitasi pembentukan protein yang akan membantu memperbaiki jaringan tubuh.

Perut adalah salah satu area yang akan diuntungkan oleh konsumsi harian telur puyuh karena sifat basa dari telur puyuh dapat membantu mengobati sakit maag, gastritis, dan membantu memerangi gangguan saluran pencernaan lainnya. Sebagai bonus, semua asam amino esensial dan non-esensial yang baik tidak hanya bagus untuk organ vital tetapi juga membantu kita menjaga kulit tubuh agar tetap bersinar dan sehat.

4. Tingkatkan Pertumbuhan otot

Asam amino esensial adalah bagian dari blok bangunan otot Anda. Mereka akan membentuk protein dan digunakan sebagai bahan utama pertumbuhan otot Anda. Makan banyak telur puyuh sambil membangun otot adalah pilihan yang baik karena telur puyuh sangat kaya akan kandungan proteinnya.

Otot kita rusak setelah menjalani sekitar 45 menit latihan keras, dan tubuh kita membutuhkan pasokan protein untuk merehabilitasi jaringan yang rusak dan berpotensi menumbuhkannya lebih besar. Bahkan, sains menunjukkan bahwa bagian yang paling penting dalam latihan berat atau latihan lain yang melibatkan otot bukan pada periode latihan tetapi lebih pada periode rehabilitasi setelah berolahraga.

Oleh karena itu, penting bahwa kita memastikan tubuh kita akan menerima semua nutrisi yang dibutuhkan untuk merehabilitasi dan menumbuhkan otot kita.

Baca juga: cara menghilangkan jerawatmanfaat daun sirsak

5. Meningkatkan daya ingat otak

Manfaat kesehatan lain dari telur burung puyuh adalah meningkatkan fungsi otak Anda. Salah satu rahasia dari memori yang sangat baik terkubur jauh di dalam tengkorak kita. Itu adalah sarung yang menutupi saraf otak kita yang disebut mielin. Penutup mielin pada sel saraf otak kita memungkinkan transmisi sinyal listrik yang lebih cepat di otak kita dan juga untuk mempertahankan ingatan. Mielin terbuat dari lemak dan protein dan kedua bahan hadir dalam telur puyuh dalam jumlah yang banyak. Salah satu manfaat kesehatan yang luar biasa dari telur puyuh dapat ditawarkan untuk kita.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Telur puyuh mengandung antioksidan dan lisozim yang akan membantu tubuh Anda melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Putih telur pada telur puyuh mengandung zat yang mencegah virus dan infeksi lain yang disebut protein ovomucoid yang berfungsi sebagai zat anti-alergi alami. Lisozim ini juga membantu melindungi telur agar kebal terhadap bakteri berbahaya seperti salmonella. Selain itu, pastikan telur aman untuk dikonsumsi.

Salah satu dampak langsung dari sistem kekebalan yang ditingkatkan adalah ketahanan yang lebih baik terhadap alergi. Alergi pada dasarnya adalah reaksi tubuh terhadap infeksi asing (biasanya serbuk sari atau gigitan serangga) yang memicu sistem kekebalan tubuh kita menjadi rusak. Alergi dapat mengakibatkan keadaan darurat karena peradangan yang tak terkendali di seluruh tubuh.

Konsumsi telur puyuh akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menenangkan reaksi alergi. Ini mengandung protein yang ditemukan dalam banyak obat anti alergi. Temuan ini didukung lebih lanjut oleh ahli gizi di GarkiHospital, Abuja yang mengatakan, “Anak-anak yang tidak mengkonsumsi telur puyuh cenderung menderita penyakit menular daripada mereka yang mengkonsumsi telur puyuh.”.

7. Melengkapi kebutuhan diet Anda

Telur puyuh kaya nutrisi. Mereka mengandung banyak vitamin termasuk vitamin A, B6, B12, D, E, B2, B1, Kolin, K, dll. Kekayaan kandungan vitamin luar biasa. Misalnya, vitamin D dalam sel telur memenuhi lebih dari 20 persen dari asupan harian yang disarankan.

Konsumsi beberapa potongan telur setiap hari akan membantu kita mencegah kondisi yang terkait dengan asupan vitamin D yang tidak mencukupi seperti osteoporosis, sklerosis, dan gangguan sistem kekebalan tubuh tertentu.

Telur puyuh juga kaya akan mineral seperti Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Seng, Tembaga, Mangan. Mikronutrien seperti ini sangat penting dalam membantu kita mempertahankan regulasi metabolik yang tepat dan karenanya kita harus memastikan untuk memasukkan mereka dalam makanan sehari-hari kita. Kandungan terakhir telur puyuh yang tidak kalah pentingnya antioksidan seperti Selenium.

Antioksidan seperti Selenium penting untuk membantu tubuh kita membuang zat beracun dari lingkungan seperti polutan dan logam berat. Telur puyuh juga kaya protein dan lemak yang penting dalam menjaga regulasi biologis yang tepat dalam tubuh kita.

Baca juga: manfaat daun jambu bijimanfaat buah naga

8. Mencegah penyakit, Neuro Gegeneratif, dan penyakit yang melemahkan otak

– Epilepsi

Epilepsi dapat melemahkan bagi banyak orang dan memiliki efek seumur hidup. Salah satu pengobatan paling efektif untuk menyembuhkan epilepsi adalah dengan mengadopsi diet ketosis. Seperti dilansir New York Times bahwa ketosis sekarang menjadi alternatif yang populer dan diadopsi oleh lebih dari 100 rumah sakit di Amerika Serikat dan Kanada. Studi modern secara luas mendukung efek Ketosis pada pengurangan kejang.

Satu studi yang dilakukan oleh University College London menemukan bahwa 38 persen pasien yang menjalani diet memiliki frekuensi kejang mereka berkurang hingga setengahnya. Efek ini diamati bahkan ketika pasien resisten terhadap obat-obatan yang tersedia saat ini. Alasan mendasar mengapa diet ketogenik bekerja untuk epilepsi adalah karena zat yang diproduksi oleh hati membantu melindungi sel-sel otak agar tidak rusak – seperti yang dilaporkan oleh ahli saraf pediatrik di University of Calgary. Ketika tubuh membakar jauh untuk energi maka hati akan menghasilkan substansi.

– Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) & Autisme

Penelitian psikologi baru menunjukkan bahwa otak anak-anak yang menderita ADHD tidak memiliki asam amino esensial bernama triptofan yang menyebabkan produksi abnormal dari beberapa hormon penting seperti dopamin dan serotonin. Ini juga menghambat kemampuan anak untuk belajar dan melakukan tugas yang membutuhkan konsentrasi. Kurangnya serotonin terutama terkait dengan perilaku impulsif – juga dikenal sebagai salah satu gejala ADHD. Sedangkan, anak-anak dengan autisme diketahui mengalami peningkatan pengangkutan asam amino bernama alain tetapi hubungan tersebut belum diketahui saat ini. Memakan telur puyuh akan membantu pasokan asam amino penting yang akan meredakan gejala ADHD dan autisme.

– Skizofrenia dan Depresi

Para ahli sepakat bahwa kandungan kaya nutrisi telur puyuh membantu mengobati depresi, penyakit kecemasan, dan bahkan skizofrenia. Salah satu alasan mengapa telur puyuh dapat meningkatkan kondisi kesehatan mental adalah karena kaya protein, asam amino esensial dan non-esensial yang terdapat di dalamnya membantu memperbaiki saraf yang rusak di dalam otak kita. Penyakit mental diketahui mempengaruhi bagian tertentu dari otak yang juga dapat mempengaruhi suasana hati umum.

Misalnya, orang-orang yang menderita depresi mengalami kesedihan yang intens dalam waktu lama karena kondisi otak yang berubah. Perbaikan karena kandungan nutrisi yang kaya dari telur puyuh yang dikombinasikan dengan plastisitas otak membantu kita mempertahankan kondisi otak yang baik. Juga, perbaiki kerusakan yang ada di dalam kepala kita. Selain itu, pada pasien skizofrenia dan depresi, mekanisme penghambatan otak terganggu menyebabkan kepekaan yang parah terhadap input rangsangan dari lingkungan. Konsumsi protein yang baik yang ditemukan dalam telur puyuh akan membantu menyeimbangkan ketidakseimbangan di dalam otak. Ini juga mengurangi rasa sakit menjadi sensitif terhadap input dari lingkungan.

– Alzheimer

Kolesterol jahat dikaitkan dengan peningkatan risiko Alzheimer karena menghasilkan produk limbah yang disebut plak beta amyloid di dalam otak kita dan menyebabkan kerusakan di dalam otak kita. Lebih lanjut mendukung hipotesis bahwa diet memainkan peran yang sangat penting dalam menjawab penyebab dan juga penyembuhan Alzheimer. Salah satu manfaat kesehatan telur puyuh adalah mengandung banyak kolesterol yang sehat. Hal ini diketahui tidak menyebabkan tingkat kolesterol jahat meningkat meski dikonsumsi dalam jangka panjang.

Baca juga: Manfaat minyak zaituncara memutihkan gigi

9. Telur puyuh mencegah stroke

Seperti diterbitkan oleh Journal of American College of Nutrition , sebuah penelitian longitudinal yang dilakukan dari tahun 1982 hingga 2015 oleh Dominik Alexander menunjukkan bahwa asupan harian satu butir telur akan mengurangi risiko stroke. Telur puyuh memiliki keunggulan dibandingkan dengan telur ayam di banyak segi. Studi ini juga membongkar mitos bahwa makan telur akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Cukup bertolak belakang jika ada total risiko stroke yang berkurang. Studi lebih lanjut menetapkan bahwa tidak ada hubungan antara makan telur dan peningkatan kadar kolesterol jahat.

10. Membantu mengontrol diabetes Anda

Kamerun percaya bahwa konsumsi telur puyuh setiap hari akan membantu mengurangi tingkat glukosa darah. Hal ini didukung oleh studi yang diterbitkan oleh African Journal of Medicine dan Medical Science yang menemukan bahwa telur puyuh menurunkan kadar glukosa dan memperbaiki kerusakan ginjal akibat diabetes melitus dalam percobaan mereka menggunakan tikus lab. Selain itu, untuk pasien diabetes tipe 2, makan telur puyuh untuk menginduksi ketosis dalam tubuh kita memungkinkan tubuh kita untuk menguras gula darah dan bertahan hidup dengan mengurai lemak.

Secara alami, diet ketogenik akan mengurangi terjadinya lonjakan glukosa darah karena kita meminimalkan asupan karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau tepung. Metode pola makan yang beralih ke ketosis akan memungkinkan manajemen tingkat gula darah saat kita mengurangi asupan karbohidrat kita dan kemudian mempertahankan kadar gula darah yang stabil. Namun, berhati-hatilah terhadap risiko diabetes ketoasidosis (DKA) terutama untuk pasien diabetes tipe 1.

11. Menyehatkan mata

Telur Puyuh secara mengejutkan mengandung sejumlah besar vitamin A yang mengesankan. Vitamin inilah yang paling Anda butuhkan untuk menjaga mata Anda tetap sehat dan terlindungi. Vitamin A memiliki aktivitas antioksidan yang dapat menghambat degenerasi makula dan mencegah katarak berkembang di mata Anda. Mengkonsumsi cukup vitamin A akan membuat Anda melihat lebih baik dan lebih jelas. Matamu juga akan tampak lebih cerah.

12. Baik untuk kehamilan

Karena telur puyuh mengandung banyak kolin, itu juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Kolin dalam jumlah yang signifikan diperlukan untuk mendukung perkembangan otak bayi. Selain itu, juga mengurangi risiko kematian sel pada bayi, yang pada gilirannya akan mengurangi risiko kecacatan dan keguguran.

Ibu menyusui juga harus memenuhi asupan kolin yang tinggi untuk mendukung perkembangan otak bayi mereka yang sehat. Wanita hamil harus mulai menambahkan kolin dalam makanan sejak usia kehamilan 20 minggu. Telur puyuh sebagai salah satu sumber kolin terbaik dan sempurna untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca juga: ciri ciri orang hamil & gejala demam berdarah

13. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat kesehatan lain dari telur puyuh adalah kemampuan untuk merawat rambut agar tetap sehat dan indah. Ini karena asam amino yang ada dalam telur, terutama asam linoleat. Asam linoleat sangat penting untuk metabolisme, regenerasi kulit, dan pertumbuhan rambut. Asam lemak menuju ke akar rambut dan menyuburkannya, meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan jumlah asam linoleat yang cukup, rambut dan kulit kepala Anda akan lebih sehat. Ini juga bagus dalam mencegah dan mengobati kerontokan rambut karena lemak memelihara akar rambut dan membuatnya lebih kuat.

Sekian informasi mengenai manfaat telur puyuh dari BebasJerawat.info, semoga informasi ini dapat membantu Anda yang sedang mencari referensi kesehatan. Tapi, jangan sampai Anda melewatkan telur puyuh sebagai salah satu menu makan harian Anda karena manfaatnya yang begitu luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Salam sehat dari tim bebasjerawat!