Obat Ambeien

Obat ambeien atau obat wasir dari BebasJerawat.info

Apabila kamu sudah meminum obat ambeien yang dijual di apotek, namun belum mendapatkan kesembuhan juga, maka tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba obat ambeien alami yang sehat dan murah meriah. Kamu juga dapat dengan mudah mengumpulkan bahan-bahannya yang ada di sekitar lingkunganmu.

Apa yang menyebabkan wasir dapat muncul? Ambeien atau wasir biasanya muncul karena adanya pelebaran dan pembengkakakn pada pembuluh darah di dubur dan rektum. Biasanya kondisi ini muncul karena banyak faktor yang mempengaruhi, seperti:

  • Gravitasi bumi
  • Faktor keturunan.
  • Susahnya BAB yang berkepanjangan.
  • Kurangnya konsumsi makanan berserat.
  • Kerap mengangkat benda yang berat.
  • Obesitas atau kegemukan.
  • Alergi dengan makanan.
  • Kurangnya aktivitas tubuh atau jarang berolahraga.
  • Keadaan sedang hamil.
  • Terlalu lama duduk atau berdiri.

Gangguan yang disebabkan oleh ambeien atau wasir terbagi menjadi 2 tipe, yang pertama internal yang letaknya di dalam bagian rektum. Yang kedua adalah eksternal yang mana terjadi pembengkakan pada kulit luar di sekitar dubur. Kamu mungkin sedang mengidap ambeien kalau mengalami beberapa gejala seperti adanya gumpalan darah di sekitar area dubur, pendarahan ketika mengejan (ngeden) ketika kamu buang air besar, terjadi iritasi pada area dekat dubur, hingga sensasi kebelet yang terjadi terus menerus.

Apabila penyakit ambeien tidak segera diobati, ambeien akan dapat memicu komplikasi lebih lanjut yang dapat menyebabkan sang pasien penderita kehilangan banyak darah. Tidak hanya itu saja, penderita juga dapat mengalami yang namanya strangulata, yakni ketika penonjolan wasir yang tercepit dan suplai darah ke ambeien internal terputus. Komplikasi ini biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang begitu luar biasa. Komplikasi wasir lainnya mungkin terjadi seperti matinya jaringan di sekitar area dubur atau nekrosis hingga yang terburuk munculnya kanker anal (dubur) serta kolorektal. Oleh sebab itulah, BebasJerawat ingin berbagi informasi mengenai obat wasir secara alami dan aman, simak lebih lengkapnya di bawah ini ya.

Baca juga: obat sakit gigi

Obat Ambeien Alami yang Ampuh

Dulu ambeien lebih sering menyerang laki-laki, akan tetapi kini tidak lagi. Perempuan juga dapat terserang penyakit ambeien. Cara mengobati ambeien yang mudah dan gak ribet yang biasa orang lakukan adalah dengan melakukan operasi. Akan tetapi cara mengobati ambeien dengan melalui operasi tidak dapat memberikan jaminan pasti bahwa ambeien tidak akan datang lagi. Daripada harus mengeluarkan uang yang besar dan ternyata ambeien masih dapat muncul lagi, jauh lebih baik dan enak apabila Anda menggunakan cara mengobati ambeien secara alami dan cepat berikut ini.

1. Bawang putih

Bawang putih sangatlah terkenal akan khasiatnya, bukan hanya berguna sebagai bumbu dapur saja. Meski bau yang dimiliki bawang putih sangat menyengat hidung, bawang putih mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat ambeien alami. Bawang putih sendiri mempunyai kandungan gizi yang sangat penting yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti kalsium, besi, vitamin C, serat, allicin, dan juga sulfida alili. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang sangat tinggi. Kandungan tersebut mempunyai manfaat penting sebagai anti bakter dan juga antioksidan. Oleh sebab itu, sangat wajar apabila bawang putih dapat menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengobati ambeien dengan efektif.

Berikut cara mengobati ambeien dengan bawang putih:

  1. Tumbuklah 2 siung bawang putih hingga halus.
  2. Oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada benjolan yang ada di sekitar anus.
  3. Untuk melawan bakteri yang ada dalam tubuh kita, kamu dapat menggunakan cara meminum jus bawang putih setiap hari.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menghilangkan ambeien, sangat disarankan untuk mengoleskan bawang putih pada benjolan serta mengkonsumsi bawang putih secara rutin.

2. Kulit manggis

Kulit manggis mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang sangat ampuh karena kulit manggis mempunyai kandungan yang kaya akan xanthone yang tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan namun juga sebagai anti peradangan, anti diabetes, anti kanker, anti bakteri, anti jamur, dan anti plasmodial. Turunan dari senyawa xanthone yang paling banyak terkandung di dalam kulit manggis adalah alfa-mangistin dan juga gamma-mangostin. Menurut penelitian yang telah dilakukan, kedua senyawa turunan dari xanthone tersebut dapat membantu menghentikan proses peradangan dengan cara menghambat COX-2 yang mana sebagai enzim pemicu dari peradangan.

Berikut cara mengobati ambeien dengan kulit manggis:

  1. Keringkan terlebih dahulu kulit manggis.
  2. Setelah itu rebus kulit manggis yang sudah dikeringkan tadi.
  3. Minum air rebusan kulit manggis tersebut setiap hari hingga penyakit ambeien kamu hilang.

3. Daun sirsak

Tidak hanya buahnya saja yang mempunyai banyak manfaat, ternyata daun sirsak juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang berguna sebagai anti bakteri. Oleh sebab itulah, tidak salah apabila kamu menggunakan daun sirsak sebagai obat ambeien secara alami.

Berikut cara mengobati ambeien dengan daun sirsak:

  1. Sediakan 5 lembar daun sirsak dan juga 2 gelas air mineral.
  2. Rebus daun tersebut hingga menjadi 1 gelas saja.
  3. Minum rebusan daun sirsak tersebut pada pagi dan juga malam hari.

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang kerap dikaitkan dengan dunia kecantikan seperti cara memutihkan kulit dan cara menghilangkan jerawat. Akan tetapi, lidah buaya tidak hanya berfungsi sebagai alat kecantikan alami saja. Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat ambeien yang tidak kalah efektif lho. Zat yang terkandung di dalam lidah buaya mempunyai fungsi sebagai antioksidan dan detoksifikasi alami yang baik untuk tubuh kita.

Berikut cara mengobati ambeien dengan lidah buaya:

  1. Ambillah beberapa potong daun lidah buaya dan cuci bersih.
  2. Setelah itu haluskan daun lidah buaya tersebut.
  3. Minumlah jus tersebut secara rutin hingga penyakit ambeien kamu menghilang.

5. Cocor bebek

Tanaman yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki manfaat dalam dunia kesehatan seperti obat untuk menghilangkan ambeien. Tanaman yang kerap dipergunakan sebagai tanaman hias ini, ternyata memiliki berbagai macam zat yang sangat berguna untuk tubuh kita seperti, asam formiat, kalsium, oksalat, magnesium malat, damar, biofilin, glikosida, dan juga tanin. Kandungan senyawa yang begitu banyak dari cocor bebek ternyata berfungsi sebagai anti peradangan yang sangat mujarab.

Berikut cara mengobati ambeien dengan cocor bebek:

  1. Jemur dua daun cocor bebek hingga mengering di bawah sinar matahari.
  2. Tumbuh hingga halus dan seduhlah seperti kamu membuat teh.
  3. Minumlah air seduhan cocor bebek tersebut.
Baca juga: gejala diabetes

6. Daun ungu

Daun handeuleum atau yang biasa kita sebut dengan daun ungu yang memiliki nama latin Latya Graptophyllum pictum L.Griffith ternyata memiliki manfaat sebagai obat ambeien yang sangat mujarab. Hal ini disebabkan karena kandungan anti peradangan dari daun ungu yang begitu efektif dalam mengatasi masalah penyakit ambeien. Kandungan alkaloid dalam daun ungu juga memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi.

Berikut cara mengobati ambeien dengan daun ungu:

  1. Rebuslah daun ungu secukupnya hingga matang.
  2. Setelah itu minum rebusan daun ungu setiap hari untuk mengempeskan benjolan yang disebabkan oleh ambeien.

7. Akar kangkung

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang kerap dipergunakan oleh ibu rumah tangga sebagai salah satu menu makanan. Ternyata sayuran yang menyegarkan ini memiliki manfaat untuk mengobati ambeien. Bukan bagian daunnya yang kita gunakan, tetapi bagian batang hingga akarnya lho. Kangkung sendiri mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, fosfor, kalsium, dan juga zat besi. Tentu saja dengan semua kandungan yang ada pada kangkung dapat membantu kita dalam mengobati penyakit ambeien.

Berikut cara mengobati ambeien dengan akar kangkung:

  1. Ambil batang dan juga akar kangkung, kemudian cuci bahan tersebut hingga bersih.
  2. Rebuslah dengan 2 gelas air untuk mendapatkan 1 gelas rebusan.
  3. Minum rebusan air kangkung tersebut setiap hari untuk menghilangkan ambeien kamu.

Itulah beberapa informasi mengenai obat ambeien alami yang dapat kamu gunakan. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah penyakit ambeien dan lekas sembuh ya.

Baca juga: tanaman obat

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.