Obat Batuk Alami

obat batuk anak

Obat Batuk Anak – Salah satu hal yang menjadi mimpi buruk setiap orang di dunia ini adalah ketika melihat anaknya menderita sakit. Meski dalam bentuk sakit yang ringan namun itu sudah pasti dapat mengganggu aktivitas harian si buah hati, termasuk salah satunya adalah batuk! Asosiasi Dokter Anak atau Pediatrics di seluruh dunia sudah pasti setuju mengenai penyakit batuk pada anak merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang dan mudah sekali untuk menular. Sebelum kita melakukan pemeriksaan ke dokter ada baiknya kita menggunakan obat batuk anak secara alami dan ampuh yang mampu kita lakukan guna sebagai penanganan pertama untuk kesehatan anak.

Ketika anak kita sedang batuk, banyak sekali efek samping yang mungkin dirasakan sang buah hati. Mulai dari aktivitas yang terganggu karena badan menjadi lebih mudah lelah daripada keadaan normalnya, sistem kekebalan tubuh yang menurun dapat membuat penyakit lain dapat menyerang juga, nafsu makan juga menurun dan bahkan berat badan juga ikut menurun, kualitas waktu tidur yang tidak nyaman atau kurang nyenyak. Kondisi ini sudah pasti sangat tidak menyenangkan dan tidak nyaman.

Selain obat yang dapat Anda beli di toko obat, apotik dsb di pasaran, ada beberapa metode perawatan rumah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi batuk pada anak. Hampir semua metodenya sangat mudah untuk dilakukan dan layak untuk dicoba. Kok untuk anak coba-coba? Semua metode yang Jerawat bagikan sudah pasti teruji secara klinis dan menyehatkan, lantas apa saja cara menghilangkan batuk anak atau obat batuk anak ini? Simak informasinya dibawah ini!

Berikut Obat Batuk Anak Alami Yang Ampuh

1. Madu

Madu merupakan obat batuk alami yang baik untuk digunakan pada anak-anak. Anda cukup dengan memberikan satu sendok madu asli sebelum sang buah hati tidur untuk mengatasi batuk, radang tenggorokan, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya. Ian Paul M.D dari peneliti klinik farmasi AAP pernah melakukan penelitian mengenai madu dan ternyata madu mempunyai efek yang baik untuk meredakan batuk dibandingkan dengan obat-obatan yang dijual di pasaran. Tapi juga perlu diingat bahwa madu yang aman dikonsumsi oleh anak yang sudah berusia di atas 1 tahun. Sebelum itu, sangat tidak dianjurkan karena pencernaan bayi tidak siap dengan efek botulisme yang ditimbulkan oleh madu.

2. Susu dan Kunyit

Perpaduan antara susu dan kunyit mungkin akan sedikit asing untuk beberapa orang yang belum pernah mendengarnya. Akan tetapi, dua kombinasi bahan ini merupakan alternatif obat batuk alami yang baik untuk meredakan ketika anak sedang batuk. Susu kunyit akan membantu meredakan radang tenggorokan pada sang penderita. Cara ini juga terbukti ampuh dalam mengatasi batuk kering pada anak-anak.

Cara pembuatannya cukup mudah yakni dengan menambahkan bubuk kunyit ke dalam satu gelas susu hangat. Berikan ramuan ajaib ini untuk diminum sang buah hati ketika malam hari sebelum tidur. kandungan antiseptik yang terdapat pada kunyit dapat membantu menyembuhkan batuk anak.

3. Berkumur Air Garam

Anak-anak yang masuk dalam kategori balita biasanya sudah mengerti apa itu konsep berkumur sejak mereka menyikat gigi. Nah, metode untuk obat batuk pada anak-anak ini membutuhkan konsep berkumur karena kita menggunakan air garam untuk diaplikasikan sebagai metode obat batuk alami yang cukup mudah untuk dilakukan. Ajak sang buah hati Anda berkumur dengan air garam tersebut. Apabila mereka menolak karena tidak familiar atau terasa asing, cobalah untuk Anda praktikkan di depan sang buah hati Anda.

Cara membuat obat batuk anak dengan air garam cukup mudah, yakni dengan menambahkan beberapa sendok garam ke air hangat. Aduklah hingga merata dan berkumurlah selama mungkin. Waktu idealnya, biasanya sekitar 1 menit dan bisa diulang sesering mungkin. Kandungan air garam hangat ini dapat membantu tubuh melawan bakteri yang ada pada mulut kita. Tidak heran apabila metode tradisional ini tetap dipergunakan hingga kini, karena memang tingkat efektivitasnya tidak diragukan lagi.

4. Teh Herbal Non-Kafein

Teh adalah minuman yang memang sudah sangat familiar di kalangan rakyat Indonesia sebagai minuman penghangat tubuh. Meski rata-rata para peminumnya orang dewasa, namun jangan salah bahwa anak-anak juga dapat mengkonsumsi teh herbal yang dapat meredakan batuk yang sedang mereka rasakan. Pilihlah teh yang tidak mengandung kafein untuk sang buah hati. Membuat teh herbal non-kafein di rumah sendiri juga sangat mudah kok.

Cara membuat teh herbal non-kafein untuk obat batuk anak cukup mudah dan cepat, yakni dengan cara merebus daun teh dalam segelas air. Anda juga dapat menambahkan daun balm atau akar manis. rebuslah selama kurang lebih 8-10 menit, setelah itu berikan pada anak Anda tiga kali sehari guna meredakan batuk yang mereka alami.

5. Makanan Berkuah

Bukan hanya sekedar mitos mengenai makanan berkuah yang dihidangkan selagi hangat dapat menjadi terapi obat batuk alami untuk anak. Intinya adalah tubuh sangat membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak ketika sedang batuk. Makanan berkuang dapat membantu mengenai hal tersebut. Selain itu, asupan cairan yang banyak dapat membuat dahak sang buah hati menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Anda dapat menyiapkan makanan berkuah jenis apapun seperti sup ataupun bubur. Kalau Anda tidak bisa menyediakan makanan tersebut, Anda juga dapat membuat jus lemon hangat dan cuka apel hangat untuk memenuhi asupan cairan sang buah hati. Lemon juga dapat membantu meredakan batuk karena kandungan vitamin C nya yang tinggi yang baik untuk tubuh.

6. Jahe

Jahe merupakan salah satu hasil rempah yang sangat mudah didapatkan di negara kita, dan jahe juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh salah satunya sebagai obat batuk. Kandungan jahe dapat membantu melawan virus penyebab batuk. Tetapi, jahe bukanlah salah satu makanan favorit anak-anak karena rasanya yang memang tidak cukup disukai oleh anak-anak. Untuk masalah itu, Anda dapat mengakalinya dengan mencampurkan jahe dengan madu untuk menambahkan rasa manis yang lebih disukai oleh anak-anak.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sedikit air guna mengencerkan jahe tersebut untuk menjadi sirup jahe madu. Berikan sekitar 2 sendok makan pada anak untuk meredakan sekaligus melegakan batuk mereka. Anda juga dapat menambahkan cuka apel dalam sirup tersebut untuk melawan bakteri penyebab batuk.

7. Mandi Air hangat

Cara ke-7 untuk obat batuk anak yang kami sarankan adalah dengan mandi air hangat. Langkah ini ternyata tidak hanya dilakukan guna membersihkan tubuh dari kotoran dsb, namun juga dapat melegakan batu berdahak anak.

Cara mengobati batuk berdahak dengan mandi air hangat dilakukan guna memperoleh udara yang hangat serta lembap. Udara hangat tersebut dapat membantu meringankan batuk yang membandel pada si Kecil dan melonggarkan lendir di jalan napasnya.

Selain mandi air hangat, Anda juga dapat menggunakan humidifier. Bahkan Anda juga dapat memanfaatkan kain bersih yang direndam dalam air hangat untuk menipiskan lendiri dan menangani lendir yang mengeras pada penyakit sang anak.

8. Balsem atau Essential Oil

Anda dapat menggunakan balesem atau essential oil guna memijat area dada serta punggung anak yang sedang batuk. Dalam penelitian yang sudah dilakukan pada tahun 2010 membutkikan bahwa orangtua yang memberikan pijatan-pijatan dengan balsem pada leher dan dada anak sebelum mereka tidur dapat membantu meredakan batuk serta memberikan rasa nyaman ketika mereka tertidur. Penelitian ini juga melibatkan anak-anak yang berusia 2-11 tahun.

Cari dan gunakan balsem atau essential oil yang sesuai dengan kebutuhan sang buah hati yang terpenting tidak membuatnya alergi.

Selain beberapa metode obat batuk anak alami diatas, ada baiknya untuk memberikan waktu istirahat yang cukup guna melawan batuk. Dengan waktu istirahat yang cukup, secara otomatis daya tahan tubuh anak akan meningkat. Jeli untuk memilih serta mengatur asupan nutrisi yang baik agar tubuh sang buah hati dapat semakin kuat. Untuk sementara, hindari makanan yang berminyak dan pedas. Tidak hanya itu, hindari juga makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena dapat menyebabkan lebih banyak lendir di tenggorokan.

Sebelum mencoba metode diatas, ada baiknya untuk Anda memastikan apakah bahan-bahan tersebut dapat mengakibatkan alergi atau tidak pada si Kecil! Apabila Anda memiliki gagasan atau metode alami yang baik lainnya untuk mengatasi batuk sang buah hati, tolong bagikan pada kami melalui kolom komentar dibawah ini ya!