Obat Bisul Alami

Obat bisul alami yang aman dan ampuh dari BebasJerawat.info

Siapa saja yang mengalami masalah dengan penyakit bisul pasti akan merasa sakit dan ketidaknyamanan. Apabila sudah terlanjur begini, mau tidak mau kita harus sabar menanti hingga bisul tersebut matang dan pecah mengeluarkan nanahnya, baru setelah itu ada proses penyembuhan. Akan tetapi, kita tidak boleh menyerah dan pasrah begitu saja, karena ada obat bisul alami yang mampu membuat bisul menjadi lebih cepat matang serta mempercepat proses penyembuhan.

Perlu juga diketahui bahwa bisul dapat muncul karena infeksi bakteri pada akar rambut (folikel). Apabila tidak ada penanganan dalam pengobatan yang cepat dan tepat, bisul dapat tumbuh hingga sebesar bola tenis, dan area kulit yang ada disekitar bisul tersebut akan berubah kemerahan dan terasa sakit apabila disentuh.

Bisul biasanya dapat muncul di bagian wajah, ketiak, leher, dan juga pantat. Alasan utama kenapa bisul kerap muncul di daerah-daerah tersebut karena sering adanya gesekan atau goresan yang membuat kuman dan juga bakteri dapat dengan mudah masuk.

Baca juga: obat ambeien

Obat Bisul Alami dan Cepat

Metode pengobatan bisul secara alami di bawah ini sangatlah cocok untuk bisul yang baru muncul atau belum matang. Tujuannya agar mencegah bisul menjadi lebih besar, cepat matang, atau bahkan dapat menghilangkan bisul tanpa harus proses pematangan. Berikut ini informasi mengenai obat bisul alami yang terbukti ampuh dalam mengatasi bisul.

1. Kompres hangat

Disini kamu dapat memanfaatkan suhu panas sebagai alat untuk meningkatkan peredaran darah ke area bisul yang mana membuat sel darah putih dan antibodi mengalir ke sana untuk melawan infeksi yang telah terjadi pada area kulit kamu. Oleh sebab itulah, alasan utama kenapa wajib bagi kamu untuk membuat obat bisul dengan meletakkan kompres hangat di atas bisul.

Cara membuat obat bisul dengan kompres hangat adalah dengan menyediakan air hangat yang sudah dibungkus plasti atau menggunakan handuk untuk kompres dengan air hangat. Ada baiknya apabila suhu yang dipergunakan tidak terlalu panas atau dingin. Gunakan metode perawatan ini selama 20 menit sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari.

2. Minyak pohon teh

Minyak alami yang sangat bermanfaat bagi dunia kecantikan ini tidak hanya dapat menghilangkan komedo ataupun jerawat saja, namun juga dapat membantu menghilangkan bisul. Semua ini disebabkan karena adanya kandungan antibakteri dan antiseptik yang ada pada minyak pohon teh atau tea tree oil yang mana dapat merawat infeksi bakteri penyebab bisul.

Namun pada prakteknya, obat bisul alami yang satu ini tidak boleh langsung dioleskan pada kulit karena dapat membuat sensasi terbakar yang luar biasa. Cara yang tepat dalam memanfaatkan bahan tersebut adalah dengan mencampurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Celupkan kapas ke dalam campuran ajaib tersebut, lalu oleskan pada area bisul dan bisul kamu sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

3. Bubuk kunyit

Kunyi merupakan bahan alami yang mempunyai sifat antibakteri dan juga anti peradangan, oleh sebab itulah rempah-rempah yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai obat bisul alami kamu. Ada berbagai macam metode penggunaannya sebagai obat bisul alami, misalnya saja seperti:

  • Mengkonsumsi bubuk kunyit – didikan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan air atau susu, kemudian setelah hangat, minumlah ramuan tersebut sebanyak 3X dalam sehari.
  • Obat oles – Campurkan bubuk kunyi tersebut dengan air dan aduk hingga membentuk sebuah pasta.
  • Oleskan pasta bubuk kunyit tersebut pada bisul sebanyak 2X dalam sehari.
    Mengkonsumsi dan juga mengoleskannya.

4. Minyak jarak (kastor)

Minyak jarak adalah obat bisul alami ke-4 yang akan kita gunakan karena minyak jarak mengandung sebuah senyawa yang disebut dengan asam risinolet yang memilii sifat antiradang. Karena kandungan tersebut memiliki sifat antibakteri yang mana, bahan alami tersebut sangatlah cocok dalam mengatasi masalah bisul.

Kamu cukup mengolskan minyak jarak tersebut pada area bisul kamu. Lakukan 3X dalam sehari hingga kondisi bisul kamu mulai menghilang dan menyembuh. Mudahkan?

5. Minyak mimba

Kandungan dari minyak yang memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan juga antiseptik ini ternyata dapat kamu temukan dalam minyak neem oil atau minyak mimba. Sangat tidak mengherankan apabila minyak ini sering kali dipergunakan sebagai obat bisul, obat jerawat dan sebagainya.

Cara menggunakan minyak mimba sebagai obat bisul juga sangat mudah. Tinggal mengoleskan minyak tersebut pada kulit yang terdapat bisul sebanyak 3-4 kali dalam sehari dan lakukan hingga sembuh. Sebelum mengoleskan pada bisul kamu, cuci tangan dulu sebelum dan sesudahnya ya.

6. Garam epsom

Tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi rileks ketika dicampurkan ke dalam air mandi, ternyata garam epsom juga dapat mengatasi bisul. Alasan utama kenapa garam ini dapat membantu kita dalam mengatasi masalah bisul karena garam epsom dapat mengeringkan nanah dalam bisul.

Cara menggunakannya juga tergolong mudah, yakni dengan melarutkan garam epsom tersebut ke air hangat, kemudian celupkan handuk bersih ke dalam air larutan garam epsom tersebut. Gunakanlah handuk itu untuk mengompres bisul selama 20 menit pada sekali waktu ya. Lakukanlah metode ini minimal 3X sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi masalah bisul.

7. Salep antibiotik

Obat bisul yang ke-7 mungkin tidak tergolong dalam cara yang alami, melainkan buatan pabrik yang bisa kamu beli di toko obat terdekat. Di samping bisa menyembuhkan bisul dengan cepat, ternyata salep seperti Neosporin ini dapat mencegah penyebaran infeksi. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yakni dengan mengoleskan salep tersebut 2X sehari hingga bisul kamu menghilang.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja obat bisul alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mencari kesembuhan dari masalah bisul tersebut. Namun, apabila ternyata kamu masih mengalami masalah dengan bisul yang membandel dan tidak mau hilang. Sangat di sarankan oleh BebasJerawat untuk kamu melakukan pemeriksaan ke dokter. Kamu harus segera memeriksakannya pada dokterk ketika infeksi kulit satu ini mengalami beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Bisul yang kamu dapati membesar meski sudah dikasih obat alami.
  • Bisulnya tidak mengalami pengurangan ukuran atau hilang setelah melakukan pengobatan selama 1 minggu.
  • Bahkan ukuran bisul mencapai bola ping-pong.
  • Kulit area sekitar bisul memiliki warna merah terang.
  • Sensasi menyakitkan dari bisul sangat tidak tertahankan.
  • Terdapat benjolan lain yang muncul di sekitar area bisul.
  • Bisul kambuh lebih dari satu kali dalam beberapa bulan.
  • Kamu juga mengidap penyakit diabetes.

Jangan pernah kamu menunda apabila kamu mengalami kondisi seperti diatas! Segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kalau kamu mengalami gejala seperti yang sudah disebutkan.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.