Obat Darah Rendah

obat darah rendah alami

Apakah kamu kerap merasakan lesu dan pusing? Apabila iya, bisa saja kamu sedang mengalami tekanan darah rendah. Dikatakan bahwa orang yang mengalami tekanan darah rendah memiliki tekanan darah atas (sistolik) kurang dari 90 mmHG dan darah bawah (distolik) kurang dari angka 60 mmHg. Untuk kamu yang ingin mengatasi masalah tersebut, kamu dapat melakukan beberapa treatment atau menggunakan obat darah rendah alami yang mana dapat dengan mudah kamu temui di sekitar lingkungan kamu.

Pada dasarnya untuk dapat mengobati tekanan darah rendah dengan efektif diharuskan untuk meilhat dulu seperti apa penyebabnya. Apabila secara genetik kamu memang memiliki masalah mengenai tekanan darah rendah dan itu tidak menyebabkan masalah pada tubuh kamu, biasanya pengobatan jarang sekali diperlukan. Akan tetapi, apabila tekanan darah rendah yang disebabkan karena pengobatan, maka biasanya dokter akan memberikan perubahan pada dosis obat tersebut atau bisa juga memberikan alternatif kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, lakukanlah pemeriksaan tekanan darah kamu secara rutin ketika sedang menjalani pengobatan. Jika kamu merasa ada efek samping, jangan ragu untuk segera melakukan pemberitahuan ke dokter kamu.

Adapun faktor lain seperti usia, kesehatan dan juga jenis tekanan darah rendah yang kamu alami. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati tekanan darah rendah di rumah.

Cara Mengobati Darah Rendah

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan obat darah rendah, ada baiknya kamu melakukan terlebih dahulu cara-cara sederhana dan aman untuk mengatasi tekanan darah rendah yang kamu alami di bawah ini:

1. Berdiri Secara Bertahap

Ketika kamu terbangun dari tempat tidur di pagi hari, sangat disarankan untuk tidak langsung berdiri tegak. Lakukanlah peregangan terlebih dahulu ketika berada di tempat tidur atau cobalah gerakan fisik lainnya yang dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah di sekitar tubuh kita. Begitu juga ketika kamu ingin beranjak setelah duduk beberapa lama, usahakan juga untuk melakukan gerakan-gerakan ringan pada badan terlebih dahulu sebelum kamu berdiri.

2. Hindari Berdiri dalam Jangka Waktu Lama

Karena aktivitas sehari-hari ketika bekerja didalam atau diluar ruangan terkadang memaksa kita harus berdiri lama. Akan tetapi, tahukah kamu ternyata bukan hanya duduk saja yang terlalu lama yang dapat menimbulkan beberapa resiko kesehatan, berdiri terlalu lama juga memiliki akibat yang sama seperti duduk terlalu lama. Oleh sebab itu, usahakan untuk duduk atau berbaring sebentar apabila kamu merasa sudah terlalu lama berdiri.

Selain itu, cegahlah timbulnya beberapa resiko kesehatan, cara ini juga diketahui dapat membantu kamu mencegah hipotensi yang dimediasi oleh neurologis (tekanan darah rendah yang disebabkan oleh miskomunikasi antara otak dan juga jantung)

3. Gunakan Stoking Kompresi

Apabila kamu memiliki masalah dengan tekanan darah rendah, ada baiknya untuk kamu menggunakan stoking kompresi. Stoking ini dapat membantu memberikan tekanan ekstra pada perut dan kaki kamu, yang mana dapat membantu memperbaiki sirkulasi serta meningkatkan tekanan darah kamu. Akan tetapi, sebelum kamu menggunakan stoking, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena tidak semua orang bias menggunakan metode ini.

4. Hindari Kafein di Malam Hari, dan Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Kafein pada dasarnya dapat meningkatkan tekanan darah kita, namun perlu juga diketahui mengenai waktu konsumsinya. Sebaiknya jangan mengonsumsi alkohol pada malam hari. Kenapa? karena kafein yang ada pada minuman alkohol mempunyai efek membuat tubuh menjadi lebih sering mengeluarkan air kencing sehingga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah pada pagi harinya.

Begitu juga dengan kamu yang suka mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol yang mana dapat menurunkan tekanan darah. Selain mmudharatnya lebih besar ketimbang manfaatnya, alkohol juga membuat tubuh kita menjadi lebih mudah mengalami keadaan dehidrasi sehingga menyebabkan skala tekanan darah menurun.

5. Makan dengan Porsi Kecil Namun Sering

Cara ini memang dapat membantu mencegah tekanan darah rendah setelah makan atau biasa dikenal dengan hipotensi postprandial, terutama ketika setelah habis makan-makanan yang memiliki kandungan tinggi karbohidrat. Oleh karena itulah, ada baiknya untuk mengubah pola makan namun dalam porsi yang cukup. Kebiasaan seperti ini dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil sekaligus menghindari tekanan darah yang turun secara drastis setelah makan.

6. Konsumsi Lebih Banyak Garam

Pada umumnya para pakar sangat merekomendasikan untuk membatasi konsumsi garam dalam makanan karena kandungan sodium dapat menyebabkan tekanan darah kita naik, beda cerita bagi penderita tekanan darah rendah. Bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah justru sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan garam dalam makanan sehari-hari, karena garam dapat membantu meningkatkan tekanan darah kita.

Akan tetapi jangan mengonsumsi garam dalam jumlah yang berlebih, karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung apabila konsumsi garam dalam jumlah berlebih, terutama bagi mereka orang dewasa yang lebih tua. Jadi ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan diri juga ke dokter sebelum kamu meningkatkan konsumsi garam dalam makanan sehari-hari kamu.

7. Cukupi Kebutuhan Air Sehari-Hari

Cairan dapat membantu kita meningkatkan volume darah dan juga membantu mencegah dehidrasi, keduanya adalah faktor penting untuk mengobati hipotensi. Jadi untuk kamu yang memiliki masalah dengan darah rendah, ada baiknya untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, biasanya 8 hingga 10 gelas perharinya, tergantung juga dengan aktivitas kamu.

Baca juga: Obat sakit kepala

8. Mengubah Dosis Obat

Apabila ternyata penyebab utama tekanan darah rendah kamu terjadi akibat dari konsumsi obat, maka dokter akan melakukan perubahan untuk takaran dosis atau biasa menyarankan untuk menggunakan obat alternatif. Oleh sebab itu, ketika kamu mengonsumsi obat-obatan ada baiknya untuk kamu melakukan pemantauan terus menerus mengenai tekanan darah dan catatlah perubahan yang terjadi setelah kamu mengkonsumsi obat terutama obat darah tinggi. Kemudian beritahukanlah catatan kamu ke dokter agar mendapatkan solusi terbaik.

9. Obat-Obatan

Apabila ini merupakan keadaan yang diperlukan, maka kamu dapat mengonsumsi beberapa obat darah rendah yang ada di apotek yang mana dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah rendah kamu sesuai dengan anjuran dari dokter. Contoh obat seperti fludrokortison, yang mana dapat meningkatkan volume darah dan juga sering dipergunakan sebagai obat tekanan darah rendah.

10. Mengobati Kondisi yang Mendasarinya

Apabila setelah dilakukannya pemeriksaan dan dokter menemukan hasil bahwa tekanan darah kamu disebabkan karena adanya kondisi kesehatan yang mendasarinya, mungkin kamu akan dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani sebuah tes dan juga perawatan lebih lanjut. Contohnya seperti tekanan darah rendah kamu terkait dengan masalah hormon, maka kamu akan dirujuk untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan pada spesialis yang disebut dengan endokrinologi yang mana akan meresepkan obat pengganti hormon buat kamu.

Obat Darah Rendah Alami

Tidak hanya dapat melakukan perawatan atau pengobatan seperti di atas, untuk mengobati darah rendah yang terjadi pada kamu, kamu juga dapat melakukan perawatan atau pengobatan darah rendah secara alami. Berikut ini beberapa cara mengenai obat darah rendah alami yang bisa kamu konsumsi di rumah.

1. Garam

Kalau obat darah rendah yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi untuk kamu. Sudah bukan rahasia lagi apabila sodium dapat meningkatkan tekanan darah kita. Oleh karena itu, untuk kamu yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi), batasi asupan garam pada makanan. Sebaliknya, untuk penderita hipotensi (tekanan darah rendah) dianjurkan untuk meningkatkan asupan garam dalam makanan sehari-hari mereka, tapi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Seperti yang sudah dijelaskan oleh BebasJerawat.info sebelumnya. Apabila konsumsi jumlah garam dalam jumlah yang berlebih dapat memberikan efek tidak baik terhadap jantung.

Untuk kamu bisa merasakan khasiat dari garam untuk meningkatan tekanan darah cukup mudah, yakni dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air dan minumlah. Apabila kamu merasa kurang suka dengan larutan air garam, tambahkan saja ke dalam masakan atau makanan kamu.

2. Kopi

Konsumsi kopi, coklat panas ataupun minuman berkafein lainnya juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah kita unutk sementara. Minumlah secangkir kopi di pagi hari atau bersamaan dengan jam sarapan atau makan siang kamu, terutama ketika kamu sedang mengalami hipotensi ortostatik. Dijamin, tekanan darah kamu yang tadinya rendah akan meningkat. Tidak hanya itu saja, kopi juga mempunyai banyak sekali manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh, selama kamu mengonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebih.

3. Kismis

Ayurveda atau dikenal pengobatan tradisional India, kismis telah lama dipercaya untuk obat tradisional yang baik untuk mengobati hipotensi secara alami. Cara penggunaan kismis sebagai obat darah rendah cukup mudah, yakni hanya perlu merendam 30-40 kismis dalam secangkir air semalaman. Ketika pagi harinya, kamu dapat memakan atau meminum air rendaman tersebut. Lakukanlah pengobatan alami ini selama kurang lebih beberapa minggu atau selama 1 bulan dan rasakan hasilnya.

4. Holy Basil

Obat darah rendah selanjutnya adalah mengonsumsi holy basil atau ruku-ruku. Tanaman satu ini mirip sekali dengan kemangi sehingga orang sering kali salah kaprah dalam menilainya, dan orang minang biasa menggunakan tanaman ini sebagai campuran gulai.

Selain memiliki manfaat sebagai penambah cita rasa sebuah masakan, tanaman ini kaya akan kandungan vitamin C, potasium, magnesium dan juga asam pantotenat yang ternyata mempunyai khasiat untuk penderita tekanan darah rendah. Selain itu, tanaman ini juga dapat menyeimbangkan pikiran dan mengurangi stress kita.

Untuk dapat merasakan khasiat dari tanaman ini, kamu cukup mengekstrak jus dari 10-15 daun holy basil yang sudah ditambahkan dengan 1 sendok madu. Minum jus tersebut setiap hari ketika perut masih dalam keadaan kosong, atau jika ingin lebih mudah, dapat kamu konsumsi sebagai lalapan.

5. Akar Manis

Licorice atau biasa dikenal dengan akar manis adalah obat rumahan yang sangat populer untuk menormalisasi tekanan darah rendah yang diakibatkan oleh kadar kortisol yang rendah. Tanaman ini mampu bekerja dengan cara menghambat proses enzim yang memecah kortisol dan mendukung fungsi adrenalin yang sehat. Tidak hanya itu, akar manis juga terbukti sangat efektif dalam menyembuhkan sindrom kelelahan kronis.

kamu dapat menggunakan tanaman akar manis ini sebagai teh licorice yang akarnya sudah dikeringkan atau dihaluskan menjadi sebuah bubuk ke dalam secangkir air mendidih selama 5 menit, untuk kemudian kamu saring dan minum airnya. Minumlah teh ini setiap hari selama beberapa hari. Sebagai alternatif lain, tersedia juga kapsul dari akar manis. Sebagai obat darah rendah, konsumsilah sekitar 400 hingga 500 mg kapsul akar manis setiap beberapa hari sekali.

6. Jus Buah Bit

Mungkin kamu akan sedikit merasa heran dan bertanya-tanya mengenai buah bit dapat menjadi obat darah rendah, kenapa? Hal ini disebabkan karena jus buah bit dapat membantu kamu mengatasi masalah tekanan darah tinggi, dan juga mengatasi tekanan darah rendah. Untuk obat darah rendah, minumlah secangkir jus buah bit 2X sehari selama 1 minggu dan rasakan hasilnya.

7. Almond dan Susu

Obat darah rendah alami nomor 7 adalah kombinasi antara susu dan juga kacang almond. Untuk kamu yang memiliki masalah denga tekanan darah rendah, cobalah untuk membuat minuman lezat ini dengan cara merendam 5 sampai 6 kacang almond dalam air semalaman. Setelah keesokan pagunya, kupas kulit almon tersebut dan haluskan hingga menjadi sebuah pasta. Kemudian rebus kacang almond tersebut ke dalam secangkir susu dan minumlah setiap hari di waktu pagi. Tidak hanya rasa nikmat dan lezat saja yang dapat kamu rasakan dari minuman ini, tapi juga akan membantu mengatasi masalah tekanan darah rendah kamu yang mana minuman ini sangat menyehatkan.

8. Rosemary

Rosemary dipercaya dapat digunakan sebagai tanaman penormalisasi tekanan darah rendah karena dapat merangsang sistem saraf pusat dan juga meningkatkan sirkulasi. Ingin dapat merasakan khasiat dari tanaman obat darah rendah ini? Cukup ambil 10 ml tingtur rosemary perharinya atau kamu juga bisa menambahkan 3 sampai 6 tetes minyak esensial rosemary ke dalam diffuser sebagai aromaterapi.

9. Jus Wortel

Sayuran yang satu ini memang lebih dikenal manfaatnya sebagai obat kesehatan mata. Akan tetapi, untuk penderita tekanan darha rendah, dengan mengonsumsi jus wortel segar yang dicampur dengan 1 sendok madu di pagi hari bukan hanya bermanfaat sebagai kesehatan mata saja loh. Lebih dari itu, sayuran ini juga mampu membantu kamu untuk mengobati darah rendah secara alami. Jadi jangan pernah melewatkan metode ini ya.

10. Jus lemon

Tidak hanya berguna sebagai obat untuk cara menghilangkan jerawat, ternyata kandungan vitamin C yang ada pada lemon juga efektif untuk mengobati tekanan darah tinggi, dan sekaligus dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Untuk menjadikan jus lemon sebagai obat darah rendah, campurlah jus lemon dengan sedikit gula dan juga garam. Garam dapat meningkatkan volume tekanan darah, sedangkan untuk gula dapat membantu kita memberi eneregi pada tubuh. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut juga mampu merangsang fungsi hati dan membantu pencernaan.

Baca juga: Obat Ambeien Alami

Itulah beberapa cara dan obat darah rendah alami yang dapat BebasJerawat sampaikan untuk kamu, selain itu, kamu juga harus tetap berolahraga secara teratur. Pilihlah jenis olahraga yang ringan saja untuk meningkatkan aliran darah kamu, hindari olahraga berat seperti angkat beban dan sejenisnya. Jangan lupa juga untuk melakukan konsultasi terhadap dokter apabila kamu merasa bahwa ada obat yang menyebabkan tekanan darah kamu menurun. Semoga informasi ini dapat membantu semua dan sampai jumpa.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.