Obat Darah Tinggi

Obat penurun darah tinggi secara alami dari BebasJerawat.info

Hipertensi atau yang biasa dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan darah tinggi adalah penyakit yang berbahaya yang kerap juga disebut dengan silent killer diseases karena penyakit ini diam-diam sangat mematikan. Akan tetapi, sebenarnya bahaya dari hipertensi dapat kita cegah, asalkan tekanan darah kita selalu dalam kondisi yang terkontrol. Tidak hanya pengobatan standar yang diberikan oleh dokter, ternyata ada juga obat darah tinggi secara alami yang mampu digunakan sebagai solusi alternatif atau juga kombinasi antara pengobatan dokter dan alami.

Alasan utama kenapa mengobati darah tinggi itu penting

Berdasarkan data yang telah dikeluarkan oleh Riskesdas atau Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013, prevalensi dari pasien darah tinggi yang ada di Indonesia sebesar 25,8%. Hanya ada 2/3 yang tidak terdiagnosis dan sisanya 1/3 telah terdiagnosis. Tidak hanya itu, hanya 0,7% saja orang yang terdiagnosis hipertensi yang minum obat darah tinggi.

Melalui data diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa kenapa banyak orang di kalangan masyarakat Indonesia tiba-tiba terkena stroke, serangan jantung dan kemudian meninggal. Silent killer dapat dikatakan sebagai istilah yang paling tepat yang mana banyak sekali penderita darah tinggi tidak sdar kalau mereka tengah terserang penyakit mematikan dalam tubuhnya. Karena memang tidak menimbulkan gejala atau tanda yang mudah untuk dikenali. Untuk itulah kamu diharuskan melakukan pemantauan secara rutin mengenai tekanan darah kamu.

Pada kenyataannya bahwa pola makan dan juga gaya hidup yang sehat dan terjaga merupakan penunjang utama agar tekanan darah kembali normal dan stabil.

Apa itu Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)?

Sebelum kita membahas mengenai obat darah tinggi secara alami, sangat dianjurkan bagi kamu untuk membaca dan memahami terlebih dahulu apa itu darah tinggi dan bagaimana kita mengetahui bahwa kita terkena penyakit ini.

Darah tinggi merupakan penyakit yang mana mengkondisikan tekanan darah meningkat di atas rata-rata dan dapat mengakibatkan kerusakan jantung atau sistem vaskular. Lantas bagaimana kita mengetahui bahwa kita sedang mengalami masalah tekanan darah tinggi atau normal? Satu-satunya cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah atau biasa disebut dengan tensi darah. Disini kita tidak dapat mengandalkan gejal-gejala yang dialami tubuh karena penyakit tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala.

Apabila kita ingin melakukan pengukuran tekanan darah, berarti kita juga akan mengukur jumlah kekuatan yang dibutuhkan jantung untuk memompa darah ke luar atau biasa disebut dengan sistolik, dan ketika bersantai atau istirahat (diastolik). Angka yang dikeluarkan oleh sistolik merupakan angka atas dari pembacaan tekanan darah kita, sedangkan angka diastolik merupakan angka bawah.

Bagi yang belum mengetahui bahwa angka tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg (angka atas= 120 dan angka bawah = 80). Pra-hipertensi merupakan tekanan antara 120/80 – 139/89 mmHg. Untuk dapat dikatakan kamu terkena hipertensi adalah ketika tekanan darah kamu mencapai 140/90 mmHg atau bahkan lebih.

Oleh sebab itulah sangat penting bagi kita untuk menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan normal. Untuk dapat menurunkan tekanana darah tinggi agar selalu terkontrol, maka kita diharuskan untuk menjalankan pola hidup yang sehat dengan cara rajin berolahraga dan mengatur pola makan yang baik. Selain itu, ada berbagai macam obat darah tinggi tradisional yang ampuh dan efektif yang mungkin dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah darah tinggi. Berikut ini informasi lengkapnya di bawah ini.

Obat Penurun Darah Tinggi yang Terbukti Ampuh

Tekanan darah tinggi dapat menjadi salah satu pintu bagi penyakit lainnya yang berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya. Oleh sebab itulah, coba gunakan beberapa obat darah tinggi alami di bawah ini untuk membantu menurunkan tekanan darah kamu. Adapun obat darah tinggi alami berikut ini.

1. Bawang putih

Bawang putih adalah hasil alam yang sangat terkenal sebagai obat penurun darah tinggi. Bumbu dapur yang satu ini mempunyai sifat pengencer darah, sehingga sangat ampuh untuk mengatasi hipertensi dan meningkatkan kesehatan jantung kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa bawang putih adalah diuretik alami yang mampu mengatur kelebihan air dan natrium dari tubuh, sehingga masuk ke urin. Untuk menggunakan obat penurun darah tinggi alami yang satu ini, kamu dapat melakukan beberapa cara seperti:

  • Apabila kamu tidak suka memakan mentah bawang putih, kamu dapat meletakkan sepotong bawang putih di mulut kamu, kemudian kamu hisap seperti menghisap permen selama 15 menit.
  • Cara kedua, dengan merendam 1 atau 2 siung bawang putih, kemudian minum air rendaman bawang putih tersebut.
  • Cara ketiga adalah dengan menumbuk bawang putih hingga halus, setelah itu letakkan bawang putih yang sudah ditumbuk di sepotong buah dan tutupi dengan madu alami.

Apabila kamu tidak suka dengan bau dan rasa dari bawang putih, kamu dapat memanfaatkan suplemen bawang putih untuk dikonsumsi. Namun lakukan juga konsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait penggunaan suplemen bawang putih tersebut.

2. Wortel

Wortel adalah salah satu obat tradisional darah tinggi yang kaya akan kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C dan beta-karoten. Antioksidan yang ada pada wortel dapat mengurangi jumlah radikal bebas penyebab utama dari kanker. Tidak hanya itu saja, wortel juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan pembuluh darah dan kematian sel lho.

Wortel juga memiliki kandungan kalium dan elektrolit yang tinggi. Kalium sendiri sangat bagus untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu membuat tekanan darah dalam tubuh kita kembali normal. Kalium disini berperan penting dalam menetralkan efek negatif dari natrium.

Untuk dapat menggunakan wortel sebagai obat penurun darah tinggi sangatlah mudah dan gak ribet pastinya. Yakni hanya dengan meminum jus wortel sebanyak 1 sampai 3 gelas setiap harinya. Usahakan kamu membeli wortel jenis organik dan tidak menambahkan gula pada jusnya. Tapi, kalau kamu ingin sedikit bervariasi rasanya, seperti rasa manis, kamu dapat menambahkan madu murni ke dalam jus wortelmu.

3. Tomat

Tomat adalah obat penurun darah tinggi yang sangat efektif karena kandungan beta karoten, vitamin E, antioksidan, dan kalium. Tomat juga mengandung senyawa lycopene yang mempunyai efek antioksidan dan dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta mampu mencegah penumpukan endapak lemak di arteri atau aterosklerosis. Karena penumpukan lemak yang dibiarkan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Cara memanfaatkan tomat sebagai obat penurun darah tinggi dapat dilakukan dengan cara memakan secara langsung tomat segarnya atau membuatnya sebagai jus. Apabila kamu termasuk dalam golongan yang tidak suka dengan tomat, kamu dapat mengkonsumsi suplemen lycopene. Hindari juga konsumsi saus tomat kemasan karena memiliki kandungan kadar sodium yang tinggi.

4. Seledri

Aku kasih sedikit informasi ya, sejak zaman dulu, biji seledri telah digunakan sebagai obat penurun darah tinggi dalam budaya Cina. Seledri merupakan sayuran yang memiliki serat yagn tinggi yang berperan sebagai diuretik alami yang baik. Karena manfaatnya itulah yang membuat daun seledri dapat mengontrol kelebihan air dari jantung dan tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah kita.

Kamu dapat memanfaatkan daun seledri sebagai konsumsi makanan secara langsung, menambahkannya dalam masakan, minum jus seledri segar, atau juga bisa mencampurkan biji seledri ke dalam minuman teh dsbnya guna menurunkan tekanan darah tinggi kamu.

5. Buah delima

Demila tidak hanya buah yang mempunyai kandungan yang kaya akan nutrisi saja. Tetapi juga mengandung antioksidan tinggi seperti antosianin, tanin, fitokimia, polifenol, flavonoid, dan juga punicalagin.

Fitokimia yang berperan sebagai antioksidan alami dan dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh kita. Antioksidan lainnya, seperti polifenol dan flavonoid dapat membantu melawan serangan penyakit jantung dan juga kanker.

Punicalagin adalah senyawa yang memiliki peran untuk meningkatkan fungsi jantung, pembuluh darah, menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, meningkatkan koleterol baik (HDL), membalikkan efek penyumbatan arteri, dan juga menurunkan tekanan darha tinggi dalam tubuh kita.

Pada kenyataannya, buah delima ternyata mengandung lebih banyak antioksidan daripada beri, anggur merah atau bahkan teh hijau loh. Jadi, jangan sampai kamu tidak memasukkan buah delima dalam menu makananmu ya, menilik begitu banyak kandungan dan manfaat yang diberikan buah ini.

6. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang sudah berabad-abad lamanya digunakan sebagai obat penurun darah tinggi dalam budaya India dan Asia. Tidak hanya disitu saja, jahe juga sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung, mencegah penggumpalan darah, dan menurunkan kolesterol. Jahe bekerja dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan juga mencegah pembentukan plak di dinding arteri. Pembentukan plak inilah yang termasuk menjadi salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah kita.

Jahe juga memiliki peran penting dalam mengecerkan darah yang mana mencegah adanya penggumpalan darah. Darah yang menggumbal dapat menghambat aliran darah yang akan di alirkan ke seluruh tubuh. Mencegah terjadinya penggumpalan darah dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung dan juga storoke.

7. Air kelapa

Air kelapa tidak hanya sebagai minuman penyegar dahaga saja, akan tetapi juga membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh karena kandungan kalium dan magnesium elektrolit yang sangat baik bagi otot jantung. Air kelapa juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan potasium hemat diuretiknya yang dapat mengatur kelebihan air dari tubuh dan juga mempertahankan potasium penting dalam tubuh.

Minumlah air kelapa sekitar 8 ons perharinya. Sebagai obat penurun darah tinggi alami, gunakanlah air kelapa murni dan bukan air kelapa kemasan yang dijual dalam bentuk botol dan sebagainya ya.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.